Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, January 22, 2015

11 Virus Paling Mematikan Di Dunia

Virus, bukan makhluk hidup namun juga bukan benda mati. Virus tidak bereaksi dengan apapun, namun setelah menemukan sel inang mereka menjadi hidup dan berkembangbiak atau memperbanyak diri di dalam sel inangnya. Mereka ada dimana-mana dan sudah lebih dari 5000 jenis virus yang telah diketahui secara pasti.

Ebola merupakan virus yang mematikan, bahkan Ebola Zaire memiliki tingkat kefatalan hingga 90%, yang artinya 9 dari 10 orang yang terinfeksi dilaporkan meninggal dunia. Namun Ebola bukan satu-satunya virus mematikan yang ada di dunia.

Perang manusia melawan virus akan terus berlanjut. Berikut ini adalah 11 virus mematikan di dunia yang telah membunuh jutaan jiwa.


#1 HIV: Si Pembunuh Massal

  • Membunuh 3,1 juta jiwa per tahun dan tercatat telah membunuh 25 juta jiwa sejak 1981.
  • Menyerang dan menghancurkan sel-sel sistem kekebalan tubuh yang penting.
  • Membuat pasiennya meninggal dunia dengan penyakit lain karena tidak bisa bertahan dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

#2 Ebola: Menyebar Cepat Dan Belum Ada Obatnya

  • Membunuh kurang dari 100 jiwa per tahun, namun hampir 90 persen pasiennya meninggal karena penyakit Ebola.
  • Melumpuhan tetherin, sebuah protein yang mencegah virus menyebar dari sel ke sel yang lain.
  • Gejalanya menyebar dengan cepat, menyebabkan pendarahan, demam yang ekstrim, dan kematian.

#3 Rotavirus: Si Pembuhun Anak Kecil

  • Membunuh hingga 500.000 bayi dan anak-anak per tahunnya.
  • Menular melalui fecal-oral (dari kotoran ke mulut), seringkali terinfeksi saat bermain di tanah, atau terkena air yang teinfeksi.
  • Gejalanya diare, muntah, dan sakit perut yang bisa mematikan.

#4 Smallpox: Horor Bersejarah

  • Membunuh sekitar 300 juta hingga 500 juta jiwa di abad ke-20. Di abad ke-21 sudah tidak ada lagi korban karena virus ini.
  • Serangannya terbatas pada pembuluh darah di kulit, di mulut, dan di tenggorokan.
  • Satu dari dua penyakit menular yang berhasil dibasmi oleh manusia. Satunya lagi rinderpest [wiki].
  • Mewabah dari 10.000 tahun sebelum masehi hingga tahun 1979. Menumbangkan lima kerajaan di tahun 1700-an.

#5 Influenza: Penjelajah Dunia

  • Membunuh 500 juta jiwa per tahunnya. Baca juga: Fakta dan Mitos Influenza.
  • Menempel pada reseptor di dalam paru-paru dan saluran udara. Sel-sel tersebut pada akhirnya akan mati.
  • Sel yang mati bisa menyebabkan hidung meler, sakit tenggorokan, demam, dan gejala lainnya.
  • Pandemiknya terjadi sekitar 3 kali dalam satu abad.

#6. Hepatitis C: Tamu Di Hati (Liver)

  • Membuuh 56.000 per tahun dan telah menginfeksi 200 juta hingga 300 juta jiwa.
  • Hepatitis artinya inflamasi pada liver, dan virus hepatitis ada di dalamnya.
  • 70 persen pasiennya mengembangkan penyakit liver kronis. 15 persen berkembang menjadi cirrhosis, dan 5 persen meninggal dunia karena kanker hati atau cirrhosis.

#7 Campak (Measles): Paling Menular

  • Membunuh 197.000 jiwa per tahun dan diperkirakan telah membunuh 200 juta jiwa sejak 1863.
  • Menyebabkan ruam pada kulit, demam tinggi, dan melemahkan sistem imun yang mematikan.
  • Salah satu dari penyakit-penyakit paling menular.

#8 Hantavirus: Si Tikus Kotor

  • Membunuh 70.000 jiwa per tahunnya.
  • Menular melalui gigitan dan jatuhan kotoran tikus atau hewan pengerat lainnya.
  • Menyebabkan pendarahan dan kematian.

#9 Demam Kuning (Yellow Fever): Yang Muncul Lagi

  • Membunuh 30.000 jiwa per tahunnya
  • Termasuk kelompok demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk.
  • Menyebabkan pendarahan akut dan menyebabkan penyakit kuning serta kerusakan jaringan.

#10 Demam Berdarah Dengue:  Si Peremuk Tulang

  • Membunuh 25.000 jiwa per tahunnya.
  • Gejalanya nyeri hebat pada otot, sendi, dan di belakang mata.
  • Ditularkan oleh nyamuk, dan mewabah pada daerah tropis perkotaan.

#11 Rabies: Air Liur Ganas

  • Membunuh 55.000 jiwa per tahunnya.
  • Menggantikan sel-sel saraf yang menuju ke otak.
  • Gejalanya air liur berlebih, mulut berbusa. Membuat virus mudah menular lewat air liur.
  • Khasnya adalah encephalitis atau "marah". Gelisah, agresif, dan mudah menyerang makin menjadi.

Sumber bacaan:
http://www.ranker.com/list/the-top-13-most-incredible-viruses-on-earth/analise.dubner
http://archives.microbeworld.org/microbes/virus/
http://www.medicinenet.com/hepatitis_c/page2.htm
http://animals.howstuffworks.com/animal-facts/rabies1.htm
http://www.bc.edu/schools/cas/biology/research/infect/dengue.html
http://www.historyofvaccines.org/content/articles/rotavirus
http://sciencedaily.com/releases/2009/01/090127152838.htm

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 11 Virus Paling Mematikan Di Dunia

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

13 comments:

  1. Dari awal baca udah ngeri aja -___-
    Anyway, baru pertama kali kesini nih. Salam kenal ya.

    ReplyDelete
  2. yang ngeri itu influenza, virus nya bisa bertahan di udara & dibawah sinar matahari. yang saya baca justru ebola sama seperti influenza, bisa bertahan di udara ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma influenza yang bisa menyebar lewat udara, sedangkan ebola tidak bisa, itu hanya rumor

      Delete
  3. serem banget, ternyata di dunia ini banyak virus mematikan yang bermunculan,

    ReplyDelete
  4. Virus memang belum ada obat sampai saat ini mas. Untuk pencegahannya hanya di vaksin saja seperti virus polio. nice share kang cipto.

    ReplyDelete
  5. sangat mengerikan sekali virusnya...apalagi virus yang banyak memakan korban...

    ReplyDelete
  6. Ternyata influensa masuk kedalam daftar virus yang mematikan juga ya Mas, baru tau saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah tahu, cuma kurang 'ngeh'..
      pernah dengar flu burung? :)

      Delete
  7. Menggerikan sekali ya, keren sumber bacaannya lengkap, ini baru artikel yang berkualitas, makasih.

    ReplyDelete
  8. Ngeri banget deh kalo melihat ancaman hidup ini yah, lebih sadis dari teroris... Semoga kita semua dijauhkan dari virus tersebut...

    ReplyDelete
  9. Kalo udah nyerang gak pandang bulu, itu siapa ya ?

    ReplyDelete
  10. Serem ya, Bang.. :( Jangan sampek kita kenak.. :(

    ReplyDelete
  11. ngeri ya begitu banyak virus yang mematikan dan tak sedikit udah ada yang terserang virus mematikan tersebut,,semoga kita semua di jauhkan dari virus tsb.amin :D

    ReplyDelete