Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, October 14, 2016

Mengetahui Usia kehamilan Dengan Pemeriksaan USG

Bagi ibu hamil, penting untuk mengetahui usia kehamilan dalam hitungan minggu ya, bukan bulan. Sebaiknya periksakan ke bidan, dokter, atau dokter spesialis kandungan sejak awal kehamilan. Usia kehamilan dapat diketahui melalui penghitungan hari pertama haid terakhir (HPHT), penilaian klinis, dan pemeriksaan USG.

Pemeriksaan USG berfungsi untuk mengetahui kesehatan, biometri (ukuran organ tubuh) janin yang akan digunakan sebagai indikator untuk menghitung perkiraan berat janin, pertumbuhannya, serta mengetahui kondisi air ketuban. Lebih banyak dan vital, dari sekedar mengetahui jenis kelamin. Biometri USG menjadi gold-standard untuk menilai pertumbuhan janin.

Pemeriksaan USG pertama sebaiknya dilakukan lebih awal, idealnya pada 8 sampai 13 minggu kehamilan (trimester 1). Hal ini akan lebih akurat untuk memperkirakan usia kehamilan daripada penilaian USG pada akhir kehamilan (trimester 3). Meskipun penilaian USG pada trimester ketiga kehamilan ini digunakan untuk memperkirakan berat janin. Kesalahan USG pada trimester ketiga bisa mencapai 4 minggu dalam menentukan usia kehamilan, dibandingkan dengan kesalahan dalam USG trimester pertama yang hanya 3-5 hari. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan untuk mengenali usia kehamilan yang sebenarnya dan pengaruhnya terhadap kesesuaian pertumbuhan janin terhadap usia kehamilan.


Sebagai kesimpulan, dengan mengetahui HPHT yang akurat dan tepat, dan melakukan pemeriksaan USG dini, akan sangat membantu untuk menentukan usia kehamilan, yang menjadi landasan dari penilaian pertumbuhan janin yang normal pada kehamilan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengetahui Usia kehamilan Dengan Pemeriksaan USG

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment