Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, October 10, 2013

BigBlueButton, Software Konferensi Web Open Source

BigBlueButton adalah software konferensi web yang berbasis open source yang bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh.

Untuk versi rilis terakhir dari BigBlueButton saat ini adalah versi 0.81-RC3. Pada versi ini BigBlueButton mendukung sharing audio dan video, presentasi, private and public chat, desktop sharing dan terintegrasi dengan VoIP yang bisa menggunakan Asterisk atau FreeSWITCH dan tentunya mendukung format dokument Microsoft Office dengan mengunakan Open Office. Selain itu penggunanya juga bisa berkonferensi dengan satu atau dua peranan, yaitu viewer atau moderator.

Untuk viewer, pengguna dapat menggunakan fitur konferensi suara, berbagi webcam, mengangkat tangan, dan chatting dengan pengguna lain.

Untuk moderator, pengguna dapat melakukan mute/unmute pengguna lain, mengeluarkan pengguna dari sesi, dan membuat pengguna lain menjadi presenter.

Meskipun software ini open source, untuk menampilkannya di browser klien sangat tergantung dengan plugin Flash Player. Server BigBlueButton hanya berjalan di linux dan dapat diinstalasi dengan baik dari source code atau dari Paket Ubuntu. BigBlueButton juga bisa didownload dan diinstall di VMWare Player.

Untuk keterangan lebih lanjut, support, demo dan cara instalasi BigBlueButton, silahkan kunjungi http://www.bigbluebutton.org/

 
[sucipto kuncoro - ciledug, tangerang, banten - 05121434/10102013 - 06:20]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : BigBlueButton, Software Konferensi Web Open Source

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment