Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, October 5, 2016

Apakah Radiasi Dari Gadget Bisa Mempengaruhi Kesehatan Anak?

Gelombang radiasi HP dan tablet yang lemah namun berubah-rubah memang tidak bisa langsung menghancurkan ikatan yang menjaga molekul, tapi bisa mengganggu DNA, melemahkan lapisan pelindung di otak, dan melepaskan radikal bebas yang reaktif dan merusak.

Otak dari anak usia 5 tahun, baik sehat ataupun sebaliknya, memiliki tengkorak yang lebih tipis dan mengandung cairan yang lebih banyak dari otak dewasa. Sumsum tulang pada kepala anak, menyerap radiasi 10 kali lebih banyak daripada orang dewasa, sementara anak balita dan yang lebih kecil, bisa menyerap lebih banyak lagi.

American Academy of Pediatrics telah mengeluarkan peringatan bahwa anak membutuhkan waktu untuk tatap muka secara langsung daripada menatap layar. Kemampuan untuk bisa membedakan orang tua dan orang lain, dan untuk belajar membutuhkan proses memegang, menyentuh, mencium, melihat dan mendengar dari orang dan situasi nyata. Ini tidak bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi.


Apa yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari radiasi yang dikeluarkan oleh gadget?
  1. Ketika membahas tentang alat-alat elektronik, perhatikan peringatan keamanan yang biasanya tersembunyi di produk, juga perlu diingat: menjaga jarak adalah kuncinya.
  2. Jangan memegang HP langsung ke kepala. Gunakan headset atau speakerphone untuk bicara melalui telepon.
  3. Ibu hamil harus menjauhkan HP dari perut, dan laki-laki yang ingin menjadi calon ayah harus menjauhkan HP dari saku celananya.
  4. Jangan biarkan anak untuk bermain dengan menggunakan HP. Anak yang sudah lebih dewasa harus menggunakan headset ketika bicara dengan HP.
  5. Matikan wireless router saat malam untuk meminimalkan radiasi.
  6. Makan sayuran hijau dan tidur yang bagus di malam hari dengan ruangan yang gelap untuk meningkatkan perbaikan DNA yang mungkin rusak akibat radiasi.
Sumber: healthychild

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apakah Radiasi Dari Gadget Bisa Mempengaruhi Kesehatan Anak?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment