Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pindah Dari BPJS Mandiri ke KIS PBI Yang Iurannya Gratis Dibayar Pemerintah


Segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang lebih dikenal dengan segmen peserta BPJS Mandiri adalah segmen kepesertaan JKN yang diperuntukkan untuk masyarakat umum yang berpenghasilan dari sektor pekerjaan informal. Peserta BPJS mandiri diwajibkan membayar iuran bulanan yang besar kecilnya disesuaikan dengan kelas BPJS yang diambil. Peserta BPJS mandiri terdiri dari peserta kelas 1, kelas 2 dan kelas 3.

Sementara peserta BPJS PBI atau lebih dikenal dengan KIS PBI adalah segmen kepesertaan JKN yang diperuntukan untuk warga miskin dan kurang mampu sesuai dengan data DTKS kemensos. Peserta KIS PBI iuran bulanannya gratis, karena iurannya dibayar oleh pemerintah. Berdasarkan sumber anggarannya, peserta PBI dibagi menjadi peserta PBI (APBD) dan PBI (APBN). Peserta PBI memiliki hak ruang rawat inap kelas 3.

Peserta BPJS PBI dulu dikenal sebagai peserta pemegang kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) karena ada program pembagian kartu KIS untuk peserta BPJS PBI sementara peserta non-PBI masih menggunakan kartu berlogo BPJS Kesehatan, namun sekarang semua peserta BPJS baik itu peserta PBI maupun non-PBI semuanya memperoleh kartu KIS saat mendaftar BPJS sebagai tanda kepesertaan.

Peserta BPJS mempunyai kesempatan untuk pindah segmen kepesertaan ke segmen lain. Misalnya dari PPU ke mandiri, atau dari mandiri ke PBI dan sebaliknya. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana syarat dan prosedur untuk merubah data kepesertaan dari BPJS Mandiri menjadi KIS PBI.

Salah satu alasan kenapa banyak peserta mandiri yang ingin pindah menjadi KIS PBI adalah karena kondisi ekonomi. Mungkin pada awalnya mereka merasa mampu, namun karena perubahan kodisi ekonomi, pada akhirnya mereka merasa sangat terbebani dengan pembayaran iuran BPJS yang harus dibayarkan setiap bulan, sehingga tunggakan terus membengkak.

Karena alasan tersebut itulah, banyak peserta BPJS mandiri yang memutuskan untuk pindah menjadi peserta BPJS PBI yang gratis karena iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah. Sebagaimana kita ketahui, JKN dari BPJS Kesehatan berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba.

Baca Juga: Cara Hitung Denda Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL)

Syarat dan prosedur pindah dari BPJS Mandiri ke KIS PBI


Perlu anda ketahui, peserta BPJS PBI atau KIS PBI pada umumnya merupakan peserta BPJS yang ditentukan berdasarkan data DTKS Kemensos atau atas hasil usulan dari dinas sosial ke kemensos untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk tetap bisa mengikuti program jaminan kesehatan nasional yang dikelola BPJS Kesehatan.

Jika sebelumnya anda terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri dan ingin beralih menjadi peserta KIS PBI karena kondisi ekonomi yang tidak lagi memungkinkan untuk membayar iuran bulanan, maka anda dapat berkoordinasi dengan Dinas Sosial di wilayah anda.

Dengan membawa persyaratan :
  1. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Seluruh Anggota Keluarga
  2. Surat Keterangan tidak Mampu dari Kelurahan/Kecamatan
  3. Surat Pengantar Puskesmas
  4. Fotokopi Kartu BPJS Kesehatan sebelumnya

Di dinas sosial biasanya anda akan diberikan formulir isian mengenai kriteria kemiskinan, kemudian anda harus melengkapi semua syarat yang terdapat dalam formulir dari Dinsos. Pengajuan perubahan kepesertaan ke BPJS PBI membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan di acc atau tidak tergantung kuota dan rezeki anda.

Untuk anda yang memiliki tunggakan, anda harus melunasi tunggakan terlebih dahulu untuk dapat pindah menjadi peserta KIS PBI. Jika nunggak lebih dari 2 tahun, maka tunggakan maksimal yang dihitung adalah 24 bulan. Jika anda keberatan dengan melunasi tunggakan sekaligus, untuk saat ini ada program REHAB dari BPJS untuk bayar tunggakan secara dicicil.

Umumnya perubahan kepesertaan dari Mandiri ke PBI tidak akan langsung diproses harus menunggu dulu data anda masuk ke data rekonsiliasi dinas sosial yang disahkan oleh kemensos setiap 6 bulan sekali.

Jika data anda sudah masuk ke dalam data rekonsiliasi maka anda otomatis akan diajukan untuk menjadi peserta PBI yang iurannya gratis.

Baca Juga: Selisih Biaya Naik Kelas VIP BPJS, Benarkah Bayar 75%?

Belum punya BPJS, tapi termasuk warga miskin


Sementara untuk anda yang kebetulan belum menjadi peserta BPJS dan masuk ke dalam kriteria warga miskin dan kurang mampu, anda bisa menjadi peserta PBI dengan cara mengajukan diri atau melapor ke Dinas sosial setempat untuk di data agar diikutsertakan pada data rekonsiliasi peserta BPJS PBI.

Sesuai dengan apa yang pernah diuraikan sebelumnya mengenai syarat dan prosedur untuk menjadi peserta KIS PBI adalah seabagai berikut:
  • KK dan KTP seluruh anggota Keluarga.
  • Surat Keterangan tidak Mampu pengantar dari RT, RW Kelurahan kemudian ke menuju kecamatan untuk dibuatkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
  • Surat pengantar dari puskesmas untuk daftar sebagai peserta BPJS PBI.
Sedangkan prosedur langkah-langkah membuat kartu KIS PBI
  • Siapkan fotokopi KK dan KTP minimal 2 rangkap
  • Minta surat pertanyaan tidak mampu dari RT dan RW dan kelurahan setempat.
  • Membaut SKTM ke Kecamatan dengan membawa surat pernyataan dari kelurahan.
  • Pergi ke dinas sosial, dengan membawa berkas di atas, dari dinas sosial pendaftaran BPJS anda akan diurus sampai anda mendapatkan kartu BPJS PBI atau kartu KIS.

Semoga informasi mengenai cara merubah kepesertaan pindah dari BPJS mandiri ke KIS PBI di atas bisa memberikan informasi tambahan untuk anda. Untuk melihat info kesehatan lainnya, silahkan kunjungi blog Pasien Sehat dari browser anda.

186 komentar untuk "Cara Pindah Dari BPJS Mandiri ke KIS PBI Yang Iurannya Gratis Dibayar Pemerintah"

  1. Apakah bisa klo pny tunggakan menjadi kis pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya bisa pindah dari Mandiri ke PBI meskipun ada tunggakan. Tapi meskipun segmen sudah pindah ke PBI tetap ada catatan tunggakan segmen mandiri. Jika suatu saat harus pindah segmen lagi dari PBI ke Mandiri atau PPU, tunggakan yang terdahulu harus dilunasi. Untuk informasi lebih jelas tanyakan ke Dinas sosial atau pihak yang dapat mengurus pengajuan pembuatan BPJS PBI di wilayah anda.

      Hapus
    2. sy janda lima orang anak,sdh lama skli dak bisa bayar bpjs,jgn kayar bpjs untuk biaya sehari" saja susah apalagi menyekolahkan anak saya,sy sdh 16 th jadi ayah jyga ibu buat anak" saya.sy dak tau mau bgmn m,abak sy sakut bahkan dia kena auto imin,seih seji dan dak tau mau bgmn jika anak sy sakit tapi dak bisa bawa brrobat ktb bpjs sdh lama ngak krbayar,gimana ini adakah yg bisa kasih jalan,,,,😭

      Hapus
    3. Sudah terdaftar di DTKS belum? Jika belum silahkan tanya ke RT/RW/Kelurahan mengenai cara daftar DTKS, biasanya ada jadwal pendaftaran tiap beberapa bulan. Jika sudah masuk data DTKS, anda bisa mengajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
    4. Apakah boleh pnya BPJS mandiri tp msih punya tunggakqn pindah ke PBI 🙏 soalnya gk mampu byar waktu mw lahiran bikin BPJS tapi gak kepke sm sekali.trus setahun yg lalu ada chat dr BPJS sruh bayar iuran yg nunggak padahal gak pernah di pake.tapi apa boleh pindah ke gratis di bikini RT

      Hapus
    5. Untuk pengajuan boleh boleh saja, tetapi disetujui atau tidaknya pemerintah yang menentukan. Anda bisa mengajukan pembuatan BPJS PBI meskipun masih ada tunggakan BPJS Mandiri, silahkan ajukan ke dinas sosial di daerah anda.

      Hapus
    6. Sy kan kemaren habis pengajuan pengalihan BPJS mandiri ke BPJS PBI karena gk mampu membayar nya lgi,kira² prosernya brp lama? Dan apakah sy akan mendapatkan kartu BPJS baru sebagai peserta PBI setelah peralihan tersebut? Dan selama menunggu pengalihan BPJS mandiri ke BPJS PBI,apakah iuran BPJS mandiri sy ttp berjalan atau tidak walaupun seblmnya sudah membayar tunggakan?

      Hapus
    7. Biasanya prosesnya paling lama 3 bulan. Kartu bisa dibagikan melalui kelurahan, bisa juga tidak. Iuran BPJS mandiri akan ditagih jika belum beralih ke BPJS PBI. Untuk lebih jelasnya sebaiknya anda tanya lagi ke petugas yang mengurus pendaftaran BPJS PBI.

      Hapus
    8. Saya mau bertanya min, gimana cara nya untuk mengurus dan mengaktifkan bpjs ya. Karna pindah wilayah, pertama kami tgl di jkrta dapat bpjs yg gratis. Skrg tgl di kalbar, dan bpjs kami sudah tidak bisa di pkai di sini.. Jdi saya harus urus nya kemana ya untuk mengaktifkan nya kembali

      Hapus
    9. Jika pindah alamat KTP berbeda provinsi akan terkena update penonaktifan BPJS PBI karena pindah domisili. Untuk mengaktifkan kembali BPJS PBI, anda perlu mengajukan ulang ke dinas sosial di domisili anda yang baru agar dapat dijamin kembali oleh pemerintah daerah. Silahkan ajukan pembuatan BPJS PBI ke dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  2. bagai mana kalau punya tunggakan apa kah bisa pindah keke bpjs pBi?? Sedang kan saya tidak mampu untuk membayar tunggakan nya..maka dr itu saya inggi mengajukan untuk ber alih ke bpjs pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi biasanya tagihan BPJS mandiri tetap ada, meskipun sudah pindah BPJS PBI. Atau lebih jelasnya tanyakan ke Dinas sosial bagian yang mengurusi pendafataran BPJS PBI.

      Hapus
    2. Pengalaman dirumah sakit, ada pasien yg akan melahirkan secara sesar, pada saat rawat jalan tidak ada masalah apa apa, tapi pada saat pasien dirawat inap barulah muncul di system BPJS ada tunggakan premi yg belum dibayarkan dan ada denda nya juga yg harus dilunasi terlebih dahulu, padahal pasien sudah berlalih ke BPJS PBI, menurut CS rumah sakit, biaya tunggakan dan denda ini akan tetap muncul saat pada saat pasienya rawat inap dan harus tetap dilunasi semuanya terlebih dahulu, nominal jumlah tunggakan dan dendaan akan di infokan oleh pihak BPJS, biasanya petugas RS akan mengirim email kepada BPJS untuk mengetahui nominal nya yg akan di infokan ke keluarga pasien untuk segera dibayarkan sebelum pasien rawat inap dinyatakan boleh pulang dari RS
      Tagihan tunggakan dan dendaan tidak akan muncul jika pasienya hanya rawat jalan saja.l

      Hapus
    3. Benar begitu ya, tunggakan tetap muncul, sama saja

      Hapus
    4. Jadi kalo masih punya tunggakn BPJS .lalu pindah ke kis PBI .jadi nya GX bisa di rawat inap kalo masih ada tunggakan

      Hapus
  3. Masih punya tunggakan tpi sudah dialihkan ke bpjs pbi apa sudah bisa digunakan untuk berobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tetap bisa digunakan BPJS PBI nya jika sudah aktif, meskipun ada tunggakan segmen sebelumnya.

      Hapus
    2. Masih punya tunggakan tapi sudah beralih ke PBI..BPJS yg PBI apabila digunakan untuk rawat inap di kenakan denda

      Hapus
    3. Tidak ada denda RITL untuk BPJS PBI.

      Hapus
    4. Saya mau bertanya ya min jika saya sudah punya bpjs mandiri dan juga BPJS PBI,tapi bpjs BPI saya saya nonaktifkan,apa masih bisa di hidupkan kembali dan apa saja persyaratan nya

      Hapus
    5. Silahkan datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan untuk dilakukan pengecekan apakah PBI nya bisa di re-aktivasi.

      Hapus
  4. kalau ada tunggakn denda per bln nya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada denda saat pelunasan tunggakan, adanya denda RITL jika dalam 45 hari setelah pelunasan tunggakan peserta mendapat pelayanan rawat inap.

      Hapus
  5. Saya sudah mengurusi dan melunasi tunggakan BPJS, dan sudah mengurusi untuk pindah dari BPJS ke KIS, tp kartu KIS atau PBI kok belum dikasih, dan petugas malah bilang pake kartu BPJS saja Ketika berobat , katanya yg penting datanya sudah masuk atas kepindahan saya dr BPJS ke KIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek pada aplikasi mobile JKN bagian info peserta, jika segmen sudah pindah menjadi PBI maka di bawah nomor kartu BPJS akan tertulis "Peserta ( PBI (APBD) )" atau "Peserta ( PBI (APBN) )". Nomor kartu BPJS akan tetap sama, hanya segmen yang berubah menjadi PBI, jadi anda bisa menggunakan kartu yang lama. Adapun kenapa kartu KIS PBI kenapa belum dikasih, saya tidak lebih tahu daripada petugas yang mengurusinya. Silahkan tanya ke petugas biasanya berapa lama prosesnya.

      Hapus
    2. Assalamualaikum mw tanya ka,kalo mw pindah BPJS kesehatan mandiri ke BPJS kesehatan PBI,, apakah faskes klinik nya tetap sama,

      Hapus
    3. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Faskes 1 untuk BPJS PBI adalah puskesmas (faskes milik pemerintah).

      Hapus
    4. Ini ngecek nya kayak mana kak , soalnya saya faskes pertama klinik bukan puskes , dan saya baru pindah dari BPJS mandiri ke BPJS PBI dinyatakan sudah aktif dicek oleh dinsos , cuma faskes berubah sendri atau gimana ya?

      Hapus
    5. Anda bisa mengecek status kepesertaan lewat aplikasi Mobile JKN, silahkan anda unduh terlebih dahulu, nanti bisa login menggunakan NIK/No.kartu BPJS. Sekarang peserta PBI bisa pindah faskes 1 ke klinik/dokter swasta lewat aplikasi Mobile JKN, kalau dulu memang tidak bisa, hanya bisa di puskesmas.

      Hapus
  6. .saya mau tanya saya dulu punya BPJS pbi terus kerja jd beralih ke BPJS swasta terus di PHK.. sekarang saya mau melahirkan ingin kembali ke BPJS pbi karena tdk sanggup bayar apa bisa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa. Tetapi harus melakukan pengajuan ulang ke dinas sosial dan prosesnya belum tentu cepat. Atau silahkan tanya ke petugas berapa lama prosesnya. Jika anda butuh cepat untuk melahirkan saya sarankan sebaiknya alihkan segmen menjadi BPJS mandiri terlebih dahulu.

      Hapus
  7. Mau tanya,saya sama anak saya bpjs pbi sdh aktif tapi suami belum status msh pegawai swasta padahal sdh resign terus bagaimana solusi nya ya untuk bisa suami juga aktif bpjs pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah resign kartu BPJS akan nonaktif dan tidak ada tunggakan sampai pindah kepesertaan ke mandiri atau bekerja di perusahaan yang baru. Jika anda ingin pindah kepesertaan ke PBI, yang dapat mengurus perubahan segmen ke PBI adalah dinas sosial, tidak bisa diurus di kantor BPJS Kesehatan, jadi silahkan urus di dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  8. Malam kak ini saya mau nnya kalau saya sdh pnya bpjs mandiri trus mau pindah ke kis sarat nya apa saja ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya bawa fotokopi KTP, KK dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Atau untuk lebih lengkapnya silahkan datang ke dinas sosial, biasanya diberikan formulir untuk anda isi dan syarat lengkapnya tertulis di formulir.

      Hapus
    2. Pak maaf kita ke dinas sosial itu kita minta formulir apa ya

      Hapus
    3. Jika ingin mengurus BPJS PBI, silahkan menuju ke dinas sosial, biasanya ada petugas yang mengurus pengajuan pendaftaran BPJS PBI dan biasanya diberikan formulir pendaftaran untuk diisi.

      Hapus
  9. Maaf mau tanya anak saya umur 22 bulan baru daftar BPJS mandiri ko harus bayar iuranya terhitung dari lahir gimana ceritanya.. jadi nyesel saya daftarin kalo harus bayar 22 bulan di x 35 ribu.. ada solusinya gak.. mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturannya mewajibkan bayi baru lahir langsung didaftarkan menjadi peserta BPJS, sehingga iuran dihitung sejak anak lahir dengan maksimal iuran yang dihitung adalah 24 bulan jika terlambat didaftarkannya lebih dari 2 tahun.
      Jika ingin anaknya didaftarkan menjadi peserta BPJS mandiri maka sebaiknya dibayarkan tagihan iurannya selama 22 bulan. Karena tagihan iuran ini tidak bisa hilang selama peraturannya tidak mengalami perubahan. Jika anda tergolong warga yang tidak mampu, anda bisa mengajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial sehingga anda tidak perlu lagi membayar iuran karena iurannya dibayar oleh pemerintah.

      Hapus
  10. Saya pertama nya BPJS madiri,karna kena PHK saya tidak mampu mebayar nya,kalau mau pindah ke BPJS PBI apakah bisa,saya mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, bisa. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda mengurus pengajuan BPJS PBI ke dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  11. Selamat malam maaf mau tanya saya sudah melakukan pengajuan pindah dari bpjs mandiri ke PBI sudah proses dan katanya masih nungggu kuota atau antrian.lah...yg mau saya tanyakan apa bisa ngecek nomor antrian tersebut ?kalau bisa bagaiaman caranya?trm ksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuatan BPJS PBI memang ada prosesnya, tapi tidak ada nomor antrian yang bisa anda cek. Biasanya petugas memberi tahu prosesnya berapa lama atau tanyakan ke petugas biasanya prosesnya berapa lama, kemudian anda tinggal tunggu saja.

      Hapus
  12. malam mau tanya, saya sudah aktif sekeluarga sebagai pbi dr mandiri tp saya sblmnya sdh mengurus surat pindah jadi kk saya sudah masuk ke kabupaten sedangkan pbi aktif di kk yg ada dikota. apa masih bisa digunakan untuk lahiran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa digunakan untuk persalinan di faskes 1 terdekat di manapun anda berada. Namun untuk berobat jalan atau kontrol rutin jika anda sakit, anda harus mendatangi faskes 1 tempat anda terdaftar.

      Hapus
  13. Saya peserta BPJS kls1 tapi punya tunggakan apakah bisa pindah ke kis PBI secara online atau lewat jkn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengajuan PBI harus ada acc dari Kemensos, jadi silahkan ajukan ke dinas sosial atau perangkat desa, tidak bisa secara online.

      Hapus
    2. Saya udh pelunasan di akhir bulan, dan saya ingin dialihkan ke yg gratis dan saya juga sudah konfirmasi ke pihak puskesmas nya. Dan tunggu smpai tgl 10, dan saat tgl 10 kartu saya masih pkerja mandiri blum apbd, ini ada keterangan 45 hari. 45 hari ini apa yaa trus saya harus menunggu sampai kapan untuk ada perubahan di kartu saya agara jadi apbd??? 🙏

      Hapus
    3. Mungkin itu denda pelayanan RITL, denda yang berlaku jika anda rawat inap dalam 45 hari setelah pelunasan tunggakan.
      Untuk pengajuan pendaftaran PBI, silahkan ajukan melalui dinas sosial atau perangkat desa. Mengenai berapa lama prosesnya, silahkan tanya ke petugas dinsos atau perangkat desa.

      Hapus
  14. Saya mempunyai bpjs mandiri, daya mau pindah bpjs PBI atau KISS , dan saya udah lama gk bayar karna gak mampu, apa harus bayar dulu yg lama, baru bisa d urus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahlan ajukan pendaftaran PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Biasanya tidak perlu bayar dulu tunggakan lamanya, tetapi jika sudah beralih ke PBI tetap ada catatan tunggakan BPJS mandirinya.

      Hapus
    2. Bisakah kita ajukan sendiri lewat online, tanpa harus dari perangkat desa? Karena terlalu banyak pungli 🙏

      Hapus
    3. Tidak bisa. Yang bisa online hanya pendaftaran BPJS mandiri.

      Hapus
  15. Assalamualaikum,, maaf mau tanya, bisa ggk bpjs mandiri di alihkan ke pbi tetapi masih asa tunggakan yang lama. Sementara 5 bulan lagi mau lahiran 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Silahkan ajukan pendaftaran PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Namun prosesnya belum tentu cepat sesuai harapan anda karena biasanya tergantung kuota PBI dan ada proses acc ke Kemensos. Mengenai berapa lama prosesnya, silahkan tanya ke petugas dinsos atau perangkat desa.

      Hapus
  16. Saya punya BPJS mandiri, tunggakan juga sudah di lunasi dan saya ingin di alihkan ke yg gratis karna saya sudah tdk mampu bayar lagi. Dan saya juga sudah mengurus semua dan katanya ditunggu tgl 10 dan stelah tgl 10 ini BPJS saya masih mandri blum berubah apbd, dan ada rawat inap gitu 45 hari, boleh di jelaskan mksud nya gimana dan 45 hari itu apa ya??? 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu denda pelayanan RITL, denda yang berlaku jika anda rawat inap di RS setelah pelunasan tunggakan, masa berlaku denda adalah 45 hari. Jika tidak rawat inap di RS, atau hanya rawat jalan, maka tidak ada denda. Denda dibayar langsung ke BPJS saat anda mendaftar masuk RS untuk rawat inap.
      Untuk pengajuan pendaftaran PBI, silahkan ajukan melalui dinas sosial atau perangkat desa. Lama prosesnya silahkan tanyakan ke petugas karena biasanya tergantung ketersediaan kuota dan ada proses acc ke Kemensos.

      Hapus
  17. Saya mau tanya kalau saya punya BPJS PBI tapi anak dan suami saya mandiri apakah bisa di pindah BPJS PBI ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggota keluarga anda bisa mengajukan pendaftaran PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Biasanya ada formulir yang perlu diisi dan syarat yang perlu dilengkapi. Bisa tidaknya proses peralihan menjadi BPJS PBI tergantung adanya kuota atau persetujuan dari kemensos.

      Hapus
  18. Saya nunggak bpjs 2 tahun karena sudah tidak bekerja sejak awal pandemi, apakah bisa meminta keringanan agar pindah ke pbi dengan membayar tunggakan semampunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan pendaftaran BPJS PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa di wilayah anda. Biasanya ada formulir yang perlu diisi dan syarat yang perlu dipenuhi. Jika memenuhi syarat atau tergolong warga kurang mampu, pendaftaran BPJS PBI anda dapat disetujui.

      Hapus
    2. Met malam saya mau tanya ktp saya daerah bisa gak saya mengurus bpjs pbi di tempag tinggal saya sekarang di tangerang

      Hapus
    3. Biasanya pembuatan BPJS PBI harus sesuai KTP, pemerintah daerah tidak mau menanggung yang bukan warganya.

      Hapus
  19. mat pagi.. saya punya BPJS mandiri dan sudah menunggak tidak mampu lgi saya untuk melunasi tunggakan saya dan anak saya apakah bisa beralih ke BPJS FBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mengurus pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial, bisa tidaknya tergantung bisa memenuhi syaratnya dan adanya kuota PBI.

      Hapus
  20. Mau tanya nggeh. 5 bulan lalu saya pernah jadi karyawan penerima upah. Dan sekarang sudah berhenti bekerja. Dan bpjs saya dan anak saya menjadi tidak aktif karna saya berhenti iuran karna sudah berhenti kerja.
    Bisa tidak nggeh bpjs saya dan anak di alihkan ke BPJS PBI? Kalau bisa, bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Biasanya ada formulir dan syarat yang perlu anda penuhi, bisa tidaknya nanti tergantung adanya kuota PBI di wilayah anda.

      Hapus
  21. Assalamualaikum... Mau tanya, saya mau pindah dr BPJS mandiri ke BPJS gratis. Gimana caranya? Karena gak sanggup lg bayar, karena saya sudah pisah sama suami. Biaya sehari anak aja , Alhamdulillah. Apa lagi suami tidak memberikan nafkah buat anak2 nya. Apalagi BJPS sebelumnya gak terbayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Silahkan ajukan pendaftaran BPJS PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa di wilayah anda.

      Hapus
  22. Saya awalnya ikut BPJS mandiri dan skrg sdh beralih ke PBI dan statusnya sdh aktif.. Tp saya masih punya tunggakan pas mandiri dulu.. Apakah BPJS yg PBI itu sdh bisa digunakan wlaupun sya msih pnya tggakan.. Krna mau sya pakai lahiran bln ini. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa. Jika statusnya aktif, bisa anda gunakan.

      Hapus
    2. Pertanyaan yang sama Apakah harus melunasi tunggakan dulu? Atau bisa langsung digunakan tanpa harus melunasi?

      Hapus
    3. Pertanyaan yang sama. Apakah harus melunasi tunggakan dulu atau bisa langsung digunakan kalau sudah terdaftar BPJS PBI?

      Hapus
    4. Jika BPJS PBI nya sudah aktif, sudah bisa digunakan meskipun ada tunggakan BPJS mandiri. Tunggakan terdahulu tetap akan tercatat dan ditagihkan kembali jika beralih segmen dari PBI ke mandiri.

      Hapus
  23. Siang, mau tanya anak saya punya BPJS mandiri tapi sudah tidak aktf lagi dan tidak bayar selama 5 tahun, apakah bisa pindah ke ke BPJS PBI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Biasanya ada formulir dan syarat yang perlu anda penuhi, bisa tidaknya nanti tergantung adanya kuota PBI di wilayah anda.

      Hapus
    2. Saya sudah mencoba mengajukan perpindahan dari mandiri ke pbi kurang lebih 3bln yg lalu tapi sampai sekarang masih belum ada kabar..jadi kemarin pas salah satu anggota keluarga harus d rawat terpaksa harus dibaur dulu tunggakan sama dendanya

      Hapus
  24. Mau tanya saya dan keluarga bpjs pemerintah karena suami kerja di kelurahan jadi Linmas trus sama kantor saya di suruh bpjs mandiri seumpana sy di phk dr tempat kerja apakah saya bisa msk lagi ke bpjs pemerintah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kembali pindah segmen ke PBI anda harus ajukan ulang melalui dinas sosial atau perangkat desa.

      Hapus
  25. Assalamualaikum. Mau tanya saya sendiri punya BPJS yg gratis. tapi istri dan anak saya punya BPJS mandiri apakah bisa di ganti punya istri dan anak saya jadi BPJS yg gratis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Untuk mengganti segmen ke PBI, silahkan ajukan melalui dinas sosial atau perangkat desa. Bila memenuhi syarat dan kuota tersedia bisa diproses untuk pindah segmen ke PBI.

      Hapus
  26. Cara mengecek tunggakan bpjs gimana ya ka??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa melalui whatsapp CHIKA 0811-8750-400, mobile/internet banking, e-commerce, atau aplikasi Mobile JKN.

      Hapus
  27. Bikin bpjs buat anak apa bisa langsung yg PBI ?? Sedangkan ortu nya Mandiri semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, segmen kepesertaan BPJS anak mengikuti orang tuanya. Anak baru lahir wajib didaftarkan kepesertaan BPJS nya selambat-lambatnya 28 hari setelah dilahirkan, dan iuran bulan pertama dihitung sejak anak lahir.

      Hapus
  28. Suami n ank smua pny KIS PBI cm sy yg BPJS MANDIRI,, kl pndah ke KIS PBI proses gmn n cpet ngk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajukan kepindahan ke KIS PBI melalui dinas sosial atau perangkat desa. Prosesnya belum tentu cepat, tergantung adanya kuota PBI dan acc kemensos.

      Hapus
  29. Apa saja yg harus saya persiapkan
    Saya seorang kepala rumah tangga yg sendiri dpt PBI sedangkan istri dan anak2ku terdaftar mandiri.
    Solusinya gimana ya biar anak dan istri bisa terdaftar peserta PBI
    Apalagi BPJS sudah telat 15 bulan karna sudah tidak mampu bayar iuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapkan fotokopi KK, KTP, kartu BPJS, SKTM dan materai. Biasanya ada formulir yang perlu diisi dan ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  30. Saya memiliki bpjs mandiri dan sudah pecah KK, namun tdk ada nama suami karena kami tgl di kota yg beda jadi beda KK. Tetapi ada nama anak saya yg berusia 1tahun. Apakah saya tetap bisa menggunakan bpjs saya menggunakan Kk baru sementara anak saya blm daftar bpjs? Saya mau melahirkan 4 bulan lagi.pembayaran bpjs masih ditanggung oleh ortu.mohon pencerahannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPJS nya bisa digunakan selama statusnya aktif. Jika ingin pembayaran iurannya dipisah dari orang tua anda, silahkan laporkan ke BPJS Kesehatan bahwa sudah pecah data KK.

      Hapus
  31. Assalamualaikum bapak saya tadinya punya bpjs mandiri tpi karena ekonomi ga bisa setor,,, dan tunggakanNya sudah bnyak,, trus baru di pake satu kali tpi masih sisa saldo,,, apakah bisa pindah ke bpjs pBi,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Apabila yang bersangkutan termasuk warga miskin atau tidak mampu, silahkan ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  32. Saya kmrn minta rujukan dari rs 1 ke rs 2... Tp ternyata di rs 2 berbelit2 tdk langsung tindakan. Apakah saya masih bisa berobat ke rs 1 lagi ? ataukah harus minta persetujuan dari rs 2..? Terimakasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung status surat rujukan anda di RS 1, jika sudah ditandai dengan "pengobatan selesai" karena telah dirujuk ke RS lain, maka masa berlaku rujukan menjadi berakhir.

      Hapus
  33. kalau maumengurus kartu bpjs mandiri ke kis pbi itu dikantor bpjs atau di dinas sosial ya

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum maaf mau tanya min. Sy dulu peserta BPJS mandiri trus sy dialihkan ke PBI. Tp sy lihat di aplikasi sy masih ada tunggakan selama 13 bln sebelum beralih ke PBI. Tapi selama ini sy berobat ke faskes 1 pemerintah bisa dipakai dan aman² saja. Nah kalo kemudian sy lahiran apakah tunggakan harus tetap dibayarkan? Atau kena denda nantinya klo rawat inap? Mohon pencerahannya. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatulllah. Untuk peserta BPJS PBI tidak dikenakan denda rawat inap tingkat lanjut (RITL).

      Tunggakan BPJS mandiri akan tetap tercatat jika tidak dibayar, jika suatu saat anda harus pindah segmen lagi dari BPJS PBI ke BPJS mandiri/BPJS perusahaan, anda wajib membayar tunggakan terdahulu agar dapat diproses kepindahan segmennya.

      Hapus
    2. Pertanyaan yg sama jg dgn diatas min,sebelumnya bpjs mandiri dan masih memilii tagihan,begitu beralih menjadi bpjs PBI dan telah membayar tunggakan sebelumnya sewaktu bpjs mandiri,, kok tulisan dibawah kartu yg aktif skrng,, aktif bpjs PBI masuk denda pelayanan rawat inap,,apakah nnti dikenakan denda kalo di rawat inap dalam 45 hari tersebut?

      Hapus
    3. Sepengetahuan saya BPJS PBI tidak dikenakan denda RITL.

      Hapus
  35. Pak mau tanya klo bpjs dari perusahaan lalu diphk dan tidak pernah memakai bpjs tersebut pertanyaan saya bisa tidak pindah ke bpjs kis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pindah segmen ke BPJS PBI anda bisa urus melalui dinas sosial. Setelah data anda masuk, ada proses verifikasi ke kementerian sosial, jika disetujui maka segmen kepesertaan anda bisa pindah ke BPJS PBI.

      Hapus
  36. Assalamualaikum.. Saya Dulu lancar bayar Iuran bpjs. Trus suamiku Dirumahkan Selama 2 tahun... Sekrg udah Kerja

    BalasHapus
  37. Sekrg sudah krja.. Tpi suami aku gakmau tau pembyran nya .diyanya Selingkuh Dan sudah punya anak dgn Selingkuh annya.sya gak bisa membyar. Kerja juga gak bisa anak masih kecil.. Tunggakan sudah membengkak .. Langkh pertama Saya harus kemana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah.
      Untuk pindah segmen ke BPJS PBI anda bisa urus melalui dinas sosial. Setelah data anda masuk, ada proses verifikasi ke kementerian sosial, jika disetujui maka segmen kepesertaan anda bisa pindah ke BPJS PBI.
      Jika suami anda bekerja di perusahaan, anda bisa mengikutsertakan BPJS anda ke BPJS perusahan suami karena kepesertaan BPJS perusahaan sudah termasuk menanggung istri dan 3 anak.

      Hapus
  38. Selamat malam min..saya mau tanya.. saya kan baru daftar BPJS mandiri dan belum bayar iuran. Dan ternyata suami saya terdaftar di BPJS PBI ,sedangkan saya tidak tahu.. trs bisa g saya pindah ikut suami ke BPJS PBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pindah menjadi BPJS PBI, untuk pengajuannya hanya bisa melalui dinas sosial. Biasanya sebagian golongan masyarakat yang masuk DTKS bisa pindah ke BPJS PBI tanpa pemberitahuan, tapi tidak semuanya seperti itu. Untuk pengajuan pendaftaran BPJS PBI, silahkan kunjungi dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  39. Saya bpjs yg dr tempat kerja , tpi tempat kerja sedang bermasalah dan bpjs saya tidak aktif karena premi , apakah bisa diubah ke bpjs pbi ? Mohon dibantu caranya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih bekerja tidak bisa pindah ke BPJS PBI. Jika sudah tidak bekerja, untuk pengajuan pendaftaran BPJS PBI bisa melalui dinas sosial.

      Hapus
  40. Assalamu'alaikum, maaf min mau tanya
    Saya sebelumnya pengguna bpjs penerima upah, karna suatu musibah saya kemudian berhenti bekerja.
    Pertanyaannya apakah bisa bpjs saya diubah ke bpjs mandiri? Lalu apakah ada tunggakan selama krtu bpjs penerima upah tdk aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Untuk perubahan data dari BPJS PPU nonaktif ke BPJS mandiri bisa lewat whatsapp pandawa 08118165165. Chat saja, nanti ada balasan otomatis berupa daftar formulir, pilih yang "PINDAH JENIS KEPESERTAAN PPU NONAKTIF MENJADI PBPU/MANDIRI". Tidak ada tagihan tunggakan untuk BPJS PPU nonaktif.

      Hapus
  41. Ass..
    Saya mau bertanya,sy BPJS kese

    BalasHapus
  42. Saya udah ampir 4tahun TDK bayar BPJS mandiri karna kondisi ekonomi yg pas2an..nah sekrg saya ingin memutuskan tuk pindah ke BPJS gratis tanpa harus membayar tunggakan...apa itu bisa dan gimana caranya...mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran BPJS PBI bisa anda asulkan melalui dinas sosial. Bisa tidaknya terdaftar nanti tergantung kuota dan acc kemensos karena anggaran pemerintah juga terbatas.

      Hapus
    2. Saya ingin sekali mengalihkan nya ke pbi...karna tuk mengahadapi persalinan...apakah ada biaya tuk pengalihan nya

      Hapus
    3. Tidak ada biaya pendaftaran. Silahkan ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial setempat.

      Hapus
  43. assalamu'alaikum sya awalnya memakai KIS (yg ditanggung pemerintah) , stlh saya kerja KIS(yg ditanggung pemerintah) diubah menjdi BPJS mandiri di perusahaan yg sya tempati kerja
    skrg saya sdh resign dan BPJS mandiri saya di nonaktifkan

    saya mau urus kembali ke KIS(yg ditanggung pemerintah)
    dan sdh membyr tunggakannya apakah bisa kembali ke KIS(yg ditanggung pemerintah) tnpa ke dinas sosial lagi?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ingin mendaftar BPJS PBI atau KIS, maka sistemnya adalah pengajuan melalui dinas sosial. Data anda di dinas sosial akan diteruskan ke kementerian sosial, jika disetujui maka segmen kepesertaan anda akan beralih menjadi BPJS PBI.
      Jika ingin mengalihkan segmen dari BPJS PPU nonaktif ke BPJS mandiri, anda bisa menggunakan layanan online melalui whatsapp pandawa 08118165165 atau melalui aplikasi Mobile JKN.

      Hapus
    2. Sy punya anggota keluarga 5 semuanya mandiri apkh bisa 2 peserta beralih ke pbi

      Hapus
    3. Untuk pengalihan BPJS mandiri ke BPJS PBI, anda bisa ajukan ke dinas sosial. Biasanya pengajuannya sekaligus satu KK dan bisa tidaknya beralih ke BPJS PBI tergantung disetujuinya pengajuan anda.

      Hapus
  44. Kalo misalnya ada tunggakan apa bisa langsung diajukan ke BPJS gratis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengajuan BPJS PBI tidak harus melunasi tunggakan terlebih dahulu, namun tunggakan BPJS mandiri akan tetap tercatat dan tidak hilang meskipun segmen sudah beralih menjadi BPJS PBI. Jika suatu saat anda pindah segmen lagi dari PBI ke mandiri, maka tunggakan terdahulu akan ditagih kembali.

      Hapus
  45. Kak saya mau mengalihkan BPJS ke PBI sudh membayar tunggakan selama 1 tahun Tpi di aplikasi JKN sya info iurannya masih ada belum lunas itu kenapa yah kak malahan juga untk bulan ini ada penagihan Lgi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar tagihan untuk berapa bulan? Dan apakah iuran ini belum dibayar? Jika ada masalah, untuk pengecekan lebih lanjut silahkan hubungi BPJS Kesehatan melalui menu pengaduan keluhan pada aplikasi mobile JKN.

      Hapus
  46. Maaf saya mau tanya dulu saya bekerja di pabrik dan punya bpjs mandiri tapi setelah saya keluar saya di non aktifkan dan saya lupa kartunya hilang sekarang saya ingin daftar bpjs PBI apa bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tidaknya tergantung memenuhi syarat dan acc dinas sosial. Silahkan ajukan pendaftaran BPJS PBI melalui dinas sosial, biasanya akan diberikan formulir dan syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Jika anda warga kurang mampu yang masuk data DTKS biasanya akan lebih mudah dalam pembuatan BPJS PBI.

      Hapus
  47. Min mau tanya orang tua saya kan mau daftar bpjs tapi terkendala dari istri bapak saya yg ternyata dia sudah punya bpjs yg kis pbi. Wkt saya lapor ke bpjs itu katanya lapornya harus ke dinas sosial gimnh ya baiknya mks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika yang anda maksud ingin mendaftarkan BPJS PBI untuk orang tua anda, maka silahkan mengurusnya melalui dinas sosial. Jika ingin mendaftarkan BPJS mandiri untuk orang tua anda, maka bisa langsung melalui kantor BPJS Kesehatan atau secara online lewat layanan pandawa.

      Hapus
  48. maaf mau tanya.kartu kis pbi sya sudah di terima.tpi kenapa pas sya cek di JKN statusnya blom terdaftar ya.pas sya ingin daftar.keterangan nomer nik blom terdaftar di dukcapil.itu knp ya.pdhal kartunya sudah di terima.mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data NIK anda belum dionlinekan oleh dukcapil, sehingga saat anda mengisi data NIK, keterangannya tidak terdaftar. Solusinya silahkan laporkan data NIK dan KK anda ke dukcapil setempat. Anda juga dapat mengecek status kepesertaan melalui layanan CHIKA, bisa melalui whatsapp 0818750400, facebook dan telegram resmi BPJS Kesehatan.

      Hapus
  49. Assalamualaikum saya bertanya saya dulu ikut BPJS kelas 2 punya tunggakan sekitar 8 juta,klau pinda k kis bisa nggk pak karna saya Uda nggk sanggup bayar iyuran nya, trimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah, jika anda tergolong warga tidak mampu, anda bisa ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial, biasanya ada formulir yang perlu diisi dan syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi dinas sosial di wilayah anda, biasanya ada bagian untuk pembuatan BPJS PBI.

      Hapus
  50. Saya dl mandiri dari perusahaan suami, dah 3 tahun sejak covid gak kerja. Apa bisa pindah PBI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda termasuk warga tidak mampu, silahkan ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial, bawa fotokopi KTP, KK, SKTM, dll. Untuk syarat lengkapnya akan dijelaskan oleh petugas dinas sosial.

      Hapus
  51. Saya mau bertanya, seumpama bulan ini blm di bayar dan bulan besok rangkap 2 pembayarannya. Apakah bisa di cicil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dicicil jika hanya dua bulan. Mulai dari 4 bulan baru bisa anda cicil melalui program REHAB pada aplikasi Mobile JKN.

      Hapus
  52. Assalamualaikum..

    Maaf saya mau tanya
    Saya adalah penerima BPJS gratis dari wilayah DKI
    Tapi saya mau pindah alamat ke wilayah Bandung
    Karena sekarang saya sekarang tinggal di wilah Bandung
    Dan mau mengurus surat pindah KTP dan kk ke wilayah Bandung

    Apakah saya juga harus mengurus surat pindah BPJS juga
    Ata harus daftar baru di tempat tinggal yang baru?
    MOHON INFONYA

    TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Jika pindah alamat KTP ke kota lain maka BPJS PBI DKI akan dinonaktifkan dalam beberapa bulan saat update data PBI berkala. Jika sudah ubah data KTP/KK, anda perlu mengajukan ulang pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial kota Bandung.

      Hapus
  53. Mau nanya apakah bisa istri saja yg bikin BPJS berbayar karena suami sudah memiliki BPJS PBI kis dr kk sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, pak. Anggota keluarga dalam satu KK tidak harus sama segmen kepesertaan BPJS nya.

      Hapus
  54. Saya ex's karyawan dan sudah tidak bekerja lagi,,,, apakah bisa pindah bpjs yg tdinya di bayarkan kantor ke bpjs gratis 👍🏻🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pendaftaran BPJS PBI silahkan ajukan melalui dinas sosial, bisa tidaknya tergantung anda memenuhi persyaratan atau melengkapi berkas yang diminta.

      Hapus
  55. Saya baru mendaftar BPJS mandiri dari status non aktif (BPJS perusahaan) , bagaimana mngubah kelas faskes dari kelas 1 ke kelas 3, yg secara insidentil terklik oleh saya? Saat ini dlm masa tunggu 14 hari utk pembayaran pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pindah kelas syaratnya status kepesertaan aktif dan sudah 1 tahun kepesertaan kelas sebelumnya. Jika status nonaktif karena belum bayar iuran atau ada tunggakan dan belum mencapai 1 tahun kepesertaan maka tidak bisa pindah kelas. Coba anda datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan untuk pendaftaran ulang karena salah pilih kelas.

      Hapus
  56. Saya bingung, saya peserta bpjs mandiri, mw beralih ke bpjs pbi, karena saya gak sanggup bayar, kemudian saya datang kedinsos, tetapi dinsos bingung dengan pengajuan yang saya buat lantas mereka mengalihkan ke dinkeslah.. ke puskesmaslah.. saya suadh datango teyapi mereka saling mengoper2 saya... apa yang harus saya lakukan.. saya bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pelayanan pembuatan BPJS PBI tergantung masing-masing daerah, jika pemerintah daerah memiliki program jaminan kesehatan, maka anda dapat mengajukan pembuatan BPJS PBI APBD melalui dinas sosial di daerah anda. Adapun untuk BPJS PBI APBN, kepesertaannya dipilih langsung oleh pemerintah pusat melalui data DTKS, sebagian warga dapat beralih menjadi peserta BPJS PBI tanpa melakukan pengajuan.

      Hapus
  57. Mau pindah dari bpjs mandiri ke bpjs PBI bisa melalui aplikasi tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepesertaan BPJS PBI bisa anda ajukan melalui dinas sosial, tidak bisa melalui aplikasi.

      Hapus
  58. Kak keluarga saya kan dulu ikut BPJS mandiri ada 6 anggota, kemudian sudah tidak kuat membayar krna ekonomi, dan saya cek kembali BPJS sudah tidak aktif dan ada tunggakan,, kalo mau pindah ke KIS bisa ngga kak, apakah harus bayar denda, apakah denda tersebut harus di bayar dgn nominal yg di sebutkan,sedangkan kami sudah tinggal ber 4 anggota, tapi tunggakan nya terhitung 6 anggota..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembuatan BPJS PBI, silahkan ajukan melalui dinas sosial setempat. Untuk pengajuan tidak diharuskan melunasi tunggakan. Untuk mengubah data KK, dari sebelumnya 6 anggota menjadi 4 anggota, silahkan gunakan layanan pandawa 08118165165 atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  59. Saya mau pindah ke bpjs mandiri ke bpjs pemerintah apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial, bisa tidaknya tergantung apakah anda dapat memenuhi syarat atau disetujuinya pengajuan anda.

      Hapus
  60. Kalo ada tunggkan di bpjs mandiri 3 bulan apakah bisa mengurus pindah ke bpjs pbi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan urus pengajuan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial. Anda tetap bisa mengajukan meskipun ada tunggakan, tetapi tunggakan anda tetap harus dilunasi karena akan ditagih jika anda mendapat pelayanan rawat inap menggunakan BPJS PBI. Sebaiknya tunggakan dilunasi secepatnya.

      Hapus
  61. Maaf saya mau bertanya saya mau alikan BPJS mandiri ke KIS tpi di siru untuk foto rumah dan pergi ke kantor lurah untuk urus surat .tpi saya tidak tau nama apa surat yang mau urus di kantor lurah.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya yang diurus di kelurahan adalah surat keterangan tidak mampu (SKTM) untuk pengajuan pembuatan BPJS PBI di dinas sosial.

      Hapus
  62. Apakah pembayaran pertama BPJS untuk baru daftar langsung bs aktif,atau nunggu berapa hr lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa langsung aktif. Saat daftar akan diinformasikan bahwa pembayaran iuran pertama paling cepat dapat dibayar setelah 14 hari, setelah iuran pertama dibayar kepesertaan akan aktif secara otomatis.

      Hapus
  63. saya mau tanya..saya memiliki tunggakan bpjs setelah ank ke2 lahir beberapa bulan saya tdk dpt membayar iuran bpjs di karenanya suami sudah tidak bekerja.Dan sekarang saya sedang hamil anak ke 3,apakah bpjs mandiri saya bisa pindah ke bpjs pbi untuk nanti persiapan persalinan saya..Nama saya sudah masuk di DTKS,apakah nanti bpjs pbi bisa langsung di gunakan untuk persalinan dan apabila harus da rawat inap apakah harus melunasi tunggakan bpjs mandiri saya untuk rawat inapnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial, bisa tidaknya tergantung disetujuinya pengajuan anda atau tergantung adanya kuota PBI. Jika segmen kepesertaan anda sudah aktif dan beralih ke BPJS PBI, maka sudah bisa langsung anda gunakan untuk berobat maupun persalinan. Namun jika masih ada tunggakan BPJS mandiri, biasanya saat mengurus administrasi rawat inap akan diminta untuk melunasi tunggakan BPJS mandiri anda.

      Hapus
  64. BPJS tidak aktif karena sudah tidak bekerja lagi di kantor desa. Bagaimana cara mengaktifkan kembali BPJS tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mutasikan segmen kepesertaan anda ke BPJS Mandiri, bisa melalui layanan pandawa 08118165165, mobile JKN, atau kantor BPJS Kesehatan. Atau jika anda berencana bekerja kembali di kantor/perusahaan, saat anda diterima kerja, pihak kantor/perusahaan akan mengaktifkan kembali BPJS anda.

      Hapus
  65. Saya mau tanya...saya BPJS Mandiri memiliki tunggakan tetapi sekarang saya sudah menikah dan sudah memiliki kk baru, apakah bisa nama saya di keluarkan dari kk BPJS orangtua saya, sementara di kk orangtua saya masih ada tunggakkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Untuk mengubah data KK atau pisah KK, anda bisa menggunakan layanan Pandawa 08118165165 atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  66. Saya seblumx trdftar sbgai bpjs mandiri.. semnjak corona saya tdk bsa mbayarx sampai skrg.. akan ttapi stelah sya cek hari ini sttus bpjs sya tiba* dgn sndrix berubah mnjdi bpjs pbi.. jdi sya hrus bgaimana.. apakah sya bsa mnggunakan kartu b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Selama kepesertaan BPJS PBI anda aktif, maka bisa anda gunakan untuk berobat. Sebaiknya anda cek status kepesertaan BPJS PBI secara berkala, karena sewaktu-waktu juga dapat dinonaktifkan oleh pemerintah.

      Hapus
  67. Siang admin, dulu BPJS saya mandiri lalu sekitar awal tahun sudah mutasi menjadi BPJS pbi apbd dan sudah aktif kepesertaanya, tapi saya masih punya tunggakan sebelum mutasi ke pbi selama 23 bulan, saat ini saya sedang hamil, apabila nanti di gunakan untuk rawat inap saat melahirkan apakah akan muncul denda rawat inap nya jika belum di lunasi sebelum melahirkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saat mengurus administrasi rawat inap akan diinformasikan bahwa ada tunggakan yang harus dilunasi dan setelah pelunasan tunggakan akan ada status denda pelayanan RITL. Untuk persalinan di faskes 1 (puskesmas/klinik bersalin) tidak dikenakan denda RITL. Persalinan di RS akan dikenakan denda RITL jika kepesertaan BPJS anda memiliki status masa denda RITL.

      Hapus
  68. Maaf sy mau tanya sy cek di tagihan bpjs sy tiba2 kok naik 2 kali lipat itu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicek rinciannya pada aplikasi Mobile JKN, mungkin ada telat bayar. Atau tanya ke care center 165 untuk pengecekan lebih lanjut dari pihak BPJS Kesehatan.

      Hapus
  69. Sayaau bertanya dulu saya punya BPJS PBI sering di pakai tp pas di akhir tahun saya mau pakai lagi katanya tidak aktif saat saya mau aktifkan kembali katanya harus jadi BPJS mandiri nah karna saya butuh banget saya buatlah BPJS mandiri tapi sekarang saya tidak bisa membayar iuran nya saya tidak mampu apakah bisa saya rubah kembali ke BPJS PBI? Dan bisakah saya urus perubahan nya secara online karna keterbatasan saya pun saya tidak bisa berangkat langsung ke dinsos untuk mengurus nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembuatan BPJS PBI, perlu pengajuan ke dinas sosial. Biasanya ada formulir yang perlu anda isi dan syarat-syarat yang perlu anda penuhi. Bisa tidaknya pembuatan BPJS PBI tergantung disetujuinya pengajuan anda.
      Pengajuan pembuatan BPJS PBI tidak bisa secara online. Yang bisa online hanya pendaftaran BPJS mandiri.

      Hapus
  70. Gini ka sayakan waktu itu BPJS yang prabayar .. trus gak dibayar lagi udah beberapa tahun lah .. apakah bisa jadi gratis gimana caranya? Krn ada tunggakan 1500

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda ajukan pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial atau balai desa. Biasanya ada formulir disertai persyaratan yang perlu anda penuhi. Jika pengajuan anda disetujui maka BPJS anda akan beralih menjadi BPJS PBI yang iurannya ditanggung pemerintah.

      Hapus
  71. Permisi kak mau tanya saya kan punya BPJS PBI dari KK yg lama sdangkan skrng saya sdh menikah dan punya KK baru yg alamat ny beda dgn KK lama sedangkan belum pembaruan domisili, dan bentar lagi saya mau lahiran apakah kartu BPJS saya bisa di gunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda cek keaktivan BPJS anda pada aplikasi Mobile JKN atau layanan CHIKA, intinya, selama masih aktif, kartu BPJS anda bisa anda gunakan.
      Jika BPJS anda adalah PBI APBD, biasanya jika anda pindah alamat KK/KTP berbeda provinsi, maka BPJS PBI APBD anda akan dinonaktifkan dalam beberapa bulan karena ada updata berkala. Namun untuk BPJS PBI APBN, pindah domisili KK/KTP tidak masalah, karena iuran ditanggung pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah.

      Hapus
  72. Saya baru aja pindah dari BPJS mandiri ke KIS, karena kami sdh ga sanggup bayar, suami kerja cuma kuli bangunan, kami punya 3 org anak. BPJS KIS nya aktif, kira2 bisa digunakan gk ya, krna kami punya tunggakan 8.680.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika status aktif, maka bisa anda gunakan. Untuk rawat jalan di faskes 1 maupun RS tidak masalah. Namun jika rawat inap, biasanya pihak RS mengingatkan anda untuk segera melunasi tunggakannya.

      Hapus
  73. Saya pindah bpjs mandiri ke pbi karna ayah saya sakit dan tidak sanggup membayar bpjs maupun rumah sakit. Prosesnya panjang, dari rt rw ke desa, ke kecamatan terus ke kabupaten. Jaraknya saya sangat jauh antar kantornya. Sampe beberapa kali bulak balik. Disuruh nunggu sampe bulan september kalau belum aktif harus datang lagi ke kabupaten. Pas datang ke kantor kabupaten, dibilangnya gagal daftar PBI. Terus orang dinsosnya bilang harus daftar di desa. Sangat membingungkan, menyulitkan dan menguras waktu tenaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian kantor desa dapat membantu mengurus pendaftaran BPJS PBI.

      Hapus
  74. Sy mau tanya ,suami dulu ikut kis trus mau cari kis untuk istri Krn mau lahiran ,kok malah kis suami dipindah ke BPJS si istri ga diuruskan ,nah mau lahiran malah suami yg dpt kartu BPJS ,sedangkan BPJS suami sampei sekarang mulai dari aktif ga pernah kepake ,klu mau pindah lagi ke kis gmna caranya dan apakah bisa pindah ke kis lagi ,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segmen BPJS mandiri bisa beralih ke KIS PBI dengan mengajukan pendaftarannya ke dinas sosial dan memenuhi persyaratannya. Segmen BPJS perusahaan tidak bisa pindah ke KIS PBI. Silahkan anda cek status kepesertaan anda melalui aplikasi Mobile JKN, jika statusnya aktif, maka bisa anda gunakan untuk persalinan.

      Hapus
  75. Saya dulunya dapat kis dari pemerintah gratis ( PBI) terus saya bekerja di pabrik di alaihkan ke BPJS swasata kemudian saya hamil dan memutuskan untuk risegn karna anak tidak ada yg momong.dan otomatis BPJS beralih kemandiri apakah bisa pindah ke PBI karna yg bekerja hanya suami saja dan oenghasilan juga pas pasan

    BalasHapus
  76. Saya mau bertanya.dulu saya penerimaan PBIkemudian saya bekerja di pabrik jadi berubah jadi pegawai swasta yg bayar perusahaan kemudian saya hamil dan memutuskan untuk risegn karna anak tidak ada yang momong.kemudian berubah menjadi segmen mandiri.apakah bisa mengajukan pindah ke PBI karna penghasilan hanya suami saya yg bekerja untuk biaya sehari hari masih kurang mohon solusinya

    BalasHapus
  77. Assalamu'alaiykum kak, selamat malam. Maaf sy mau bertanya, sy sudah terdaftar di KIS PBI +/- 3tahunan dan sampai sekarang KIS masih aktif & bs digunakan, waktu mendaftar di DINSOS sy mmg ada tunggakan krna sy tidak mampu melanjutkan membayar BPJS Mandiri maka sy beralih ke PBI & alhamdulillah diacc, sy juga bertanya bagaimana dengan tunggakan sy kata petugas DINSOS tidak perlu dibayar lagi karena sudah ada SKTM. Sy download apk JKN MOBILE ternyata tunggakan sy masih ada. Sekarang sy ingin mengganti faskes sy ke faskes yg lebih dekat melalui JKN mobile, apakah tunggakan itu harus dibayar dulu ya kak baru bisa diganti. Terimakasih & mohon direspon 🙏

    BalasHapus
close