Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pindah Dari BPJS Mandiri ke KIS PBI Yang Iurannya Gratis Dibayar Pemerintah


Segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang lebih dikenal dengan segmen peserta BPJS Mandiri adalah segmen kepesertaan JKN yang diperuntukkan untuk masyarakat umum yang berpenghasilan dari sektor pekerjaan informal. Peserta BPJS mandiri diwajibkan membayar iuran bulanan yang besar kecilnya disesuaikan dengan kelas BPJS yang diambil. Peserta BPJS mandiri terdiri dari peserta kelas 1, kelas 2 dan kelas 3.

Sementara peserta BPJS PBI atau lebih dikenal dengan KIS PBI adalah segmen kepesertaan JKN yang diperuntukan untuk warga miskin dan kurang mampu sesuai dengan data DTKS kemensos. Peserta KIS PBI iuran bulanannya gratis, karena iurannya dibayar oleh pemerintah. Berdasarkan sumber anggarannya, peserta PBI dibagi menjadi peserta PBI (APBD) dan PBI (APBN). Peserta PBI memiliki hak ruang rawat inap kelas 3.

Peserta BPJS PBI dulu dikenal sebagai peserta pemegang kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) karena ada program pembagian kartu KIS untuk peserta BPJS PBI sementara peserta non-PBI masih menggunakan kartu berlogo BPJS Kesehatan, namun sekarang semua peserta BPJS baik itu peserta PBI maupun non-PBI semuanya memperoleh kartu KIS saat mendaftar BPJS sebagai tanda kepesertaan.

Peserta BPJS mempunyai kesempatan untuk pindah segmen kepesertaan ke segmen lain. Misalnya dari PPU ke mandiri, atau dari mandiri ke PBI dan sebaliknya. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana syarat dan prosedur untuk merubah data kepesertaan dari BPJS Mandiri menjadi KIS PBI.

Salah satu alasan kenapa banyak peserta mandiri yang ingin pindah menjadi KIS PBI adalah karena kondisi ekonomi. Mungkin pada awalnya mereka merasa mampu, namun karena perubahan kodisi ekonomi, pada akhirnya mereka merasa sangat terbebani dengan pembayaran iuran BPJS yang harus dibayarkan setiap bulan, sehingga tunggakan terus membengkak.

Karena alasan tersebut itulah, banyak peserta BPJS mandiri yang memutuskan untuk pindah menjadi peserta BPJS PBI yang gratis karena iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah. Sebagaimana kita ketahui, JKN dari BPJS Kesehatan berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba.

Baca Juga: Cara Hitung Denda Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL)

Syarat dan prosedur pindah dari BPJS Mandiri ke KIS PBI


Perlu anda ketahui, peserta BPJS PBI atau KIS PBI pada umumnya merupakan peserta BPJS yang ditentukan berdasarkan data DTKS Kemensos atau atas hasil usulan dari dinas sosial ke kemensos untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk tetap bisa mengikuti program jaminan kesehatan nasional yang dikelola BPJS Kesehatan.

Jika sebelumnya anda terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri dan ingin beralih menjadi peserta KIS PBI karena kondisi ekonomi yang tidak lagi memungkinkan untuk membayar iuran bulanan, maka anda dapat berkoordinasi dengan Dinas Sosial di wilayah anda.

Dengan membawa persyaratan :
  1. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Seluruh Anggota Keluarga
  2. Surat Keterangan tidak Mampu dari Kelurahan/Kecamatan
  3. Surat Pengantar Puskesmas
  4. Fotokopi Kartu BPJS Kesehatan sebelumnya

Di dinas sosial biasanya anda akan diberikan formulir isian mengenai kriteria kemiskinan, kemudian anda harus melengkapi semua syarat yang terdapat dalam formulir dari Dinsos. Pengajuan perubahan kepesertaan ke BPJS PBI membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan di acc atau tidak tergantung kuota dan rezeki anda.

Untuk anda yang memiliki tunggakan, anda harus melunasi tunggakan terlebih dahulu untuk dapat pindah menjadi peserta KIS PBI. Jika nunggak lebih dari 2 tahun, maka tunggakan maksimal yang dihitung adalah 24 bulan. Jika anda keberatan dengan melunasi tunggakan sekaligus, untuk saat ini ada program REHAB dari BPJS untuk bayar tunggakan secara dicicil.

Umumnya perubahan kepesertaan dari Mandiri ke PBI tidak akan langsung diproses harus menunggu dulu data anda masuk ke data rekonsiliasi dinas sosial yang disahkan oleh kemensos setiap 6 bulan sekali.

Jika data anda sudah masuk ke dalam data rekonsiliasi maka anda otomatis akan diajukan untuk menjadi peserta PBI yang iurannya gratis.

Baca Juga: Selisih Biaya Naik Kelas VIP BPJS, Benarkah Bayar 75%?

Belum punya BPJS, tapi termasuk warga miskin


Sementara untuk anda yang kebetulan belum menjadi peserta BPJS dan masuk ke dalam kriteria warga miskin dan kurang mampu, anda bisa menjadi peserta PBI dengan cara mengajukan diri atau melapor ke Dinas sosial setempat untuk di data agar diikutsertakan pada data rekonsiliasi peserta BPJS PBI.

Sesuai dengan apa yang pernah diuraikan sebelumnya mengenai syarat dan prosedur untuk menjadi peserta KIS PBI adalah seabagai berikut:
  • KK dan KTP seluruh anggota Keluarga.
  • Surat Keterangan tidak Mampu pengantar dari RT, RW Kelurahan kemudian ke menuju kecamatan untuk dibuatkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
  • Surat pengantar dari puskesmas untuk daftar sebagai peserta BPJS PBI.
Sedangkan prosedur langkah-langkah membuat kartu KIS PBI
  • Siapkan fotokopi KK dan KTP minimal 2 rangkap
  • Minta surat pertanyaan tidak mampu dari RT dan RW dan kelurahan setempat.
  • Membaut SKTM ke Kecamatan dengan membawa surat pernyataan dari kelurahan.
  • Pergi ke dinas sosial, dengan membawa berkas di atas, dari dinas sosial pendaftaran BPJS anda akan diurus sampai anda mendapatkan kartu BPJS PBI atau kartu KIS.

Semoga informasi mengenai cara merubah kepesertaan pindah dari BPJS mandiri ke KIS PBI di atas bisa memberikan informasi tambahan untuk anda. Untuk melihat info kesehatan lainnya, silahkan kunjungi blog Pasien Sehat dari browser anda.

44 komentar untuk "Cara Pindah Dari BPJS Mandiri ke KIS PBI Yang Iurannya Gratis Dibayar Pemerintah"

  1. Apakah bisa klo pny tunggakan menjadi kis pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya bisa pindah dari Mandiri ke PBI meskipun ada tunggakan. Tapi meskipun segmen sudah pindah ke PBI tetap ada catatan tunggakan segmen mandiri. Jika suatu saat harus pindah segmen lagi dari PBI ke Mandiri atau PPU, tunggakan yang terdahulu harus dilunasi. Untuk informasi lebih jelas tanyakan ke Dinas sosial atau pihak yang dapat mengurus pengajuan pembuatan BPJS PBI di wilayah anda.

      Hapus
  2. bagai mana kalau punya tunggakan apa kah bisa pindah keke bpjs pBi?? Sedang kan saya tidak mampu untuk membayar tunggakan nya..maka dr itu saya inggi mengajukan untuk ber alih ke bpjs pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi biasanya tagihan BPJS mandiri tetap ada, meskipun sudah pindah BPJS PBI. Atau lebih jelasnya tanyakan ke Dinas sosial bagian yang mengurusi pendafataran BPJS PBI.

      Hapus
  3. Masih punya tunggakan tpi sudah dialihkan ke bpjs pbi apa sudah bisa digunakan untuk berobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tetap bisa digunakan BPJS PBI nya jika sudah aktif, meskipun ada tunggakan segmen sebelumnya.

      Hapus
  4. kalau ada tunggakn denda per bln nya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada denda saat pelunasan tunggakan, adanya denda RITL jika dalam 45 hari setelah pelunasan tunggakan peserta mendapat pelayanan rawat inap.

      Hapus
  5. Saya sudah mengurusi dan melunasi tunggakan BPJS, dan sudah mengurusi untuk pindah dari BPJS ke KIS, tp kartu KIS atau PBI kok belum dikasih, dan petugas malah bilang pake kartu BPJS saja Ketika berobat , katanya yg penting datanya sudah masuk atas kepindahan saya dr BPJS ke KIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek pada aplikasi mobile JKN bagian info peserta, jika segmen sudah pindah menjadi PBI maka di bawah nomor kartu BPJS akan tertulis "Peserta ( PBI (APBD) )" atau "Peserta ( PBI (APBN) )". Nomor kartu BPJS akan tetap sama, hanya segmen yang berubah menjadi PBI, jadi anda bisa menggunakan kartu yang lama. Adapun kenapa kartu KIS PBI kenapa belum dikasih, saya tidak lebih tahu daripada petugas yang mengurusinya. Silahkan tanya ke petugas biasanya berapa lama prosesnya.

      Hapus
  6. .saya mau tanya saya dulu punya BPJS pbi terus kerja jd beralih ke BPJS swasta terus di PHK.. sekarang saya mau melahirkan ingin kembali ke BPJS pbi karena tdk sanggup bayar apa bisa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa. Tetapi harus melakukan pengajuan ulang ke dinas sosial dan prosesnya belum tentu cepat. Atau silahkan tanya ke petugas berapa lama prosesnya. Jika anda butuh cepat untuk melahirkan saya sarankan sebaiknya alihkan segmen menjadi BPJS mandiri terlebih dahulu.

      Hapus
  7. Mau tanya,saya sama anak saya bpjs pbi sdh aktif tapi suami belum status msh pegawai swasta padahal sdh resign terus bagaimana solusi nya ya untuk bisa suami juga aktif bpjs pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah resign kartu BPJS akan nonaktif dan tidak ada tunggakan sampai pindah kepesertaan ke mandiri atau bekerja di perusahaan yang baru. Jika anda ingin pindah kepesertaan ke PBI, yang dapat mengurus perubahan segmen ke PBI adalah dinas sosial, tidak bisa diurus di kantor BPJS Kesehatan, jadi silahkan urus di dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  8. Malam kak ini saya mau nnya kalau saya sdh pnya bpjs mandiri trus mau pindah ke kis sarat nya apa saja ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya bawa fotokopi KTP, KK dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Atau untuk lebih lengkapnya silahkan datang ke dinas sosial, biasanya diberikan formulir untuk anda isi dan syarat lengkapnya tertulis di formulir.

      Hapus
  9. Maaf mau tanya anak saya umur 22 bulan baru daftar BPJS mandiri ko harus bayar iuranya terhitung dari lahir gimana ceritanya.. jadi nyesel saya daftarin kalo harus bayar 22 bulan di x 35 ribu.. ada solusinya gak.. mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturannya mewajibkan bayi baru lahir langsung didaftarkan menjadi peserta BPJS, sehingga iuran dihitung sejak anak lahir dengan maksimal iuran yang dihitung adalah 24 bulan jika terlambat didaftarkannya lebih dari 2 tahun.
      Jika ingin anaknya didaftarkan menjadi peserta BPJS mandiri maka sebaiknya dibayarkan tagihan iurannya selama 22 bulan. Karena tagihan iuran ini tidak bisa hilang selama peraturannya tidak mengalami perubahan. Jika anda tergolong warga yang tidak mampu, anda bisa mengajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial sehingga anda tidak perlu lagi membayar iuran karena iurannya dibayar oleh pemerintah.

      Hapus
  10. Saya pertama nya BPJS madiri,karna kena PHK saya tidak mampu mebayar nya,kalau mau pindah ke BPJS PBI apakah bisa,saya mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, bisa. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda mengurus pengajuan BPJS PBI ke dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  11. Selamat malam maaf mau tanya saya sudah melakukan pengajuan pindah dari bpjs mandiri ke PBI sudah proses dan katanya masih nungggu kuota atau antrian.lah...yg mau saya tanyakan apa bisa ngecek nomor antrian tersebut ?kalau bisa bagaiaman caranya?trm ksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuatan BPJS PBI memang ada prosesnya, tapi tidak ada nomor antrian yang bisa anda cek. Biasanya petugas memberi tahu prosesnya berapa lama atau tanyakan ke petugas biasanya prosesnya berapa lama, kemudian anda tinggal tunggu saja.

      Hapus
  12. malam mau tanya, saya sudah aktif sekeluarga sebagai pbi dr mandiri tp saya sblmnya sdh mengurus surat pindah jadi kk saya sudah masuk ke kabupaten sedangkan pbi aktif di kk yg ada dikota. apa masih bisa digunakan untuk lahiran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa digunakan untuk persalinan di faskes 1 terdekat di manapun anda berada. Namun untuk berobat jalan atau kontrol rutin jika anda sakit, anda harus mendatangi faskes 1 tempat anda terdaftar.

      Hapus
  13. Saya peserta BPJS kls1 tapi punya tunggakan apakah bisa pindah ke kis PBI secara online atau lewat jkn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengajuan PBI harus ada acc dari Kemensos, jadi silahkan ajukan ke dinas sosial atau perangkat desa, tidak bisa secara online.

      Hapus
    2. Saya udh pelunasan di akhir bulan, dan saya ingin dialihkan ke yg gratis dan saya juga sudah konfirmasi ke pihak puskesmas nya. Dan tunggu smpai tgl 10, dan saat tgl 10 kartu saya masih pkerja mandiri blum apbd, ini ada keterangan 45 hari. 45 hari ini apa yaa trus saya harus menunggu sampai kapan untuk ada perubahan di kartu saya agara jadi apbd??? 🙏

      Hapus
    3. Mungkin itu denda pelayanan RITL, denda yang berlaku jika anda rawat inap dalam 45 hari setelah pelunasan tunggakan.
      Untuk pengajuan pendaftaran PBI, silahkan ajukan melalui dinas sosial atau perangkat desa. Mengenai berapa lama prosesnya, silahkan tanya ke petugas dinsos atau perangkat desa.

      Hapus
  14. Saya mempunyai bpjs mandiri, daya mau pindah bpjs PBI atau KISS , dan saya udah lama gk bayar karna gak mampu, apa harus bayar dulu yg lama, baru bisa d urus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahlan ajukan pendaftaran PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Biasanya tidak perlu bayar dulu tunggakan lamanya, tetapi jika sudah beralih ke PBI tetap ada catatan tunggakan BPJS mandirinya.

      Hapus
  15. Assalamualaikum,, maaf mau tanya, bisa ggk bpjs mandiri di alihkan ke pbi tetapi masih asa tunggakan yang lama. Sementara 5 bulan lagi mau lahiran 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Silahkan ajukan pendaftaran PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Namun prosesnya belum tentu cepat sesuai harapan anda karena biasanya tergantung kuota PBI dan ada proses acc ke Kemensos. Mengenai berapa lama prosesnya, silahkan tanya ke petugas dinsos atau perangkat desa.

      Hapus
  16. Saya punya BPJS mandiri, tunggakan juga sudah di lunasi dan saya ingin di alihkan ke yg gratis karna saya sudah tdk mampu bayar lagi. Dan saya juga sudah mengurus semua dan katanya ditunggu tgl 10 dan stelah tgl 10 ini BPJS saya masih mandri blum berubah apbd, dan ada rawat inap gitu 45 hari, boleh di jelaskan mksud nya gimana dan 45 hari itu apa ya??? 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu denda pelayanan RITL, denda yang berlaku jika anda rawat inap di RS setelah pelunasan tunggakan, masa berlaku denda adalah 45 hari. Jika tidak rawat inap di RS, atau hanya rawat jalan, maka tidak ada denda. Denda dibayar langsung ke BPJS saat anda mendaftar masuk RS untuk rawat inap.
      Untuk pengajuan pendaftaran PBI, silahkan ajukan melalui dinas sosial atau perangkat desa. Lama prosesnya silahkan tanyakan ke petugas karena biasanya tergantung ketersediaan kuota dan ada proses acc ke Kemensos.

      Hapus
  17. Saya mau tanya kalau saya punya BPJS PBI tapi anak dan suami saya mandiri apakah bisa di pindah BPJS PBI ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggota keluarga anda bisa mengajukan pendaftaran PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Biasanya ada formulir yang perlu diisi dan syarat yang perlu dilengkapi. Bisa tidaknya proses peralihan menjadi BPJS PBI tergantung adanya kuota atau persetujuan dari kemensos.

      Hapus
  18. Saya nunggak bpjs 2 tahun karena sudah tidak bekerja sejak awal pandemi, apakah bisa meminta keringanan agar pindah ke pbi dengan membayar tunggakan semampunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan pendaftaran BPJS PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa di wilayah anda. Biasanya ada formulir yang perlu diisi dan syarat yang perlu dipenuhi. Jika memenuhi syarat atau tergolong warga kurang mampu, pendaftaran BPJS PBI anda dapat disetujui.

      Hapus
    2. Met malam saya mau tanya ktp saya daerah bisa gak saya mengurus bpjs pbi di tempag tinggal saya sekarang di tangerang

      Hapus
    3. Biasanya pembuatan BPJS PBI harus sesuai KTP, pemerintah daerah tidak mau menanggung yang bukan warganya.

      Hapus
  19. mat pagi.. saya punya BPJS mandiri dan sudah menunggak tidak mampu lgi saya untuk melunasi tunggakan saya dan anak saya apakah bisa beralih ke BPJS FBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mengurus pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial, bisa tidaknya tergantung bisa memenuhi syaratnya dan adanya kuota PBI.

      Hapus
  20. Mau tanya nggeh. 5 bulan lalu saya pernah jadi karyawan penerima upah. Dan sekarang sudah berhenti bekerja. Dan bpjs saya dan anak saya menjadi tidak aktif karna saya berhenti iuran karna sudah berhenti kerja.
    Bisa tidak nggeh bpjs saya dan anak di alihkan ke BPJS PBI? Kalau bisa, bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Biasanya ada formulir dan syarat yang perlu anda penuhi, bisa tidaknya nanti tergantung adanya kuota PBI di wilayah anda.

      Hapus
close