Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Status Penangguhan Pembayaran dan Peserta Saat Daftar BPJS Kesehatan

Kenapa warga yang baru mendaftar jadi peserta BPJS banyak yang mengalami status penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta. Hal ini cukup berdampak karena status ditangguhkan sama saja dengan non aktif, yang artinya tidak bisa menggunakan BPJS kesehatan untuk berobat atau periksa kesehatan.

Sebelumnya perlu kita ketahui, JKN dari BPJS Kesehatan berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba. Hasil pengelolaan dana jaminan sosial dipergunakan seluruhnya untuk pengembangan program dan sebesar-besarnya untuk kepentingan peserta.

Status penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta atau non aktif dapat diketahui melalui aplikasi mobile JKN, dan bukan hanya itu, semua informasi mengenai kesehatan BPJS anda dapat diinfokan melalui aplikasi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta? Status kepesertaan non aktif karena penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta seringkali dialami oleh peserta BPJS PBPU (mandiri) dan BPJS PPU (perusahaan) yang baru mendaftar.

Apa Yang Dimaksud Dengan Status Penangguhan Pembayaran BPJS?

Status penangguhan pembayaran adalah status yang terjadi apabila peserta baru saja daftar BPJS mandiri dan harus menunggu 14 hari untuk pembayaran premi pertamanya.

Contoh status tidak aktif karena penangguhan pembayaran, aplikasi mobile JKN

Status tersebut disebut penangguhan pembayaran karena pada saat baru daftar BPJS mandiri, anda harus menunggu 14 hari lagi untuk pembayaran premi (iuran) pertama. Karena masih menunggu 14 hari, statusnya ditulis PENANGGUHAN PEMBAYARAN. Jika sudah lewat 14 hari sejak pendaftaran, Anda bisa membayar premi pertama lewat alfamart, indomart atau kantor pos.

Cetak kartu baru bisa dilakukan jika anda sudah bayar premi iuran pertama dan diterima oleh BPJS. Setelah bayar, anda bisa mengetahui kartu Anda sudah aktif atau belum lewat aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan.

Sudah Bayar Iuran Pertama Tapi Masih Status Penangguhan Pembayaran?

"Sudah bayar iuran pertama BPJS, sudah lunas, tapi kartunya belum aktif, justru statusnya penangguhan pembayaran."

Kejadian di atas bisa saja terjadi pada anda, lantas apa penyebab dan cara mengatasi munculnya status penangguhan pembayaran, padahal sudah bayar iuran pertama.

1. Peserta membayar iuran pertama sebelum 14 hari setelah daftar.

Sudah lewat 14 hari tapi masih non aktif atau penangguhan pembayaran?

Jika penangguhan pembayaran muncul ketika anda ingin membayar iuran pertama setelah menerima virtual account, maka sebaiknya menunggu 14 hari, karena pembayaran iuran pertama belum terbentuk dan harus menunggu 14 hari sejak virtual account (VA) diterima. Seharusnya jika sudah dibayar maka dari status penangguhan pembayaran otomatis akan berubah menjadi aktif. 

2. Peserta telat membayar iuran pertama melewati batas waktu pada virtual account.

Lupa bayar iuran pertama sebulan yang lalu, setelah dicek statusnya penangguhan pembayaran.

Pembayaran pertama bisa dilakukan paling cepat 14 hari setelah pendaftaran dan paling lambat 30 hari setelah pendaftaran. Apabila waktu pembayaran terlewat maka peserta diharuskan untuk melakukan pelaporan kembali dan menunggu waktu pembayaran berikutnya 14 hari setelah registrasi ulang.

3. Masalah sistem atau gangguan jaringan.

Sudah lewat 14 hari tapi masih penangguhan pembayaran alias non aktif?

Jika anda sudah membayar iuran BPJS Kesehatan setelah 14 hari sejak mendaftar, namun status masih penagguhan pembayaran, salah satu penyebabnya adalah karena masalah sistem atau gangguan jaringan, atau karena adanya proses maintenance administrasi BPJS Kesehatan yang belum diproses. Anda terpaksa harus menunggu, walau pada akhirnya status peserta akan menjadi aktif. Selalu cek status kepesertaan anda menggunakan aplikasi Mobile JKN agar anda mendapatkan informasi lebih cepat.

Baca Juga: Apakah Kepesertaan BPJS Berhenti Otomatis Jika Tidak Bayar Iuran?

Apa Yang Dimaksud Dengan Status Penangguhan Peserta BPJS?

Selain penangguhan pembayaran, ada juga yang mengalami penangguhan peserta. Status penangguhan peserta banyak dialami oleh peserta pekerja penerima upah atau BPJS perusahaan, baik yang baru pertama daftar atau yang peralihan dari segmen PBPU/PBI ke PPU, biasanya terjadi saat peserta baru didaftarkan menjadi peserta BPJS di perusahaan tempat peserta bekerja.

Contoh status tidak aktif karena penangguhan peserta, aplikasi mobile JKN

Kenapa status penangguhan peserta bisa muncul dikarenakan belum adanya pemotongan iuran dari BPJS terhadap perusahaan sehingga peserta belum bayar iuran. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal, diantaranya karena tidak cukup dana pada rekening perusahaan, masalah sistem, dll. Sehingga iuran peserta tidak terbayar pada saat jatuh tempo pembayaran, akibatnya status peserta ditangguhkan (non aktif) sampai pembayaran selesai diproses.

Jika anda peserta PPU yang mengalami status penangguhan peserta, coba ditanyakan ke HRD karena penangguhan peserta kemungkinan masih proses administratif antara tempat kerja dan BPJS Kesehatan. Biasanya tiap perusahaan punya jadwal pembayaran sendiri-sendiri dan batas waktu pembayaran iuran adalah akhir bulan berjalan. Anda cukup menunggu saja, paling lama sampai bulan berikutnya.

Namun jika perusahaan anda sudah melakukan pembayaran tetapi kartu masih berstatus penangguhan peserta, mungkin penyebabnya karena ada gangguan jaringan atau pembaharuan data yang harus menunggu waktu, tapi tenang saja karena pada akhirnya status akan aktif.

Demikian artikel cara mengatasi penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta saat daftar BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

Anda juga bisa membaca artikel seputar BPJS Kesehatan lainnya di bawah ini:

56 komentar untuk "Cara Mengatasi Status Penangguhan Pembayaran dan Peserta Saat Daftar BPJS Kesehatan"

  1. Mau tanya..klo status penangguhan mau berobat ke faskes pertama apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa berobat dengan jaminan BPJS, jika masih status penangguhan pembayaran.
      Status penangguhan pembayaran muncul karena tagihan iuran pertama baru akan muncul setelah 14 hari dari pendaftaran.
      Setelah menunggu 14 hari, baru bisa dibayar iuran pertamanya dan kepesertaan langsung aktif dan bisa cetak kartu melalui Mobile JKN.

      Hapus
  2. Saat saya cek data peserta, semua nggota keluarga berstatus "Penangguhan Pembayaran" dan tidak aktif, setelah saya coba bayar pakai Mbanking muncul "tagihan tidak dapat diproses. Tagihan sudah lunas atau belum saatnya dibayar". Begitu juga saya coba bayar dengan shopee "tagihan telah dibayar. Silahkan coba lagi pada penagihan selanjutnya".
    Kenapa di aplikasi mobile JKN keterangannya tidak aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saya tanya daftarnya kapan? Apakah pembayaran iuran pertama sudah sesuai dengan tanggal yang tertulis di VA?
      Pembayaran iuran pertama dapat dilakukan setelah 14 hari pendaftaran, dan tidak boleh melebihi waktu yang ditentukan di VA.
      Status "penangguhan pembayaran" muncul karena masih masa tunggu 14 hari sebelum pembayaran iuran pertama pada saat daftar baru atau pindah kepesertaan ke mandiri.

      Hapus
  3. saya sudah daftar sejak lama, memang ada penunggakan. tetapi hanya kepala keluarga saja yang tertulis penunggakan. sedangkan anggota keluarga nya penangguhan pembayaran. itu bagaimana penjelasan nya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Apakah di awal sudah bayar iuran pertama sesuai jadwal bayar yang tertera pada VA? Jika telat bayar melewati batas yang ditentukan di VA, maka VA menjadi tidak aktif, untuk reaktivasi bisa hubungi Whatsapp Pandawa atau menu pengaduan keluhan di aplikasi Mobile JKN, tulis aktivasi ulang VA.
      - Bapak juga bisa coba cek jumlah peserta untuk nomor VA keluarga saat ingin membayar iuran, karena terkadang ada kesalahan, sudah daftar 1 KK tapi jumlah peserta di nomor VA berbeda. Kalau hal ini terjadi, maka harus ubah data peserta melalui pandawa atau mobile JKN.
      - Kalau memang sudah lama menjadi peserta dan sudah pernah membayar iuran sekeluarga, hanya saja baru2 ini menunggak, maka tidak masalah pada status penangguhan pembayaran tersebut, tinggal dibayarkan saja tunggakan+iuran nya, biasanya setelah lunas semua status kepesertaan langsung aktif.

      Hapus
  4. Daftar bpjs mandiri akhir mei tahun ini. Sudah aktifkan auto debet sesuai syarat. Dan sudah di potong (auto debet) 2x dgn bulan ini kl tidak salah.
    Tp status masih tidak aktif(penangguhan pembayaran) gitu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan pembayaran iuran pertamanya tidak sesuai dengan jadwal bayar yang tertera pada Virtual Account keluarga. Pada menu Virtual Account tertulis jadwal pembayaran iuran pertama. Pembayaran pertama harus sesuai tanggal, tidak bisa sebelum, juga tidak boleh terlewat dari jadwal.

      Pembayaran iuran pertama sebaiknya manual terlebih dahulu sesuai tanggal yang tertera pada VA keluarga. Biasanya status kepesertaan akan aktif setelah Peserta melakukan pembayaran iuran pertama secara manual. Kemudian selanjutnya di bulan kedua baru akan dimulai proses autodebet oleh pihak bank.

      Apabila status masih penangguhan pembayaran, padahal sudah bayar iuran dua bulan melalui autodebet, laporkan masalah ini ke care center BPJS Kesehatan 165 atau lakukan pengaduan di aplikasi Mobile JKN.

      Hapus
  5. Selamat sore bapak/ibu ditempat
    Mohon bantuannya 🙏🙏🙏
    Saya warga Tangerang Selatan atas :
    nama Mekcelhan
    Alamat kp.baru selatan RT RW 005/002
    Pakulonan - Serpong Utara kota Tangerang Selatan

    Persyaratan apa saja untuk mendaftarkan Bpjs status tidak aktif (penangguhan iuran pembayaran) untuk menjadi status aktif di layanan Bpjs kesehatan.untuk keluarga khususnya istri saya yg sedang mengalami situasi urgensi (keguguran)
    Yang membutuhkan biaya kuret lebih dari 5 juta.
    Status BPJS kesehatan kami statusnya non aktif dan aktif kembali 12 hari dari sekarang. Tetapi istri saya sudah mengalami sakit diperutnya hingga diputuskan dikiret..
    Mohon bantuannya ya pak/ibu kami ditempat.

    Terimakasih banyak mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore, bapak.

      Status penangguhan pembayaran muncul dikarenakan belum membayar iuran pertama setelah daftar BPJS mandiri atau karena mutasi segmen kepesertaan ke BPJS mandiri. Pembayaran pertama bisa dilakukan paling cepat 14 hari setelah pendaftaran dan paling lambat 30 hari setelah pendaftaran.

      Mengenai masalah pengaktifan kartu BPJS dengan status penangguhan pembayaran, yang saya ketahui hanyalah dengan menunggu iuran pertama dibayar. Atau bapak bisa konsultasikan ke kantor cabang BPJS Kesehatan, apakah bisa minta aktivasi lebih cepat.

      Kalau dulu ada namanya "BPJS Darurat" rekomendasi dinsos yang bisa diurus 1 hari tanpa nunggu 14 hari. Bisa diurus dengan membawa surat keterangan dirawat di RS ke dinas sosial, tapi bisa didaftarkan hanya jika 1 KK bersih belum pernah terdaftar BPJS sama sekali. Untuk lebih jelas bisa hubungi care center BPJS Kesehatan 165 atau datang langsung ke kantor cabangnya.

      Hapus
  6. Saya lupa bayar aktivasi pertama dan skarang statusnya masih penangguhan pembayaran. Bagaimana cara reaktivasi nya tolong dijelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu aktivasi ulang nomor virtual account nya agar dapat membayar iuran pertama.

      Untuk aktivasi ulang virtual account yang kadaluarsa karena telat bayar iuran pertama, anda bisa menghubungi BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN menu pengaduan keluhan, care center 165, atau datang langsung ke kantor cabang.

      Hapus
  7. Saya baru saja daftar dan langsung melunasi tagihan lewat va bri, tp status masih penangguhan pembayaran. Setelah tau kalau paling cepat pembayaran dilakukan 14 hari setelahnya apakah nanti setelah 14 hari iuran premi pertama lunas, atau membayar kembali? Karena admin brilink nya bilang kalau pembayaran saya sudah selesai dan sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu kelemahan sistem pembayaran BPJS Kesehatan adalah iuran pertama bisa dibayar sebelum 14 hari meskipun ada peraturan wajib bayar setelah 14 hari dari pendaftaran.
      Apabila terlanjur bayar iuran pertama sebelum 14 hari, maka harus menunggu pembayaran tersebut diproses otomatis setelah 14 hari. Namun bila Ibu mendapati status kepesertaan tetap tidak aktif atau "penanggugan pembayaran", maka Ibu harus melaporkan pembayaran ke pihak BPJS Kesehatan agar dapat diproses.

      Hapus
  8. Sy mau tanya min.sy lupa membayar iuran peserta yg baru sy daftarkan.dan keterangan d moil jkn sy tidak aktif(penangguhan pembayaran).bagaimana cara mengaktifkanx.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar iuran pertama untuk mengaktifkan kepesertaan. Terlebih dahulu anda harus lapor ke BPJS Kesehatan untuk mengaktifkan kembali nomor Virtual Account (VA) keluarga agar bisa bayar iuran. Untuk lapor bisa melalui Mobile JKN pilih menu pengaduan keluhan, care center 165, atau kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

      Hapus
  9. Mau bertanya, BPJS baru dibuat 2 hari yang lalu dan dalam status penangguhan pembayaran, tapi besaran tagihan yang diminta adalah 500k lebih untuk kelas 3, kira-kira itu jumlah darimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika pindah kepesertaan dari segmen lain ke mandiri, akan ditagih tunggakan iuran dari segmen kepesertaan sebelumnya (jika ada tunggakan), dan iuran untuk bayi baru lahir terhitung sejak bayi lahir (misal usia bayi 10 bulan saat daftar BPJS, akan ditagih iuran 10 bulan).

      Namun jika anda sekeluarga benar-benar baru pertama kali daftar BPJS mandiri kelas 3, maka besaran iuran pertama adalah Rp35.000 x jumlah anggota keluarga.

      Hapus
  10. Saya sebelumnya bpjs ikut orang tua, karena sudah meewati batas umur Saya mendaftar bpjs mandiri pada tanggal 22 juli 2022, dan kemudian pada tanggal 5 agustus 2022 mbanking saya sudah terpotong autodebit untuk pembayaran bpjs. Tapi kenapa statusnya masih tidak aktif dan penangguhan pembayaran ? sudah 2x kejadian seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saat daftar BPJS mandiri diberikan nomor Virtual Account yang menyertakan info kapan pembayaran iuran pertamanya. Iuran pertama harus dibayar secara manual agar tidak terjadi masalah, selanjutnya pada bulan ke-2 akan dilakukan penarikan dari autodebet.
      Jika terjadi masalah akibat pembayaran iuran pertama lewat autodebet, segera hubungi BPJS kesehatan melalui mobile JKN, care center 165, pandawa/whatsapp 08118165165, atau kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

      Hapus
  11. Waktu dipuskesmas BPJS saya katanya sudah aktif kk
    Tapi setelah saya buka di aplikasi JKN knapa masih penangguhan pembayaran ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa dipakai berobat maka berarti sudah aktif, karena kalau belum aktif tidak akan bisa digunakan untuk berobat. Coba tunggu beberapa hari lagi mengenai status di aplikasi mobile JKN nya.

      Hapus
  12. Saya baru daftar pake JKN mobile tgl 4 Agustus, sampe sekarang keterangannya masih Penangguhan Pembayaran, kemarin saya pilih melalui autodebet, tapi pas saya coba bayar bpjs pake gopay keterangan tagihannya sudah lunas. Apa harus nunggu sampa 14 hari ya, soalnya belum 14 hari juga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturannya BPJS bisa aktif paling cepat setelah 14 hari. Iuran pertama baru muncul tagihannya di hari ke 14 sampai hari ke 30, tidak bisa dibayar sebelum atau sesudahnya. Jika tidak dibayar dan melewati batas 30 hari, peserta harus menghubungi pihak BPJS untuk re-aktivasi virtual account.
      Untuk kasus anda yang membayar via autodebet sebelum waktu bayar yang ditentukan, maka tunggu antara hari ke 14 dan 30, jika statusnya masih belum aktif, harap hubungi pihak BPJS melalui mobile JKN, pandawa/whatsapp 08118165165, care center 165 atau kanal layanan BPJS lainnya.

      Hapus
    2. Ini sudah melebihi dari 30 hari min

      Hapus
  13. Saya sudah mendaftarkan anggita baru untuk bpjs kesehatan ,tapi statusnya masih ditangguhkan ,ketika saya cek di info iuran melalui apk jkn keterangan sudah lunas dan tidak ada tagihan,bisa bantu untuk case yang saya alami min.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah paling sering yang menyebabkan status penangguhan pembayaran adalah pembayaran iuran pertama yang tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yaitu paling cepat setelah 14 hari dan paling lambat setelah 30 hari sejak pendaftaran. Namun apabila pembayarannya sudah sesuai prosedur tetapi status BPJS masih tidak aktif, harap hubungi pihak BPJS Kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

      Hapus
  14. saya mau tanya . saya baru buat bpjs dan hari ini bayar kenpa kepala keluarga tidak masuk yah ? jadi saya bayar untunk 3orang padahal ada 4 orang . di cek statusnya lunas mau bayar di mana" status lunas padahal belum saya bayar yang kepala kelaurga ( ayah ) saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika seluruh anggota keluarga baru daftar sebagai peserta mandiri, maka kemungkinan ada kesalahan sistem sehingga jumlah anggota yang masuk VA tidak sesuai dari yang seharusnya. Sebaiknya laporkan ke BPJS Kesehatan untuk dilakukan pengecekan, bisa melalui mobile JKN menu pengaduan, care center 165, pandawa, atau kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

      Hapus
  15. Mau tanya nih bpjs saya ada penanguhan pembayaran tapi waktu di cek melalui chika bpjs sudah lunas,sedang kan kartu masih non aktif
    Itu gmana solusi nya mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status kepesertaan bisa aktif paling cepat 14 hari setelah pendaftaran peserta baru.
      Jika pembayaran iuran pertamanya sudah sesuai dengan jadwal bayar, yaitu setelah 14 hari dan paling lambat 30 hari, maka tidak masalah, karena biasanya status aktif bisa delay beberapa hari.
      Tapi jika iuran pertama dibayar sebelum jadwal bayar maka tanyakan ke BPJS Kesehatan apakah pembayaran tersebut bisa diproses (meskipun anda mendapati statusnya lunas) .

      Hapus
  16. Selamat pagi, saya daftar bpjs di jkn tp sudah 14 hr lebih status masih penangguhan pembayaran. Boleh info solusinya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghindari penangguhan pembayaran, jangan gunakan autodebet pada pembayaran iuran pertama, tapi bayar secara manual sesuai jadwal bayar, yaitu antara hari ke 14 sampai ke 30. Setelah iuran pertama dibayar, status kepesertaan langsung aktif. Atau jika tidak langsung aktif, terkadang ada delay beberapa hari.
      Untuk pelayanan pengaduan keluhan, anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan melalui aplikasi mobile JKN menu pengaduan layanan, care center 165, pandawa 08118165165 atau kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

      Hapus
  17. saya mau tanya , waktu saya buat bpjs kan bayar harus 14hari saya sudah ikutin tp pas mau byar kenapa orang tua saya tidak termasuk( terhitung) saat bayar . harusnya 4org buat juga 4org tp keterangan mau byar hanya untuk 3orang. kalau saya mau bayar pakai apa ja tagihan sudah lunas :( tolong pencerahannya karna saya butuh buat orang tua dulu. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai anggota keluarga yang tidak ikut terdaftar sebagai peserta BPJS mandiri, kemungkinan sudah masuk segmen kepesertaan lain misalnya PBI atau PPU. Atau jika memang baru pertama kali daftar namun tidak ikut terdaftarkan, maka anda harus laporkan ke kanal layanan BPJS Kesehatan seperti care center 165, mobile JKN, pandawa, atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan di wilayah anda.

      Hapus
  18. Sy mau tanya peralihan BPJS perusahaan ke mandiri apakah ada istilah tunggakan yang harus di bayarkan dari kepesertaan sebelumnya (Perusahaan/PPU)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada, setelah nonaktif dari perusahaan tidak akan ada tagihan sampai diaktifkan lagi oleh perusahaan baru atau pindah kepesertaan ke mandiri.

      Hapus
  19. Halo admin,
    Saya iseng2 dulu mendaftar via aplikasi dan tidak pernah membayar sampai saat ini . Saat ini status nya masih penagguhan pembayaran, apakah saya harus membayar sekian bulan sejak saya membuat atau cukup membayar pertama kali ini saja untuk mengaktifkan status kepesertaan saya di BPJS kesehatan?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungi pihak BPJS lagi untuk mengaktifkan kembali virtual account agar bisa membayar iuran pertama. Iuran pertama biasanya hanya pembayaran 1 bulan berjalan untuk semua anggota keluarga.

      Hapus
  20. Apakah klw sudah d bayarseblom pda waktu yg di tangguh kan nanti akan aktip dengan sendiri nya.atu hrus bayar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tidak bisa aktif dengan sendirinya, harus laporkan ke BPJS Kesehatan atau bayar sesuai jadwal bayar iuran pertama.

      Hapus
  21. Mau bertanya posisi anak saya udah di rawat baru satu malam, bisa ga kalo saya bayar langsung tunggakannya kartunya bisa langsung aktip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah lunas maka kartu otomatis langsung aktif, tapi ada denda pelayanan rawat inap tingkat lanjut (RITL).
      Tapi secara aturan, jika sudah masuk rawat inap dengan biaya umum, maka tidak bisa pindah menjadi jaminan BPJS, kecuali pihak RS nya mau diajak bekerjasama.

      Hapus
  22. Untuk pembayaran, misal di cek di Chika pembayaran sebesar 700.000, padahal di di dalam app jkn ada 3 peserta, apakah biaya tersebut untuk 1 orang, atau 3 peserta sekaligus?

    BalasHapus
    Balasan

    1. Pengecekan iuran biasanya untuk satu orang peserta, tetapi saat pembayaran iuran wajib untuk seluruh anggota keluarga.
      Cek saja iurannya melalui aplikasi Mobile JKN, kan juga ada menu Info Iuran, disitu ada rincian iuran untuk masing-masing peserta. Jumlah iuran yang lebih besar menandakan adanya tunggakan. Atau yang anda cek mungkin peserta bayi yang baru daftar? Iuran peserta bayi dihitung sejak bayi lahir, jika usia bayi 10 bulan saat daftar BPJS, maka akan ada iuran 10 bulan untuk bayi tersebut.

      Hapus

  23. keluarga saya didaftarkan BPJS KIS, tapi kenapa cuma saya saja yg aktif dan lolos KIS nya. Punya ortu malah ditangguhkan. Sudah tanya ke BPJS kok punya ortu malah jadi mandiri dan harus bayar premi. Padahal saya cek di aplikasi JKN, kartu punya ortu saya kartunya termasuk ke dalam KIS
    Jadi apa ortu saya harus bayar iuran tiap bulan dan jadi mandiri?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yang anda maksud dengan KIS adalah segmen kepesertaan PBI? Pendaftaran peserta PBI ditentukan ketersediaan kuota dan anggaran pemerintah. Sebaiknya anda tanyakan ke pihak yang membantu pendaftaran PBI anda, apakah bisa dilakukan pengajuan ulang untuk orang tua anda. Jika sekarang statusnya adalah BPJS mandiri, maka harus bayar iuran tiap bulan.

      Saat cek di aplikasi Mobile JKN jangan lihat kartunya KIS atau bukan, karena semua peserta mendapat kartu KIS, meskipun segmen kepesertaan anda BPJS mandiri, kartunya juga KIS. Tapi pada aplikasi Mobile JKN, cek menu Info Peserta, jika tertulis kepesertaannya adalah PBI (APBD) atau PBI (APBN) barulah iuran anda ditanggung pemerintah alias tidak perlu bayar premi.

      Hapus
    2. Terimakasih atas bantuannya
      Semoga sehat dan bahagia selalu

      Hapus
  24. Izin bertanya
    Status bpjs suami saya itu kan PIB/APBN , rencananya saya isteri nya ingin masuk ke bpjs suami.. apakah langsung tambah peserta aja atau bagaimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengajuan pendaftaran BPJS PBI biasanya harus ke Dinsos, atau kalau di desa biasanya harus didata oleh pihak desa dahulu. Biasanya ada formulir yang harus diisi dan berkas yang perlu dilengkapi. Tidak bisa langsung daftar ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  25. Saya sudah dapet virtual acount yg harus dibayarkan tgl 16 kemarin dan saya bayarkan pada tgl 17.. muncul tagihan saya hanya untuk 2 peserta padahal ada 4 peserta..
    Setelah saya cek 2 aktif dan 2 lagi masi ditangguhkan dan tidak aktif..
    Tapi saya cek iuran disitu keterangan sudah lunas..
    Dan bagaimana solusinya buat meng aktifkan 2 kartu lagi yg masih ada keterangan penangguhan..
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lapor ke BPJS Kesehatan untuk dicek status kepesertaan yang tidak ada iurannya, karena mungkin beralih ke segmen lain. Anda bisa lapor ke BPJS Kesehatan melalui care center 165, aplikasi mobile JKN menu pengaduan, atau langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  26. Min kl saya sudah bayar iuran pertama apa bisa langsung bisa digunakan BPJS nya? Saya alih ke mandiri nanti tgl 22 bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Namun perlu diperhatikan bahwa pembayaran iuran pertama adalah setelah 14 hari dari pendaftaran. Setelah iuran pertama dibayar sesuai jadwalnya, status kepesertaan otomatis langsung aktif. Jika status aktif maka bisa digunakan untuk berobat.

      Hapus
  27. Halo min, saya liat semua komenya di bales, kereen bangeet min

    Btw anak saya baru umur 4bulan, dan baru bisa saya daftarkan ke bpjs karna menunggu KK dan sistem dari disdukcapil, setelah saya daftar kenapa tiba2 muncul tagihan 750rb ya? Padahal baru daftar.. makasih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturan dari BPJS, tagihan anak yang didaftarkan jadi peserta mandiri dihitung sejak anak dilahirkan. Jika usia anak 4 bulan saat daftar, maka besaran iuran pertamanya adalah 4 bulan iuran. Jika usia anak lebih dari 2 tahun saat daftar, maka besaran iuran pertamanya adalah 24 bulan iuran (tunggakan maksimal yang dihitung adalah 24 bulan). Hal ini karena kepesertaan BPJS bersifat wajib, setiap anak wajib didaftarkan setelah lahir, jadi iuran dihitung sejak anak lahir.
      Adapun kenapa keluar angka 750rb, coba anda lihat Info Iuran pada aplikasi Mobile JKN untuk melihat rincian iuran per anggota keluarga pada bulan berjalan.

      Hapus
close