Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Gejala Awal Anda Terkena Diabetes

Anda mungkin tidak merasakan gejala apapun jika Anda terkena diabetes tipe 2. Karena faktanya, para peneliti berpikir bahwa rata-rata orang sudah memiliki diabetes selama 10 tahun sebelum terdiagnosa oleh dokter. Diabetes tipe 2 datang secara perlahan. Beberapa orang tidak menyadari gejala apapun, namun kelebihan berat badan merupakan sebuah tanda peringatan untuk bisa mulai mengelola penyakit ini. Berikut 11 gejala awal Anda terkena diabetes.

#1 - Haus yang tidak biasa

Apakah Anda sering merasa haus? Diabetes dapat menyebabkan gula menumpuk dalam aliran darah dan hal ini menyebabkan cairan harus dikeluarkan dari tubuh Anda. Akibatnya Anda mungkin akan merasa haus lebih dari biasanya.

#2 - Sering buang air kecil

Sering buang air kecil merupakan tanda peringatan yang paling umum yang memungkinkan Anda memiliki diabetes tipe 2. Anda mungkin merasakan hal ini lebih sering di malam hari dan mengganggu tidur Anda. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan rasa haus dan karena banyak minum. Apa yang sudah masuk harus dikeluarkan.

#3 - Penglihatan kabur

Jika Anda terkena diabetes, kadar gula dalam darah menjadi terlalu tinggi. Hal ini dapat menekan cairan dalam lensa mata yang membuatnya lebih sulit untuk menemukan titik fokus. Penglihatan kabur nampaknya menjadi gejala paling umum ketiga jika Anda memiliki diabetes.

#4 - Luka yang susah sembuh


Diabetes berdampak pada kemampuan tubuh menyembuhkan luka. Hal ini terjadi karena gula dalam aliran darah merusak pembuluh darah. Gejala diabetes yang paling umum ini -sekaligus paling berbahaya- dapat melukai kaki Anda. Karena diabetes, Anda mungkin tidak bisa merasakan luka sampai lukanya terlambat untuk diobati.

#5 - Sering terkena infeksi

Seiring dengan bertambahnya usia, kebanyakan orang menjadi lebih jarang terkena infeksi karena perkembangan sistem kekebalan tubuh. Tetapi jika Anda terkena diabetes, Anda bisa lebih sering terkena infeksi karena penyakit ini memang membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi.

#6 - Jamur

Salah satu jenis infeksi yang paling umum bagi orang dengan diabetes adalah candida. Baik jamur maupun bakteri tumbuh subur karena gula terikat dalam aliran darah. Wanita sangat rentan terhadap jenis infeksi ini.

#7 - Lebih lapar

Jika Anda terkena diabetes tipe 2, kebanyakan gula dalam tubuh tetap tinggal dalam aliran darah. Gula tidak masuk ke dalam sel-sel tubuh ketika Anda membutuhkannya sebagai kalori. Jadi otot-otot dan organ dalam Anda tidak memiliki cukup tenaga. Hal ini menyebabkan Anda merasa sangat lapar.

#8 - Kehilangan berat badan

Kebanyakan orang yang terdiagnosa diabetes memiliki berat badan yang berlebihan. Namun sebagian orang justru mengalami penurunan berat badan sebelum terdiagnosa dengan diabetes. Ini bukan cara yang sehat dalam menurunkan berat badan karena dapat merusak ginjal. Kehilangan berat badan dapat terjadi meskipun Anda makan makanan yang lebih banyak dari biasanya. Bila Anda tidak bisa memetabolisme gula dengan baik, tubuh Anda harus menggunakan bahan bakar alternatif yang disimpan dalam otot dan lemak. Gejala ini biasanya merupakan akibat dari diabetes tipe 1. Meskipun diabetes tipe 1 lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja, diabetesi tipe ini juga bisa menyerang orang dewasa.

#9 - Kehabisan tenaga

Jika Anda terkena diabetes, Anda dapat merasakan kelelahan yang tidak hilang walaupun sudah beristirahat. Hal ini terjadi karena sel-sel tubuh Anda tidak mendapatkan gula yang mereka butuhkan. Solusi dari masalah ini tentu bukan dengan menambah asupan gula, yang hanya membuat gejala semakin parah, karena gula hanya akan tinggal dalam alirah darah.

#10 - Kulit yang menghitam mirip daki


Gejala yang kurang umum dari diabetes tipe 2 ini adalah suatu kondisi yang disebut acanthosis nigricans. Sebagian kulit Anda akan berubah warna menjadi coklat atau hitam mirip daki. Biasanya muncul pada leher dan ketiak, hal ini mungkin terjadi akibat resistensi insulin yang menyebabkan diabetes tipe 2.

#11 - Masalah pada kaki

Kulit Anda mungkin akan terasa gatal atau seperti tersengat. Yang lebih parah lagi, Anda mungkin tidak bisa merasakannya sama sekali. Kaki dan tangan mungkin mengalami nyeri bakar dan membengkak. Ini merupakan pertanda bahwa diabetes sudah mulai merusak sistem saraf tubuh Anda.

6 komentar untuk "11 Gejala Awal Anda Terkena Diabetes"

  1. Haduhhh naudzubillah min zalik, semoga terhindar dari diabetes

    BalasHapus
  2. waduh mas...kayaknya banyak tanda atau hampir semua tanda itu saya alami...tapi kalau kabur karea kebanyakan di depan kompi gak termasuk kan ya mas....harus lebih berhati hati kayaknya nih. makasih ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh saya sekeluarga mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin....

      Hapus
  3. Haduh, sebagian tanda-tanda sih iya, tapi semoga bukan diabetes, tapi normal :O

    BalasHapus
  4. Saya pernah lihat gambar viral nomor 10 itu di facebook. Ternyata ngebahas soal diabetes toh.

    BalasHapus
  5. Dari 10 point yang disebutkan diatas, point no 2 sering saya alami ketika banyak minum yang manis, serta point 3 dan point 6, jangan-jangan itu juga pertanda ya,?

    BalasHapus
close