Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, December 10, 2014

20 Makanan Sehat Untuk Jantung Anda

Penyakit jantung adalah penyakit yang paling mematikan di dunia. Ada beberapa faktor yang memicu penyakit jantung diantaranya rokok, mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi, kurang gerak, malas berolahraga,stres, dan kurang istirahat.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengontrol penyakit jatung? Simak tipsnya berikut ini!


1. Kontrol Porsi Makan
Makan dalam porsi besar dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan kolestrol tinggi yang dapat memperburuk penyakit jantung. Kurangi porsi makan dengan menggunakan tangan sebagai alat ukur. Makan satu porsi daging atau ikan yang seukuran telapak tangan. Makan buah segar yang seporsi kepalan tangan. Makan satu porsi sayuran matang maupun nasi seukuran tangkupan tangan (rapat).
2. Berolahraga
Lakukan aktivitas fisik selama 30 menit, lima hari seminggu (20 menit tiga kali seminggu untuk olahraga berat, seperti jogging). Ini dapat membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Latihan dapat mengurangi risiko arteri tersumbat.  Saat berolahraga, bukan berarti  harus menjalaninya selama 30 menit penuh. Kamu dapat memecahnya menjadi 10 menit dalam 3 tahap.
3. Apa Yang Kamu Makan
Penuhi piring makan dengan buah-buahan sebanyak 5-9 porsi dalam sehari. Pola ini akan menekan LDL dan memberikan manfaat antioksidan. Selain itu, saat mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, otomatis makanan berlemak akan tersingkir dengan sendirinya. Konsumsi makanan sehat juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan mempertahankan berat badan.


Banyak sekali buah-buahan dan sayuran yang bagus untuk jantung kamu dan kamu harus lebih sering lagi makan buah-buahan dan sayuran tersebut. Beberapa diantaranya adalah:

1. Kacang Almon
Kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat melindungi jantung kamu. Juga sumber serat dan antioksidan yang bagus untuk tubuh.
2. Asparagus
Memiliki kandungan serat, asam folat, Vitamin C dan potassium. Potasium memiliki peranan dalam mengatur fungsi jantung dan mengontrol tekanan darah. Asam folat dan Vitamin C membantu mencegah penyakit jantung.
3. Alpukat
Sangat baik sekali untuk jantung kamu, alpukat mengandung serat, Vitamin B, Vitamin C, lemak baik dan potassium.
4. Kedelai
Kedelai adalah sumber serat yang bagus, lemak yang sehat dan Vitamin B.
5. Bluberi
Kaya akan antioksidan, antioksidan ini akan mengontrol kadar kolesteol.
6. Brokoli
Mengandung Sulforaphane, yang bisa mengurangi peradangan dan melindungi arteri dari kerusakan. Kaya akan serat, vitamin A, vitamin C. Mengandung ko-enzim Q10 yang memiliki peranan untuk kesehatan dan kekuatan otot, termasuk jantung.
7. Beras cokelat
Kaya akan serat dan antioksidan, juga mengandung senyawa special yang disebut lignan yang melindungi jantung kamu,
8. Wortel
Kaya akan beta-karoten yang mengubah vitamin A, mencegah oksidasi dari kolestrol. Juga mengandung serat, vitamin C dan potassium.
9. Cokelat hitam (dark chocolate)
Mengandung senyawa yang disebut flavanol, yang berguna sebagai antioksidan dan anti peradangan. Menyeimbangkan gula darah dan kolesterol.
10. Oatmeal
Mengandung serat, potassium dan lemak yang sehat, oatmeal membantu melawan penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah. Juga mengandung beberapa antioksidan.
11. Pepaya
Mengandung Vitamin C, Vitamin A, asam folat, potassium dan serat. Juga mempunyai fungsi anti peradangan.
12. Anggur
Memiliki antioksidan yang terkandung pada kulitnya yang disebut resveratrol bersama dengan antioksidan lainnya dan juga anti radang. Berguna untuk memperbaiki tekanan darah, kolesterol dan mencegah plak di pembuluh darah jantung.
13. Bayam
Mengandung ko-enzim Q10, yang mensuplai energy ke sel otot dan menurunkan kadar kolesterol. Juga kaga akan potassium untuk tekanan darah, serat untuk menurunkan kolesterol dan menghilangkan toxin, asam folat dan antioksidan lainnya.
14. Tomat
Lycopene, pigmen yang membuat tomat berwarna merah, adalah antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol, melindungi jantung dan pembuluh arteri dari kerusakan radikal bebas. Juga kaya akan Vitamin C, Vitamin A dan potassium.
15. Ubi Jalar
Masih lebih baik untuk kamu dibandungkan beras putih, ubi jalar mengandung potassium, serat, vitamin  dan vitamin C.
16. Paprika merah
Paprika banyak mengandung vitamin A dan vitamin C, tapi yang merah kandungannya paling banyak. Juga mengandung vitamin B, dan capsaicin yang berguna untuk aliran darah dan kolesterol.
17. Jeruk
Mengandung flavanones, senyawa kuat yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Juga mengandung antioksidan, vitamin C dan vitamin B.
18. Belewar
Mengandung serat, potassium, vitamin C, vitamin A, semuanya bisa melindungi jantung kamu.
19. Labu kuning (Acorn squash)
Mengandung vitamin A yang mencegah oksidasi dari kolesterol. Sumber serat dan vitamin C, serta antioksidan.
20. Kacang Walnut
Seperti kacang almon, walnut mengandunf lemak tak jenuh tunggal yang dapat melindungi jantung kamu dan sumber serat serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

[reference: Sunwarrior.com | gambar: detik.com]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Makanan Sehat Untuk Jantung Anda

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

3 comments:

  1. Harus dicoba nih..
    Makasih udah share :)

    ReplyDelete
  2. Ternyata wortel juga bagus untuk kesehatan jantung juga ya?? kirain cuma buat vitamin mata aja pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11% [http://goo.gl/GCcxcG]

      Delete