Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Dapat Merusak Ginjal

Mungkin Anda tidak memikirkan ginjal terlalu banyak. Ketika Anda berlatih yoga, instruktur Anda mungkin mengatakan sesuatu seperti, "Bernapaslah ke dalam ginjalmu," dan Anda tidak memahami apa maksudnya.

Nah, ginjal adalah workhorses yang memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh Anda. Terletak tepat di bawah tulang rusuk, di kedua sisi tulang belakang, ginjal Anda besarnya seukuran kepalan tangan Anda. Menurut National Institutes of Health, ginjal menyaring lebih dari 200 liter darah setiap hari, menyaring sekitar 2 liter produk limbah! Dari ginjal, produk limbah dan air disaring menuju kandung kemih, dan Anda mengeluarkannya sebagai urine.

Menjaga ginjal Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik merupakah hal penting untuk detoksifikasi tubuh dan membuang limbah. Sayangnya, banyak makanan yang tidak baik untuk ginjal dan dapat membahayakan ginjal dan menyebabkan fungsi ginjal kurang optimal.

Ilustrasi ginjal manusia

Berdasarkan studi terkini, ada tujuh makanan yang tidak baik untuk ginjal, sebenarnya dapat merusak ginjal Anda. Apa saja makanan yang merusak ginjal tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

#1 - Daging Dapat Merusak Ginjal

Diet tinggi protein hewani tidak baik untuk ginjal dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Bahkan, menurut Mayo Clinic, diet tinggi protein dapat menyebabkan atau memperburuk masalah ginjal yang ada karena metabolisme protein menempatkan beban berat pada ginjal, sehingga sulit untuk menghilangkan produk limbah.

Sebuah studi di European Journal of Nutrition 2003 menunjukkan bahwa makanan yang kaya protein hewani juga bisa meningkatkan risiko mengembangkan batu ginjal dari asam urat, sedangkan diet vegetarian menurunkan asam urat dan mencegah pembentukan batu.

Asam urat adalah salah satu penyebab umum dari batu ginjal dan merupakan produk sampingan dari makan makanan yang tinggi purin seperti daging, makanan laut, dan ikan.

Makanan ini juga dapat memicu jenis umum lainnya dari batu ginjal, batu kalsium oksalat, karena mereka meningkatkan jumlah kalsium diekskresikan dalam urin. Bagaimana? Metabolisme protein hewani meninggalkan residu asam dalam tubuh.

Karena tubuh Anda lebih menyukai keadaan alkali, itu menarik kalsium dan garam mineral lainnya dari tulang untuk mengembalikan Anda ke keadaan basa. Kalsium ini dapat membentuk kalsium oksalat batu ginjal.

Sebaliknya, makan berbagai sayuran, biji-bijian, biji-bijian, dan kacang-kacangan dan Anda akan mendapatkan semua protein yang dibutuhkan tubuh Anda.

#2 - Garam Dapat Merusak Ginjal

Tubuh Anda membutuhkan sedikit sodium untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat, tetapi Anda bisa mendapatkan cukup dari makan buah-buahan dan sayuran.

Banyak makanan olahan, bagaimanapun, menambahkan banyak garam dalam rangka meningkatkan rasa. Yang paling umum digunakan bentuk garam diproses garam meja.

Bila Anda makan terlalu banyak garam, ginjal merespon dengan menahan air untuk mencairkan elektrolit ini dalam aliran darah Anda untuk mempertahankan fungsi jantung yang tepat. Ini menempatkan beban pada ginjal.

Menurut Harvard School of Public Health, asupan jangka panjang terlalu banyak garam dapat merusak ginjal bersama dengan jantung dan aorta. Asupan garam juga dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan kerusakan nefron ginjal, yang menyaring kotoran.

Jika Anda harus menambahkan garam, gunakan hanya sejumput garam Celtic berkualitas tinggi atau garam laut Himalaya.

#3 - Makanan Yang Tidak Alami (buah suntikan, dll)  Dapat Merusak Ginjal

Sebagian besar makanan olahan kami mengandung bahan-bahan yang dimodifikasi secara genetik termasuk jagung, kedelai, padi, tebu, gula bit, dan kanola.

Benih rekayasa genetika untuk sejumlah alasan, termasuk untuk meningkatkan ketahanan terhadap hama, membuat tanaman kebal terhadap herbisida, atau meningkatkan hasil panen.

Monsanto korporasi adalah salah satu pembuat terbesar benih rekayasa genetika. Sebuah studi 2009 yang dilakukan mamalia pada tiga jenis rekayasa genetika jagung Monsanto menunjukkan efek negatif pada kesehatan ginjal dan fungsi hati tikus.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ketiga varietas yang diuji menciptakan keadaan hepatorenal (hati dan ginjal) toksisitas.

Sayangnya, penelitian tentang efek kesehatan jangka panjang dari tanaman rekayasa genetika pada manusia masih kurang dipelajari saat ini karena makanan yang dimodifikasi secara genetik hanya menjadi bagian rutin dari diet Barat sejak tahun 1995 ketika Monsanto memperkenalkan GM benih kedelai yang kebal terhadap herbisida Roundup.

Karena kita belum mampu mengukur efek jangka panjang dari tanaman GM pada manusia, yang terbaik adalah untuk menghindari mereka.

Sebaliknya, memilih organik tumbuh memproduksi dan menghindari sumber umum bahan GM seperti makanan olahan dan dikemas.

#4 - Pemanis Buatan Dapat Merusak Ginjal

Banyak orang percaya bahwa mereka melakukan sesuatu yang sehat untuk tubuh mereka ketika mereka mengkonsumsi pemanis buatan karena bahan-bahan ini non-kalori.

Dalam review dari Studi Perawat, peneliti melihat peran pemanis buatan pada fungsi ginjal dan menemukan bahwa ada peningkatan penurunan fungsi ginjal dengan asupan diet soda hanya dua per hari.

#5 - Minuman Berkarbonasi dan Energy Drinks Dapat Merusak Ginjal

Minuman berkarbonasi seperti soda (dengan atau tanpa pemanis buatan) dan minuman energi yang berhubungan dengan pembentukan batu ginjal. Sebuah studi 2007 menunjukkan hal ini, menunjukkan bahwa minum dua atau lebih cola per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal kronis.

Sebaliknya, memiliki air putih dengan lemon organik.

#6 - Produk Susu Dapat Merusak Ginjal

Masalah dengan produk susu yang mirip dengan protein hewani lainnya. Bahkan, studi Cina menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk susu meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin, yang telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena batu ginjal.

Menurut KidsHealth.org, mengurangi susu dapat membantu orang dengan gagal ginjal dan penyakit ginjal, karena dapat membuat pekerjaan penyaringan ginjal lebih mudah, menunda kebutuhan untuk dialisis.

Sebaliknya, cobalah beberapa tanpa pemanis susu almond.

#7 - Kafein Dapat Merusak Ginjal

Kafein dalam kopi, teh, soda, dan makanan juga dapat menempatkan ketegangan pada ginjal. Karena kafein merupakan stimulan, dapat merangsang aliran darah, meningkatkan tekanan darah dan stres pada ginjal.

Sebuah studi di Ginjal Internasional 2002 menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam jangka panjang memperburuk gagal ginjal kronis pada tikus obesitas dan diabetes.

Konsumsi kafein juga telah dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin.

Sumber: http://kimberlysnyder.net/blog/2012/05/12/7-foods-that-are-actually-damaging-your-kidneys/

Posting Komentar untuk "Makanan Yang Dapat Merusak Ginjal"

close