Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, March 26, 2015

10 Kebiasaan Yang Menguras Energi

Apakah Anda sedang kelelahan? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Jutaan orang Indonesia melaporkan merasa lelah di siang hari. Dalam kebanyakan kasus, masalah ini dapat dikaitkan dengan faktor gaya hidup. Berikut ini sepuluh kebiasaan buruk yang dapat menguras energi Anda.

1. Dehidrasi

Tanpa asupan air yang cukup, darah Anda menjadi lebih kental dan jantung anda akan bekerja lebih keras untuk mengedarkannya, selain itu ada berbagai dampak kesehatan karena dehirasi. Darah juga kurang mampu membawa zat gizi dan oksigen, membuat Anda merasa lebih cepat lelah.

2. Tidur Terlalu Larut

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa tahapan tidur yang paling penting terjadi pada pukul 22:00-01:00. Jika Anda sering menunda alarm setiap pagi, pertimbangkan untuk menyesuaikan waktu tidur Anda.

3. Tidak Berolahraga

Ketika Anda merasa kurang tenaga sehingga melewatkan aktivitas olahraga, sebaiknya Anda terus mencoba untuk berolahraga. Studi menunjukkan bahwa, bahkan olahraga ringan memiliki efek tak terduga yang justru dapat meningkatkan tingkat energi.

4. Kadar Zat Besi Rendah

Jika Anda menghindari makanan tertentu seperti telur, hati dan daging merah, energi Anda yang rendah mungkin disebabkan oleh zat besi yang rendah. Tanpa zat besi yang cukup, Anda tidak dapat menghasilkan sel-sel darah yang cukup yang secara efisien mengangkut oksigen ke jantung, paru-paru dan otak.

5. Standar Tinggi

Berharap terlalu tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain tentunya melelahkan. Anda mungkin akan memaksakan diri dalam upaya menyelesaikan segala permasalahan sehingga sesuai dengan harapan Anda. Namun penting untuk tidak terlalu membebani diri sendiri dan menjaga tujuan Anda secara wajar.

6. Melewatkan Sarapan

Banyak orang melewatkan sarapan dalam upaya untuk mengendalikan berat badan mereka. Namun, hal tersebut dapat merusak seluruh hari Anda. Setelah berpuasa sepanjang malam, tubuh Anda membutuhkan kalori dan nutrisi untuk menghasilkan energi.

7. Makanan Cepat Saji

Makanan olahan lebih memudahkan jika Anda memiliki aktivitas yang sibuk, tapi hal itu dapat meningkatkan risiko kesehatan Anda. Sifatnya yang sarat kimia buatan lebih mencuri nutrisi dari tubuh Anda daripada nutrisi yang disediakan, yang membuat Anda mudah merasa lesu.

8. Menjadi People-Pleaser

Ingin membuat orang lain bahagia adalah hal yang mengagumkan, tetapi dapat menjadi terlalu jauh. Mencoba untuk menyenangkan semua orang secara mental dan fisik itu melelahkan, dan sementara itu, Anda tidak mengambil waktu untuk mengurus diri Anda.

9. Berantakan

Seperti kata pepatah, "Ruang kerja yang berantakan membuat pikiran Anda berantakan." Dibutuhkan upaya mental yang lebih untuk menemukan barang apa yang Anda butuhkan di antara tumpukan yang berantakan, sehingga Anda lelah lebih cepat.

10. Tidak Cukup Relaksasi

Bekerja keras tanpa mengambil waktu untuk bersantai dapat memicu kelelahan dan akhirnya kehabisan tenaga. Pastikan untuk merencanakan waktu jauh dari pekerjaan kantor untuk fokus pada apa yang ingin Anda lakukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Kebiasaan Yang Menguras Energi

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. Waduh saya suka tidur larut malam dan jarang oah raga, pantesan cepet lelah. tapi saya biasanya langsung minum minuman energi...

    ReplyDelete
  2. sepertinya mulai sekarang hal-hal diatas harus lebih diperhatikan.apalagi saya suka telat sarapan.hehe

    ReplyDelete