Cara Mengatasi Status Penangguhan Pembayaran dan Peserta Saat Daftar BPJS Kesehatan

Kenapa warga yang baru mendaftar jadi peserta BPJS banyak yang mengalami status penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta. Hal ini cukup berdampak karena status ditangguhkan sama saja dengan non aktif, yang artinya tidak bisa menggunakan BPJS sebagai asuransi kesehatan untuk berobat atau periksa kesehatan.

Status penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta atau non aktif dapat diketahui melalui aplikasi mobile JKN, dan bukan hanya itu, semua informasi mengenai asuransi kesehatan BPJS anda dapat diinfokan melalui aplikasi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta? Status kepesertaan non aktif karena penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta seringkali dialami oleh peserta BPJS PBPU (mandiri) dan BPJS PPU (perusahaan) yang baru mendaftar.

Apa yang dimaksud dengan Status Penangguhan Pembayaran BPJS?


Status penangguhan pembayaran adalah status yang terjadi apabila peserta baru saja daftar BPJS mandiri dan harus menunggu 14 hari untuk pembayaran premi pertamanya.

Contoh status tidak aktif karena penangguhan pembayaran, aplikasi mobile JKN

Status tersebut disebut penangguhan pembayaran karena pada saat baru daftar BPJS mandiri, anda harus menunggu 14 hari lagi untuk pembayaran premi (iuran) pertama. Karena masih menunggu 14 hari, statusnya ditulis PENANGGUHAN PEMBAYARAN. Jika sudah lewat 14 hari sejak pendaftaran, Anda bisa membayar premi pertama lewat alfamart, indomart atau kantor pos.

Cetak kartu baru bisa dilakukan jika anda sudah bayar premi iuran pertama dan diterima oleh BPJS. Setelah bayar, anda bisa mengetahui kartu Anda sudah aktif atau belum lewat aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Cara Hitung Denda Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL)

Sudah bayar iuran pertama tapi masih status penangguhan pembayaran?


"Sudah bayar iuran pertama BPJS, sudah lunas, tapi kartunya belum aktif, justru statusnya penangguhan pembayaran."

Kejadian di atas bisa saja terjadi pada anda, lantas apa penyebab dan cara mengatasi munculnya status penangguhan pembayaran, padahal sudah bayar iuran pertama.

1. Peserta membayar iuran pertama sebelum 14 hari setelah daftar.

Sudah lewat 14 hari tapi masih non aktif atau penangguhan pembayaran?

Jika penangguhan pembayaran muncul ketika anda ingin membayar iuran pertama setelah menerima virtual account, maka sebaiknya menunggu 14 hari, karena pembayaran iuran pertama belum terbentuk dan harus menunggu 14 hari sejak virtual account (VA) diterima. Seharusnya jika sudah dibayar maka dari status penangguhan pembayaran otomatis akan berubah menjadi aktif. 

2. Masalah sistem atau gangguan jaringan.

Sudah lewat 14 hari tapi masih penangguhan pembayaran alias non aktif?

Jika anda sudah membayar iuran BPJS Kesehatan setelah 14 hari sejak mendaftar, namun status masih penagguhan pembayaran, salah satu penyebabnya adalah karena masalah sistem atau gangguan jaringan, atau karena adanya proses maintenance administrasi BPJS Kesehatan yang belum diproses. Anda terpaksa harus menunggu, walau pada akhirnya status peserta akan menjadi aktif. Selalu cek status kepesertaan anda menggunakan aplikasi Mobile JKN agar anda mendapatkan informasi lebih cepat.

Baca Juga: Apakah Kepesertaan BPJS Berhenti Otomatis Jika Tidak Bayar Iuran?

Apa yang dimaksud dengan Status Penangguhan Peserta BPJS?


Selain penangguhan pembayaran ada juga yang mengalami penangguhan peserta. Status penangguhan peserta banyak dialami oleh peserta pekerja penerima upah atau BPJS perusahaan, baik yang baru pertama daftar atau yang peralihan dari segmen PBPU/PBI ke PPU, biasanya terjadi saat peserta baru didaftarkan menjadi peserta BPJS di perusahaan tempat peserta bekerja.

Contoh status tidak aktif karena penangguhan peserta, aplikasi mobile JKN

Kenapa status penangguhan peserta bisa muncul dikarenakan belum adanya pemotongan iuran dari BPJS terhadap perusahaan sehingga peserta belum bayar iuran. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal, diantaranya karena tidak cukup dana pada rekening perusahaan, masalah sistem, dll. Sehingga iuran peserta tidak terbayar pada saat jatuh tempo pembayaran, akibatnya status peserta ditangguhkan (non aktif) sampai pembayaran selesai diproses.

Jika anda peserta PPU yang mengalami status penangguhan peserta, coba ditanyakan ke HRD karena penangguhan peserta kemungkinan masih proses administratif antara tempat kerja dan BPJS Kesehatan. Biasanya tiap perusahaan punya jadwal pembayaran sendiri-sendiri dan batas waktu pembayaran iuran adalah akhir bulan berjalan. Anda cukup menunggu saja, paling lama sampai bulan berikutnya.

Namun jika perusahaan anda sudah melakukan pembayaran tetapi kartu masih berstatus penangguhan peserta, mungkin penyebabnya karena ada gangguan jaringan atau pembaharuan data yang harus menunggu waktu, tapi tenang saja karena pada akhirnya status akan aktif.

Demikian artikel cara mengatasi penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta saat daftar BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Surat Rujukan Online dan Cara Mendapatkannya

2 komentar

  1. Mau tanya..klo status penangguhan mau berobat ke faskes pertama apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa berobat dengan jaminan BPJS, jika masih status penangguhan pembayaran.
      Status penangguhan pembayaran muncul karena tagihan iuran pertama baru akan muncul setelah 14 hari dari pendaftaran.
      Setelah menunggu 14 hari, baru bisa dibayar iuran pertamanya dan kepesertaan langsung aktif dan bisa cetak kartu melalui Mobile JKN.

      Hapus


EmoticonEmoticon