Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, February 4, 2015

4 Cara Kuman Masuk Ke Tubuh Anda

Perilaku hidup bersih sangat penting untuk mencegah kuman masuk ke tubuh anda. Ada empat cara kuman-kuman, seperti virus, bakteri, jamur, dan organisme berbahaya lainnya dapat masuk ke dalam tubuh kita.

Singkatnya, jika anda ingin tetap sehat, cucilah tangan Anda. Menjaga kebersihan tangan adalah hal yang paling penting yang dapat anda lakukan untuk mencegah infeksi.

Jangan remehkan mencuci tangan. Meskipun sederhana, perilaku ini adalah sumber dari kesehatan tubuh dan sistem pencernaan anda. Berikut adalah empat cara kuman masuk ke tubuh anda:


1. Kuman masuk melalui hidung dan mulut
Virus penyebab pilek dan flu masuk ke dalam tubuh saat kita menarik nafas dan mungkin bisa menginfeksi paru-paru.

2. Kuman masuk melalui luka pada kulit
Setiap kali kulit kita terluka, baik tergores, tercakar, teriris pisau, atau apapun yang menyebabkan kulit luka berdarah. Akan ada peningkatan risiko terinfeksi kuman.

3. Kuman masuk melalui sistem pencernaan
Saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi, dapat menyebabkan infeksi dengan gejala seperti diare.

4. Kuman masuk melalui saluran urin atau organ genital
Bakteri, jamur, dan hubungan sexual dapat menghantarkan infeksi sehingga kuman masuk ke dalam tubuh melalui daerah di sekitar organ tersebut.

Cara mencegah kuman masuk ke tubuh anda


1. Mencuci tangan
Hindari menyentuh wajah, hidung, mata, dan mulut, kecuali jika anda harus melakukannya, cucilah tangan terlebih dahulu. Kalau anda sedang terserang infeksi saluran pernafasan, tutupi hidung dan mulut anda saat bersin dan batuk dengan sapu tangan untuk mencegah penularan terhadap orang lain.

2. Perban / Plester luka
Jika anda terluka, jagalah luka anda tetap bersih dengan menggunakan plester atau perban. Kalau bisa, jangan berbagi handuk, pakaian, dan barang pribadi lainnya.

3. Ikuti petunjuk makanan yang aman
Cuci tangan anda dan pastikan alat-alat dapur terjaga kebersihannya. Pastikan daging ayam, daging sapi, dan telur terpisah dari makanan lainnya untuk mencegah kontaminasi antar makanan. Masak makanan tersebut hingga 74 derajat celcius, atau lebih, dan jaga kehangatannya pada suhu 60 derajat celcius. Simpan daging dalam freezer di bawah 5 derajat celcius.

4. Cuci tangan anda sebelum menyentuh organ genital
Pastikan anda buang air dengan bersih, wanita disarankan membasuh kemaluannya dari depan ke belakang/ dari atas ke bawah.

Cara mencuci tangan

1. Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi kuman dan merupakan cara yang mudah untuk dilakukan.
2. Gunakan sabun dan air hangat dan gosok-gosok hingga 15 detik. Gunakan kertas toilet untuk mematikan keran air.
3. Atau gunakan hand sanitizer, dengan menggosokkan pada tangan sampai cairannya menguap.

cara mencuci tangan [who]
Mencegah lebih baik daripada mengobati ya...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Cara Kuman Masuk Ke Tubuh Anda

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

19 comments:

  1. Kalau kuman sudah memasuki tubuh bisa bahaya sekali ya.. sayangnya kebanyakan orang mengabaikan cuci tangan, seperti saya.. Suka gak cuci tangan kalo mau makan. karena cuci tangan sudah terlalu mainstream. biar vitamin katanya..

    ReplyDelete
  2. Wah keren nih tipsnya mas, terkadang memang tidak terlalu memperhatikan juga si soal cuci tangan dan kawan2nya....padahal penting banget

    ReplyDelete
  3. kuman memang sulit sekali dihindari ya mas, mereka ada dimana mana termasuk dalam tubuh kita, kalaulah jika mereka dikategorikan jenis binatang maka binatang inilah terbanyak ya mas..

    ReplyDelete
  4. mencuci tangan dengan baik dan benar harus diajarkan kepada anak2 sejak dini....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul itu, yuk mari ajarkan anak-anak agar terbiasa menjaga kebersihan

      Delete
    2. Betul mbak, bagus sekali nih tipsnya dr mas cipto.. Membiasakan hidup sehat memang harus sejak dini... Kita sebagai orangtua yang harus memulai duluan, biar anak meniru kebiasaan baik ini.. Salam kenal :)

      Delete
  5. pastinya dengan hidup sehat. insya allah akan terhindar dari kuman ya kang. kebersihan sebagian dari iman :)

    ReplyDelete
  6. harus dibiasakan cuci tangan ya Mas Kun..?, klo untuk luka yaa semoga sj tidak.. apalagi kalo masuknya kuman melalui hubungan badan...iiii hehehe

    ReplyDelete
  7. Kadang kita menyepelekan cuci tangan, padahal kebersihan tangan salah satu kunci sehat.
    Mantap tipsnya.

    ReplyDelete
  8. iklan life boy bisa jadi inpirasi gerakan mencuci tangan , tapi sangat sedikit orang yang mempraktekannya ..
    tips ini keren gan

    ReplyDelete
  9. kalau buat anak bayi gimana, kan masih suka ngisap jempol tuh, motong kuku saja juga nunggu kalau sudah tidur

    ReplyDelete
  10. yang paling susah dihindari adalah dari pernafasan ya mas, soalnya tiap detik kita bernafas..

    ReplyDelete
  11. intinya mah harus selalu menjaga pola hidup sehat ya mas salah satunya dengan menjaga kebersihan, kadang masalah mencuci tangan suka di anggap sepele padahal itu penting banget

    ReplyDelete
  12. Yang nomor 4 itu saya baru tahu. Mecuci sebalum menyentuh organ genital.
    Mas Sucipto, Mas sangat tepat sekali memilih domainnya. Terus dipertahankan artikel kesehatan yang banyak manfaatnya yah. Artikel kesehatan itu Keywords Abadi. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ini termasuk keyword abadi ya mas ridha?.....saya baru tahu ni, berkunjung kesini jadi banyak belajar

      Delete
  13. semua pencegahan di atas sudah saya terapkan, tapi kalau pas lagi musimnya flu atau pilek masih kena juga. :)

    ReplyDelete
  14. Nomer 1 pakai sabun antiseptic ya kan? kalau cuman pakai air doang kumannya gak pergi... :)

    ReplyDelete