Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Bisa Dan Tidak Bisa Anda Lakukan Setelah Operasi Katarak


Operasi katarak biasanya berlangsung selama sekitar 30 menit, dan jarang menyebabkan komplikasi. Setelah menjalani operasi untuk menghilangkan katarak, Anda biasanya perlu beristirahat selama 30 menit hingga 1 jam untuk mengurangi efek samping akibat anestesi.

Untuk memaksimalkan hasil operasi, Anda sangat dianjurkan untuk mematuhi beberapa hal yang bisa dan tidak bisa anda lakukan setelah operasi katarak. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya Anda juga tahu apa itu katarak dan apa itu operasi katarak, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Apa itu operasi katarak?


Katarak terjadi ketika lensa alami mata Anda menjadi lebih keruh, biasanya karena bertambahnya usia. Katarak menyebabkan penglihatan kabur atau fokus pada mata berubah. Jika lensa mata Anda kabur dan penglihatan Anda menjadi berkabut, Anda mungkin mengalami katarak.

Sedangkan operasi katarak adalah operasi untuk menghilangkan kabut lensa di mata yang memiliki katarak dan menggantinya dengan lensa buatan yang jernih. Meskipun katarak umumnya berkaitan dengan usia, beberapa faktor dapat menyebabkan masalah ini muncul pada usia yang lebih muda.

Apa yang harus dilakukan dan bisa dilakukan setelah operasi katarak:


1. Obat tetes mata

Setelah operasi, Anda akan diberikan obat tetes untuk mengurangi beberapa efek seperti rasa sakit atau gatal. Penting untuk mengoleskan obat tetes mata secara teratur seperti yang diarahkan oleh dokter, untuk menghindari rasa gatal setelah operasi.

2. Hindari aktivitas berat

Setelah pulang ke rumah, Anda tidak perlu membatasi diri saat beraktivitas rutin sehari-hari. Namun, pastikan Anda tidak melakukan aktivitas berat, yang dapat menyebabkan masalah pada tubuh atau mata Anda. Anda juga diperbolehkan untuk melakukan kegiatan sederhana seperti membaca, menulis, menonton TV, dan berjalan kaki.

3. Olahraga ringan

Setelah menjalani operasi katarak, Anda bisa melakukan kegiatan olahraga. Olahraga pada dasarnya baik untuk kesehatan dan mata Anda. Tapi cobalah untuk melakukan olahraga ringan. Sebab, olahraga berat akan menciptakan ketegangan dalam tubuh yang berdampak buruk pada mata.

4. Gunakan pelindung mata

Adalah ide yang baik untuk memakai pelindung mata (biasanya kacamata hitam, jika Anda ingin keluar dari rumah) sepanjang hari. Bahkan jika Anda tidur, gunakan pelindung mata yang biasanya disediakan oleh dokter setelah operasi, untuk mencegah tangan Anda menggosok mata secara tidak sadar saat tidur. Hindari tidur di sebelah mata yang telah dioperasi karena dapat memberi tekanan pada mata yang dioperasi.

5. Lindungi mata dari air

Saat mandi, Anda juga disarankan untuk menggunakan penghalang atau perlindungan mata dari air. Hal ini dilakukan agar mata tidak terkena kuman atau bakteri dari air, yang dapat menyebabkan infeksi mata setelah operasi.

Yang seharusnya tidak dilakukan setelah operasi katarak


1. Mengucek mata

Jangan mengucek mata anda atau memercikkan air ke mata anda karena dapat meningkatkan infeksi. Jika ada sesuatu yang masuk ke mata Anda atau mulai gatal, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda.

2. Mandi air panas atau berenang

Jangan berenang atau menggunakan bak mandi air panas untuk mandi, setidaknya 2 minggu setelah operasi katarak, karena bahkan air yang masuk ke mata Anda dapat menyebabkan infeksi.

3. Mengemudi

Hindari mengemudi setidaknya 24 jam setelah operasi karena dapat menahan beban mata.
Anda juga dilarang melakukan aktivitas fisik yang berat, terutama angkat berat atau olahraga seperti berenang selama beberapa hari.

4. Menggunakan makeup

Jangan merias wajah di area sekitar mata Anda (termasuk riasan herbal) sampai kondisi mata Anda pulih. Tanyakan kepada dokter mata Anda kapan Anda bisa mulai merias wajah di sekitar mata lagi.

Demikian artikel mengenai apa yang bisa dan tidak bisa anda lakukan setelah operasi katarak. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Bisa Dan Tidak Bisa Anda Lakukan Setelah Operasi Katarak"

close