Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Gejala Asma Pada Anak-Anak?

Gejala asma pada anak-anak yang paling umum adalah batuk dan mengi.
  • Batuk biasanya non-produktif dan seringkali menjadi satu-satunya gejala. Jika batuk adalah satu-satunya gejala, ini disebut asma varian batuk.
  • Mengi adalah suara ngik-ngik seperti siulan bernada tinggi yang dihasilkan oleh aliran udara turbulen melalui saluran udara yang menyempit.

Gejala umum lainnya termasuk:
  • Kesulitan bernapas
  • Dada sesak
  • Daya tahan yang buruk ketika berolahraga


Gejala ini seringkali memburuk di malam hari. Batuk di malam haru juga sering terjadi. Gejala biasanya juga diperburuk oleh infeksi virus pada saluran pernapasan atas, dan gejala infeksi virus ini bisa berlangsung selama berminggu-minggu pada anak dengan asma.

Gejala asma pada anak juga memiliki variasi musiman, yang dapat disebabkan oleh alergi lingkungan.

Asap rokok biasanya memperburuk gejala, dan asap rokok tidak hanya faktor risiko untuk mengembangkan asma anak, tetapi juga mempersulit pengendalian asma. Anak-anak dengan asma sering memiliki riwayat bronkitis berulang atau bahkan batuk keras berulang.

Pemeriksaan fisik pada asma seringkali normal. Terkadang, mengi muncul.

Dalam sebuah eksaserbasi (kekambuhan) asma, tingkat pernapasan akan meningkat, detak jantung meningkat, dan anak-anak dapat merasa seolah-olah pernapasan menjadi jauh lebih sulit. Mereka mungkin memerlukan otot aksesori untuk bernapas, dan retraksi dinding dada yang berdekatan dengan tulang rusuk. Anak-anak mungkin menjadi lesu dan kurang nafsu makan. Hal ini penting untuk dicatat bahwa kadar oksigen darah biasanya tetap cukup normal bahkan di tengah-tengah eksaserbasi asma yang signifikan.
sumber: medicinenet.com

1 komentar untuk "Apa Gejala Asma Pada Anak-Anak?"

  1. Sepertinya memang kondisi lingkungan turut berpengaruh jg terhadap kambuhnya penyakit asma, seperti halnya dalam kondisi dingin.

    BalasHapus
close