Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, March 30, 2015

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Pernah dengar AMD? AMD bukan processor komputer melainkan Age-related Macular Degeneration atau Degenerasi makula. Degenerasi makula adalah salah satu penyebab hilangnya penglihatan yang paling sering terjadi pada orang tua.

Penyakit ini menyerang makula, daerah kuning kecil dekat pusat retina yang memungkinkan Anda dapat melihat secara rinci dan memberikan penglihatan sentral yang jelas, seperti yang Anda butuhkan untuk membaca atau mengemudi.

Hal ini biasanya ditandai dengan hilangnya pigmen di dalam retina dan juga daerah kekuningan yang disebut drusen. Untuk informasi lebih lanjut tentang degenerasi makula klik di sini. Kabar baiknya, ada bukti kuat bahwa nutrisi memainkan peran besar dalam mencegah AMD.

Berikut ini rincian beberapa sumber makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, terutama di usia tua. Pastikan piring anda selalu terisi dengan makanan yang tepat.
PHOTO: Wortel dan Mata

1- Bayam, kale, collard hijau, dan sayuran berdaun hijau lainnya

Sayuran berdaun hijau sarat dengan lutein dan zeaxanthin, sepasang pigmen alami tumbuhan yang sering ditemukan bersamaan dalam sayuran. Pigmen antioksidan ini adalah bagian dari keluarga karotenoid, dan karotenoid hanya dapat ditemukan di mata kita.

2- Ikan dan makanan lain yang kaya asam lemak omega-3

Ikan telah disebut-sebut sebagai makanan yang sehat untuk jantung, selain itu ikan ternyata juga dapat menurunkan risiko AMD sebanyak 40%. Dua senyawa utama omega-3 yang ditemukan pada ikan yang dikenal sebagai EPA dan DHA, penting untuk pengembangan dan fungsi retina.

3- Wortel, paprika merah, almond dan biji bunga matahari

Makanan yang kaya beta-karoten, vitamin C dan E, disertai dengan zinc, dapat menghentikan atau memperlambat perkembangan AMD sebesar 20-25%

4- Tiram, kepiting, daging sapi, kacang panggang, dan makanan lain yang kaya zinc:

Zinc merupakan mineral penting yang ditemukan dalam daging dan makanan laut, bertindak sebagai rekanan vitamin A, memastikannya dapat digunakan oleh tubuh, termasuk retina. Retina memiliki kadar zinc yang tinggi, yang membantu melindungi membran.

Makanan yang harus diperhatikan: daging berlemak, mentega, dan sumber lemak jenuh lainnya, dapat meningkatkan aktivitas radikal bebas dengan melemahkan kerja antioksidan.

Sumber
Food cures, Reader;s Digest Assosiation, 2009

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. Sepertinya mata saya yang kanan sudah sedikit rabun. itu biji bunga matahari sama seperti kuaci?

    ReplyDelete
  2. Untung suka makan bayam dan ikan jadi kesehatan mata lebih terjaga

    ReplyDelete
  3. berarti harus konsumsi makanan sehat dan seimbang yaa...perbanyak makan buah dan sayur

    ReplyDelete
  4. kesehatan mata harus dijaga apalagi pekerjaannya ngeblog..

    ReplyDelete