Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, June 12, 2015

10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang dapat bermanfaat untuk mencegah kanker terutama yang banyak diderita oleh kaum wanita. Sayuran dengan warna hijau pekat ini merupakan makanan sehat yang mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menetralisir senyawa karsinogen dan dapat mencegah kanker terjadi pada tubuh kita. Brokoli juga mengandung zat-zat yang dapat merangsang enzim detoksifikasi yang secara alami membantu tubuh menyerang penyebab penyakit kanker dan toksin berbahaya.

#1 - Manfaat Brokoli Untuk Arthritis

Sebuah studi mengungkapkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam brokoli, bernama sulforaphane dapat mencegah atau memperlambat perkembangan osteoarthritis. Ini karena enzim yang merusak sendi diblokir oleh sulforaphane.

#2 - Manfaat Brokoli Untuk Kanker

Brokoli memiliki sifat antikanker yang bagus, terutama untuk kanker payudara. Senyawa dalam brokoli yang bernama glucosinolates, spesifiknya indole-3-carbinol dan sulforaphane, meningkatkan ekskresi jenis estrogen (2-hydroxyestrone) yang terkait dengan kanker payudara.

Beberapa studi menyelidiki manfaat kesehatan dari senyawa yang mengandung sulfur ini, dalam memerangi kanker payudara serta kanker prostat. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa sulforaphane dapat menghentikan pertumbuhan kanker payudara dan sel kanker prostat.

Indole-3-carbinol juga merupakan senyawa anti kanker, karena telah terbukti menghentikan pertumbuhan dari sel-sel kanker payudara dan kanker prostat. Para peneliti telah menemukan bahwa indole-3-carbinol bekerja dengan menghentikan siklus sel pada sel-sel kanker payudara tanpa benar-benar membunuh sel-sel tersebut.

Selain itu, indole-3-carbinol meningkatkan kemampuan hati untuk mendetoksifikasi senyawa beracun dan menghambat pertumbuhan human papillomavirus (virus yang terkait dengan kanker serviks).

Pertumbuhan sel kanker tiroid dan kanker gondok melambat jika diberikan terapi indole-3-carbinol dan diindolylmethane (DIM), zat lain yang mengandung sulfur dalam brokoli.

Penelitian menunjukkan bahwa untuk dapat mengurangi risiko kanker sampai setengahnya, rata-rata individu harus makan sekitar 2 pon brokoli setiap minggu. Secara teori, penurunan risiko bisa didapat dengan mengkonsumsi brokoli seminggu sekali setidaknya satu ons brokoli.

#3 - Manfaat Brokoli Untuk Tulang Sehat

Brokoli merupakan sumber yang kaya vitamin K, yang telah terbukti berperan dalam meningkatkan kesehatan tulang. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin K dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengurangi tingkat patah tulang pada orang dengan osteoporosis. Ada bukti bahwa vitamin K dan D bekerja secara sinergis pada kepadatan tulang. Keseimbangan kalsium juga positif dampak dari Vitamin K.

#4 - Manfaat Brokoli Untuk Jantung Sehat

Studi epidemiologis menunjukkan bahwa konsumsi brokoli terkait dengan penurunan risiko kematian penyakit jantung koroner.

Para peneliti juga menemukan bahwa sulforaphane mengaktivasi protein yang disebut Nrf2, yang melindungi arteri dari peradangan, dan brokoli adalah sumber makanan terbaik untuk sulforaphane.

#5 - Manfaat Brokoli Untuk Kolesterol

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi yang meminum jus brokoli dan kembang kol mengalami penurunan kadar kolesterol LDL.

#6 - Manfaat Brokoli Untuk Tukak Lambung

Sulforaphane dalam brokoli juga efektif dalam pencegahan dan penghapusan bakteri Helicobacter pylori, penyebab tukak lambung dan penyakit perut lainnya, termasuk gastritis, esofagitis, dan gangguan asam lambung. Bahkan jenis bakteri yang mengalami resistensi terhadap antibiotik efektif berkurang dengan adanya brokoli.

#7 - Manfaat Brokoli Untuk Imunitas

Kita sudah tahu bahwa sulforaphane mengaktivasi protein Nrf2, yang telah terbukti dapat mengembalikan kemunduran sistem kekebalan tubuh terkait usia.

#8 - Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Mata

Brokoli juga menawarkan sejumlah besar lutein, yang dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan dengan mencegah perkembangan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, karena karotenoid ini terkonsentrasi di dalam retina, di mana ia bertindak untuk melindunginya dari kerusakan.

#9 - Manfaat Brokoli Untuk Kulit

Topikal yang mengandung sulforaphane yang diekstrak dari brokoli telah terbukti dapat melindungi kulit terhadap radiasi UV.

#10 - Manfaat Brokoli untuk Detoksifikasi

Phytocheimcals yang terkandung dalam brokoli, khususnya tunas brokoli, dapat membantu detoksifikasi dan melindungi tubuh terhadap karsinogen.


Nutrisi Yang Terkandung Dalam Brokoli

Meskipun rendah kalori, brokoli termasuk makanan yang sarat gizi. Brokoli merupakan sumber yang baik untuk vitamin C, K dan A, serta serat dan asam folat. Brokoli juga kaya akan kalium, fosfor, magnesium, vitamin E dan B6. Selain itu, brokoli mengandung glucosinolates, Phytocheimcals dengan sifat antikanker yang kuat.

*Referensi: DOI: 10.1158/1940-6207.CAPR-09-0037, PMID: 18504070, PMID: 19349290, PMID: 23983046, PMID: 11684396, PMCID: PMC3405367, PMID: 17956979, PMCID: PMC23369, DOI: 10.1016/j.jaci.2008.01.016.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment