Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, March 2, 2015

10 Fakta Unik Tentang Otak Anda

Apa saja fakta menarik tentang otak kita? Selain sebagai salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia, ada sejumlah fakta mengejutkan yang belum diketahui mengenai otak. Saya mengutip beberapa fakta mengejutkan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya tentang otak.

Otak manusia adalah organ paling kompleks dalam tubuh manusia dan bahkan merupakan ciptaan Tuhan yang paling kompleks di alam semesta. Jelas bahwa segala hal yang diciptakan oleh manusia berasal dari otaknya, sehingga dapat dikatakan bahwa otak manusia adalah fitur paling menakjubkan dalam tubuh manusia.

Berikut adalah 10 fakta menarik dan unik tentang otak manusia yang perlu anda diketahui:
ilustrasi otak

1. Otak beratnya sekitar 3 lbs atau 1,4 kg, tapi membutuhkan 20% pasokan darah tubuh. Panjang total dari pembuluh kapiler yang memasok darah ke otak manusia sekitar 400 mil atau 655 km.

2. Seperti kabel listrik, neuron juga memiliki lapisan pelapis yang mengelilinginya agar bisa mempercepat komunikasi. Terima kasih untuk myelin, berkat lapisan pelindung saraf ini, respon saraf neuron bisa secepat 268mil/jam atau 431 km/jam, yang kira-kira tiga kali lebih cepat dari pada laju kendaraan di jalan tol.

3. Anda memiliki CEO anda sendiri di otak anda. Kapan saja anda butuh mencari rute terdekat untuk pergi ke suatu tempat, membandingkan harga di pasar, atau dengan mudah membuat coretan daftar yang ingin dilakukan, prefrontal cortex bekerja untuk membuat logika, memutuskan keputusan anda.

4. Orang dengan synesthesia mengalami lebih dari sekedar satu sentuhan saat merespon sebuah stimulasi sensori tunggal. Mereka mungkin juga akan melihat sejumlah warna setiap kali melihat benda tertentu atau mendengar nada tertentu.

5. Jumlah dari olfactory receptor cells (sel-sel reseptor penciuman) mengindikasikan seberapa sensitif indra penciuman anda. Manusia memiliki 12 juta olfactory receptor cells, tapi tidak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan anjing yang memiliki 1 milyar.

6. Amygdala mencatat ekspresi emosi wajah orang lain dan menghasilkan reaksi sebelum kita tahu bahwa kita telah melihatnya.

7. "Pernah kita bertemu sebelumnya?". Jika area pengenalan wajah di dalam otak yang disebut temporal lobe rusak, seseorang dapat mengembangkan gangguan yang disebut prospagnosia, di mana mereka tidak bisa mengenali orang-orang yang mereka kenal. Menariknya, ada sebuah neuron tunggal yang bisa merespon gambar dari Jennifer Aniston, yang dijuluki "Jennifer Aniston Neuron".

8. Orang dengan phantom limb pain dapat mengalami keringanan jika salah satu tangan terlihat seperti gambar dalam cermin dan bergerak muncul seolah tangan yang hilang masih utuh. Ilusi yang muncul bisa meredakan rasa nyeri.

9. Pada orang dengan anarchic hand syndrome, salah satu tangannya tidak bisa dikontrol dan bergerak sendiri tanpa dikehendaki.

10. Satu dari 125 juta jiwa dilahirkan dengan kemampuan tidak bisa merasakan sakit / nyeri. Kondisi ini disebabkan karena kelainan genetik, congenital analgesia, yang menyebabkan kurangnya kemampuan ujung-ujung saraf pada tubuh untuk merasakan nyeri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Fakta Unik Tentang Otak Anda

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

3 comments:

  1. Wah sangat menarik infonya mas. Yg saya heran pnjang pmbuluh kapiler bisa smpai 655km ya mas hhehe muat otaknya

    ReplyDelete
  2. slah satu bukti Kebesaran Yang Maha Kuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas buret bner, semua itu bukti kebesaran tuhan..

      Delete