Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, June 6, 2015

10 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Bayam merupakan salah satu sayuran bernutrisi yang sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Berdaun hijau dan memiliki lebar daun yang besar dengan batang tidak begitu tinggi merupakan ciri fisik dari bayam. Harga murah dan mudah didapatkan juga merupakan beberapa keunggulan dari bayam. Meskipun begitu, bayam memiliki berbagai manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat bayam untuk kesehatan?

#1 - Manfaat Bayam Untuk Diabetes

Menurut para ahli, sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung asam alpha-lipoic dengan konsentrasi tinggi, antioksidan yang telah terbukti membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Asam alpha-lipoic dapat membunuh radikal bebas dan membantu mereka yang terkena neuropati perifer diabetik.

#2 - Manfaat Bayam Untuk Penglihatan

Bayam merupakan salah satu sumber yang baik untuk lutein, membuatnya menjadi makanan yang sangat penting untuk promosi penglihatan sehat, dan pencegahan katarak dan degenerasi makula.

Sebuah studi dari 356 orang dengan degenerasi makula yang berhubungan dengan usia (AMD) mengungkapkan bahwa konsumsi tinggi dari bayam dapat menurunkan risiko AMD.

Penelitian yang lain juga menunjukkan bahwa asupan bayam berkaitan dengan rendahnya risiko katarak. Para peneliti mengemukakan bahwa konsumsi makanan yang kaya vitamin E dan lutein berkaitan dengan penurunan risiko katarak yang signifikan.

#3 - Manfaat Bayam Untuk Tekanan Darah

Magnesium yang terkandung dalam bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Magnesium telah terbukti dalam berbagai uji klinis dapat menurunkan tekanan darah, dan selanjutnya dapat membantu seseorang menghindari obat antihipertensi yang menyebabkan kekurangan magnesium.

#4 - Manfaat Bayam Untuk Tulang Sehat

Risiko fraktur tulang dapat meningkat karena asupan vitamin K yang rendah. Bayam merupakan sumber yang kaya vitamin K, memainkan peran penting dalam metabolisme tulang dan optimasi kesehatan tulang.

#5 - Manfaat Bayam Untuk Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam berkaitan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa bayam yang lebih tinggi berhubungan dengan rendahnya kasus kanker payudara. Studi lainnya mengemukakan bahwa salah satu antioksidan yang terdapat pada bayam dapat memperlambat perkembangan sel-sel kanker prostat pada hewan, demikian juga pada manusia.

Penelitian ilmiah telah mengidentifikasi bahwa tidak kurang dari 13 senyawa flavonoid yang berbeda yang dikenal sebagai glucuronides methylenedioxyflavonol ditemukan pada bayam, senyawa tersebut berfungsi sebagai agen antikanker.

#6 - Manfaat Bayam Untuk Demensia

Berdasarkan penelitian, penambahan bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya pada diet dapat membantu memperlambat kemunduran kognitif, yang berkaitan dengan demensia dan Alzheimer.

Para peneliti menghubungkan vitamin K yang terkandung dalam bayam dengan perlambatan kemunduran kognitif. Peningkatan konsumsi bayam berpotensi melindungi otak dari demensia dan Alzheimer.

#7 - Manfaat Bayam Untuk Asma

Bayam merupakan sumber beta-karoten, antioksidan yang dapat membantu mencegah asma karena berolahraga.

#8 - Manfaat Bayam Untuk Menurunkan Berat Badan

Penelitian terkini menemukan bahwa bayam bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan dengan membatasi nafsu makan hampir 95 persen.

Para peneliti telah menemukan bahwa membran daun hijau yang ditemukan dalam bayam atau tilakoid dapat membatasi nafsu makan hampir 95%. Tilakoid dapat memperkuat produksi hormon kenyang, yang hasilnya dapat mengendalikan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

#9 - Manfaat Bayam Untuk Kolesterol

Tilakoid juga berguna untuk menurunkan kolesterol LDL. Antioksidan lutein yang ditemukan dalam bayam merupakan antioksidan ampuh dan memiliki efek anti-inflamasi dalam jaringan aorta yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL.

#10 - Manfaat Bayam Untuk Rambut Sehat

Vitamin A yang terdapat pada bayam, atau yang dikenal dengan retinol, dapat membantu memproduksi sebum yang sehat, minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit kepala untuk menjaga kelembaban rambut. Kebotakan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti bayam.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Bayam

Bayam merupakan makanan yang kaya akan karoten, vitamin C dan K, dan asam folat. Bayam juga merupakan sumber yang baik untuk magnesium, zat besi, manganase, dan vitamin B2. Bayam juga kaya akan vitamin E, B1 dan B6.


Referensi: PMID: 17093145, PMID: 18195226, PMID: 9367061, PMID: 11739884, PMID: 21697302, PMID: 24993695, PMID: 9925126, PMID: 11734430, PMID: 17951494, DOI: 10.1038/ejcn.2012.4

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment