Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak

Menjaga kebersihan mulut harus dimulai sejak masa kanak-kanak. Semakin awal Anda dapat membantu anak-anak membangun dan memelihara rutinitas kebersihan mulut, akan semakin baik.

Membiasakan menjaga kebersihan mulut dan gigi di usia muda dapat meminimalkan masalah pada gigi dan meningkatkan kemungkinan bahwa anak-anak Anda akan tetap menjaga rutinitas kebersihan mulut ketika mereka tumbuh dewasa.

Rincian berikut ini hanya beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai orangtua untuk membantu menjaga gigi anak-anak Anda.

#1 - Konsistensi di rumah
Anak-anak harus menyikat gigi dua kali sehari dan flossing --membersihkan sisa makanan dan plak yang terletak diantara gigi dengan benang gigi-- sekali sehari. Tentunya mudah mengasumsikan hal itu karena anak Anda dengan sukarela akan menyikat gigi dan flossing jika gigi anak Anda terlihat sehat. Sampai anak-anak mencapai usia 11 atau 12, Anda harus mengawasi rutinitas ini dan menawarkan tips untuk membantu mereka meningkatkan teknik membersihkan gigi sesuai kebutuhan.

#2 Batasi minuman manis dan makanan ringan
Selalu sediakan pilihan minuman di rumah dan di manapun dengan terus menjaga teko terisi penuh di kulkas dan air botol di mobil. Tawarkan makanan ringan yang sehat dan lezat termasuk buah-buahan, sayuran, keju, dan kue gandum.

Minuman bersoda boleh diberikan sesekali saja. Ketika anak Anda minum minuman bersoda, sarankan mereka untuk menggunakan sedotan dan berkumur dengan air setelahnya. Edukasi mereka tentang pemilihan makanan dan minuman, sehingga mereka tahu kenapa mereka harus membuat pilihan yang baik untuk gigi mereka.

Pemeriksaan gigi secara teratur

Seorang anak dapat mulai mengunjungi dokter gigi pada waktu enam bulan setelah tumbuh gigi pertamanya atau sekitar ulang tahun pertamanya. Membangun hubungan yang solid antara dokter gigi dengan anak dapat membantu membuat anak Anda merasa nyaman di dokter gigi. Kemudian jadwalkan pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan sehingga dokter gigi dapat mendeteksi masalah dini termasuk gigi berlubang dan kebutuhan ortodontik.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua dalam menjaga kesehatan gigi anak-anak Anda. Semoga bermanfaat.

5 komentar untuk "Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak"

  1. jujur kan dari kecil sampe sekarang belom pernahh diperiksain ke dokter gigi soalnya alhamdullilah belom pernah sakit gigi juga kan suka sikat gigi 2x sehari haahaa

    BalasHapus
  2. yah begitulah mas cipto terkadang susah dan ga tega jika sang anak merengak minta sesuatu yang bikin rusak sama gigi (permen, es, atau coklat) tapi diusahakan konsisten untuk menjaga kebersihan

    BalasHapus
  3. Terlalu membiarkan anak makan permen adalah suatu yang salah hingga pada akhirnya nanti kesehatan gigi akan terganggu seperti terjadinya gigi berlubang :)
    Ohya gan, blog anda sudah saya follow, Mohon follow balik blog saya ya

    BalasHapus
  4. kesehatan gigi dan gusi sangat penting untuk anak-anak...
    bagi saya masih kurang satu mas, lidah juga harus disikat barengan sama sikat gigi hehe

    BalasHapus
  5. ayo siapa yang belum gosok gigi?

    BalasHapus
close