Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, July 17, 2015

Lima Nutrisi Penting Untuk Diet Sehat

Asupan nutrisi memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk membantu mengoptimalkan fungsi tubuh dengan tepat. Tetapi nutrisi apa saja yang dibutuhkan tubuh kita untuk menunjang diet sehat?

Nutisi atau gizi adalah substansi organik yang di butuhkan oleh sistem dalam tubuh manusia untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan kesehatan.

Nutrisi bagi tubuh juga penting untuk menentukan diet yang optimal untuk menurunkan kelebihan berat badan seseorang. Namun masih banyak diantara kita yang belum mengetahui nutrisi-nutrisi apa saja yang penting untuk diet sehat.

Berikut 5 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk diet sehat :

#1 - Kalsium

Tubuh kita membutuhkan kalsium untuk membantu otot dan pembuluh darah berkontraksi dan mengembang, untuk mengeluarkan hormon dan enzim, serta mengirimkan pesan melalui sistem saraf. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan fraktur tulang. Anda dapat memperoleh kalsium dari sayuran hijau, produk susu dan makanan yang diperkaya kalsium, seperti sereal, serta ikan dengan tulang yang lunak, seperti salmon.

#2 - Kalium

Kalium adalah mineral yang tubuh kita butuhkan untuk dapat berfungsi dengan normal. Kalium membantu saraf dan otot berkomunikasi, juga membantu memindahkan zat gizi ke dalam sel dan membuang limbah ke luar sel. Jika Anda tidak memperoleh asupan kalium yang cukup, Anad dapat mengalami kram otot, fatigue, dan sembelit. Anda dapat menemukan kalium dalam sayuran hijau, pisang, umbi-umbian dan buah jeruk.

#3 - Vitamin D

Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium, salah satu bahan utama pembentuk tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit tulang, seperti osteoporosis atau rakitis. Vitamin D juga berperan dalam sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh kita. Anda dapat memperoleh vitamin D dengan tiga cara: melalui kulit (matahari), diet, dan suplemen. Tubuh Anda dapat memproduksi vitamin D secara alami setelah terkena paparan matahari.


#4 - Zat Besi

Zat besi merupakan mineral yang diperlukan dalam berbagai fungsi tubuh. Jika Anda mengalami kekurangan zat besi, Anda bisa mengembangkan penyakit iron deficiency anemia (anemia karena kekurangan zat besi). Zat besi yang terkandung dalam daging sapi, daging ayam, dan ikan dapat diserap dua sampai tiga kali lebih efisien daripada zat besi dalam tanaman. Jika Anda vegetarian, coba camilan kacang mete dan aprikot kering.

#5 - Serat

Serat dalam makanan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, dan membantu mengontrol berat badan Anda. Serat juga membantu sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Serat larut, yang ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, lentil dan beberapa buah-buahan, dapat mengurangi risiko stroke dan diabetes tipe 2, sedangkan serat tidak larut, seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan dan sayuran, dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

*Rekomendasi: Kadar Zat Gizi Yang Dibutuhkan Tubuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Lima Nutrisi Penting Untuk Diet Sehat

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

6 comments:

  1. Betapa perlunya keseimbangan asupan gizi untuk tubuh, seperti kelima opsi yang diuraikan dalam postingan diatas. Saangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  2. Info kesehatan yang benar-benar bermanfaat dan perlu dilakukan gar kesehatan tetap terjaga, makasih Mas.

    ReplyDelete
  3. melengkapi 4 sehat lima sempurna ya mas..

    ReplyDelete
  4. Badanku udah kerempeng ,jadi tidak perlu diet lagi nih :)

    ReplyDelete
  5. saya agak kesulitan ketika harus mendapatkan vitamin D, yang gratis kan cuman dari jam 7sampai dengan jam 10 an.

    ReplyDelete