Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Anggota Keluarga Menjadi Peserta BPJS PBI Ikut Kepala Keluarga


Seperti yang anda ketahui bahwa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba. JKN yang dikelola BPJS Kesehatan memiliki beberapa segmen kepesertaan yaitu peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan non-PBI. Non-PBI dibagi menjadi Peserta mandiri yang terdiri dari peserta PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) dan BP (Bukan Pekerja); dan peserta PPU (Pekerja Penerima Upah).

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Tentang Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan, peserta PBI diperuntukkan untuk masyarakat miskin dan tidak mampu. Kementerian sosial memiliki data DTKS terkait warga yang berhak menerima bantuan sosial dan menjadi peserta BPJS PBI. Tentunya kementerian sosial harus berkoordinasi dengan kementerian kesehatan terkait penetapan peserta PBI yang didaftarkan dalam program JKN BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Cara Hitung Denda Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL)

Jenis-Jenis Kepesertaan PBI JK Berdasarkan Anggarannya


Berdasarkan sumber anggarannya, kepesertaan BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

1. PBI (APBN)

adalah peserta PBI yang dibiayai oleh pemerintah pusat melalui anggaran APBN. Peserta PBI dari kategori ini direkomendasikan oleh Kementerian Sosial, kemudian didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan.

2. PBI (APBD)

adalah peserta PBI yang dibiayai oleh pemerintah daerah. Peserta PBI kategori ini didaftarkan oleh Dinas Kesehatan di Kabupaten/Kota melalui program jaminan kesehatan daerah, kemudian diintegrasikan dengan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Peserta BPJS PBI adalah segmen kepesertaan untuk masyarakat miskin dan tidak mampu yang iuran bulanannya gratis alias dibayarkan oleh pemerintah. Peserta PBI memiliki hak ruang rawat inap kelas 3 dan hanya dapat didaftarkan di Faskes Tingkat 1 Puskesmas, tidak bisa pindah Faskes 1 ke klinik maupun dokter pribadi.

Peserta PBI pada awalnya didaftarkan oleh pemerintah berdasarkan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos, dan kartu peserta didistribusikan langsung melalui kelurahan atau desa setempat. Namun jika anda termasuk dalam kategori miskin dan kurang mampu yang ingin menjadi peserta PBI, maka anda bisa melakukan pengajuan pendaftaran PBI dengan mengunjungi dinas sosial di wilayah anda.

Baca Juga: Cara Membuat BPJS PBI Yang Iurannya Gratis Dibayar Pemerintah

Cara Menambahkan Anggota Keluarga Menjadi Peserta BPJS PBI


Apakah jika peserta BPJS PBI atau KIS PBI menikah memiliki KK baru dan memiliki anak, apakah suami/istri dan juga anaknya bisa ikut didaftarkan menjadi PBI ?

Apabila anda sebelumnya sudah terdaftar menjadi peserta BPJS PBI, kemudian menikah dan memiliki KK baru yang di dalamnya ada penambahan anggota keluarga. Apakah bisa menambahkan anggota keluarga seperti suami, istri, anak, ayah, ibu, mertua, yang terdaftar di dalam KK menjadi peserta BPJS PBI?

Jawabannya:

1. jika pasangan (suami/istri), anak atau anggota keluarga merupakan peserta non-PBI (mandiri, PPU, PBPU, BP), maka harus ikut menjadi peserta non-PBI.

2. jika pasangan (suami/istri), anak, atau anggota keluarga lain belum menjadi peserta JKN, maka bisa mengikutsertakan anggota keluarga menjadi peserta PBI.

Untuk mendaftar menjadi peserta PBI atau pindah kepesertaan dari mandiri ke PBI, anda dapat mengunjungi kantor Dinas Sosial di wilayah anda dengan membawa persayaratan yang diperlukan yaitu:

1. Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari RT/RW, desa, kelurahan, kecamatan.
2. KTP asli dan fotokopi.
3. KK yang terdaftar di Dukcapil asli dan fotokopi.

Silahkan bawa persyaratan di atas ke Dinas Sosial di wilayah anda untuk pengajuan menjadi peserta BPJS PBI. Untuk berapa lama prosesnya akan diperkirakan oleh pihak Dinas Sosial, namun biasanya paling lama adalah 6 bulan atau tergantung kuota dan ketersediaan anggaran.

Demikian artikel cara menambah anggota keluarga menjadi peserta BPJS PBI. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Anggota Keluarga Menjadi Peserta BPJS PBI Ikut Kepala Keluarga"

close