Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, December 6, 2014

Cara Meringankan Gejala Myasthenia Gravis

Kata orang, otot itu bisa dilatih, saat anda dikomentari begitu oleh orang lain, anda tidak perlu membalasnya dengan komentar negatif, justru jadikanlah itu motivasi bagi anda, karena motivasi itu hal sangat berharga.

Cara saya berjuang dari kelemahan otot Myasthenia Gravis tergolong ekstrim untuk MGers, tapi hasilnya benar-benar membuat otot saya jauh lebih kuat. Caranya yaitu dengan latihan beban, dimulai dari yang ringan dan tidak perlu memaksakan diri, serta latihannya rutin setiap hari.

Latihan beban bisa jadi membahayakan untuk orang dengan Myasthenia Gravis, karena saat orang dengan Myasthenia Gravis menggerakkan otot, si tubuh akan mengirimkan antibody jahat ke sambungan antara saraf dan otot (neuromuscular junction) di lokasi tersebut, hal itu menyebabkan otot lumpuh sementara, levelnya bisa meningkat saat antobodi tadi mengalir ke dalam aliran darah, nafas pun bisa jadi sesak.

Tapi jika MGers malas untuk melatih otot-ototnya justru ototnya bisa jadi makin lemah karena ototnya mengecil / atropi. Sudah lemah karena Myasthenia Gravis ditambah atropi, kombinasi kelemahan otot yang dahsyat. Jika anda latihan beban, otot anda akan mengembang, sambungan saraf dan otot juga makin banyak, hasilnya walaupun tenaga anda tetap terbatas tapi otot anda kuat.

Juni 2012
Awalnya dulu saya juga tidak jauh berbeda dengan MGers lainnya, tubuh sangat lemah, sering sesak nafas, tidak bisa mengunyah, akibatnya makan pun harus dibantu dengan selang NGT selama sebulan dan naik kursi roda selama enam bulan.

November 2013
Satu setengah tahun pertama hidup bersama Myasthenia Gravis, kondisi saya masih lemah tapi saya sudah bisa jalan-jalan keluar rumah sekitar 200 meter. Saya sudah sering melakukan jalan pagi setiap hari karena pagi adalah kondisi MGers yang paling kuat.

Saya mulai berpikir bagaimana caranya agar otot ini bisa lebih kuat, kemudian saya berspekulasi untuk latihan push-up, kalau berhasil Alhamdulillah, kalau tambah lemes ya sudah biasa. Percobaan pertama untuk push-up gagal, saya tidak bisa mengangkat badan saya ke atas. Tapi setiap pagi selalu saya coba dan beberapa hari kemudian saya berhasil melakukan push-up satu kali. Senang sekali saya saat itu dan harapan untuk kembali beraktifitas seperti biasa makin terbuka. Butuh waktu 1 bulan buat saya untuk melakukan push-ups 10 kali.

Januari 2014
Setelah lancar latihan push-up, saya mencoba untuk latihan yang lebih berat yakni pull-up, saya membuat pull-up bar dari bambu di atas pintu kamar, percobaan pertama untuk pull-ups berhasil, tapi cuma 2 kali angkat badan. pull-ups benar-benar butuh tenaga yang sangat besar.

Desember 2014
Sekarang ini saya hampir selalu latihan tiap pagi untuk menjaga kekuatan otot agar tetap kuat. Tidak perlu berat yang penting bisa berkeringat.
Menu latihan rutin saya di pagi hari:
1. Jogging 20 menit
2. Push-up, Pull-up & Squat
3. Latihan dengan dumbel
Sungguh latihan untuk orang dengan MG butuh perjuangan dan kesabaran yang besar.

Q: Bagaimana dengan jenis latihan yang lain?
A: Latihan apa saja boleh seperti yoga juga bagus, tapi hindari kardio kalo masih lemah. Karena kardio membuat anda kelelahan dalam sekejap.
Q: Apakah saya masih minum mestinon?
A: Ya! Obat itu makanan pokok. Olahraga itu gaya hidup, dengan olahraga bikin hidup lebih sehat.
Q: Untuk wanita apakah nanti ototnya membesar seperti Ade rai?
A: Jangan lebay, Ade rai itu angkat bebannya ratusan kilogram.
Q: Apa gunanya latihan kalo masih minum obat?
A: Otot itu butuh stimulasi biar tidak atropi.
Q: Apa semua MGer bisa latihan seperti saya?
A: Tergantung kondisinya, kondisi tiap MGer beda-beda, mulailah latihan saat anda merasa kuat.
Q: Apa dijamin berhasil?
A: Tidak juga! Tapi anda tak akan tahu kalau tidak mencoba.

Sosok MGers Terkuat Di Dunia

Ada beberapa tokoh terkenal yang mempunyai penyakit Myasthenia Gravis diantaranya Amitabh Bachchan, aktor dari India dan Brandon Cox, atlet American Football. Tapi siapa MGers yang terkuat? Anda pasti penasaran bukan, memangnya ada MGers yang kuat?

Inilah MGers Terkuat di Dunia
Philip Williams/facebook
dari Team "MG Can't Stop Me", Muscle Movement Foundation (MMF) di USA

Gak percaya? awalnya saya juga tidak percaya tapi setelah melihat akun facebooknya ternyata orang ini benar-benar berjuang keras untuk bisa jadi lebih kuat. Philip Williams mulai latihan dari 2010, dulu dia masih gemuk badannya banyak lemaknya. Dia juga sempat ngedrop karena aktifitas latihan bebannya yang terlalu memaksakan diri. Namun pada akhirnya dia berhasil mengontrol kondisinya.

Muscle Movement Foundation
Muscle Movement Foundation adalah yayasan nirlaba di USA yang menginspirasi masyarakat untuk menggunakan 'otot sehat' mereka, agar bermanfaat bagi kesehatan mereka sendiri, sambil membantu orang yang hidup dengan 'otot yang sakit' (penyakit otot terkait). Di MMF, mas Philip tergabung dalam team "MG Can't Stop Me", team yang bertujuan melawan penyakit Myasthenia Gravis, saling memberi dukungan sesama penderita dan mengkampanyekan kesadaran kepada masyarakat.

Sucipto Kuncoro –

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Meringankan Gejala Myasthenia Gravis

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. Akkhh masak iiyaa amitabelacan MG juga bisa kasih linknya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengkapnya cari aja di google
      nih kicauannya ajah
      https://twitter.com/JindalPanther/status/484990351900278784/photo/1
      iya deh nih salah satunya
      http://oculoplasty.wordpress.com/2014/11/17/omg-its-ocular-myasthenia-gravis/

      Delete