Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suntikan Hemapo, Eprex dan Recormon Untuk Pasien Penyakit Ginjal Kronis

HEMAPO, EPREX dan RECORMON ini adalah suntikan EPO (serum erithropoietin) yang sering kita gunakan untuk meningkatkan Hb pasien penyakit ginjal kronis.

Gunakan suntikan ini untuk mencegah transfusi darah yang tentunya mempunyai banyak resiko (mulai dari kulit menghitam gosong permanen, gatal-gatal, demam bahkan reaksi tubuh yang bisa mengakibatkan kematian).

Suntikan ini bisa dilakukan pada Hb berkisar antara 7-10, dimana Hb dibawah 7 dianjurkan untuk melakukan transfusi, dan Hb diatas 10 sebaiknya kita tunjang dengan makanan, karena penggunaan EPO terlalu banyak juga bisa berakibat buruk pada tubuh kita.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menyuntikan EPO ini adalah:
  1. Pastikan asam folat dan vit B12 anda tercukupi (bisa dengan suntikan Neurobion/Neurosanbe 5000 inject waktu HD).
  2. Pastikan Tensi systolik (atas) anda dibawah 180mmHg, karena EPO dapat meningkatkan tensi anda.
  3. kadar serum ferritin > 100 g/L atau saturasi transferrin >20% , jika tidak dianjurkan untuk diberikan preparat besi 200 mg/hari per oral. (hemobion kapsul)

Suntikan hemapo, eprex, recormon

Setelah Hb sudah mencukupi, jangan menggunakan EPO secara terus menerus karena dapat menyebabkan ketidak seimbangan kalium fosfat dan tensi dalam darah kita sehingga susah mengaturnya, bahkan dalam dosis tinggi beberapa mengatakan dapat menyebabkan serangan jantung dan strokes.

Sumber: Iv An Aw

Posting Komentar untuk "Suntikan Hemapo, Eprex dan Recormon Untuk Pasien Penyakit Ginjal Kronis"

close