Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, January 28, 2015

41 Nama Gula Pada Label Makanan

Ketika membaca label makanan, ternyata gula mempunyai banyak sekali nama. Satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang anda makan adalah dengan mengedukasi diri sendiri.

Kalau kita hanya melihat kandungan gula (sugar) dalam daftar label makanan tentunya sangatlah mudah. Yang sulit adalah ketika produsen "menyembunyikan" banyak gula tambahan pada produk yang mengandung atau menggunakan pemanis yang berbeda, dengan nama yang berbeda.

Berikut adalah 41 nama gula pada label makanan yang jarang kita ketahui.


  1. Agave Nectar, pemanis yang dibuat dari tanaman agave, banyak diproduksi di Mexico dan Afrika Selatan.
  2. Barley Malt, pemanis yang dihasilkan dari biji-bijian barley dengan cara malting.
  3. Brown Sugar, produk gula sukrosa dengan warna khas karena kehadiran molasses.
  4. Cane Crystals, kristal tebu yang manis rasanya.
  5. Caramel, karamel dihasilkan dari pemanasan berbagai jenis gula hingga berwarna coklat-hitam.
  6. Corn Sugar (HFCS), gula jagung adalah gula tinggi furuktosa yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.
  7. Corn Sweetener, idem. Nama lain gula jagung.
  8. Corn Syrup, idem. Nama lain gula jagung.
  9. Corn Syrup Solids, idem. Nama lain gula jagung.
  10. Crystalline Fructose, idem. Pemanis olahan dari jagung, semuanya fruktosa.
  11. Dextran, sebuah zat yang terdiri dari banyak molekul glukosa.
  12. Dextrose, nama lain dari glukosa.
  13. Diastatic Malt, pemanis olahan dengan proses malting, biasanya dengan gandum atau barley.
  14. Ethyl Maltol, pemanis buatan.
  15. Evaporated Cane Juice, salah satu jenis gula dari tebu.
  16. Fructose, gula dari buah-buahan.
  17. Fruit Juice Concentrates, jus buah konsentrat merupakan gula, nutrisinya sebagian besar telah hilang.
  18. Galactose, gula yang sering terdapat pada susu, kurang manis dibanding glukosa dan fruktosa.
  19. Glucose, gula yang sering terdapat pada tanaman.
  20. Golden Syrup, kental dan berwarna kekuningan yang dihasilkan dari pemurnian gula tebu.
  21. Grape Sugar, gula dari anggur, nama lain dari glukosa.
  22. High-Fructose Corn Syrup, gula jagung sudah pasti tinggi fruktosa.
  23. Honey, madu lebih manis dari gula, namun lebih menyehatkan.
  24. Invert Sugar, gula yang dihasilkan dari campuran glukosa dan fruktosa.
  25. Lactose, laktosa adalah gula disakarida yang dihasilkan dari galaktosa dan glukosa yang ditemukan dalam susu.
  26. Maltose, disebut juga gula malt, sering dihasilkan dari tanaman sereal seperti gandum atau barley.
  27. Malt Syrup, sirup gula dari hasi malting gandum atau barley.
  28. Maple Syrup, sirup yang dihasilkan dari tanaman maple.
  29. Molasses, gula hitam dari penyulingan tebu.
  30. Panocha, gula yang diproses dari kecambah gandum, sering terdapat di New Mexico.
  31. Refiner's Syrup, sirup itu manis seperti gula.
  32. Raw Sugar, gula berwarna cokelat, nama lain brown sugar.
  33. Rice Syrup, gula dari proses malting beras. 
  34. Simple Syrup, sirup sederhana dengan bahan dasar gula tebu.
  35. Sorbitol, gula alkohol dengan rasa manis yang diserap perlahan oleh tubuh.
  36. Sorghum, Syrup, pemanis yang dibuat dari tanaman sorghum.
  37. Sucrose, sukrosa itu gula pasir, gula perpaduan glukosa dan fruktosa.
  38. Sugar Syrup, sirup berbahan dasar gula.
  39. Syrup, sirup apapun jenisnya termasuk minuman manis.
  40. Teacle, nama lain sirup gula.
  41. Turbinado Sugar, gula hasil ekstrak tebu murni.
Sumber: Harvard School of Public Health
Sumber bacaan: Dietriffic.com
Semua jenis gula dan pemanis bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 jika berlebihan. Kalau gak berlebihan sih rapopo gan. Pandailah dalam mengukur kalori harian anda.

Kayaknya masih ada yang kurang nih. Ada yang mau nambahin?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 41 Nama Gula Pada Label Makanan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

21 comments:

  1. Makasih info nya mas, saya boookmark dulu untuk pelajaran saya agar lebih tahu dan memahami semua macam label makanan seperti label gula ini :)

    ReplyDelete
  2. Banyak banget yah macam-macam gula. Kalau saya pernah itu yang gula jagung dan gula coklat. Yang gula jagung emang rasanya semanis jagung. Khas rasnya. Kalau gula coklat malah rasanya gak kayak coklat.

    ReplyDelete
  3. banyak sekali ternyata namanya.
    oya, sekarang sudah masuk juga dlm buku tamu saya, salam kenal ya mas.

    ReplyDelete
  4. baru tahu saya, ternyata banyak sekali jenis dan macam gula ini ya mas ,. . kayanya jika ditambah pemanis buatan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...kayaknya memang berbahaya juga ya....karena beberapa organ tubuh malah tidak kuat kalau terkena kontaminasi gula mungkin mengandung bahan kimia dalam pembuatannya....apa lagi kalau bahan pengawet...menurut admin gimana ya?

      Delete
    2. bahan pengawet itu bermanfaat untuk mengawetkan produk, tapi buruk efeknya jika dikonsumsi dalam jangka panjang

      kalau pemanis buatan gak semuanya buruk, banyak yang dapat ijin BPOM

      Delete
  5. waduh koq banyak banget jenis gula yamas.perlu saya save dulu nih artikelnya biar bisa lebih memahami.
    makasih telah berbagi info mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga CTRL + D gan biar tambah faham kandungan gula yang kadang menipu dengan nama lain....ok makasih bro....

      Delete
  6. banyak banget nama gulanya, padahal yang saya tahu cuma 2 mas, gula pasir dan gula jawa.. heheee

    ReplyDelete
  7. aduh mak banyak juga ya...yang pernah saya baca Molasses, Panocha, dan teacle...ternyata gula juga toh...makasih infonya mas....yang jelas bahaya kalau kebanyakan gula mas...bisa kena kencing manis....iya gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. DM tipe 2 lebih dikaitkan dengan kelebihan kalori, salah satu penyumbang kalori berlebihan tanpa sadar adalah gula, gula bukan satu-satunya
      yang penting jaga asupan kalori harian aja

      Delete
  8. weh ada 41 items lagi, dan itu semuanya pemanis, padahal di umur2 gini sudah harus mengurangi konsumsi yg manis2...
    makasih infonya Mas :)

    ReplyDelete
  9. Info menarik nie mas, baru tau saya mah...ternyata begitu banyak macam dan kandungan yang terdapat pada gula tersebut

    ReplyDelete
  10. Begitu banyak sekali nama gula di antara label makanan itu, tapi terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berbahan gula akan mengakibatkan berat badan naik ngga yah? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelebihan kalori yang bikin berat badan naik, gula bukan satu-satunya penyumbang kalori

      Delete
  11. wahh ternyata nama gula di label makannann itu banyak juga yah kang keren ini pengetahuaannya :)

    ReplyDelete
  12. Banyak juga ya namanya, ini membuktikan kalau gula memang dibutuhkan dan dicari oleh kita, terbukti dengan banyak nama dimana-mana. ^.^

    ReplyDelete
  13. gula jagung itu gula yang baik buat DM ya mas?? klo saya ga salah baca...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua gula sama saja mas, asal tidak berlebihan (tidak melebihi kalori harian)...
      tentang gula jagung yang umumnya lebih rendah kalori, tapi tiap jenisnya efeknya bertingkat-tingkat.
      khusus HFCS justru ada penelitian menyebutkan lebih meningkatkan risiko diabetes tipe 2.
      http://m.klikdokter.com/detail/read/3/1384/gula-jagung--gulanya-penderita-diabetes-
      http://www.beverageinstituteindonesia.org/article/understanding-high-fructose-corn-syrup/

      *HFCS beda dengan gula jagungnya yang suka ngiklan di tv ya

      Delete
  14. Wihh.. ternyata banyak banget macamnya..

    ReplyDelete
  15. wah ternyata banyak juga ya nama gula,mampir kesini jadi tau istilah nama gula yang sering ada pada label makanan,terimakasih infonya :)

    ReplyDelete