Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, February 24, 2015

Makanan Penurun Kolesterol

Apa saja makanan penurun kolesterol? Dengan mengganti makanan dengan makanan yang benar, anda bisa menurunkan kadar kolesterol dan membantu anda melawan penyakit yang berkaitan dengan kolesterol seperti arteriosclerosis, hipertensi, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Sebelum mengetahui beberapa makanan yang mampu menurunkan kolesterol, mari kita ketahui lebih dulu tentang apa kolesterol itu. kolesterol merupakan sebuah senyawa yang terdapat dalam tubuh kita. Jika senyawa tersebut berlebihan, maka dampak yang ditimbulkan pun cukup fatal bagi anda.

Perlu diketahui, menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh memang sangat penting. Maka dari itu, anda harus benar-benar menghindari jenis makanan yang mengandung minyak agar tidak memicu terjadinya kolesterol dalam tubuh.

Berikut makanan pengganti yang disarankan untuk penderita kolesterol tinggi.

webmd

Daging merah, kerang, sosis -> Ikan dan daging ayam tanpa kulit -> Kacang-kacangan
  • Daging merah atau daging kambing dan sapi dapat meningkatkan kolesterol dan arteriosclerosis. Kerang, kepiting, udang dan lobster memiliki kandungan kolesterol yang hampir dua kalinya daging merah.
  • Ikan dan daging unggas tanpa kulit tidak begitu merugikan dibandingkan daging merah, meskipun tidak bisa disebut menurunkan kolesterol, tapi lebih bermanfaat daripada daging merah.
  • Kacang-kacangan tidak mengandung kolesterol atau lemak yang menumpuk dalam tubuh. Kacang-kacangan mengandung banyak serat yang membantu menurunkan kolesterol dan mencegah arteriosclerosis.

Mentega -> Margarin -> Minyak zaitun dan minyak rempah
  • Mentega mengandung banyak lemak jenuh dan kolestrol, yang sangat berbahaya bagi kesehatan pembuluh darah arteri.
  • Margarin mengandung lebih sedikit lemak jenuh. Perbedaannya margarin dan mentega yaitu: mentega dibuat dari lemak hewan, margarin dari lemak tumbuhan. Margarin lebih bermanfaat dibanding mentega dan bisa menurunkan kolesterol.
  • Minyak zaitun dan minyak rempah lebih sehat dibanding margarin dan dapat menurunkan kolesterol jika anda mengkonsumsinya setiap hari.

Susu murni -> Susu tanpa lemak -> Susu kacang kedelai dan almond
  • Susu murni mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Kasein dalam susu juga dapat meningkatkan kolesterol.
  • Susu tanpa lemak lebih baik daripada susu murni, namun kandungan kasein masih memiliki dampak negatif untuk kadar kolesterol.
  • Susu kacang kedelai dan susu kacang almond tidak mengandung kolesterol, laktosa, atau kasein yang merugikan bagi jantung dan pembuluh darah. Susu kacang kedelai juga mengandung isoflavon yang memiliki efek kardioprotektif.

Keju murni -> Keju rendah lemak -> Alpukat dan tofu
  • Keju murni mengandung lemak jenuh, kolesterol, sodium, yang semuanya merupakan zat yang merugikan tubuh.
  • Keju rendah lemak lebih baik daripada keju murni, tapi tidak lebih baik daripada alpukat dan tofu.
  • Alpukat dan tofu merupakan makanan pengganti terbaik untuk keju. Keduanya menurunkan kadar kolesterol. Alpukat mengandung antioksidan vitamin E.

Kue-kue pasaran -> Kue gandum utuh
  • Kue-kue pasaran seperti kue kering, donat, cake, dan lain-lain mengandung gula halus dan lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol dan membentuk arteriosclerosis
  • Kue kering yang terbuat dari gandum utuh lebih aman karena menggunakan minyak sayur terhidrogenasi, yang menghilangkan lemak jenuh.

Makanan manis dan cokelat -> buah-buahan, madu
  • Gula dan lemak pada makanan manis dan cokelat dapat meningatkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Buah-buahan baik yang masih segar maupun yang dikeringkan dan madu merupakan makanan manis yang lebih sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Penurun Kolesterol

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. Wah ternyata susu kedelai bisa menurunkan kolesterol ya padahal konsumsi tiap hari.

    ReplyDelete
  2. Tak begitu paham soal harga, tapi sepertinya kacang-kacangan dan tofu termasuk yang relatif sangat terjangkau ya? Semoga banyak yang terbantu.

    ReplyDelete
  3. madu jadi salah satu pilihan saya mas, namun untuk membeli madu yang asli itu yang agak sulit rasanya :D

    ReplyDelete
  4. kalau ingin sehat memang harus mulai mempertimbangkan makanan2 rendah kolesterol seperti ini ya Mas

    ReplyDelete
  5. berarti saya mesti kembali ke yang alami dan natural kayaknya mbk, kemari saya cek lab untuk ketiga kalinya dan kolestrol saya diatas 200 semua, mungkin karena suka makan udang, belut, kerang, sama masakan dari daging sapi/kambing ya. saya coba untuk menguranginya.

    ReplyDelete