Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, July 3, 2015

8 Gejala Rheumatoid Arthritis Yang Sering Menipu

Rheumatoid arthritis adalah kondisi medis serius yang dapat berdampak pada persedian dan bagian tubuh lainnya. Namun RA bisa menjadi sulit untuk didiagnosa.

Gejalanya dapat menyerupai penyakit lain, atau mungkin kambuh dan menghilang, dan kambuh lagi di tempat yang lain.

Pemeriksaan lab tidak selalu tepat -Anda bisa mendapatkan hasil tes negatif meskipun memiliki RA. Dan sinar-X tidak menunjukkan hasil sampai di kemudian hari.

Berikut ini beberapa gejala rheumatoid arthritis yang sering menipu.

#1 - Cedera yang sulit sembuh

Mungkin saja Anda berpikir bahwa Anda mengalami cedera, seperti terkilir pada pergelangan kaki yang tak kunjung sembuh, yang sebenarnya adalah gejala rheumatoid arthritis. Ini sering terjadi pada orang yang lebih muda.

Atau contoh lain, pada suatu hari pasien bermain sepak bola dan pada hari berikutnya lututnya bengkak.

#2 - Mati rasa atau kesemutan pada tangan

Salah satu gejala rheumatoid arthritis adalah carpal tunnel syndrome, yang ditandai dengan kesemutan pada tangan dan pergelangannya. Sensasinya seperti Anda menghantam tulang sendiri.

Yang terjadi adalah pembengkakan di dalam lengan yang menekan saraf hingga ke tangan. Sensasinya sering memburuk di malam hari. Jika Anda berkonsultasi ke dokter dengan tanpa gejala RA lain, Anda mungkin akan didiagnosa dengan carpal tunnel syndrome saja.

#3 - Masalah pada kaki

Salah satu daerah di mana seseorang sering mengalami sakit atau inflamasi terkait rheumatoid arthritis adalah kaki bagian depan. Para wanita sering disarankan berhenti memakai sepatu dengan hak atau sepatu dengan kepala oleh dokter podiatrist karena rasa sakit.

Beberapa orang dengan RA juga mengembangkan rasa sakit pada tumit karena plantar fasciitis, gangguan kaki yang disebabkan oleh pembengkakan jaringan di bagian bawah kaki, dekat tumit.

#4 - Masalah mata

Orang dengan RA juga berisiko untuk terkena Sjogrens Syndrome, penyakit autoimun yang menyebabkan kekeringan pada mata, mulut, hidung, tenggorokan, dan kulit karena inflamasi yang menghentikan kelenjar melepaskan kelembaban alami tubuh.

Hal ini bahkan dapat terjadi pada awal tahapan RA, namun tidak mungkin menjadi satu-satunya gejala.

#5 - Nyeri sendi simetris
Ilustrasi rheumatoid arthritis

Salah satu gejala rheumatoid arthritis yang paling dominan adalah nyeri pada persendian. Orang-orang sering berpikir bahwa rasa nyeri mereka terjadi karena kelelahan atau osteoarthritis, jenis radang sendi yang umum di usia tua.

Rasa sakit atau nyeri ini sering salah terdiagnosa sebagai fibroyalgia atau chronic fatigue syndrome (fatigue juga merupakan gejala RA).

RA nyeri sendi tidak cepat berlalu; biasanya berlangsung lebih dari seminggu. Hal ini juga dapat simetris, yang berarti kedua tangan, kaki, lutut, atau pergelangan kaki akan terpengaruh pada waktu yang sama.

#6 - Kekakuan di pagi hari

Karakteristik lain dari gejala rheumatoid arthritis adalah kekakuan sendi di pagi hari. Lagi-lagi ini juga merupakan gejala dari osteoarthritis yang dapat menyebabkan rasa sakit setelah lama tidak aktif, seperti tidur.

Perbedaan antara keduanya adalah bahwa rasa sakit osteoarthritis biasanya mereda dalam waktu sekitar setengah jam. Kekakuan dari rheumatoid arthritis akan bertahan lebih lama, mungkin sampai setengah hari.

Olahraga yang tepat dapat meringankan kekakuan pada orang dengan RA dan nyeri osteoarthritis.

#7 - Sendi yang terkunci

Orang dengan rheumatoid arthritis seringkali mengalami gejala sendi yang terkunci, terutama pada siku dan lutut. Hal ini terjadi karena tendon di sekitar sendi yang terlalu bengkak, sehingga sendi tidak dapat menekuk. Hal ini dapat menyebabkan kista di belakang lutut yang dapat membusung ke luar dan menghambat gerakan.

Gejala ini juga dapat disalahartikan sebagai meniscus tear, cedera lutut yang biasa terjadi dalam olahraga, dan juga dapat menyebabkan kista.

#8 - Nodul

Benjolan yang tumbuh di bawah kulit dekat sendi yang terdampak. Seringkali muncul di bagian belakang siku dan terkadang muncul di mata.

Nodules lebih sering dialami oleh orang dengan rheumatoid arthritis tingkat lanjut. Nodules juga dapat menyerupai gejala gout, bentuk lain dari arthritis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Gejala Rheumatoid Arthritis Yang Sering Menipu

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. Nodul itu seperti benjolan putih kecil itu yah Mas. Mirip benjolan dalam bentuk daging tapi tidak dalam bentuk cair seperti bisul yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benjolan/nodul biasanya muncul di deket sendi yang terdampak.

      Delete