Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, April 1, 2015

Atasi Perut Kembung Dengan Makanan Ini

Perut kembung tentu tidak ada yang menyukainya, namun kita semua pasti pernah berurusan dengan hal itu. Kembung merupakan pembengkakan abnormal di daerah perut sehingga perut terasa sangat penuh, yang juga dapat menyebabkan sakit perut.

Umumnya perut kembung disebabkan karena kelebihan gas di dalam usus, meskipun ada beberapa kondisi medis yang juga menimbulkan perut kembung. Kabar baiknya, ada beberapa makanan yang bisa kita makan di malam hari, namun tidak membuat perut kita kembung di pagi harinya.

Ada banyak makanan yang dapat membuat perut anda kembung dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Jagalah kesehatan perut anda, cobalah beberapa makanan sehat berikut ini di saat anda ingin ngemil.


Timun
Lezat dan menyegarkan, mentimun merupakan sayuran yang bagus untuk camilan. Karena mentimun sebagian besar terdiri dari air, mentimun adalah diuretik alami, yang berarti membantu anda lebih sering buang air kecil ke kamar mandi dan mengurangi rasa kembung pada perut anda. Mentimun juga mengandung antioksidan quercetin yang dikenal dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Yogurt
Yogurt merupakan minuman lezat yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Jika anda membeli yogurt yang dibudidayakan, anda akan mendapat probiotik yang membantu mengatasi perut kembung. Yogurt membantu saluran pencernaan anda dan membantu tubuh anda mengatur pencernaan.

Asparagus
Selain berguna sebagai diuretik alami, asparagus juga kaya akan nutrisi dan vitamin. Sisi diuretik alaminya membuat asparagus sangat bagus untuk menghilangkan perut kembung, namun juga sangat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dari sistem pencernaan dan membersihkan tubuh dari kelebihan garam. Menurut LiveScience.com, asparagus merupakan sayuran yang sangat seimbang, mengandung antioksidan yang kuat, memiliki efek anti inflamasi yang baik, memiliki banyak vitamin dan mineral.

Jahe
Jahe telah digunakan sebagai obat dan membantu meringankan masalah kesehatan selama ribuan tahun. Ada alasan yang sangat baik mengapa jahe terus digunakan secara luas bahkan sampai hari ini. Salah satu dari banyak manfaat kesehatan dari akar ajaib ini adalah membantu sistem pencernaan. Tentu dapat mengatasi perut kembung, serta mengurangi muntah dan mual.

Anggur
Anggur merupakan salah satu makanan tersehat di planet ini. Kandungan airnya yang tinggi membuat anggur memiliki efek diuretik yang besar, dapat membantu anda tetap terhidrasi dan mengempiskan rasa kembung dari perut anda. Medical News Today mencatat manfaat kesehatan anggur lainnya seperti membantu melawan obesitas dan diabetes.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Atasi Perut Kembung Dengan Makanan Ini

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. kalau begitu aku sedia timun aja deh yang paling gampang didadaptkan anggur sama yogurt susah di daerah saya

    ReplyDelete
  2. wah ini tepat sekali untuk saya mas, sebab belakangan ini sering diare tu :D

    ReplyDelete
  3. saya biasanya pake minuman jahe, rupanya ada bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan
    makasih mas

    ReplyDelete
  4. Yang enak sih anggur yah.. Ada asem-asemnya :P

    ReplyDelete