Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, September 20, 2015

Macam Macam Gejala Penyakit Pada Mata

Jenis penyakit apa saja yang ada gejala pada mata? Simak penjelasannya berikut ini mengenai macam macam gejala penyakit pada mata.

Mata merupakan jendela ke dalam tubuh yang menawarkan peringatan besar bagi banyak penyakit yang mengancam jiwa. Kebanyakan orang berpikir hanya perlu memeriksa mata untuk masalah penglihatan, tetapi sesungguhnya setiap orang haruslah memeriksakan matanya secara rutin.

Kondisi medis penyakit serius seperti diabetes dapat dideteksi dari mata. Maka dari itu, penting mengetahui kondisi mata Anda sedini mungkin.

Berikut adalah beberapa gejala mata umum yang bisa jadi merupakan pertanda dan gejala penyakit serius yang dimiliki seseorang.

#1 - Kelopak mata pucat bisa jadi gejala anemia

Jika bagian dalam kelopak mata bawah Anda terlihat pucat saat ditarik ke bawah, Anda mungkin mengalami gejala anemia defisiensi zat besi, dimana zat besi dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah. Anemia jenis ini dapat diobati dengan suplemen zat besi, tetapi juga dapat menjadi tanda perdarahan internal, sehingga penting untuk memeriksa ke dokter.

#2 - Mata merah bisa jadi gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi

Ketika dokter ahli optik memeriksa mata Anda, mereka melihat pembuluh darah kecil di retina Anda, jaringan sensitif di belakang mata.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah ini muncul bengkok atau bahkan menyebabkan mereka meletus sehingga mata terlihat merah. Seperempat orang dewasa tidak tahu jika tekanan darah tinggi bisa menyebabkan risiko terserang stroke.

#3 - Kelopak mata layu atau ptosis bisa jadi gejala stroke atau myasthenia gravis

Mata yang layu dapat menunjukkan tanda kelumpuhan, kelumpuhan wajah yang bersifat sementara. Hal ini juga bisa menjadi gejala dari stroke, terutama jika mata tersebut tidak diobati lebih lanjut. Lebih parah lagi, mata layu bisa juga menjadi bukti dari tumor otak atau penyakit autoimun yang dikenal sebagai myasthenia gravis.

#4 - Mata menonjol bisa jadi gejala gangguan tiroid

Mata yang tampak menonjol mungkin bukti tiroid yang terlalu aktif. Tingkat normal hormon tiroid menyebabkan jaringan di sekitar mata membengkak, sehingga mata tampak yang muncul keluar.

#5 - Ada lapisan kuning di belakang mata bisa jadi gejala diabetes

Lapisan lemak kuning, atau air mata kecil di retina merupakan tanda-tanda diabetes tipe 2. Diagnosis dini ini kunci untuk menghindari jangka panjang terkena diabetes yang kadang-kadang fatal dan menyebabkan komplikasi.

#6 - Mata kuning bisa jadi gejala penyakit hati

Kondisi medis pada hati, termasuk hepatitis dan sirosis, dapat mengubah putih mata Anda berwarna kuning. Gejala semacam ini harus segera diperiksa ke dokter secara langsung. Warna kuning pada mata disebabkan oleh bilirubin, zat kimia yang dibuat oleh pemecahan hemoglobin, yang membawa oksigen molekul dalam sel darah merah.

#7 - Cincin di iris bisa jadi gejala kolesterol tinggi

Cincin putih di sekitar iris, bagian berwarna dari mata merupakan tanda kadar kolesterol tinggi. Petunjuk lain yaitu 'xanthelasma' yang berbentuk datar, timbunan lemak putih di bawah kulit pada atau sekitar kelopak mata Anda. Studi menunjukkan orang dengan kedua gejala ini memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit jantung.

#8 - Saraf optik pucat bisa jadi gejala tumor otak

Saraf optik, yang mentransmisikan informasi dari retina ke otak, terlihat di bagian belakang mata untuk oleh seorang dokter ahli optik. Sebuah saraf optik yang pucat bisa menjadi manifestasi awal bukti dari penyakit tumor otak.
Macam macam penyakit dengan gejala pada mata ini disadur dari: Times of India

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam Macam Gejala Penyakit Pada Mata

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. waduh mata merah kirain cuma karena debu aj mas taunya ada gejala juga untuk masalah penyakit.

    ReplyDelete
  2. Semua penyakit yang sedang dialami, pasti ada tanda tanda organ tubuh kita untuk mengetahui penyakit apa yang sedang di derita... Terimakasih atas penjelasannya mas, sekarang jadi tambah tahu...

    ReplyDelete