Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, January 7, 2015

15 Fakta Tentang Tidur Yang Jarang Diketahui

Kita menghabiskan sebagian besar aktifitas untuk tidur. Meski begitu, tampaknya ada beberapa fakta tentang tidur yang jarang diketahui oleh banyak orang. Lantas apa saja fakta-fakta unik tentang tidur dan seberapa penting kah tidur untuk kesehatan?

Tak hanya mengistirahatkan otot, saat tidur tubuh mengalami perbaikan dan detoksifikasi (mengeluarkan racun). Tidur juga memberi kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas (kekebalan tubuh).

Berikut 15 fakta tentang tidur yang jarang diketahui yang saya kutip dari situs psychologydegree.net.

  1. Yang terjadi saat anda tidur adalah: otak mengisi ulang, regenerasi dan perbaikan sel-sel dan tubuh mengeluarkan hormon-hormon penting.
  2. Lama waktu tidur tergantung dengan usia. Bayi butuh 16 jam, anak-anak butuh 10 jam, orang dewasa 8 jam dan orang lanjut usia 6 jam.
  3. Pria lebih banyak memimpikan tentang sesama pria 70% lebih banyak dibanding bermimpi tentang wanita, sedangkan wanita memimpikan wanita dan pria secara seimbang.
  4. Parasomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya beraktifitas tanpa sadar saat tidur. Tindak kejahatan yang disebabkan parasamnia meliputi: mengemudi saat tidur, menulis cek, pembunuhan, menganiaya anak kecil, dan pemerkosaan.
  5. 12% orang bermimpi hanya hitam dan putih saja. Angka itu terus berkembang hingga akhirnya televisi berwarna ditemukan. Semenjak itulah lebih banyak manusia yang dapat bermimpi dengan "layar" berwarna.
  6. Bermimpi adalah hal yang normal, sedangkan orang yang tidak bermimpi bisa jadi mengidap gangguan kepribadian.
  7. Kita hanya bisa memimpikan orang-orang yang pernah kita lihat sebelumnya, termasuk yang kita ingat atau sudah lupa.
  8. Satu dari empat orang pasangan suami-istri tidur di ranjang yang terpisah.
  9. Tentara kerajaan Ingris raya adalah yang pertama mengembangkan metode 36 jam tanpa tidur, saat mengantuk mereka menggunakan visor khusus (sejenis kaca mata hitam) yang dapat menirukan sinar matahari terbit sehingga terjaga kembali.
  10. Mamalia yang tidur paling lama adalah koala dengan 22 jam, kelelawat cokelat dengan 19 jam dan trenggiling dengan 18 jam.
  11. Saat lumba-lumba tidur, hanya setengah otak mereka yang tidur, setengahnya lagi tetap terjaga untuk membantu proses bernafas.
  12. Kurang tidur lebih mematikan daripada kurang makan. Anda dapat bertahan tanpa makan hingga 2 minggu, namun anda bisa meninggal jika tidak tidur selama 10 hari.
  13. Orang tuna netra masih bisa bermimpi dengan penglihatan, namun orang yang tuna netra dari lahir biasanya hanya bermimpi dengan membayangkan perasaan, suara, bau, dan sentuhan.
  14. Setelah 5 menit dari bangun tidur, anda akan lupa 50% mimpi dan setelah 10 menit lupa 90% dari mimpi.
  15. 1 dari 50 remaja masih ngompol di kasur saat tidur.
15 fakta tentang tidur [image from visualistan.com]
"Pilihan editor: Mengenal jenis gangguan tidur"

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 15 Fakta Tentang Tidur Yang Jarang Diketahui

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

6 comments:

  1. Yang poin nomor 5 apa iyah yah, setelah tv berwarna muncul maka mimpinya warna-warni :D

    ReplyDelete
  2. wah benar-benar jarang diketahui gan, ternyata banyak sekali fakta yang terdapat pada seseorang saat tidur... terima kasih untuk informasinya.

    ReplyDelete
  3. 1 dari 50 remaja masih ngompol di kasur saat tidur. ini sungguh keren, masa masih ngompol mas..? :D

    ReplyDelete
  4. Ah iya point 14 itu sama dg aku. Biasanya klo sudah bangun, suka lupa mimpi apaan semalam. Kadang-kadang inget sedikit-sedikit, tapi seringkali lupa.

    ReplyDelete
  5. Hahah.. Ada yang masih ngompol padahal uda gede.. :D

    ReplyDelete
  6. kenapa mimpi indah itu terasa cepat tapi mimpi seram berasa lama sekali :'(

    ReplyDelete