Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, January 22, 2016

Tentang Acute Limb Ischemia (ALI)

Laki-laki berusia 60 tahun lebih, mengeluh kakinya kram. Lantas dibawa ke tukang urut. Setelah di urut keluhan tidak kunjung hilang. Malahan kakinya teraba dingin dan menghitam. Setelah terapi beberapa kali dan kakinya hitam barulah tukang urut itu bilang, ini kemungkinan besar karena digigit ular. Harus ke dokter. Saat ke dokter barulah ketahuan sakitnya adalah penyumbatan darah pembuluh darah di kaki. Kemungkinan besar kakinya terpaksa harus di potong / amputasi.

Proses penyempitan (atherosklerosis) dan timbulnya gumpalan darah (trombus) yang menyumbat pembuluh darah bisa terjadi diseluruh organ tubuh. Di jantung proses atherosklerosis kronis dapat menimbulkan penyempitan yang mengurangi pasokan darah ke jantung. Akibatnya saat kebutuhan jantung lebih besar dibandingkan apa yang bisa disediakan pembuluh darah, misal saat anda beraktivitas, akan timbul rasa nyeri atau angina. Jika sampai terjadi sumbatan total, otot jantung akan rusak dan mati. Inilah yang disebut serangan jantung.

acute limb ischemia

Proses serupa dapat terjadi pada pembuluh darah yang memperdarahi beragam organ tubuh. Sumbatan pembuluh darah ke otak mengakibatkan stroke, ke ginjal mengakibatkan gagal ginjal, ke ekstremitas / anggota gerak, biasanya kaki, mengakibatkan Peripheral Artery Disease (PAD) atau penyakit arteri perifer. Sifatnya juga mirip dengan penyakit jantung koroner diatas, bisa kronis atau akut. Pada keadaan kronis penyempitan pembuluh darah mengurangi aliran darah ke kaki, akibat nya saat kaki dibawa jalan terasa sakit. Pada keadaan akut, dimana terjadi sumbatan total nyerinya akan sangat hebat, bahkan saat kaki di istirahatkan.

Akibat sumbatan yang terjadi otot kaki akan mengalami kerusakan dan akhirnya mati. Prosesnya serupa dengan apa yang terjadi saat stroke infark atau serangan jantung. Semakin cepat di buka sumbatannya semakin baik hasilnya. Jika terlambat otot kaki akan membusuk, dan akhirnya harus di amputasi. Karenanya penting juga masyarakat mengetahui gejalanya sehingga bisa secepatnya berobat jika memiliki keluhan serupa.

Siapa yang berisiko memiliki penyakit acute limb ischemia ini?
Mereka yang:
  • Berusia lanjut (laki-laki>60 th, wanita setelah menopouse)
  • Merokok
  • Diabetes
  • Obesitas atau berat badan berlebih
  • Kolesterol tinggi
  • Riwayat keluarga (sedarah) memiliki penyakit pembuluh darah
  • Kebiasaan hidup tidak sehat, kurang olahraga

Keluhan yang umum timbul:
  • Nyeri hebat di kaki saat kaki tidak digerakkan.
  • Kaki diadakan lebih dingin jika dibandingkan organ tubuh lainnya.
  • Luka atau infeksi yang tidak kunjung sembuh.
  • Kaki membusuk / gangren
  • Hilangnya nadi di daerah yang tersumbat.

Jika merasa ada keluhan diatas, cepat mampir ke dokter. Jangan di URUT!!
[Disadur dari artikel fanpage Dr. Erta Priadi Wirawijaya Sp.JP]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tentang Acute Limb Ischemia (ALI)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment