Cegah Cacat Lahir Dengan 10 Langkah Ini Untuk Kehamilan Yang Sehat


Cacat lahir adalah kondisi tidak normal yang terjadi sebelum atau saat kelahiran. Sebagian adalah kondisi yang ringan seperti jari yang lebih pada tangan atau kaki. Sebagian bisa sangat serius seperti cacat pada jantung.

Cacat lahir bisa menyebabkan masalah fisik, mental dan kesehatan. Sebagian seperti down syndrome atau anemia sel sabit, disebabkan oleh faktor genetik. Sebagian disebabkan obat-obatan tertentu, pengobatan atau bahan kimia.

Meskipun penyebab dari cacat lahir sebagian besar masih belum diketahui. Peneliti terus meneliti untuk bisa menemukan cara mencegah terjadinya cacat lahir. Beberapa langkah berikut ini bisa membantu para ibu untuk memiliki bayi yang sehat.

Perlu diketahui, tidak semua cacat lahir bisa dicegah. Tapi setiap perempuan bisa meningkatkan kesempatan untuk memiliki bayi yang sehat. Banyak dari cacat lahir terjadi di masa awal kehamilan, bahkan sebagian calon ibu belum tahu bahwa dia sedang hamil. Sekitar 50 persen dari kehamilan adalah kehamilan yang tidak direncanakan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dipersiapkan untuk kehamilan yang sehat.

  1. Minum vitamin yang mengandung asam folat 400 mikrogram setiap hari.
  2. Menghindari, alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang
  3. Cuci tangan yang rutin dengan sabun untuk menjaga kebersihan dan mencegah infeksi.
  4. Kontrol ke tenaga kesehatan secara rutin.
  5. Bicara dengan tenaga kesehatan tentang masalah kesehatan yang dialami dan obat-obatan yang digunakan, baik yang diresepkan atau yang bisa dibeli bebas.
  6. Tanyakan mengenai zat tertentu yang harus dihindari di tempat kerja atau di rumah yang mungkin bisa membahayakan bagi perkembangan janin.
  7. Makan yang sehat, dengan kandungan gizi seimbang.
  8. Menghindari susu yang tidak di pasteurisasi (mentah) dan makanan olahan yang terbuat darinya.
  9. Menghindari makanan yang mentah/tidak matang, atau yang setengah matang.
  10.  Saat hamil, tetap lanjutkan kebiasaan sehat ini, dan kontrol kehamilan sejak awal, lalu ikuti jadwal periksa rutinnya.

Demikianlah artikel cegah cacat lahir dengan 10 langkah ini untuk kehamilan yang sehat. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.
Sumber: CDC

0 Comments

Posting Komentar