Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Anggota Keluarga Menjadi Peserta BPJS PBI Ikut Kepala Keluarga


Seperti yang anda ketahui bahwa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba. JKN yang dikelola BPJS Kesehatan memiliki beberapa segmen kepesertaan yaitu peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan non-PBI. Non-PBI dibagi menjadi Peserta mandiri yang terdiri dari peserta PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) dan BP (Bukan Pekerja); dan peserta PPU (Pekerja Penerima Upah).

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Tentang Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan, peserta PBI diperuntukkan untuk masyarakat miskin dan tidak mampu. Kementerian sosial memiliki data DTKS terkait warga yang berhak menerima bantuan sosial dan menjadi peserta BPJS PBI. Tentunya kementerian sosial harus berkoordinasi dengan kementerian kesehatan terkait penetapan peserta PBI yang didaftarkan dalam program JKN BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Cara Hitung Denda Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL)

Jenis-Jenis Kepesertaan PBI JK Berdasarkan Anggarannya


Berdasarkan sumber anggarannya, kepesertaan BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

1. PBI (APBN)

adalah peserta PBI yang dibiayai oleh pemerintah pusat melalui anggaran APBN. Peserta PBI dari kategori ini direkomendasikan oleh Kementerian Sosial, kemudian didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan.

2. PBI (APBD)

adalah peserta PBI yang dibiayai oleh pemerintah daerah. Peserta PBI kategori ini didaftarkan oleh Dinas Kesehatan di Kabupaten/Kota melalui program jaminan kesehatan daerah, kemudian diintegrasikan dengan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Peserta BPJS PBI adalah segmen kepesertaan untuk masyarakat miskin dan tidak mampu yang iuran bulanannya gratis alias dibayarkan oleh pemerintah. Peserta PBI memiliki hak ruang rawat inap kelas 3 dan hanya dapat didaftarkan di Faskes Tingkat 1 Puskesmas, tidak bisa pindah Faskes 1 ke klinik maupun dokter pribadi.

Peserta PBI pada awalnya didaftarkan oleh pemerintah berdasarkan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos, dan kartu peserta didistribusikan langsung melalui kelurahan atau desa setempat. Namun jika anda termasuk dalam kategori miskin dan kurang mampu yang ingin menjadi peserta PBI, maka anda bisa melakukan pengajuan pendaftaran PBI dengan mengunjungi dinas sosial di wilayah anda.

Baca Juga: Cara Membuat BPJS PBI Yang Iurannya Gratis Dibayar Pemerintah

Cara Menambahkan Anggota Keluarga Menjadi Peserta BPJS PBI


Apakah jika peserta BPJS PBI atau KIS PBI menikah memiliki KK baru dan memiliki anak, apakah suami/istri dan juga anaknya bisa ikut didaftarkan menjadi PBI ?

Apabila anda sebelumnya sudah terdaftar menjadi peserta BPJS PBI, kemudian menikah dan memiliki KK baru yang di dalamnya ada penambahan anggota keluarga. Apakah bisa menambahkan anggota keluarga seperti suami, istri, anak, ayah, ibu, mertua, yang terdaftar di dalam KK menjadi peserta BPJS PBI?

Jawabannya:

1. jika pasangan (suami/istri), anak atau anggota keluarga merupakan peserta non-PBI (mandiri, PPU, PBPU, BP), maka harus ikut menjadi peserta non-PBI.

2. jika pasangan (suami/istri), anak, atau anggota keluarga lain belum menjadi peserta JKN, maka bisa mengikutsertakan anggota keluarga menjadi peserta PBI.

Untuk mendaftar menjadi peserta PBI atau pindah kepesertaan dari mandiri ke PBI, anda dapat mengunjungi kantor Dinas Sosial di wilayah anda dengan membawa persayaratan yang diperlukan yaitu:

1. Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari RT/RW, desa, kelurahan, kecamatan.
2. KTP asli dan fotokopi.
3. KK yang terdaftar di Dukcapil asli dan fotokopi.

Silahkan bawa persyaratan di atas ke Dinas Sosial di wilayah anda untuk pengajuan menjadi peserta BPJS PBI. Untuk berapa lama prosesnya akan diperkirakan oleh pihak Dinas Sosial, namun biasanya paling lama adalah 6 bulan atau tergantung kuota dan ketersediaan anggaran.

Demikian artikel cara menambah anggota keluarga menjadi peserta BPJS PBI. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

144 komentar untuk "Cara Menambah Anggota Keluarga Menjadi Peserta BPJS PBI Ikut Kepala Keluarga"

  1. Maff saya mau tanya. Dulu suami saya punya bpjs pbi. Tapi salahnya saya dulu mendaftarkan anak saya bpjs katanya gratis ikut ayahnya. Tpi ternyata malah jadi bayar dua dua nya. Tpi saya belum punya bpjs. Setelah saya cek saya terdaftar d bpjs pbi cuma belum punya kartu. Apakah punya saya bisa di gunakan? Soalnya kepala keluarga nya bpjs mandiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, jika status BPJS PBI nya aktif. Anda bisa cetak kartu BPJS sendiri melalui aplikasi mobile JKN.

      Hapus
    2. Maap mau nanya kan saya kepala rumah tangga sudah terdaftar KIS pemerintah sedangkan anak dan istri saya belum punya KIS apakah bisa di masukan k KIS PBI saya

      Hapus
    3. Bisa, tapi tetap melalui dinas sosial dan menunggu acc. Silahkan ajukan pembuatan KIS PBI melalui dinas sosial karena peserta KIS PBI didaftarkan oleh pemerintah, tidak bisa daftar secara mandiri.

      Hapus
  2. Maaf sy mau nanya,, setelah status berubah dari mandiri menjadi BPJS PBI, sy cek nama peserta di mobile JKN kok cuma ada nama dan kartu utk kepala keluarga saja sedangkan nama dan kartu untuk anak² tdk ada apakah anak² tdk bisa menggunakan BPJS jika berobat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa digunakan untuk berobat selama statusnya aktif. Anda dapat mengecek status kepesertaan melalui whatsapp CHIKA 08118750400, atau membuat akun baru mobile JKN atas nama anggota keluarga yang lain.

      Hapus
    2. Pak / ibu kenapa y saya ko gak bisa menambah kan anak saya, saya punya kis tapi anak saya belum punya, itu bagaimana cara nya supaya anak saya punya kis juga

      Hapus
    3. Anda bisa daftarkan bayi baru lahir menjadi peserta BPJS PBI lewat kantor cabang BPJS Kesehatan. Jika usia anak sudah lewat 28 hari sejak dilahirkan, pendaftaran BPJS PBI perlu melalui dinas sosial. Silahkan ajukan pendaftaran BPJS PBI atau KIS PBI melalui dinas sosial di wilayah anda.

      Hapus
  3. Saya punya anak baru lahir mau di daftar kan bpjs pbi,tapi bisa di daftar kan anak baru lahir apa harus nunngu berapa bln?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung didaftarkan setelah lahir, segmen BPJS anak mengikuti segmen BPJS orangtuanya. Jika orangtuanya segmen PBI, maka anaknya juga segmen PBI.

      Hapus
    2. Cara daftarnya gimana penambahan bayi baru lahir peserta obi

      Hapus
    3. Daftarkan ke kantor BPJS jika usia bayi belum 28 hari. Atau ajukan ke dinas sosial jika usia bayi lewat 28 hari.

      Hapus
  4. Saya peserta PBI tapi istri dan anak saya bpjs mandiri apa bisa di pindah ke pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pindah ke PBI bisa anda ajukan melalui dinas sosial.

      Hapus
    2. Maaf saya mau tanya, saya dan keluarga semua pbi, kemudian saya menikah dan sekrang sudah beda kk ... Suami saya bisa jadi pbi ga terus gimana cara nya nomor kk saya berubah jadi kk yang sekrang bersama suami. D cek di jkn masih bersama kk keluarga yang dulu mohon jawaban nya

      Hapus
    3. Untuk update data KK atau pisah KK bisa melalui whatsapp pandawa 08118165165 atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.
      Jika suami anda ingin membuat BPJS PBI, silahkan ajukan melalui dinas sosial, karena sistemnya pengajuan, dan pemerintah yang akan mendaftarkan anda menjadi peserta BPJS PBI.

      Hapus
  5. Suami saya punya bpjs pbi sedangkan saya dan anak saya bpjs mandiri.
    Apakah bisa bpjs saya dan anak pindah ke bpjs pbi lak
    Syarat nya apa dan bagaimana prosesnya
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pindah ke PBI bisa anda ajukan melalui dinas sosial atau perangkat desa. Biasanya ada petugas yang mengurusi pendaftaran BPJS PBI, ada formulir yang perlu anda isi dan persyaratan yang perlu dilengkapi.

      Hapus
    2. Maap
      Apakah bisa daftar secara online

      Hapus
  6. Paskes tingkat 1 BPJS pbi, apa hanya dipuskesmas saja atau bisa diklik

    BalasHapus
  7. mau tanya saya terdaftar bpjs pbi, dan saya mau mendaftarkan anak sya dan suami caranya gimana ya, anak dan suami sya belum twrdaftar bpjs apapun. Apa lngsung ke kantor bpjs atau gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khusus untuk mendaftar BPJS PBI, anda bisa mengurusnya melalui dinas sosial, tidak bisa melalui kantor BPJS atau secara online.

      Hapus
  8. Mohon maaf saya mau tanya, saya istri dan anak pertama saya terdaftar sebagai BPJS PBI APBN. Sedangkan anak kedua saya yg lahir 3 tahun yg lalu belum terdaftar. Kalau saya ingin mendaftarkan anak saya bagaimana caranya, apakah saya harus ke kantor bpjs langsung atau saya harus ke dinas sosial terlebih dahulu. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran BPJS PBI atau penambahan anggota keluarga menjadi peserta BPJS PBI bisa anda ajukan melalui dinas sosial. Bisa tidaknya terdaftar nanti tergantung kuota dan acc kemensos karena anggaran pemerintah juga terbatas.

      Hapus
  9. Saya punya dua anak saya dapat kis dan anak pertama saya juga punya,almarhumah isteri juga punya tapi anak kedua saya tidak mendapat kis gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan usulkan pendaftaran BPJS PBI di dinas sosial. Jika keluarga masih produktif bisa daftar BPJS mandiri.

      Hapus
  10. Mau tanya,sudah mendaftar BPJS PBI untuk istri dan anak2 saya, sebelum nya sy peserta BPJS mandiri, tetapi ketika saya daftarkan BPJS PBI,sy lupa mendaftarkan diri sy,jd yg terdaftar hanya istri dan anak2 saya, bagaimana caranya untuk sy bisa terdaftar di BPJS PBI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan daftar ulang seperti sebelumnya anda mendaftarkan keluarga anda dan wajib sabar menunggu prosesnya karena usulan BPJS PBI mungkin berebut kuota dengan yang sakit atau yang benar-benar membutuhkan.

      Hapus
  11. Gimana jika suami bpjs PBI dan saya bpjs mandiri
    Sedangkan saya baru punya ank
    Lalu ank saya di ikutkan siapa bpjsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak baru lahir yang didaftarkan dalam kurun 28 hari setelah lahir, kepesertaan BPJS anak ikut ibunya. Jika anaknya sudah masuk dalam KK yang sudah diupdate di disdukcapil, dan baru ingin mendaftarkan BPJS untuk anak, anda bisa ikutkan ke BPJS ayahnya atau ibunya. Untuk pendaftaran BPJS mandiri bisa secara online via aplikasi mobile JKN, namun untuk pendaftaran BPJS PBI tidak bisa online, harus diusulkan melalui dinas sosial.

      Hapus
  12. Saya sebagai suami punya BPJS PBI , cara mendaftarkan istrisaya gimana ya ? Istri saya nantinya PBI atau BPJS yang berbayar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pendaftaran BPJS PBI tetap harus anda ajukan melalui dinas sosial meskipun hanya penambahan anggota keluarga. Jika ingin daftar BPJS mandiri, bisa secara online via pandawa atau mobile JKN. Segmen kepesertaan BPJS suami dan istri tidak mesti harus sama, bisa juga berbeda, yang satu PBI dan yang lain non PBI.

      Hapus
  13. Saya dari kabupaten tangerang mau ada penambahan anggota kluarga PBI apa harus ke dinsos dlu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, pendaftaran BPJS PBI atau penambahan anggota keluarga BPJS PBI sistemnya harus pengajuan melalui dinas sosial.

      Hapus
  14. maaf izin bertanya min, dulu orangtua saya memiliki tunggakan iuran bpjs dan tidak bisa membayar akhirnya kami mendapat bantuaan bpjs pbi dari pemerintah daerah setempat, lalu saya menikah dan suami saya menggunakan bpjs mandiri, skrng saya sedang hamil, jika anak saya lahir nnti dia akan ikut bpjs pbi seperti saya atau ayhnya? karena kata hrd tempat suami bekerja akan sulit mengurus bpjs anak saya karena saya masih ada tunggakan, mohon pencerahannya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayi baru lahir dengan usia maksimal 28 hari bisa anda daftarkan ikut kepesertaan BPJS ibunya, daftarkan langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Tatapi status kepesertaan bersifat sementara karena belum update KK. Sebelum bayi berusia 3 bulan, anda harus mengupdate data KK, nama anak harus masuk dalam KK dan NIK anak sudah online. Lalu perbaharui data ke BPJS Kesehatan, dan biasanya akan diarahkan terlebih dahulu ke dinas sosial karena BPJS PBI tidak didaftarkan secara pribadi, tetapi dinas sosial yang mendaftarkan.

      Hapus
  15. Sebelum menikah saya memiliki tunggakan BPJS sebesar 3 juta karena orang tua saya tidak bisa membayar, lalu kami mendapat bantuan BPJS pbi dari pemerintah, skrng saya sudah menikah dan sedang hamil, apakah nnti anak saya masuk ke BPJS pbi seperti saya atau ke BPJS mandiri ayahnya? Karena katanya akan sulit masuk ke BPJS ayahnya krna saya masih ada tunggakan, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah update KK dan NIK anak sudah online. Anda bisa memilih antara ikut BPJS Ibunya atau BPJS Ayahnya.
      Jika ingin anak didaftarkan BPJS PBI ikut Ibunya, anda dapat mengurusnya melalui dinas sosial.
      Jika ingin anak didaftarkan BPJS PPU ikut Ayahnya, silahkan laporkan ke HRD perusahaan. Tidak sulit daftarnya, karena hanya update data penambahan keluarga, BPJS PPU dapat menanggung hingga 4 orang, yaitu istri dan 3 anak tanpa penambahan iuran. Tunggakan BPJS istri tidak dicek saat mendaftarkan BPJS anak, tetapi jika istri ingin pindah segmen BPJS ikut suami, maka tunggakan BPJS istri akan dicek dan tidak boleh ada tunggakan saat pindah segmen.

      Hapus
  16. Saya suami dan anak pertama terdaftar di kis PBI,jika ingin mendaftarkan anak ke 2 apa syaratnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk KIS PBI APBN, syarat pendaftaran BPJS bayi baru lahir: asli kartu BPJS ibunya, asli/fotokopi surat keterangan lahir, dan asli/fotokopi kartu keluarga. Daftarkan melalui kantor BPJS Kesehatan, status BPJS anak akan ikut ibunya. Sebelum 3 bulan anda harus memperbaharui KK dan NIK anak sudah online, kemudian perbaharui data ke kantor BPJS Kesehatan.
      Untuk KIS PBI APBD daftarkan BPJS bayi sebelum berusia 28 hari melalui dinas sosial, atau khusus untuk DKI bisa melalui puskesmas tempat ibunya terdaftar.

      Hapus
  17. apakah bisa ketika dulu ada bpjs pbi dan di perusahaan d wajibkan melalui bpjs perusahan, ketika risegin apakah bisa mendaftarkan ke bpjs pbi lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah resign silahkan ajukan ulang pembuatan BPJS PBI melalui dinas sosial. Bisa tidaknya beralih ke PBI adalah tergantung acc atau penilaian dinas sosial.

      Hapus
    2. sktmnya atas nama siapa

      Hapus
    3. atas nama kepala keluarga apa ibu

      Hapus
  18. Anak saya baru lahir... Mausaya tambah kepesertaan anggota pbi apbn.... Tpkok .muncul "Ibu Bayi Belum terdaftar... Padahal udah terdaftar gmn caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftarkan langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Segmen kepesertaan anak akan mengikuti ibunya. Jika ibunya segmen PBI maka anaknya ikut segmen PBI.

      Hapus
  19. Maaf mau nanya istri saya punya bpjs kis atau pbi sebelum j dan saya suami dan anak saya belum punya bpjs apakah saya dan anak saya bisa ditambahkan menjadi bpjs pbi seperti istri saya apakah saya dan anak saya ikutnya mandiri apa ikut seperti istri saya dapat kis juga saya dan anak saya belum terdaftar bpjs soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penambahan anggota keluarga, silahkan ajukan melalui dinas sosial, biasanya ada formulir yang perlu diisi dan syarat yang perlu dilengkapi. Pendaftaran tidak bisa secara online. Namun untuk pendaftaran bayi baru lahir, bisa secara online, segmen kepesertaan bayi ikut segmen kepesertaan BPJS Ibunya.

      Hapus
  20. Siang, BPJS saya PBI,
    Istri saya pnya bjps mandiri sebelum menikah dengan saya,
    Apakah bisa menjadi PBI seperti saya, karna sayaau mendaftarkan anak saya yang baru lahir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pindah dari BPJS mandiri ke BPJS PBI caranya perlu anda ajukan melalui dinas sosial karena BPJS PBI didaftarkan oleh pemerintah. Ada juga sebagian masyarakat kurang mampu yang otomatis menjadi peserta PBI karena masuk data DTKS kementerian sosial. Untuk bayi baru lahir bisa anda daftarkan menjadi peserta BPJS PBI jika Ibunya peserta BPJS PBI.

      Hapus
  21. Maaf saya mau tanya, saya kan punya kartu kis ikut dengan KK orang tua, dan setelah saya menikah saya membuat KK baru, anak saya sudah punya kis PBI,setelah saya cek di apk JKN cuma PBI anak saya, kartu kis saya masih ikut KK orang tua, gimana caranya biar kis saya bisa pindah di KK baru saya, mohon pencerahan nya,,
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk perubahan data KK atau pisah KK karena sudah punya KK baru bisa anda lakukan melalui layanan pandawa 08118165165 atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

      Hapus
  22. Maf mau tnya saya dan suami sudh punya kartu kis tp ank pertama saya belum punya dan sekrng sya sedang hamil ank k 2 .apkah bisa ank prtama dan k 2 d dftarkn kis yng gratis sperti saya dan suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk anak baru lahir bisa ditambahkan menjadi peserta PBI, segmen kepesertaan mengikuti BPJS Ibunya. Silahkan dicoba tambahkan anaknya melalui layanan pandawa 08118165165, jika tidak bisa maka harus ajukan melalui dinas sosial.

      Hapus
  23. Maaf mau tanya ,,dulu waktu saya janda kan ikut KK ibu saya dan ibu saya jadi kepala keluarga trs saya,ibu dan anak saya sudah punya KIS gratis,la kan sekrg saya nikah lagi tp KK sekarang diganti kepala keluarga jadi suami saya..apakah bisa suami saya didaftarkan ikut KIS gratis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suaminya silahkan ajukan pendaftaran KIS PBI melalui dinas sosial setempat atau melalui perangkat desa. Bisa tidaknya tergantung acc dinas sosial karena yang mendaftarkan adalah pemerintah.

      Hapus
  24. Maaf saya mau tanya..
    Saya istri sudah punya bpjs pbi (apbn) peserta sendiri mau memasukkan suami yg sudah menjadi anggota bpjs pbi (apbn) juga dari sblm menikah dulu, skrg mau digabungkan jadi 1 kk itu bagaimana ya caranya??
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ubah data KK karena sudah menikah dan memiliki KK baru, silahkan gunakan layanan pandawa lewat whatsapp 08118165165, atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  25. Saya dan anak saya punya bpjs pbi(apbn)sedangkan istri saya setahun lalu berhenti kerja di pabrik .apakah bisa didaftarkan menjadi bpjs pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan coba ajukan pendaftaran BPJS PBI melalui dinas sosial. Jika dapat memenuhi syarat dan dinsos menyetujui, maka segmen BPJS dapat beralih ke PBI.

      Hapus
  26. Semua anggota keluarga di KK menerima BPJS PBI, jika salah satu anggota keluarga mengundurkan diri dari BPJS PBI, dan akan ditanggung oleh kantor. apakah akan mempengaruhi kepersertaan anggota keluarga lain? Apakah anggota keluarga lain tetap mendapatkan BPJS PBI atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak berpengaruh, yang lain jika tidak pindah segmen akan tetap menjadi peserta BPJS PBI.

      Hapus
  27. Maaf mau tnya : Keluarga Ibu Saya sudah menjadi peserta PBI, klau mau masukin adik jadi peserta PBI bagaimana caranya ..... Adik Saya masih 1 KK dengan Ibu karna belum menikah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menjadi peserta BPJS PBI maupun penambahan anggota keluarga bisa anda ajukan melalui dinas sosial. Khusus untuk bayi baru lahir bisa anda daftarkan melalui kantor BPJS Kesehatan atau layanan pandawa, segmen kepesertaan BPJS bayi mengikuti Ibunya, jika Ibunya BPJS PBI maka anaknya ikut BPJS PBI.

      Hapus
  28. Maaf mau tanya saya dan anak ikut bpjs pbi sedangkan suami bpjs mandiri.apa suami bisa iku dengan sayaa yg bpjs pbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk beralih segmen ke BPJS PBI, silahkan anda ajukan melalui dinas sosial. Bisa tidaknya tergantung disetujuinya pengajuan anda karena yang dapat mendaftarkan PBI adalah pemerintah.

      Hapus
    2. Tapi klo misal tidak disetujui apa bpjs pbi saya dicabut atau masih bisa digunakan?

      Hapus
    3. Yang sudah terdaftar tidak akan dicabut, jika status aktif maka masih bisa digunakan. Ada baiknya anda cek status keaktifan BPJS PBI secara berkala melalui aplikasi mobile JKN atau layanan CHIKA karena terkadang BPJS PBI juga dapat dinonaktifkan jika ada update data.

      Hapus
  29. Keluarga saya mempunyai BPJS PBI tetapi kenapa anak saya no 1 tidak termasuk padahal masih satu KK jadi saya daftar BPJS mandiri apa bisa anak saya pindah ke BPJS PBI...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak dari peserta PBI dapat didaftarkan sejak bayi lahir melalui layanan pandawa, jika sudah berusia 1 tahun bisa anda daftarkan melalui dinas sosial. Silahkan hubungi dinas sosial setempat untuk mendaftarkan anak sebagai peserta BPJS PBI.

      Hapus
  30. Anak sy usia 1 thn mau daftar menjadi anggota bpjs pbi, karna ibu nya dn ayahnya bpjsnya sdh pbi, apakah anak sy usia 1 thn bisa ikut ke ibu nya, dn tinggal daftar nambah anggota di kantor bpjsnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda coba daftarkan melalaui layanan pandawa atau kantor BPJS Kesehatan. Jika tidak bisa, maka harus anda ajukan melalui dinas sosial.

      Hapus
  31. Maaf mau tanya,saya baru 2 minggu ini membuat kis pbi&apakah kis saya ini bisa aktif untuk selamanya&apakah saya bisa menambahkan anak&istri saya jadi peserta pbi kis lewat aplikasi JKN/pandawa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung update data DTKS kementerian sosial yang diupdate secara berkala, jika selamanya anda tergolong warga DTKS, kemungkinan selamanya KIS PBI anda aktif. Silahkan dicoba tambahkan angggota keluarga lewat pandawa, jika tidak bisa biasanya ada balasan harus melalui dinas sosial.

      Hapus
    2. Audah saya coba lewat pandawa tapi tidka ada yg sesuai kecuali bayi baru lahir dan pangkat TNI segala POLRI,gak ngerti saya

      Hapus
  32. Maaf pak/bu saya mau tanya,baru kemari saya bikin kis pbi apbn data setelah saya cek ternyata datanya ada yg salah seharusnya kis nya itu kepala keluarga seperti di KK saya,tapi keterangan pada kis nya statusnya anak,mohon solusinya untuk merubah data yg salah itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk perubahan data BPJS PBI silahkan konsultasikan dengan petugas di dinas sosial.

      Hapus
  33. Saya dan suami punya BPJS pbi, tp anak km 2 orang lg belum masuk, saya bingung mau daftar kemana, krn saya sudah pergi ke kepala desa d puskesmas, apa yg harus kulakukan? Padahal aku sangat butuh anakku sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika butuh mendesak lebih baik daftarkan menjadi peserta BPJS mandiri. Jika ingin mendaftarkan anaknya menjadi peserta BPJS PBI, anda bisa mengurusnya melalui dinas sosial, namun biasanya ada proses yang belum tentu singkat.

      Hapus
  34. saya mau nanya, saya & suami itu sudah punya kis tapi kenapa saya &suami masih ikut kk keluarga masing2 padahal saya sudah punya kk sendiri dengan suami pas buka jkn kenapa jadi kis saya dan suami ada di kk keluarga masing2 cara mengubah agar jadi 1 apk jkn gimana ya caranya??mohon di bantu. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa mengubah data KK melalui layanam pandawa, silahkan chat whatsapp ke 08118165165, nanti diberikan formulir yang perlu anda isi.

      Hapus
  35. Saya mau nanya,saya suami dan ketiga anak saya mempunyai bpjs pbi dan sekarang saya punya anak ke empat apakah masih bisa anak ke empat saya di tambahkan menjadi peserta bpjs pbi,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pendaftaran BPJS PBI anak ke-4, silahkan ajukan melalui dinas sosial. Kepesertaan BPJS PBI tidak ada batasan jumlah anggota keluarga, yang ada batasan adalah kepesertaan BPJS PPU yang hanya menanggung sampai anak ke-3.

      Hapus
  36. Maaf saya mau tanya saya punya bpjs PU dan saya belum punya suami apakah bpjs saya bisa di pakai ibu saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, ibu anda harus jadi peserta BPJS juga.

      Hapus
  37. Apa penyebabnya kalau kis di cek di kantor BPJS kesehatan tertera aktif ketika ke puskesmas berobat katanya dokternya tidak aktif Kista..mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu yang benar yang mana, kantor BPJS atau Puskesmas. Lebih baik sekarang anda cek lagi status kepesertaan secara online melalui aplikasi mobile JKN atau layanan CHIKA 08118750400 untuk memastikan aktif atau tidaknya.

      Hapus
  38. maaf mau tanya, saya peserta KIS PBI(apbn) setelah menikah dan punya KK baru apakah bisa suami saya jadi peserta KIS PBI juga? suami sy punya BPJS ketenagakerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepesertaan BPJS PBI harus anda ajukan melalui dinas sosial, tetapi jika anda termasuk pekerja penerima upah dan memiliki BPJS dari perusahaan, maka anda tidak dapat pindah segmen menjadi BPJS PBI selama masih bekerja.

      Hapus
  39. Saya mau nendaftarkan BPJS PBI mertua yang sudah sepuh bahkan sudah tidak bisa melihat dan berjalan, Tetapi tidak masuk kedalam KK saya, bagaimana tata cara dan persyaratanya? Dan berapa lama prosesnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajukan pendaftarannya melalui dinas sosial. Biasanya nanti ada formulir yang perlu diisi dan berkas yang perlu dilengkapi seperti fotokopi KK, KTP, SKTM, dll. Lama prosesnya biasanya dijanjikan untuk mengecek atau menanyakan kembali setelah 3 bulan.

      Hapus
  40. bagaimana mendaftarkan keanggotaan BPJS PBI untuk bayi yang belum lahir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Yang bisa didaftarkan menjadi peserta BPJS adalah bayi baru lahir.

      Hapus
  41. Ibu saya termasuk anggota pbi spskah susmi nya ikut dudah terdaftar ya.. Tpi ibu saya blum mendapatkan kartu bpjs nya dan tidsk tau siapa yg mendaftarksn nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa melihat status kepesertaan melalui layanan CHIKA 08118750400 atau Mobile JKN untuk memastikan peserta terdaftar sebagai peserta BPJS PBI. Untuk kartunya bisa anda cetak sendiri melalui aplikasi mobile JKN, ada opsi kirim file ke email, kemudian anda cetak file kartu yang ada pada email anda.

      Hapus
  42. Kan disitu apabila suami istri anggota PBI maka anggota yg belum terdaftar akan menjadi PBI jg,gimana kalo nambahin nya JKN mobile apakah akan menjadi PBI juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Ibu bayi peserta BPJS PBI APBN bisa anda tambahkan anak baru lahir melalui mobile JKN atau Pandawa, untuk BPJS PBI APBD tidak bisa.

      Hapus
  43. Maaf saya mau tanya, saya , suami dan anak ke dua saya sudah terdaftar kis tapi anak pertama saya tidak terdaftar, apabisa saya daftarkan dan apa saja syarat nya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan pembuatan KIS PBI untuk anak anda melalui dinas sosial setempat.

      Hapus
  44. BPJS PBI bisa pisah KK gak sih? Soalnya saya sudah nikah, istri pbi saya pbi, knp di mobile jkn masuk sm orangtua masing²

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda dapat mengubah data KK melalui layanan pandawa BPJS Kesehatan 08118165165.

      Hapus
  45. Selamat pagi,,,maaf mau tanya untuk penambahan anggota pbi bisa secara online gx soalnya bapak saya sudah terdaftar perseta pbi sedangkan ibu saya belum terdaftar ,,terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa secara online, selain bayi baru lahir, kepesertaan BPJS PBI harus anda ajukan melalui dinas sosial.

      Hapus
  46. istri saya punya bpjs pbi dari sebelum menikah sampai skarang , tapi sy sbagai suami nya ingin mempunyai bpjs pbi gmn cara nya , bisaatu tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda tergolong warga miskin dan tidak mampu, untuk pembuatan BPJS PBI perlu anda ajukan melalui dinas sosial.

      Hapus
  47. Semua anggota keluarga adalah peserta BPJS PBI kemudian jika kita tambah peserta baru apakah akan menjadi peserta Bpjs PBI juga? Dan bisakah kita tambah melalui aplikasi JKN mohon penjelasanya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa melakukan penambahan peserta BPJS PBI melalui aplikasi mobile JKN kecuali bayi baru lahir dari ibu peserta BPJS PBI (APBN).

      Hapus
  48. maaf mau tanya ,saya kan punya bpjs PBI satu kk, tapi sekarang sudah cerai dan menikah lgi.wktu cek di jkn kok bpjs PBI saya masih jadi satu sama mantan istri yg dulu??terus apakah saya bisa mengikut sertakan istri saya yg sekarang menjadi anggota bpjs PBI?? mohon jawabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengubah data KK atau pisah KK, anda bisa gunakan layanan pandawa 08118165165. Dan untuk menambahkan anggota silahkan ajukan melalui dinas sosial setempat.

      Hapus
  49. Maf sya mau tanya..sya dn istri punya BPJS PBI (APBN) tapi ko anak sya blom punya..apakh masih bisa mendaftarkn anak ke BPJS PBI(APBN) sekrng udh umur 8th

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penambahan peserta PBI anak usia 8 tahun, silahkan ajukan melalui dinas sosial setempat. Untuk penambahan peserta anak bayi baru lahir dari ibu peserta BPJS PBI APBN bisa melalui layanan pandawa 08118165165 atau mobile JKN.

      Hapus
  50. Assalamualikum, selamat pagi bpk/ibu sy sekelurga kn sudah pnya bpjs PBI APBN , apakah masih bisa untuk mendaftarkan peserta anak sy yg ke 2 .
    Terimah kasih
    Mohon pencerahan nya ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Untuk anak ke-2 bayi baru lahir usia di bawah 28 hari bisa anda daftarkan melalui aplikasi mobile JKN atau datang ke kantor BPJS Kesehatan, jika sudah lebih dari 28 hari bisa anda ajukan melalui dinas sosial.

      Hapus
  51. halo admin izin bertanya, saya sendiri selaku anak ingin daftar bpjs tapi ternyata sudah terdaftar di kis(pbi apbn) apakah bisa menambahkan keikutsertaan orang tua saya? dan gimana cara ngecek orang tua saya apakah sudah terdaftar atau belom?terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengecek segmen kepesertaan apakah terdaftar sebagai peserta PBI, anda bisa menggunakan layanan CHIKA lewat whatsapp 08118750400 atau lewat facebook dan telegram resmi BPJS Kesehatan. Untuk pendaftaran BPJS PBI untuk orang tua anda, silahkan ajukan melalui dinas sosial setempat.

      Hapus
    2. Mau tanya, istri yang tadinya BPJS mandiri berubah menjadi pbi. Suami punya kis pbi juga, Tetapi kartu masing2 belum pindah alamat atau kk masih alamat orang tua. Saya mau nambah anggota (anak). Pendaftaran harus ke dinsos atau ke kantor BPJS untuk daftar.?

      Hapus
    3. Silahkan update data KK/pisah KK terlebih dahulu melalui layanan pandawa 08118165165 atau kantor BPJS Kesehatan. Setelah berhasil pisah KK, silahkan ajukan pendaftatan BPJS PBI untuk anak anda melalui dinas sosial.

      Hapus
  52. Suami dari sebelum menikah sampai sekarang sudah terdaftar di PBI terus istri mau daftar BPJS mandiri.apakah nanti setatus PBI suami ikut ke BPJS mandiri juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segmen BPJS suami anda tidak berubah jika tidak ikut didaftarkan menjadi BPJS mandiri. Dalam satu KK bisa berbeda segmen kepesertaan antara anggota keluarga. Silahkan daftarkan melalui kantor BPJS Kesehatan agar bisa daftar BPJS mandiri untuk istri saja dalam KK.

      Hapus
  53. halo ka ketika saya masuk mobile JKN memasukan nik saya yang muncul orang lain namun status sudah tidak aktif , saya baru membuat KK Karna belum lama menikah ceritanya saya mau ikut suami apakah bisa diganti dan ikut suami BPJS nya mohon bantuan nya KA karna ga lama lagi saya mau melahirkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba dahulu untuk mengubah data peserta BPJS melalui layanan pandawa/whatsapp 08118165165, pilih formulir perubahan data KK, nanti diupdate data NIK dan nama anggota keluarga anda. Atau jika tidak bisa, silahkan laporkan langsung ke kantor BPJS Kesehatan setempat.

      Hapus
    2. Hallo ka mau tanya dulu sebelum menikah saya suami sudah punya BPJS pbi begitu juga sebaliknya istri saya juga sudah punya BPJS pbi tpi dulu masih ikut KK orang tua semuanya... Tpi sekarang udah beda kk karena sudah menikah tapi anak saya belum punya BPJS pbi gmna cara memasukin ke KK ya baru ya dan terdaftar di BPJS pbi

      Hapus
    3. Untuk update data KK anda bisa menggunakan layanan pandawa 08118165165 atau datang ke kantor BPJS Kesehatan. Untuk mendaftarkan anak menjadi peserta BPJS PBI bisa melalui dinas sosial; untuk anak baru lahir usia maksimal 28 hari bisa didaftarkan langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  54. selamat malam kak...
    izin tanya, saya sama istri peserta bpjs pbi apbd cuma anak saya belum masuk peserta bpjs kalau mau memasukan anak saya sebagai anggota peserta apa harus lewat dinsos dulu atau bisa langsung di kantor pelayanan bpjs kak? anak saya usis 8 tahun. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengajuan BPJS PBI untuk anak anda silahkan ajukan melalui dinas sosial.

      Hapus
  55. Kak saya mau tanya, saya sudah punya kis dari desa tapi beda kk, tapi kis saya masih ikut kk keluarga apa kah bisa di tambah anggota beda kk, dan apa bayar sebulannya๐Ÿ™untuk persyaratan tambah anggota apa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda sudah pecah KK dan KK baru sudah online dari disdukcapil, anda bisa melakukan pemecahan data KK untuk kepesertaan BPJS Kesehatan, bisa lewat layanan pandawa atau datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Untuk penambahan anggota keluarga BPJS PBI bisa anda ajukan melalui dinas sosial setelah anda mengubah data KK. Untuk syarat lengkapnya biasanya nanti ada formulir pendaftaran BPJS PBI disertai persyaratan yang perlu anda penuhi. Silahkan ajukan melalui dinas sosial di wilayah domisili anda.

      Hapus
  56. Selamat siang
    Mau bertanya, saya bpjs mandiri sedangkan suami saya bpjs pbi, bpjs saya masih ikut KK orang tua belum dipisah ikut suami. Sedangkan saya sudah mempunyai anak umur 3 bulan, bisakah saya dan anak saya ikut bpjs pbi seperti suami saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda ubah data KK terlebih dahulu. Proses pecah KK dahulu ke disdukcapil. Setelah KK yang baru online dari disdukcapil, anda bisa mengajukan pembuatan BPJS PBI ke dinas sosial. Biasanya anda perlu mengisi formulir dan melengkapi syarat-syarat yang tertera pada formulir pembuatan BPJS PBI. Bisa tidaknya pindah ke BPJS PBI tergantung disetujuinya pengajuan anda oleh pemerintah daerah atau tergantung adanya kuota PBI.

      Hapus
  57. Maaf saya sudah terdaftar di BPJS APBD dan sudah aktif di JKN mobile terus anak saya belum aktif terus saya urus ke dinas kesehatan Alhamdulillah sudah aktif tetapi di JKN mobile belum masuk,,,mau nanya itu cara update JKN mobile gimana ya kok nama anak saya belum masuk JKN mobile,,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu saja sampai update mungkin butuh beberapa waktu, atau lapor ke care center BPJS Kesehatan 165 untuk pengecekan lebih lanjut.

      Hapus
  58. maaf saya mau tanya anak saya dulu pas baru lahir sudah punya bpjs pbi tapi sekarang sudah keblokir dan saya udah urus kembali ke kantor dinas sosial tp krna anak saya dalam keadaan sakit dan harus berobat saya bikin yg mandiri. apa nantiya bpjs yg pbi bisa tetap di dapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu karena bukan saya petugas yang memverifikasi. Jika sudah anda urus maka berkas anda akan tetap masuk, namun bisa tidaknya beralih ke PBI tergantung disetujuinya pengajuan anda. Ditunggu saja sekitar 3 bulan, cek segmen kepesertaan melalui Mobile JKN, jika tidak beralih ke BPJS PBI maka anda perlu mengajukan ulang ke dinas sosial untuk mengalihkan BPJS mandiri ke BPJS PBI.

      Hapus
  59. Maaf saya mau tanya.
    Saya,suami dan anak pertama terdaftar Kis PBI(Apbd) terus saya mau daftar Anak ke 2 dan ke 3 menjadi mandiri bisa kah?
    Terimakasih atas informasi ๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Silahkan anda urus ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

      Hapus
  60. Izin bertanya, keluarga kami terdaftar sebagai peserta BPJS PBI APBN, kemudian salah satu adik kami menikah dan sudah pisah kk, bagaimana caranya utk memindahkan kepesertaan BPJS PBI adik saya ke kk nya yang baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk perubahan data pisah KK bisa anda urus melalui layanan pandawa 08118165165 dengan melampirkan foto KK baru, atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa fotokopi KK baru.

      Hapus
    2. Kalo sudah diperbaharui dan pindah kk nya, apakah kepesertaan BPJS PBI nya harus buat akun baru utk akses ke aplikasi JKN nya?

      Hapus
    3. Kalau sudah pernah daftar di Mobile JKN, maka tidak perlu daftar lagi, akun Mobile JKN anda tetap berfungsi.

      Hapus
  61. Tapi akun yg lama masih gabung dengan akun orang tua kami?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun anda tidak bermasalah, nanti daftar anggota berubah jika sudah update data KK. Setiap anggota keluarga anda -baik ayah, ibu, istri, suami, adik, kakak, dan anak- yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan bisa login di Mobile JKN dengan memasukkan NIK/No.BPJS. Yang yang pisah KK dan belum memiliki akun Mobile JKN sebaiknya anda daftarkan agar bisa login untuk melihat status kepesertaan di Mobile JKN.

      Hapus
  62. Mau bertanya , keluarga kami semua adalah peserta BPJS PBI, kakak kami yg perempuan sudah menikah 5 bulan yg lalu dan sudah buat kk baru :yg ingin saya tanyakan:
    1.nagaimana prosedur utk memindahkan kepesertaan kk kami itu ke kk yg baru?
    2.apakah setelah kepesertaan PBI kakak kami diperbaharui ke kk yang baru, apakah status BPJS PBI nya masih aktif dan bisa digunakan?
    3.apalah kakak saya itu harus buat akun jkn baru mengingat saat ini akun JKN nya masih masuk ke akun ayah kami?
    Mhn penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Update data KK atau pisah KK bisa anda urus lewat layanan pandawa 08118165165 atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan.
      2. Status kepesertaan BPJS PBI akan tetap aktif setelah update data KK, kecuali anda pindah domisili di luar provinsi.
      3. Semua peserta BPJS bisa memiliki akun Mobile JKN, silahkan daftarkan yang belum memiliki akun, dalam satu KK pun, misalnya ada suami dan istri, keduanya bisa mendaftar Mobile JKN dengan NIK masing-masing meskipun isi anggota keluarganya sama.

      Hapus
close