Kenapa Tidak Bisa Pindah Dari BPJS Mandiri Ke KIS PBI Yang Gratis


Apa sebabnya jika tidak bisa pindah dari BPJS Mandiri ke PBI yang gratis?

Pemerintah telah memberikan kemudahan dan keringan untuk warga miskin dan tidak mampu, salah satunya dengan memperbolehkan peserta JKN untuk pindah segmen dari peserta Mandiri ke BPJS PBI jika memang tidak sanggup membayar iuran.

Sayangnya, ada beberapa peserta BPJS Mandiri yang kesulitan bahkan tidak bisa memindahkan kepesertaannya dari peserta BPJS Mandiri ke KIS PBI. Nah, jika anda juga mengalami hal tersebut, maka berikut ini ulasan yang patut untuk anda simak karena kita akan membahas penyebab dan solusi jika tidak bisa pindah dari BPJS Mandiri ke KIS PBI.

Kenapa ingin pindah dari BPJS mandiri ke KIS PBI?


Peserta Mandiri dan PBI memiliki perbedaan yang mana untuk peserta Mandiri harus membayarkan iuran perbulan. Sedangkan peserta PBI bebas iuran karena kategori ini untuk peserta yang masuk dalam golongan warga kurang mampu sesuai dengan catatan dinas sosial sehingga tidak dikenakan iuran bulanan.

Ada banyak alasan peserta yang ingin pindah dari BPJS Mandiri ke PBI, salah satunya tidak sanggup membayar iuran karena kondisi ekonomi yang sedang tidak bagus.

Bisa juga karena sudah terlalu banyak denda hingga permasalahan lainnya. Hanya saja, peserta yang tidak berhasil atau tidak bisa pindah faskes BPJS Mandiri ke KIS PBI mesti tahu penyebabnya terlebih dahulu agar prosesnya bisa lebih lancar.

Baca Juga: Selisih Biaya Naik Kelas VIP BPJS, Benarkah Bayar 75%?

Penyebab dan Solusi tidak bisa pindah BPJS Mandiri ke KIS PBI


Ada beberapa penyebab beserta solusinya untuk peserta BPJS Mandiri tidak bisa pindah ke BPJS PBI, seperti:

1. Persyaratan Yang Belum Lengkap

Solusinya adalah dengan memastikan bahwa semua persyaratan telah lengkap dan benar. Sebelum mendatangi kantor Dinas Sosial untuk pindah dari BPJS Mandiri ke KIS PBI, pastikan semua berkas sudah peserta bawa dan lengkap, seperti fotokopi KTP, KK dan surat keterangan tidak mampu dari balai desa atau kecamatan.

2. Tidak Memenuhi Syarat

Solusinya dengan memastikan bahwa anda sudah memenuhi syarat. Anda bisa cek terlebih dahulu apakah telah memenuhi syarat atau tidak. Jika memang layak atau masuk kategori miskin dan tidak mampu maka anda bisa mengurusnya hingga selesai di kantor Dinas Sosial terdekat.

3. Adanya Kesalahan Sistem

Jika ini yang menjadi penyebabnya maka anda hanya bisa menunggu hingga sistem selesai diperbaiki untuk kemudian kembali mengajukan pindah kepesertaan dari BPJS Mandiri ke KIS PBI.

Baca Juga: Langkah-langkah daftar BPJS PBI yang iurannya dibayar pemerintah

Itulah beberapa penyebab dan solusi tidak bisa pindah dari BPJS Mandiri ke KIS PBI yang gratis. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi untuk semua. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

0 Comments

Posting Komentar