Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Status Penangguhan Pembayaran dan Peserta Saat Daftar BPJS Kesehatan

Kenapa warga yang baru mendaftar jadi peserta BPJS banyak yang mengalami status penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta. Hal ini cukup berdampak karena status ditangguhkan sama saja dengan non aktif, yang artinya tidak bisa menggunakan BPJS kesehatan untuk berobat atau periksa kesehatan.

Sebelumnya perlu kita ketahui, JKN dari BPJS Kesehatan berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba. Hasil pengelolaan dana jaminan sosial dipergunakan seluruhnya untuk pengembangan program dan sebesar-besarnya untuk kepentingan peserta.

Status penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta atau non aktif dapat diketahui melalui aplikasi mobile JKN, dan bukan hanya itu, semua informasi mengenai kesehatan BPJS anda dapat diinfokan melalui aplikasi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta? Status kepesertaan non aktif karena penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta seringkali dialami oleh peserta BPJS PBPU (mandiri) dan BPJS PPU (perusahaan) yang baru mendaftar.

Apa Yang Dimaksud Dengan Status Penangguhan Pembayaran BPJS?

Status penangguhan pembayaran adalah status yang terjadi apabila peserta baru saja daftar BPJS mandiri dan harus menunggu 14 hari untuk pembayaran premi pertamanya.

Contoh status tidak aktif karena penangguhan pembayaran, aplikasi mobile JKN

Status tersebut disebut penangguhan pembayaran karena pada saat baru daftar BPJS mandiri, anda harus menunggu 14 hari lagi untuk pembayaran premi (iuran) pertama. Karena masih menunggu 14 hari, statusnya ditulis PENANGGUHAN PEMBAYARAN. Jika sudah lewat 14 hari sejak pendaftaran, Anda bisa membayar premi pertama lewat alfamart, indomart atau kantor pos.

Cetak kartu baru bisa dilakukan jika anda sudah bayar premi iuran pertama dan diterima oleh BPJS. Setelah bayar, anda bisa mengetahui kartu Anda sudah aktif atau belum lewat aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan.

Sudah Bayar Iuran Pertama Tapi Masih Status Penangguhan Pembayaran?

"Sudah bayar iuran pertama BPJS, sudah lunas, tapi kartunya belum aktif, justru statusnya penangguhan pembayaran."

Kejadian di atas bisa saja terjadi pada anda, lantas apa penyebab dan cara mengatasi munculnya status penangguhan pembayaran, padahal sudah bayar iuran pertama.

1. Peserta membayar iuran pertama sebelum 14 hari setelah daftar.

Sudah lewat 14 hari tapi masih non aktif atau penangguhan pembayaran?

Jika penangguhan pembayaran muncul ketika anda ingin membayar iuran pertama setelah menerima virtual account, maka sebaiknya menunggu 14 hari, karena pembayaran iuran pertama belum terbentuk dan harus menunggu 14 hari sejak virtual account (VA) diterima. Seharusnya jika sudah dibayar maka dari status penangguhan pembayaran otomatis akan berubah menjadi aktif. 

2. Peserta telat membayar iuran pertama melewati batas waktu pada virtual account.

Lupa bayar iuran pertama sebulan yang lalu, setelah dicek statusnya penangguhan pembayaran.

Pembayaran pertama bisa dilakukan paling cepat 14 hari setelah pendaftaran dan paling lambat 30 hari setelah pendaftaran. Apabila waktu pembayaran terlewat maka peserta diharuskan untuk melakukan pelaporan kembali dan menunggu waktu pembayaran berikutnya 14 hari setelah registrasi ulang.

3. Masalah sistem atau gangguan jaringan.

Sudah lewat 14 hari tapi masih penangguhan pembayaran alias non aktif?

Jika anda sudah membayar iuran BPJS Kesehatan setelah 14 hari sejak mendaftar, namun status masih penagguhan pembayaran, salah satu penyebabnya adalah karena masalah sistem atau gangguan jaringan, atau karena adanya proses maintenance administrasi BPJS Kesehatan yang belum diproses. Anda terpaksa harus menunggu, walau pada akhirnya status peserta akan menjadi aktif. Selalu cek status kepesertaan anda menggunakan aplikasi Mobile JKN agar anda mendapatkan informasi lebih cepat.

Baca Juga: Apakah Kepesertaan BPJS Berhenti Otomatis Jika Tidak Bayar Iuran?

Apa Yang Dimaksud Dengan Status Penangguhan Peserta BPJS?

Selain penangguhan pembayaran, ada juga yang mengalami penangguhan peserta. Status penangguhan peserta banyak dialami oleh peserta pekerja penerima upah atau BPJS perusahaan, baik yang baru pertama daftar atau yang peralihan dari segmen PBPU/PBI ke PPU, biasanya terjadi saat peserta baru didaftarkan menjadi peserta BPJS di perusahaan tempat peserta bekerja.

Contoh status tidak aktif karena penangguhan peserta, aplikasi mobile JKN

Kenapa status penangguhan peserta bisa muncul dikarenakan belum adanya pemotongan iuran dari BPJS terhadap perusahaan sehingga peserta belum bayar iuran. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal, diantaranya karena tidak cukup dana pada rekening perusahaan, masalah sistem, dll. Sehingga iuran peserta tidak terbayar pada saat jatuh tempo pembayaran, akibatnya status peserta ditangguhkan (non aktif) sampai pembayaran selesai diproses.

Jika anda peserta PPU yang mengalami status penangguhan peserta, coba ditanyakan ke HRD karena penangguhan peserta kemungkinan masih proses administratif antara tempat kerja dan BPJS Kesehatan. Biasanya tiap perusahaan punya jadwal pembayaran sendiri-sendiri dan batas waktu pembayaran iuran adalah akhir bulan berjalan. Anda cukup menunggu saja, paling lama sampai bulan berikutnya.

Namun jika perusahaan anda sudah melakukan pembayaran tetapi kartu masih berstatus penangguhan peserta, mungkin penyebabnya karena ada gangguan jaringan atau pembaharuan data yang harus menunggu waktu, tapi tenang saja karena pada akhirnya status akan aktif.

Demikian artikel cara mengatasi penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta saat daftar BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

Anda juga bisa membaca artikel seputar BPJS Kesehatan lainnya di bawah ini:

165 komentar untuk "Cara Mengatasi Status Penangguhan Pembayaran dan Peserta Saat Daftar BPJS Kesehatan"

  1. Mau tanya..klo status penangguhan mau berobat ke faskes pertama apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa berobat dengan jaminan BPJS, jika masih status penangguhan pembayaran.
      Status penangguhan pembayaran muncul karena tagihan iuran pertama baru akan muncul setelah 14 hari dari pendaftaran.
      Setelah menunggu 14 hari, baru bisa dibayar iuran pertamanya dan kepesertaan langsung aktif dan bisa cetak kartu melalui Mobile JKN.

      Hapus
  2. Saat saya cek data peserta, semua nggota keluarga berstatus "Penangguhan Pembayaran" dan tidak aktif, setelah saya coba bayar pakai Mbanking muncul "tagihan tidak dapat diproses. Tagihan sudah lunas atau belum saatnya dibayar". Begitu juga saya coba bayar dengan shopee "tagihan telah dibayar. Silahkan coba lagi pada penagihan selanjutnya".
    Kenapa di aplikasi mobile JKN keterangannya tidak aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saya tanya daftarnya kapan? Apakah pembayaran iuran pertama sudah sesuai dengan tanggal yang tertulis di VA?
      Pembayaran iuran pertama dapat dilakukan setelah 14 hari pendaftaran, dan tidak boleh melebihi waktu yang ditentukan di VA.
      Status "penangguhan pembayaran" muncul karena masih masa tunggu 14 hari sebelum pembayaran iuran pertama pada saat daftar baru atau pindah kepesertaan ke mandiri.

      Hapus
    2. Apakah bisa melakukan pembayaran sebelum 14 Hari setelah mengalihkan..?

      Hapus
    3. Tidak bisa, pembayaran dapat dilakukan paling cepat 14 hari setelah pendaftaran. Namun jika yang anda maksud adalah mengalihkan dari BPJS PPU ke BPJS mandiri, jika baru nonaktif bisa langsung aktif, tapi jika sudah lewat 1 bulan harus tunggu 14 hari untuk membayar iuran pertama baru bisa aktif.

      Hapus
    4. Kak ini saya baru saja nonaktif trus saya ubah mandiri, tp status penangguhan pembayaran. Apa harus nunggu 14 hari dulu?

      Hapus
  3. saya sudah daftar sejak lama, memang ada penunggakan. tetapi hanya kepala keluarga saja yang tertulis penunggakan. sedangkan anggota keluarga nya penangguhan pembayaran. itu bagaimana penjelasan nya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Apakah di awal sudah bayar iuran pertama sesuai jadwal bayar yang tertera pada VA? Jika telat bayar melewati batas yang ditentukan di VA, maka VA menjadi tidak aktif, untuk reaktivasi bisa hubungi Whatsapp Pandawa atau menu pengaduan keluhan di aplikasi Mobile JKN, tulis aktivasi ulang VA.
      - Bapak juga bisa coba cek jumlah peserta untuk nomor VA keluarga saat ingin membayar iuran, karena terkadang ada kesalahan, sudah daftar 1 KK tapi jumlah peserta di nomor VA berbeda. Kalau hal ini terjadi, maka harus ubah data peserta melalui pandawa atau mobile JKN.
      - Kalau memang sudah lama menjadi peserta dan sudah pernah membayar iuran sekeluarga, hanya saja baru2 ini menunggak, maka tidak masalah pada status penangguhan pembayaran tersebut, tinggal dibayarkan saja tunggakan+iuran nya, biasanya setelah lunas semua status kepesertaan langsung aktif.

      Hapus
  4. Daftar bpjs mandiri akhir mei tahun ini. Sudah aktifkan auto debet sesuai syarat. Dan sudah di potong (auto debet) 2x dgn bulan ini kl tidak salah.
    Tp status masih tidak aktif(penangguhan pembayaran) gitu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan pembayaran iuran pertamanya tidak sesuai dengan jadwal bayar yang tertera pada Virtual Account keluarga. Pada menu Virtual Account tertulis jadwal pembayaran iuran pertama. Pembayaran pertama harus sesuai tanggal, tidak bisa sebelum, juga tidak boleh terlewat dari jadwal.

      Pembayaran iuran pertama sebaiknya manual terlebih dahulu sesuai tanggal yang tertera pada VA keluarga. Biasanya status kepesertaan akan aktif setelah Peserta melakukan pembayaran iuran pertama secara manual. Kemudian selanjutnya di bulan kedua baru akan dimulai proses autodebet oleh pihak bank.

      Apabila status masih penangguhan pembayaran, padahal sudah bayar iuran dua bulan melalui autodebet, laporkan masalah ini ke care center BPJS Kesehatan 165 atau lakukan pengaduan di aplikasi Mobile JKN.

      Hapus
  5. Selamat sore bapak/ibu ditempat
    Mohon bantuannya 🙏🙏🙏
    Saya warga Tangerang Selatan atas :
    nama Mekcelhan
    Alamat kp.baru selatan RT RW 005/002
    Pakulonan - Serpong Utara kota Tangerang Selatan

    Persyaratan apa saja untuk mendaftarkan Bpjs status tidak aktif (penangguhan iuran pembayaran) untuk menjadi status aktif di layanan Bpjs kesehatan.untuk keluarga khususnya istri saya yg sedang mengalami situasi urgensi (keguguran)
    Yang membutuhkan biaya kuret lebih dari 5 juta.
    Status BPJS kesehatan kami statusnya non aktif dan aktif kembali 12 hari dari sekarang. Tetapi istri saya sudah mengalami sakit diperutnya hingga diputuskan dikiret..
    Mohon bantuannya ya pak/ibu kami ditempat.

    Terimakasih banyak mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore, bapak.

      Status penangguhan pembayaran muncul dikarenakan belum membayar iuran pertama setelah daftar BPJS mandiri atau karena mutasi segmen kepesertaan ke BPJS mandiri. Pembayaran pertama bisa dilakukan paling cepat 14 hari setelah pendaftaran dan paling lambat 30 hari setelah pendaftaran.

      Mengenai masalah pengaktifan kartu BPJS dengan status penangguhan pembayaran, yang saya ketahui hanyalah dengan menunggu iuran pertama dibayar. Atau bapak bisa konsultasikan ke kantor cabang BPJS Kesehatan, apakah bisa minta aktivasi lebih cepat.

      Kalau dulu ada namanya "BPJS Darurat" rekomendasi dinsos yang bisa diurus 1 hari tanpa nunggu 14 hari. Bisa diurus dengan membawa surat keterangan dirawat di RS ke dinas sosial, tapi bisa didaftarkan hanya jika 1 KK bersih belum pernah terdaftar BPJS sama sekali. Untuk lebih jelas bisa hubungi care center BPJS Kesehatan 165 atau datang langsung ke kantor cabangnya.

      Hapus
    2. Kalau belum bayar iuran pertama setelah pindah kepesertaan dari PBI ke mandiri apakah selanjutnya dikenakan tunggakan kak?

      Hapus
  6. Saya lupa bayar aktivasi pertama dan skarang statusnya masih penangguhan pembayaran. Bagaimana cara reaktivasi nya tolong dijelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu aktivasi ulang nomor virtual account nya agar dapat membayar iuran pertama.

      Untuk aktivasi ulang virtual account yang kadaluarsa karena telat bayar iuran pertama, anda bisa menghubungi BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN menu pengaduan keluhan, care center 165, atau datang langsung ke kantor cabang.

      Hapus
  7. Saya baru saja daftar dan langsung melunasi tagihan lewat va bri, tp status masih penangguhan pembayaran. Setelah tau kalau paling cepat pembayaran dilakukan 14 hari setelahnya apakah nanti setelah 14 hari iuran premi pertama lunas, atau membayar kembali? Karena admin brilink nya bilang kalau pembayaran saya sudah selesai dan sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu kelemahan sistem pembayaran BPJS Kesehatan adalah iuran pertama bisa dibayar sebelum 14 hari meskipun ada peraturan wajib bayar setelah 14 hari dari pendaftaran.
      Apabila terlanjur bayar iuran pertama sebelum 14 hari, maka harus menunggu pembayaran tersebut diproses otomatis setelah 14 hari. Namun bila Ibu mendapati status kepesertaan tetap tidak aktif atau "penanggugan pembayaran", maka Ibu harus melaporkan pembayaran ke pihak BPJS Kesehatan agar dapat diproses.

      Hapus
  8. Sy mau tanya min.sy lupa membayar iuran peserta yg baru sy daftarkan.dan keterangan d moil jkn sy tidak aktif(penangguhan pembayaran).bagaimana cara mengaktifkanx.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar iuran pertama untuk mengaktifkan kepesertaan. Terlebih dahulu anda harus lapor ke BPJS Kesehatan untuk mengaktifkan kembali nomor Virtual Account (VA) keluarga agar bisa bayar iuran. Untuk lapor bisa melalui Mobile JKN pilih menu pengaduan keluhan, care center 165, atau kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

      Hapus
  9. Mau bertanya, BPJS baru dibuat 2 hari yang lalu dan dalam status penangguhan pembayaran, tapi besaran tagihan yang diminta adalah 500k lebih untuk kelas 3, kira-kira itu jumlah darimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika pindah kepesertaan dari segmen lain ke mandiri, akan ditagih tunggakan iuran dari segmen kepesertaan sebelumnya (jika ada tunggakan), dan iuran untuk bayi baru lahir terhitung sejak bayi lahir (misal usia bayi 10 bulan saat daftar BPJS, akan ditagih iuran 10 bulan).

      Namun jika anda sekeluarga benar-benar baru pertama kali daftar BPJS mandiri kelas 3, maka besaran iuran pertama adalah Rp35.000 x jumlah anggota keluarga.

      Hapus
  10. Saya sebelumnya bpjs ikut orang tua, karena sudah meewati batas umur Saya mendaftar bpjs mandiri pada tanggal 22 juli 2022, dan kemudian pada tanggal 5 agustus 2022 mbanking saya sudah terpotong autodebit untuk pembayaran bpjs. Tapi kenapa statusnya masih tidak aktif dan penangguhan pembayaran ? sudah 2x kejadian seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saat daftar BPJS mandiri diberikan nomor Virtual Account yang menyertakan info kapan pembayaran iuran pertamanya. Iuran pertama harus dibayar secara manual agar tidak terjadi masalah, selanjutnya pada bulan ke-2 akan dilakukan penarikan dari autodebet.
      Jika terjadi masalah akibat pembayaran iuran pertama lewat autodebet, segera hubungi BPJS kesehatan melalui mobile JKN, care center 165, pandawa/whatsapp 08118165165, atau kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

      Hapus
  11. Waktu dipuskesmas BPJS saya katanya sudah aktif kk
    Tapi setelah saya buka di aplikasi JKN knapa masih penangguhan pembayaran ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa dipakai berobat maka berarti sudah aktif, karena kalau belum aktif tidak akan bisa digunakan untuk berobat. Coba tunggu beberapa hari lagi mengenai status di aplikasi mobile JKN nya.

      Hapus
  12. Saya baru daftar pake JKN mobile tgl 4 Agustus, sampe sekarang keterangannya masih Penangguhan Pembayaran, kemarin saya pilih melalui autodebet, tapi pas saya coba bayar bpjs pake gopay keterangan tagihannya sudah lunas. Apa harus nunggu sampa 14 hari ya, soalnya belum 14 hari juga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturannya BPJS bisa aktif paling cepat setelah 14 hari. Iuran pertama baru muncul tagihannya di hari ke 14 sampai hari ke 30, tidak bisa dibayar sebelum atau sesudahnya. Jika tidak dibayar dan melewati batas 30 hari, peserta harus menghubungi pihak BPJS untuk re-aktivasi virtual account.
      Untuk kasus anda yang membayar via autodebet sebelum waktu bayar yang ditentukan, maka tunggu antara hari ke 14 dan 30, jika statusnya masih belum aktif, harap hubungi pihak BPJS melalui mobile JKN, pandawa/whatsapp 08118165165, care center 165 atau kanal layanan BPJS lainnya.

      Hapus
    2. Ini sudah melebihi dari 30 hari min

      Hapus
  13. Saya sudah mendaftarkan anggita baru untuk bpjs kesehatan ,tapi statusnya masih ditangguhkan ,ketika saya cek di info iuran melalui apk jkn keterangan sudah lunas dan tidak ada tagihan,bisa bantu untuk case yang saya alami min.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah paling sering yang menyebabkan status penangguhan pembayaran adalah pembayaran iuran pertama yang tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yaitu paling cepat setelah 14 hari dan paling lambat setelah 30 hari sejak pendaftaran. Namun apabila pembayarannya sudah sesuai prosedur tetapi status BPJS masih tidak aktif, harap hubungi pihak BPJS Kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

      Hapus
  14. saya mau tanya . saya baru buat bpjs dan hari ini bayar kenpa kepala keluarga tidak masuk yah ? jadi saya bayar untunk 3orang padahal ada 4 orang . di cek statusnya lunas mau bayar di mana" status lunas padahal belum saya bayar yang kepala kelaurga ( ayah ) saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika seluruh anggota keluarga baru daftar sebagai peserta mandiri, maka kemungkinan ada kesalahan sistem sehingga jumlah anggota yang masuk VA tidak sesuai dari yang seharusnya. Sebaiknya laporkan ke BPJS Kesehatan untuk dilakukan pengecekan, bisa melalui mobile JKN menu pengaduan, care center 165, pandawa, atau kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

      Hapus
  15. Mau tanya nih bpjs saya ada penanguhan pembayaran tapi waktu di cek melalui chika bpjs sudah lunas,sedang kan kartu masih non aktif
    Itu gmana solusi nya mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status kepesertaan bisa aktif paling cepat 14 hari setelah pendaftaran peserta baru.
      Jika pembayaran iuran pertamanya sudah sesuai dengan jadwal bayar, yaitu setelah 14 hari dan paling lambat 30 hari, maka tidak masalah, karena biasanya status aktif bisa delay beberapa hari.
      Tapi jika iuran pertama dibayar sebelum jadwal bayar maka tanyakan ke BPJS Kesehatan apakah pembayaran tersebut bisa diproses (meskipun anda mendapati statusnya lunas) .

      Hapus
  16. Selamat pagi, saya daftar bpjs di jkn tp sudah 14 hr lebih status masih penangguhan pembayaran. Boleh info solusinya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghindari penangguhan pembayaran, jangan gunakan autodebet pada pembayaran iuran pertama, tapi bayar secara manual sesuai jadwal bayar, yaitu antara hari ke 14 sampai ke 30. Setelah iuran pertama dibayar, status kepesertaan langsung aktif. Atau jika tidak langsung aktif, terkadang ada delay beberapa hari.
      Untuk pelayanan pengaduan keluhan, anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan melalui aplikasi mobile JKN menu pengaduan layanan, care center 165, pandawa 08118165165 atau kanal layanan BPJS Kesehatan lainnya.

      Hapus
  17. saya mau tanya , waktu saya buat bpjs kan bayar harus 14hari saya sudah ikutin tp pas mau byar kenapa orang tua saya tidak termasuk( terhitung) saat bayar . harusnya 4org buat juga 4org tp keterangan mau byar hanya untuk 3orang. kalau saya mau bayar pakai apa ja tagihan sudah lunas :( tolong pencerahannya karna saya butuh buat orang tua dulu. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai anggota keluarga yang tidak ikut terdaftar sebagai peserta BPJS mandiri, kemungkinan sudah masuk segmen kepesertaan lain misalnya PBI atau PPU. Atau jika memang baru pertama kali daftar namun tidak ikut terdaftarkan, maka anda harus laporkan ke kanal layanan BPJS Kesehatan seperti care center 165, mobile JKN, pandawa, atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan di wilayah anda.

      Hapus
  18. Sy mau tanya peralihan BPJS perusahaan ke mandiri apakah ada istilah tunggakan yang harus di bayarkan dari kepesertaan sebelumnya (Perusahaan/PPU)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada, setelah nonaktif dari perusahaan tidak akan ada tagihan sampai diaktifkan lagi oleh perusahaan baru atau pindah kepesertaan ke mandiri.

      Hapus
  19. Halo admin,
    Saya iseng2 dulu mendaftar via aplikasi dan tidak pernah membayar sampai saat ini . Saat ini status nya masih penagguhan pembayaran, apakah saya harus membayar sekian bulan sejak saya membuat atau cukup membayar pertama kali ini saja untuk mengaktifkan status kepesertaan saya di BPJS kesehatan?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungi pihak BPJS lagi untuk mengaktifkan kembali virtual account agar bisa membayar iuran pertama. Iuran pertama biasanya hanya pembayaran 1 bulan berjalan untuk semua anggota keluarga.

      Hapus
  20. Apakah klw sudah d bayarseblom pda waktu yg di tangguh kan nanti akan aktip dengan sendiri nya.atu hrus bayar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tidak bisa aktif dengan sendirinya, harus laporkan ke BPJS Kesehatan atau bayar sesuai jadwal bayar iuran pertama.

      Hapus
  21. Mau bertanya posisi anak saya udah di rawat baru satu malam, bisa ga kalo saya bayar langsung tunggakannya kartunya bisa langsung aktip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah lunas maka kartu otomatis langsung aktif, tapi ada denda pelayanan rawat inap tingkat lanjut (RITL).
      Tapi secara aturan, jika sudah masuk rawat inap dengan biaya umum, maka tidak bisa pindah menjadi jaminan BPJS, kecuali pihak RS nya mau diajak bekerjasama.

      Hapus
  22. Untuk pembayaran, misal di cek di Chika pembayaran sebesar 700.000, padahal di di dalam app jkn ada 3 peserta, apakah biaya tersebut untuk 1 orang, atau 3 peserta sekaligus?

    BalasHapus
    Balasan

    1. Pengecekan iuran biasanya untuk satu orang peserta, tetapi saat pembayaran iuran wajib untuk seluruh anggota keluarga.
      Cek saja iurannya melalui aplikasi Mobile JKN, kan juga ada menu Info Iuran, disitu ada rincian iuran untuk masing-masing peserta. Jumlah iuran yang lebih besar menandakan adanya tunggakan. Atau yang anda cek mungkin peserta bayi yang baru daftar? Iuran peserta bayi dihitung sejak bayi lahir, jika usia bayi 10 bulan saat daftar BPJS, maka akan ada iuran 10 bulan untuk bayi tersebut.

      Hapus

  23. keluarga saya didaftarkan BPJS KIS, tapi kenapa cuma saya saja yg aktif dan lolos KIS nya. Punya ortu malah ditangguhkan. Sudah tanya ke BPJS kok punya ortu malah jadi mandiri dan harus bayar premi. Padahal saya cek di aplikasi JKN, kartu punya ortu saya kartunya termasuk ke dalam KIS
    Jadi apa ortu saya harus bayar iuran tiap bulan dan jadi mandiri?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yang anda maksud dengan KIS adalah segmen kepesertaan PBI? Pendaftaran peserta PBI ditentukan ketersediaan kuota dan anggaran pemerintah. Sebaiknya anda tanyakan ke pihak yang membantu pendaftaran PBI anda, apakah bisa dilakukan pengajuan ulang untuk orang tua anda. Jika sekarang statusnya adalah BPJS mandiri, maka harus bayar iuran tiap bulan.

      Saat cek di aplikasi Mobile JKN jangan lihat kartunya KIS atau bukan, karena semua peserta mendapat kartu KIS, meskipun segmen kepesertaan anda BPJS mandiri, kartunya juga KIS. Tapi pada aplikasi Mobile JKN, cek menu Info Peserta, jika tertulis kepesertaannya adalah PBI (APBD) atau PBI (APBN) barulah iuran anda ditanggung pemerintah alias tidak perlu bayar premi.

      Hapus
    2. Terimakasih atas bantuannya
      Semoga sehat dan bahagia selalu

      Hapus
  24. Izin bertanya
    Status bpjs suami saya itu kan PIB/APBN , rencananya saya isteri nya ingin masuk ke bpjs suami.. apakah langsung tambah peserta aja atau bagaimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengajuan pendaftaran BPJS PBI biasanya harus ke Dinsos, atau kalau di desa biasanya harus didata oleh pihak desa dahulu. Biasanya ada formulir yang harus diisi dan berkas yang perlu dilengkapi. Tidak bisa langsung daftar ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  25. Saya sudah dapet virtual acount yg harus dibayarkan tgl 16 kemarin dan saya bayarkan pada tgl 17.. muncul tagihan saya hanya untuk 2 peserta padahal ada 4 peserta..
    Setelah saya cek 2 aktif dan 2 lagi masi ditangguhkan dan tidak aktif..
    Tapi saya cek iuran disitu keterangan sudah lunas..
    Dan bagaimana solusinya buat meng aktifkan 2 kartu lagi yg masih ada keterangan penangguhan..
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lapor ke BPJS Kesehatan untuk dicek status kepesertaan yang tidak ada iurannya, karena mungkin beralih ke segmen lain. Anda bisa lapor ke BPJS Kesehatan melalui care center 165, aplikasi mobile JKN menu pengaduan, atau langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  26. Min kl saya sudah bayar iuran pertama apa bisa langsung bisa digunakan BPJS nya? Saya alih ke mandiri nanti tgl 22 bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Namun perlu diperhatikan bahwa pembayaran iuran pertama adalah setelah 14 hari dari pendaftaran. Setelah iuran pertama dibayar sesuai jadwalnya, status kepesertaan otomatis langsung aktif. Jika status aktif maka bisa digunakan untuk berobat.

      Hapus
  27. Halo min, saya liat semua komenya di bales, kereen bangeet min

    Btw anak saya baru umur 4bulan, dan baru bisa saya daftarkan ke bpjs karna menunggu KK dan sistem dari disdukcapil, setelah saya daftar kenapa tiba2 muncul tagihan 750rb ya? Padahal baru daftar.. makasih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturan dari BPJS, tagihan anak yang didaftarkan jadi peserta mandiri dihitung sejak anak dilahirkan. Jika usia anak 4 bulan saat daftar, maka besaran iuran pertamanya adalah 4 bulan iuran. Jika usia anak lebih dari 2 tahun saat daftar, maka besaran iuran pertamanya adalah 24 bulan iuran (tunggakan maksimal yang dihitung adalah 24 bulan). Hal ini karena kepesertaan BPJS bersifat wajib, setiap anak wajib didaftarkan setelah lahir, jadi iuran dihitung sejak anak lahir.
      Adapun kenapa keluar angka 750rb, coba anda lihat Info Iuran pada aplikasi Mobile JKN untuk melihat rincian iuran per anggota keluarga pada bulan berjalan.

      Hapus
  28. Hallo admin, izin bertanya. Untuk case kartu KIS yg statusnya penangguhan peserta tapi tagihan sudah dibayar/lunas, itu penyebabnya karena belum bayar iuran pertama (peralihan segmen kis anak ppu ke mandiri) yg melewati batas waktu bayar atau karena baru didaftarkan oleh perusahaan tapi belum aktif ya ? Dan apakah nantinya ada tunggakan ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penangguhan peserta artinya masih proses peralihan ke PPU. Bisa jadi perusahaan belum bayar iurannya atau kemungkinan masih proses administratif antara perusahaan dan BPJS. Biasanya kalau peralihan PPU di akhir bulan, akan diproses di bulan depannya. Ditunggu saja. Untuk lebih jelas, tanyakan ke HRD.

      Hapus
  29. Tanya min, tgl 30 sept lalu saya melunasi tunggakan bpjs dan mengalami masa denda RITL sampai 14 Nov, tetapi status sudah aktif, tapi hari ini 1 okt status kembali ditangguhkqn karena masuk di PU dan naik krlas 2, yang saya tanyakan setelah kartu aktif apakah masa denda RITL diperpanjang lagi 45 hari setelah aktif,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika proses peralihan ke segmen PPU tidak menyebabkan keterlambatan pembayaran iuran, maka status denda pelayanan tidak diperpanjang. Untuk lebih jelas tanyakan ke HRD apakah peralihan kepesertaannya sudah langsung diproses oleh pihak BPJS. Status penangguhan peserta terjadi karena gaji bulanan anda belum dipotong untuk pembayaran iuran BPJS.

      Hapus
  30. Mau tanya jika prosedur pembayaran sudah sesuai dengan apa yang di perintahkan tetapi masih setatus penangguhan itu bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tunggu sampai hari senin barangkali ada delay di sistem pembayaran dari bank. Jika status masih tidak aktif juga, maka anda harus lapor ke BPJS Kesehatan untuk dilakukan pengecekan.

      Hapus
  31. Mohon info pak/bu, suami dan anak saya dibayarkan bpjs kesehatannya oleh perush tempat suami bekerja, sedangkan saya (semua 1 kk), dibayarkan oleh perusahan tempat saya bekerja hingga saya resign akhir juli 2022. Sekarang status keanggotaan saya “tidak aktif si akhir bulan”.
    Sebaiknya apa yang harus dilakukan?

    Barusan saya sudah mencoba untuk perubahan data menjadi peserta mandiri lewat online (aplikasi jkn), dan sudah menyetujui utk debet online dari Bank Mandiri (karena barusan coba memakai debet BCA tidak bisa), tapi belum dapat va (virtual account) dan status keanggotaan saya skrg menjadi “penangguhan pembayaran”.

    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah pembayaran tidak otomatis dari perusahaan suami (karena statusnya saya sekarang tidak bekerja)?
    2. Kalau memang saya bisa melakukan pembayaran mandiri (dengan debet dari Bank mandiri) kenapa tidak ada va nya ya?
    3. Saya akan menunggu 14-30 hari untuk bs menggunakan fasilitas bpjs nya ya?

    Terima kasih untuk pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika suami memiliki BPJS perusahaan, maka lakukan pengajuan BPJS untuk ikut perusahaan suami. Iuran BPJS perusahaan adalah 5% dari gaji pokok dengan perincian 4% dibayar perusahaan dan 1% dari potong gaji. Iuran tersebut dapat menanggung pekerja, suami/istri, dan 3 anak. Anda dapat menghubungi HRD perusahaan suami untuk menambahkan anda sebagai anggota dari BPJS suami.
      1. Terkait pertanyaan no. 1, segmen kepesertaan sekarang kan mandiri? Karena sudah pindah mandiri, maka tidak mungkin bisa iurannya dibayar oleh perusahaan. Jika ingin dibayar oleh perusahaan suami, hubungi HRD untuk melakukan penambahan anggota dari BPJS suami.
      2. Untuk nomor VA, bisa anda cek dari mobile JKN melalui menu Info VA. Jika tidak muncul, maka lihat keterangannya. Nomor VA juga dapat anda ketahui melalui rumus : kode bank + 11 digit terakhir nomor BPJS. Misal kode bank BRI, BRI dan BTN menggunakan 88888 + 11 digit terakhir nomor BPJS.
      3. Untuk pindah segmen ke mandiri, tunggu 14 hari dari pendaftaran untuk membayar iuran pertama, setelah iuran dibayar, kepesertaan langsung aktif. Jika ingin ikut BPJS suami, hubungi HRD perusahaan suami untuk penambahan anggota, prosesnya tergantung HRD mengurusnya cepat atau lambat.

      Hapus
  32. Assalamualaikum pak Bu . . Saya punya BPJS tp tidak terbayar. . . Karena dulu saya bekerja saya rutin membayar BPJS ketika saya di berhentikan jadi saya tidak punya gajih . . Semenjak berhenti bekerja saya tidak bisa membayar BPJS biro boboro buat bayar BPJS buat makan saja saya kesulitan pada waktu itu di tambah lagi dengan adanya korona . . Sekarang saya buat berjualan kecil kecilan ingin kembali mengaktifkan BPJS tunggakan nya hampir 4 juta saya kebingungan uang 4 juta buat saya sangatlah banyak apakah ada opsi untuk penyicilan yang bisa meringankan saya bapak ibu. . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah.
      Ada program Rehab (Rencana Pembayaran Bertahap) dari BPJS Kesehatan untuk membayar tunggakan secara dicicil dengan maksimal cicilan selama 12 bulan. Anda bisa mendaftar program Rehab melalui aplikasi Mobile JKN. Status kepesertaan akan aktif jika seluruh tunggakan dan iuran berjalan sudah dilunasi. Tergantung jangka waktu cicilannya, jika memilih cicilan 12 bulan maka status kepesertaan akan aktif 12 bulan kemudian.
      Bentuk keringanan dari BPJS hanya program cicilan ini, jika anda membutuhkan jaminan BPJS dengan segera, maka pilihannya adalah dengan melunasi tunggakan sekaligus, atau pindah segmen kepesertaan ke PBI. Untuk pengajuan pendaftaran PBI anda dapat menanyakan informasinya melalui Dinas sosial setempat.

      Hapus
  33. Pagi..
    Min mau tanya sebelumnya bpjs suami saya atas nama perusahan
    Berhubung sudah resign saya pindah ke mandiri , tp knapa status dalam penangguhan pembayar ?
    Sedangkan kita lg perlu cepat ..
    Mnta solusi.a min🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindah segmen PPU ke Mandiri, jika sudah 1 bulan dari resign maka pembayaran iuran pertama dapat dibayar setelah 14 hari dari pendaftaran. Sebelum hari ke 14 dan sebelum pembayaran iuran pertama statusnya adalah Penangguhan Pembayaran. Setelah iuran pertama dibayar, status kepesertaan akan langsung aktif.

      Hapus
  34. Àssalammualaikum,min mau tanya bagaimana agar bpjs bisa aktif kembali karena dalam penangguhan peserta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam. Apakah sedang peralihan ke BPJS PPU? Tunggu saja, mungkin gaji anda belum dipotong untuk pembayaran iuran.

      Penangguhan peserta artinya masih proses peralihan ke PPU. Bisa jadi perusahaan belum bayar iurannya atau kemungkinan masih proses administratif antara perusahaan dan BPJS. Biasanya kalau peralihan PPU di akhir bulan, akan diproses di bulan depannya. Ditunggu saja. Untuk lebih jelas, tanyakan ke HRD.

      Hapus
    2. Punya anak saya juga di tangguhkan, saya bayar juga tagihan lunas..mohon arahannya pak

      Hapus
    3. Statusnya penangguhan peserta atau penangguhan pembayaran?
      Jika penangguhan peserta, ditunggu saja. Untuk lebih jelas, tanyakan ke HRD.
      Jika penangguhan pembayaran, bayar iuran pertama sesuai jadwal bayar, atau hubungi BPJS Kesehatan melalui care center 165 atau Mobile JKN menu pengaduan keluhan.

      Hapus
  35. Siang Bp/ Ibu Admin, Ijin bertanya saya melakukan perubahan mutasi peserta dari PPU ke Mandiri si bulan September, namun saat akan dibayar ternyata VA nya hanya mencakup 3orang, karena 1 anak saya usianya sudah diatas 22 tahun dan kartunya tidak aktif tidak diurus oleh kantor saya. menurut Call Center BPJS bisa dibayar tanggal 1 Oktober khusus untuk anak saya yg ditangguhkan menggunakan Virtual Account, namun saat dicek muncul tagihan untuk 4 orang, sementara yang ber3 sudah didaftarkan Autodebet bca memang saat ini belum terdebet. Sebaiknya saya bayarkan VA anak saya atau gimana ya? apakah jika tanggal batas pembayaran terlewat nanti jadi bayar 2 bulan? atau cukup aktivasi lg virtual accountnya dan bayar punya anak saya saja 1 bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar saja sesuai jadwal bayar agar status kepesertaan langsung aktif. Karena VA untuk 4 orang, maka untuk 3 anggota lainnya yang terdaftar autodebet mungkin pembayaran iuran bulan ini double. Jika ada kelebihan pembayaran, maka akan ada status sisa saldo yang saldo tersebut akan digunakan otomatis untuk pembayaran iuran bulan berikutnya.

      Hapus
  36. Halo Min, sy mau bertanya Kan seblum nya ortu, sy pernah di rawat, trus saya urus bpjs pemerintah sudah aktif trus kenapa ketika ibu sy mau berobat malah bpjs ya sudah tidak aktif. malah satus nya di tidak di tanguhkan, trus sya daftar perbuahan peserta jadi pekerja mandiri klo boleh tau kira kira aktfinya berpa harinya trus apakah sya daftr cuma orang tua saja semua kartu keluarga jadi bakal kena tagihan min, terimaksih mohon pencerahanya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peserta BPJS segmen PBI memang terkadang ada penonaktifan dari pemerintah. Bagi yang dinonaktifkan dan dirasa masih tergolong tidak mampu bisa mengajukan pengaktifan kembali. Untuk pengaktifan kembali harus mengurus sendiri ke Dinas sosial dan kantor cabang BPJS Kesehatan.
      Untuk pendaftaran peserta mandiri harus sekaligus semua anggota keluarga dalam KK. Jika anggota keluarga yang lain sudah terdaftar dalam segmen lain, maka bisa orang tuanya saja yang didaftarkan. Masa aktif kepesertaan paling cepat 14 hari setelah pendaftaran, setelah bayar iuran pertama di hari ke 14, kepesertaan langsung aktif.

      Hapus
  37. Saya baru pindah dr bpjs ketenaga kerjaan ke bpjs kesehatan secara online pake mobile jkn. Kenapa kartu saya masih blm aktif ya? Pdhl mau bayar tp gak bisa. Misalnya mau bayar langsung kekantor bpjs apakah bisa langsung aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembayaran iuran pertama adalah 14 hari setelah pendaftaran. Biasanya diinfokan jadwal bayarnya pada menu info VA. Setelah iuran pertama dibayar, kepesertaan langsung aktif. Jika belum bayar maka belum aktif. Pembayaran bisa dari mana saja yang penting nomor VA nya tepat.

      Hapus
  38. Izin tanya ingin pindah dari kartu BPJS dari perusahaan ke mandiri dapat online atau langsung ke kantor cabang dan syaratnya apa saja terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya BPJS PPU akan aktif selama 3 bulan setelah resign. Setelah kepesertaan PPU nonaktif anda bisa pindah segmen ke BPJS mandiri melalui whatsapp BPJS di nomor 08118165165. Ucapkan salam, kemudian akan ada balasan otomatis dengan tautan ke formulir yang harus anda isi. Pilih formulir Pindah kepesertaan BPJS PPU nonaktif menjadi PBPU/Mandiri. Berkas yang perlu disiapkan diantaranya KK, KTP, kartu BPJS sebelumnya, buku rekening, nomor hp, email, dan mengisi form autodebet. Anda juga bisa pindah segmen ke BPJS mandiri melalui aplikasi mobile JKN. Setelah daftar ada masa tunggu 14 hari untuk pembayaran iuran pertama. Setelah iuran pertama dibayar, kepesertaan BPJS mandiri anda akan langsung aktif.

      Hapus
  39. Mohin maaf saya mau tanya kemarin tgl 05 sya udh ke kantor bpjs sudah mengaktifkan peserta penangguhan pda tgl 05 okt trus harus bayr iuran pertma katanya tgl 19 okt tapi saya mau bayr tgl 19 keterangannya tagihan sudah terbayar .itu bagaimna ya sampai sekarng ga bisa di byar masih sma keterangannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua kemungkinan kenapa muncul "tagihan sudah terbayar". Pertama jika anda baru mendaftar BPJS mandiri, pembayaran iuran pertama harus sesuai tanggal yang sudah ditentukan, ada waktu pembayarannya dari tanggal... Sampai tanggal..... Ada batas waktunya. Jika sudah melewati batas waktu, anda harus menghubungi BPJS untuk reaktivasi nomor VA agar bisa membayar iuran pertama.
      Kemungkinan kedua adalah kepesertaan BPJS anda mungkin sudah beralih menjadi PBI yang iurannya dibayarkan pemerintah. Silahkan cek status kepesertaan BPJS anda melalui aplikasi mobile JKN atau whatsapp CHIKA. Untuk informasi lebih jelasnya anda juga bisa menghubungi care center BPJS Kesehatan di nomor 165.

      Hapus
  40. Saya penangguha peserta.saya cek pmbyaran sudah lunas knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih proses perubahan segmen ke PPU, tagihan untuk peserta PPU belum muncul, jadi keterangannya sudah lunas. Biasanya tagihan muncul setelah 14 hari dari pendaftaran, setelah iuran BPJS PPU dibayar oleh perusahaan tempat anda bekerja, status kepesertaan langsung aktif. Jika ingin mengetahui kapan BPJS PPU Aktif, silahkan tanya ke HRD/orang yang mengurusi BPJS di perusahaan tempat anda bekerja.

      Hapus
  41. Min punya anak saya sebelumnya bpjs mandiri karena tidak dapat bantuan pbi di dinsos,lalu masih ada tunggakan status bpjs tidak aktif karena penunggakan premi, minggu lalu saya cek dinsos nama anak saya terdaftar bantuan pbi ststus berubah menjadi panangguhan aktivasi peserta, itu maksdnya gmna ya min, mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek status kepesertaan melalui CHIKA atau Mobile JKN, jika segmen kepesertaan sudah menjadi PBI, maka tinggal tunggu iurannya dibayar oleh pemerintah, setelah iuran dibayar, kepesertaan akan aktif. Adapun tunggakan sewaktu menjadi peserta mandiri akan terus tercatat sebagai tunggakan, namun kartu BPJS PBI nya tetap bisa aktif dan bisa digunakan untuk berobat.

      Hapus
    2. Kalau sudah aktif kartunya apa perlu bayar lunas dulu dendanya?

      Hapus
    3. Yang saya sebutkan sebelumnya adalah tunggakan, bukan denda. Jika kartu PBI sudah aktif maka sudah bisa digunakan dan tidak ada denda, namun jika anda cek di aplikasi mobile JKN biasanya tetap ada status tunggakan BPJS mandiri meskipun kartu PBI aktif.

      Hapus
  42. Awal ny BPJS saya di tanggung sm pihak pabrik, terus saya kena phk. Sebulan setelah saya di phk BPJS saya sudah di non aktif dri pihak pabrik, lalu saya mengubah segmen ke pekerja mandiri terus mengubah kelas menjadi kelas 3 setelah itu ada pilihan pembayaran saya pilih pembayar lewat e-wallet (non bank) .terus status menjadi penangguhan pembayaran, apa krna saya belum bayar ya,terus saya bingung cara pembayaran gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang statusnya penangguhan pembayaran, karena harus menunggu 14 hari untuk pembayaran iuran pertama. Biasanya ada jadwal bayarnya pada menu info VA keluarga. Setelah iuran pertama dibayar sesuai jadwalnya, status kepesertaan akan langsung aktif. Pembayaran iuran pertama bisa anda lakukan secara manual, bisa melalui internet banking, e-commerce, kantor pos atau indomaret/alfamart.

      Hapus
  43. Maaf mau tanya, awal nya BPJS saya dari pemerintah, tapi saya sudah ke kantor BPJS untuk pengunduran diri dan pindah ke BPJS pribadi/mandiri. Di pertengahan bulan oktober saya urus BPJS nya, ini sudah awal bulan saat saya mau bayar untuk yang pertama kali, status kartu peserta saya tidak aktif (penangguhan peserta) di aplikasi mobile JKN. Jadi bagaimana caranya supaya BPJS bisa cepat aktif ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada masa tunggu 14 hari setelah daftar untuk pembayaran iuran pertama. Setelah iuran pertama dibayar sesuai jadwal bayarnya, status kepesertaan akan langsung aktif. Biasanya ada info kapan jadwal bayar iuran pertamanya pada menu info VA Keluarga di aplikasi Mobile JKN. Iuran pertama tidak bisa dibayar lebih cepat dari 14 hari.

      Hapus
  44. Izin bertanya admin,, saya hari ini daftar BPJS keluarga dan langsung diarahkan autodebet, dan saya pilih bank mandiri, dan rekening bank mandirinya kuga baru saya buka hari ini, sebelumnya saya pikir bisa autodebet pakai syariah, ternyata tidak ada pilihannya,, nah, sekarang sudah pilih mandiri dan sudah diisi norek, nama pemilik rekening dan no HP, setelah dilanjutkan, muncul tulisan "mohon lakukan registrasi mobile/sms banking terlebih dahulu" padahal saya sudah bisa akses mobil banking melalui "livin mandiri" tapi kok masih muncul tulisan tersebut ya min?
    Dan jika masuk ke app JKN, langsung nyuruh nyelesaikan autodebet dahulu, namun atodebetnya sama seprti diatas, muncul tulisan tsb

    Mohon bantuannya ya
    Terimkasih admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu masalah autodebet bank mandiri. Mungkin daftar mobile bankingnya harus dengan mendatangi customer service (CS) bank, baru datanya bisa terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN. Atau untuk lebih mudah daftar autodebetnya bisa pilih yang Non-Bank. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanyakan ke care center BPJS Kesehatan 165.

      Hapus
  45. kenapa ya di aplikasi JKN status saya & keluarga masih Tidak Aktif (Penangguhan Peserta) padahal perusahaan yg baru sudah mendaftarkan kami & juga sudah membayar ke BPJS. Apakah kami bisa berobat menggunakan BPJS walaupun status Tidak Aktif (Penangguhan Peserta) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu saja, penangguhan peserta artinya masih dalam proses peralihan ke BPJS PPU. Jika status tidak aktif, maka tidak dapat digunakan untuk berobat dengan jaminan BPJS.

      Hapus
  46. Haloo min mau tanya kan saya dr perusahaan solo sudah dinonaktifkan trus saya daftar yg mandiri nah pas kebetulan suami saya lg urgent bgt dirawat inap tetapi bpjs saya masi dalam tahap penangguhan. Apakah bisa secepatnya diaktifkan min biar ga nunggu 14 hr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengaktifan BPJS mandiri tidak bisa dipercepat, sudah aturannya 14 hari dari pendaftaran. Silahkan hubungi care center BPJS Kesehatan 165 untuk lebih jelasnya.

      Hapus
  47. Dulu sy iseng daftar BPJS kls 3 sampai sekarang sy blm bayar karena krg mengerti...berarti virtual acount nya SDH kadaluwarsa ya...cara untuk mendapatkan virtual acount yg baru gmn ya min...dan setelah dpt virtual acount yg baru apakah hrs menunggu aktifasi lg selama 14 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungi BPJS Kesehatan melalui care center atau aplikasi mobile JKN bagian pengaduan untuk mengaktifkan kembali virtual account anda. Pembayaran iuran pertama dapat dilakukan setelah 14 hari dari re-aktifasi/pendaftaran.

      Hapus
  48. mohon bantuanya admin, saya baru daftar bpjstku di hp masih tahap 1 dalam mengisi kolom isian sebagai BPU, dan setelah mengisi semua formulir dibagian akhir terdapat pilihan metode pembayaran namun sebelum melakukan transaksi tidak sengaja di hp tertekan tombol kembali sehingga saat mencoba kembali ke metode pembayaran tidak bisa seperti semula dan disana terdapat tulisan '' sedang menunggu pembayaran " nah sekarang bagaimana cara saya untuk membayarnya karena tidak bisa masuk lagi ke halaman pembayaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba daftar ulang dari awal, atau untuk lebih jelas masalah teknisnya silahkan hubungi care center BPJS Kesehatan 165 atau Mobile JKN menu pengaduan.

      Hapus
  49. Selamat malam, saya mau tanya. Sebelum menikah saya terdaftar di bpjs pemerintah / PBI. Kemudian setelah menikah saya mau ikut suami di bpjs perusahaan. Tp status di JKN saya aktif PBI tp suami tidak aktif (penangguhan peserta). Bagaimana caranya agar saya bisa beralih ke bpjs perusahaan suami saya? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kunjungi kantor BPJS Kesehatan dan membuat surat pernyataan untuk menghentikan kepesertaan PBI agar bisa pindah segmen ke non-PBI.

      Hapus
  50. Selamat malam, tgl 16/12/22 saya penambahan peserta anak lewat JKN. dari 2 peserta(suami istri sudah auto debit) ke 3 peserta(1anak baru), sudah ada VA, stlah 14 hari wktu saya mau bayar iuran pertama utk peserta baru (anak)kenapa yg muncul cuman 2 peserta lama dan tidak ada nama peserta baru? Padahal pakai VA peserta baru. Dan padshal 2 peserta lama (suami istri) sudah autodebit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tagihan iuran seharusnya sudah muncul jika sudah ada nomor VA. Untuk pengecekan lebih lanjut anda bisa hubungi care center BPJS Kesehatan 165 atau melalui menu pengaduan keluhan di mobile JKN.

      Hapus
  51. Kak mau tanya bisa kah masa penangguhan 14 hari dipercepat soalnya mau urus pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, sudah peraturannya begitu. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi care center BPJS Kesehatan 165.

      Hapus
  52. Asalamualaikum, sealmat pagi mohon bantuan dan masukan nya Bapak/Ibu. Pada hari sabtu 15 januari 2023 istri saya masuk ugd karena hrus mlakukan operasi caesar dari phak RS memberikan1X24 jam untuk pengurusan BPJS karena setatua nya ditangguhkanyg ternyata bpjs saya baru peralihan perusahaan dan perusahaan baru mendaftarkan dokumen saya pada tgl 9 januari 2023. Apakah bisa untuk di proses sampai aktif? Mohon bantuan nya Bapak/Ibu karena biayanyamahal sekali. Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Silahkan minta bantuan HRD atau orang yang mengurus pendaftaran BPJS di perusahaan anda. Status penangguhan peserta terjadi karena iuran BPJS PPU anda belum terbentuk atau iurannya belum dibayar. Jika belum dibayar, minta HRD untuk segera membayar khusus untuk iuran anda, jangan menunggu pembayaran kolektif untuk seluruh keryawan.

      Hapus
  53. Status BPJS saya di tangguhkan pembayaran, karena dulu saya mau coba bayar lewat ATM gagal terus, gimana solusinya? Apakah bisa kalo bayar lewat kantor pos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulunya kapan? Jika sudah lewat 1 bulan dari pendaftaran biasanya nomor virtual account anda inactive. Silahkan hubungi care center BPJS Kesehatan 165 atau melalui aplikasi mobile JKN menu pengaduan, untuk mengaktifkan kembali nomor virtual account anda agar bisa membayar iuran pertama.

      Hapus
  54. Selamat sore, bisa bertanya. Ada yang punya BPJS dari pemerintah tetapi setelah di cek tulisannya ditanguhkan atau tidak bisa di pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status kepesertaan BPJS PBI anda dinonaktifkan oleh pemerintah karena ada update data penerima BPJS PBI secara berkala. Untuk mengaktifkan kembali, silahkan hubungi dinas sosial setempat.

      Hapus
  55. Saya rubah kepesertaan BPJS jadi mandiri kelas 1 tetapi dalam akun JKN saya tulisannya Peserta ditangguhkan, lalu bagaimana ya tahapan selanjutnya agar bisa digunakan kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindah kelas akan diproses pada bulan berikutnya. Awal bulan maret setelah bayar iuran kelas 1 status akan aktif sebagai BPJS kelas 1.

      Hapus
  56. mohon di jawab,,,saya daftar bpjs lewat JKN MOBILE,sa,at registrasi saya mengambil segmen peserta mandiri,dan VA nya lengkap saya ambil di jkn mobile,,dan saya bayar lewat autodebet yang via doku ewalet,,,tapi kenapa setelah 2 hari daftar saya login pengecekan di jkn mobile,ada notif di VA nya saya tidak terdaftar di segment peserta mandiri,malah terdaftar di segment PBI,dan apabila saya mau bayar manual lewat gerai gimana soalnya VA nya tidak ada.kerana sgment PBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena sebelumnya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS PBI yang iurannya dibayar oleh pemerintah. Jika ingin pindah segmen dari PBI ke Mandiri, silahkan gunakan layanan pandawa atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  57. Saya telat bayar iuran pertama dan sekarang sudah bayar tapi seratus masih penangguhan pembayaran! Gimana solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laporkan ke BPJS Kesehatan melalui care center 165 atau aplikasi mobile JKN menu pengaduan.

      Hapus
  58. Saya peserta BJPS segmen pekerja swasta yang terdaftar di perusahaan, habis kontrak tahun 2019 otomatis iuran tidak di bayar dan nunggak, saat ini saya baru saja mengalihkan ke pekerja mandiri, untuk bisa aktif lagi apakah harus bayar iuran dan tunggakan selama setelah saya abis kontrak apa gimana, soalnya status nya penangguhan pembayaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segmen BPJS perusahaan yang nonaktif tidak dikenakan iuran bulanan, jadi selama nonaktif, meskipun bertahun-tahun, tidak akan ada tunggakan. Untuk pindah segmen ke BPJS mandiri, anda dapat membayar iuran pertama setelah 14 hari dari pendaftaran, setelah iuran BPJS mandiri dibayar, status kepesertaan akan langsung aktif.

      Hapus
  59. mba mau nanya apabila ada kesalahan dr kami si pihak perusahaan yang tidak sengaja menonaktifkan bpjs salah satu karyawan dan kami mau mengaktifkannya lg itu gimana ya solusinya

    BalasHapus
  60. Malem min saya mau tanya kemarin tgl 4 saya melakukan perubahan dari BPJS perusahaan ke mandiri dan baru bisa dibayar setalah 14 hari setelah saya cek lewat jkn mobile yg muncul kode va hanya untuk 1 org dan tagihan nya pun hanya untuk 1 org sementara istri dan anak saya tidak ada di info VA nya dan tidak ada tagihan nya mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya tagihannya untuk sekeluarga. Untuk pengecekan lebih lanjut, silahkan anda hubungi care center 165, menu pengaduan di mobile JKN, atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

      Hapus
  61. Ijin bertanya, bagaimana cara mengaktifkan bpjs yg ditangguhkan karena bercerai? Cek di aplikasi jkn tidak ada tunggakan pembayaran. Ingin beralih ke bpjs PBI krn tidak mampu jika mandiri. Sudah 3x mengajukan melalui RT & kelurahan, disuruh menunggu trs sampai ini sudah hampir 2 tahun tidak ada kabar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengaktifkan kembali, anda bisa bisa update data BPJS mandiri anda melalui layanan pandawa BPJS Kesehatan 08118165165, kemudian membayar iuran pertama, setelah iuran dibayar maka status kepesertaan otomatis aktif kembali. Namun jika ingin beralih ke BPJS PBI, silahkan ajukan melalui dinas sosial atau perangkat desa. Atau coba tanyakan kembali ke pihak yang mengurusi pengajuan BPJS PBI anda, apakah perlu pengajuan ulang atau tidak.

      Hapus
  62. Min sy peserta bpjs perusahaan stts di aplks jkn ada denda rawat inap,apakah dl. Kdaan stts denda rawat inap itu qt ttp bs dirawat atau dirujuk ke rs dg biaya bojs bukan umum ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, perawatan peserta di RS tetap ditanggung BPJS Kesehatan. Hanya saja saat mengurus administrasi rawat inap, pihak RS akan menginformasikan adanya denda, dan denda harus anda bayar langsung ke BPJS Kesehatan, bukan ke RS. Denda akan dikenakan jika anda rawat inap di RS saat status denda di aplikasi Mobile JKN masih berlaku, jika masa denda telah berakhir maka sudah tidak dikenakan denda. Untuk rawat jalan atau berobat ke poli tidak dikenakan denda.

      Hapus
  63. Min saya beralih dari bpjs perusahaan ke bpjs mandiri..kan mendaftar malalui auto debit bca.. itu harus nunggu 14 hari langsung kesedot lewat autodebit bca gak untuk pembayaran pertama? atau kusus pmbayaran pertama harus byar di ofline sperti alfamart,kantor pos dll ? Mkasih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Autodebet biasanya memotong saldo setiap awal bulan, jika jadwal autodebet sesuai dengan jadwal bayar iuran pertama maka tidak masalah iuran pertama menggunakan autodebet. Namun untuk menghindari pembayaran tidak sesuai dengan jadwal bayar disarankan pembayaran iuran pertama dilakukan secara manual, pembayaran bulan berikutnya dan seterusnya bisa menggunakan autodebet.

      Hapus
  64. min saya ingin bertanya, status aktif bpjs saya terakhir tahun 2019 krn masih ikut dari potongan gaji ayah saya. setelah lulus tahun 2019 akhir, status bpjs saya tidak aktif dan hingga saat ini ditangguhkan. saat ini saya sudah bekerja dan mengubah pembayaran menjadi pekerja mandiri. agar bpjs berubah statusnya dari penangguhan menjadi aktif, apakah harus dibayarkan terlebih dahulu tunggakan pada tahun2 sebelumnya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dulunya adalah segmen BPJS perusahaan, maka tidak ada tunggakan saat BPJS nya dinonaktifkan. Silahkan bayar iuran pertama, setelah iuran pertama dibayar, status kepesertaan akan aktif.

      Hapus
  65. Hai ka aku bikin BPJS kesehatan tapi yg saya tulisan tidak aktif karna fermi dan yg istri tidak aktif karna penangguhan pembayaran dan saya udah bayar tapi tetap sama seperti itu padahal saya butuh untuk lahiran KA itu gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan lapor ke kantor BPJS Kesehatan untuk pengecekan lebih lanjut atau hubungi care center BPJS 165. Biasanya harus diaktivasi kembali nomor virtual accountnya agar pembayaran iuran dapat diproses.

      Hapus
  66. Anak saya baru daftar bpjs kesehatan mandiri kelas 1saat usia 4 tahun, kenapa bayar premi pertamanya sebesar Rp. 1.800.000,- padahal baru daftar. Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturannya memang demikian. Kepesertaan BPJS Kesehatan diwajibkan untuk seluruh warga negara Indonesia, termasuk bayi baru lahir. Karena itu iuran untuk anak dihitung sejak anak lahir agar para orang tua mendaftarkan anaknya segera setelah lahir. Jika anda terlambat mendaftarkan sampai usia anak 4 tahun, maka iuran maksimal yang dihitung adalah iuran 24 bulan + iuran 1 bulan berjalan.

      Hapus
  67. Selamat malam min, mohon infonya suami sya di rawat inap dgn bpjs kesehatan masih ditangguhkan krn perpindahan dari ppu ke mandiri, namun dari pihak rs memberi kelonggaran untuk pengurusan bpjs yg ditangguhkan dalam waktu 3 x 24 jam. Apakah bisa min kartu bpjs nya bisa aktif kembali sebelum 14 hari dgn membawa surat keterangan sedang dirawat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk perpindahan segmen BPJS PPU ke Mandiri, biasanya tetap harus menunggu 14 hari baru bisa aktif BPJS mandirinya. Kecuali segmen BPJS anda adalah BPJS PBI yang nonaktif, bisa langsung aktif kembali dengan mengurus ke dinas sosial kemudian ke kantor BPJS Kesehatan. Untuk lebih jelasnya silahkan anda tanyakan ke care center atau petugas di kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  68. Halo min,Bagaimana cara cetak kartu peserta BPJS setelah daftar melalui aplikasi Mobile JKN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke menu kartu peserta, klik kirim email, buka email anda dan cetak file kartu dengan printer atau cetak di tukang fotokopi biar sekalian dilaminating.

      Hapus
  69. boleh saya bertanya ? dulu pernah buat bpjs mandiri, lalu bekerja dan status bpjs nya jadi PPU di bayarkan oleh perusahaan. nah skg sudah tidak bekerja bisakah kembali ke bpjs mandiri ? dan bisa langsing aktif ga bpjs nya setelah kita bayar iuran ? apa sama harus nunggu lagi 14 hari ? mohon d jawab ta terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika belum 30 hari sejak dinonaktifkan biasanya bisa langsung aktif setelah mutasi ke BPJS mandiri. Jika sudah lama nonaktifnya maka harus menunggu 14 hari untuk membayar iuran pertama, setelah dibayar maka kepesertaan akan aktif kembali. Untuk pindah kepesertaan dari BPJS PPU ke Mandiri, anda bisa menggunakan layanan pandawa 08118165165 atau datang ke kantor BPJS Kesehatan.

      Hapus
  70. Saya mau bertanya sudah melakukan pengalihan dari PPU ke Mandiri jadi saya harus menunggu selama 14 hari agar status aktif dan pembayaran tidak ditangguhkan? Dan bagaimana caranya agar pembatalan autodebet agar bisa di tanggung perusahaan? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, pengalihan dari PPU ke mandiri harus menunggu 14 hari untuk membayar iuran pertama, kecuali belum sebulan sejak nonaktif dari PPU bisa langsung aktif. Autodebet tidak bisa dibatalkan tapi bisa anda ganti ke autodebet non bank kemudian saldonya tidak diisi agar tidak terpotong. BPJS mandiri harus anda bayar sendiri, tidak bisa dibayar oleh perusahaan.

      Hapus
  71. Mau tanya. Saya mendaftar BPJS Kesehatan tsi Mobile JKN tanggal 1 Agustus dan sekarang tanggal 16 Agustus.
    Jadi kalo di hitung harinya sudah lewat 14 hari dari mulai tanggal Pendaftaran.
    Pertanyaannya
    1.pakah saya harus menunggu 14 hari lagi supaya preminya bisa di bayar
    2. Apakah setelah lewat 14 hari dari mulai tanggal daftar apakah sudah di kenakan Denda karena terlambat bayar premi pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah. Bayar saja iuran pertamanya. Pembayaran iuran pertama dapat dilakukan setelah 14 hari dari pendaftaran sampai hari ke 30, biasanya diinformasikan saat pendaftaran. Setelah iuran dibayar, status kepesertaan akan langsung aktif.

      Hapus
  72. Min, saya mau tanya. Mertua saya daftar bpjs mandiri bulan juli 2023 dengan system pembayaran autodebet bca. Pada bulan agustus (setelah 30 hari/lebih dr 14 hari) tidak terjadi pemotongan dr rek bca. Jadi statusnya penangguhan pembayaran. Apakah pada bulan berikutnya akan ada akumulasi debet pembayaran jadi 2 kali? Karena saya coba bayar manual juga ternyata tdk bisa. Mohon info nya min. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batas pembayaran iuran pertama adalah setelah hari ke-14 sampai hari ke-30 dari pendaftaran. Jika sudah lewat 30 hari dan belum melakukan pembayaran biasanya nomor virtual account menjadi inactive. Anda perlu lapor ke BPJS Kesehatan untuk mengaktifkan nomor virtual account agar dapat membayar iuran pertama, bisa lewat care center 165, menu pengaduan di Mobile JKN, atau datang ke kantor cabang.

      Hapus
  73. halo admin, mau tanya, saya kan sdh beralih status kepesertaan dari PBI Ke mandiri tgl 25 agustus, tgl 1 september tagihan sdh keluar dan sdh saya bayarkan pagi, awalnya status sdh berubah menjadi aktif, ternyata pas sore saya cek JKN status justru berubah kembali menjadi "penangguhan" . dan ini sdh 3 x 24 jam dari tgl pembayaran masih sama statusnya tetap penangguhan. mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya untuk pembayaran iuran pertama setelah pindah segmen ke mandiri, perlu menunggu hari ke 14 untuk pembayaran iuran pertama. Silahkan anda hubungi pihak BPJS Kesehatan untuk pengecekan dan penanganan lebih lanjut, bisa melalui menu pengaduan pada aplikasi Mobile JKN atau hubungi care center 165.

      Hapus
  74. Halo admin, saya peserta PPU yang baru pindah perusahaan dan baru didaftarkan bulan ini di perusahaan yang baru dengan status di e-dabu "Proses Berhasil", di aplikasi mobile JKN status saya "Penangguhan Peserta".
    Saya mengerti bahwa saya harus menunggu sampai jadwal perusahaan membayar tagihan bulan ini barulah status BPJS saya bisa aktif, tapi apakah tidak ada solusi lain supaya saya bisa menggunakan BPJS kesehatan saat ini ? karena kondisi saya saat ini sedang di IGD dan membutuhkan perawatan dengan biaya yang cukup tinggi.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda konsultasikan dengan HRD agar pembayaran iuran BPJS perusahaan dipercepat agar kartu BPJS anda segera aktif.
      Atau konsultasikan ke pihak RS, sebagian RS yang berpengalaman dapat membantu memberikan solusi, biasanya jika anda sampaikan bahwa BPJS anda tidak aktif sedangkan anda tidak mampu, pihak RS akan menyarankan anda untuk membuat SKTM ke kelurahan dan pengantar puskesmas, lalu berkas anda bawa ke RS, dan pihak RS akan memberi surat pengantar untuk di acc ke dinas sosial, setelah itu serahkan lagi berkas tersebut ke RS. Dengan cara ini pengobatan anda dapat dijamin oleh jaminan kesehatan daerah/UHC, bukan dijamin BPJS.

      Hapus
  75. Saya baru saja resign dari perusahaan... Dan bpjs saya rubah data jd peserta mandiri... Tp ko anak sama istri saya di tangguhkan pembayaran... Begitu saya mau bayar tp penjelasannya sdh di bayar blm waktunya membayar.. Kira kira apa solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah pindah segmen dari BPJS perusahaan ke BPJS mandiri, ada status penanggungan pembayaran selama 14 hari. Silahkan anda bayar iuran pertama setelah 14 hari, setelah iuran dibayar, status kepesertaan akan aktif secara otomatis.

      Hapus
  76. Halo min mau tanya. Setelah daftar dan membayar virtual account sampai 14 hari, apakah bisa lngsung dipakai untuk rawat inap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting status kepesertaan sudah aktif. Setelah iuran dibayar sesuai jadwal bayar setelah 14 hari dari pendaftaran, status kepesertaan akan aktif secara otomatis, dan jika status kepesertaan aktif maka BPJS bisa anda gunakan untuk berobat di faskes 1. Untuk rawat inap, anda perlu mendapatkan surat rujukan dari faskes 1, kecuali pasien yang rawat inap lewat jalur IGD. Pasien gawat darurat bisa langsung menuju IGD tanpa surat rujukan dan jika beruntung, ada kamar kosong, bisa langsung rawat inap.

      Hapus
  77. Halo min mau tanya. Setelah daftar ulang dan diberi virtual account, setelah 14 hari dibayar apa bisa digunakan untuk rawat inap atau hanya untuk berobat jalan saja min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika status kepesertaan sudah aktif, maka BPJS anda bisa anda gunakan untuk berobat di faskes 1. Untuk rawat inap di RS, terlebih dahulu anda perlu mendapatkan surat rujukan dari faskes 1, kemudian berobat ke Poliklinik di RS, jika anda membutuhkan perawatan rawat inap, dokter akan menginformasikan cara mengurus administrasinya. Jika pasien dalam keadaan gawat darurat, anda bisa langsung membawa pasien ke IGD, dan jika beruntung, ada kamar kosong, pasien bisa langsung masuk kamar rawat inap.

      Hapus
  78. min 4 bulan yang lalu saya sudah dftr bpjs kesehatan di jkn mobile, tetapi saya lupa membayar premi pertamanya.
    nah jika saya daftar uang apakah 4 bulan kemarin itu dihitung tunggakan min?

    BalasHapus
  79. Kak ini saya baru saja nonaktif trus saya ubah mandiri, tp status penangguhan pembayaran. Apa harus nunggu 14 hari dulu?

    BalasHapus
close