Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Harus Anda Lakukan Untuk Mengobati Kolesterol Tinggi


Apa saja gejala kadar kolesterol tinggi?

Kadar kolesterol yang tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Serangan jantung atau stroke misalnya dapat disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi.

Ini biasanya tidak terjadi sampai kadar kolesterol tinggi menghasilkan pembentukan plak di arteri Anda. Plak dapat mempersempit arteri dan mengurangi aliran darah. Ini berpotensi menyebabkan komplikasi serius. Oleh karena itu, pemeriksaan harus dilakukan secara berkala karena kondisi ini tidak menunjukkan gejala apapun.

Bagaimana kadar kolesterol tinggi dapat dikonfirmasi melalui diagnosis?

Dokter Anda dapat memastikan kolesterol darah tinggi dengan memeriksa kadar kolesterol dalam darah Anda.

Sebelum tes, Anda harus berpuasa (jangan makan atau minum, kecuali air putih) selama 9 hingga 12 jam.

Tes darah akan memungkinkan dokter Anda untuk mendapatkan informasi tentang kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL & HDL. Tes kadar kolesterol total dan HDL tidak memerlukan puasa. Jika kolesterol total Anda 5,17 mmol/L atau lebih, atau jika kolesterol HDL Anda kurang dari 1,03 mmol/L, dokter mungkin menyarankan Anda untuk melakukan tes darah untuk mengukur kadar kolesterol Anda.

Fakta atau Mitos: Anda harus berpuasa sebelum menjalani tes kolesterol

MITOS:
Tes darah membantu dokter memeriksa masalah kesehatan tertentu dan mengetahui seberapa baik fungsi tubuh Anda. Dokter juga menggunakannya untuk mengetahui seberapa efektif pengobatannya. Anda tidak harus berpuasa sebelum menjalani semua tes darah. Dokter akan memberi tahu jika Anda perlu berpuasa.

Berolahraga secara teratur dan tingkatkan aktivitas fisik Olahraga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol Anda sementara aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Pertimbangkan kegiatan berikut:
  • Jalan cepat, naik sepeda ke tempat kerja.
  • Berenang dan berolahraga

Makanan yang sehat untuk jantung


1. Pilih lemak yang lebih sehat

Daging merah dan produk susu memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, yang dapat meningkatkan kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat). Anda masih dapat mengkonsumsi makanan seperti ini tetapi membuat pilihan yang lebih sehat seperti daging rendah lemak, produk susu rendah lemak dan lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan dalam minyak zaitun dan canola, serta lemak tak jenuh ganda, yang merupakan jenis lemak makanan. Ini adalah salah satu lemak paling sehat, bersama dengan lemak tak jenuh tunggal.

2. Kurangi lemak trans

Asupan lemak trans dapat meningkatkan kolesterol "jahat" Anda dan mengurangi kolesterol "baik" Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Kurangi konsumsi gorengan dan produk komersial seperti biskuit manis, biskuit kerupuk, dan kue camilan dengan kandungan lemak trans tinggi.

3. Makan makanan yang kaya asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 tidak berpengaruh pada kolesterol LDL. Ini baik untuk jantung Anda dan membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik), sekaligus menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida. Sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3 termasuk ikan seperti salmon dan mackerel, walnut, almond, dan biji rami.

4. Tambahkan serat larut

Serat dapat dibagi menjadi dua jenis - larut dan tidak larut. Serat larut dapat ditemukan dalam produk seperti buah-buahan, gandum dan dedak gandum, sayuran, kacang, dan kacang-kacangan, yang dapat membantu menurunkan kadar LDL Anda.

5. Berhenti merokok

Jika Anda merokok, hentikan kebiasaan ini. Dengan berhenti merokok, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan mendapatkan banyak manfaat lainnya. Dalam setahun, risiko penyakit jantung berkurang setengahnya dibandingkan perokok. Dalam 15 tahun, risiko penyakit jantung Anda sebanding dengan seseorang yang tidak pernah merokok.

6. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan, bahkan hanya beberapa kilogram, dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Menurunkan berat badan hanya 5 sampai 10 persen dari berat badan Anda dapat menurunkan kadar kolesterol. Mulailah dengan mengevaluasi kembali kebiasaan makan dan rutinitas harian Anda.

7. Minum alkohol hanya dalam jumlah sedang

Jika Anda minum alkohol, minumlah dalam jumlah sedang. Untuk orang dewasa yang sehat, ini berarti hingga satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan pria 65 tahun ke atas, sedangkan untuk pria 65 tahun ke bawah, mereka dapat minum hingga dua gelas sehari.

Asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung dan stroke.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda hari ini.

Makanan Layak Dipertimbangkan


Makanan yang Dapat Mengontrol Kadar Kolesterol Anda

Diet sehat dengan lemak jenuh rendah penting untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali. Tahukah Anda bahwa Anda dapat lebih menurunkan kadar kolesterol dengan mengikuti tips diet harian di bawah ini?

  • Pilih biji-bijian utuh
    Biji-bijian utuh mengandung berbagai nutrisi yang membantu menjaga kesehatan jantung. Contoh makanan sehat yang mengandung biji-bijian utuh adalah oat flakes dan oat bran.
  • Makan banyak buah dan sayuran
    Buah dan sayuran yang kaya serat makanan dapat membantu menurunkan kolesterol.
  • Makan ikan yang menyehatkan jantung
    Pilih ikan yang menyehatkan jantung seperti salmon dan mackerel, yang kaya akan asam lemak omega-3.

Makanan Yang Mengandung Banyak Kolesterol

Tingkat kolesterol dalam tubuh Anda tergantung pada diet Anda serta produksi oleh tubuh Anda sendiri.

Diet yang mengandung kolesterol makanan dalam jumlah tinggi telah terbukti menyebabkan kolesterol darah tinggi pada beberapa orang. Namun, penelitian telah menemukan bahwa lebih penting untuk membatasi asupan lemak jenuh dan lemak trans daripada membatasi kolesterol makanan untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Ketahui lemak Anda: baik, buruk, dan berbahaya


Penting untuk mengetahui lebih banyak tentang lemak "baik", seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, dan lemak "jahat", seperti lemak jenuh dan lemak trans. Berikut adalah beberapa dari berbagai kategori lemak yang dimaksud, termasuk lemak baik, lemak jahat dan lemak yang benar-benar berbahaya.

Lemak Baik

1. Lemak Tak Jenuh Tunggal, termasuk lemak baik, dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), terdapat dalam:
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Minyak zaitun
  • Alpukat
  • Minyak kanola

2. Lemak Tak Jenuh Ganda, termasuk lemak baik dan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), terdapat dalam:
  • Ikan salmon dan tenggiri
  • Ikan trout dan sarden
  • Minyak jagung dan minyak kedelai
  • Minyak wijen dan bunga matahari

Lemak Jahat

1. Lemak jenuh, termasuk lemak jahat dan dapat meningkatkan kadar kolesterol keseluruhan, khususnya kolesterol jahat atau LDL, terdapat dalam:
  • Daging sapi dan ayam
  • Telur
  • Mentega
  • Krim dan produk susu
  • Dan dalam produk nabati dan minyak tropis:
  • Kelapa dan minyak kelapa
  • Minyak sawit
  • Mentega coklat

Lemak Berbahaya

1. Lemak Trans, termasuk lemak jahat, dapat mengurangi kadar kolesterol baik (HDL) dan menambah kadar kolesterol jahat (LDL), terdapat dalam lemak terhidrogen:
  • Margarin
  • Lemak Nabati
Digunakan dalam:
  • Biskuit manis
  • Biskuit cracker
  • Keripik
  • Makanan cepat saji

Fakta atau Mitos: Mengganti mentega dengan margarin akan membantu menurunkan kadar kolesterol saya

MITOS:
Margarin mengandung lemak trans yang tidak sehat. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua margarin sama. Beberapa margarin mengandung lemak trans. Umumnya, margarin yang lebih padat mengandung lebih banyak lemak trans. Oleh karena itu, margarin buku biasanya mengandung lebih banyak lemak trans daripada margarin dalam kemasan. Semua makanan berlemak harus dikonsumsi secukupnya jika kadar kolesterol Anda tinggi.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda hari ini.

Pengobatan Kolesterol Tinggi


Anda harus mengubah pola makan dan gaya hidup Anda jika Anda khawatir tentang kadar kolesterol yang tidak sehat. Bagi sebagian orang, mengubah pola makan dan gaya hidup saja sudah cukup. Namun, orang lain mungkin perlu minum obat, terutama jika Anda memiliki masalah medis.

Anda dapat menilai risiko serangan jantung atau stroke berdasarkan kadar kolesterol dan faktor risiko lainnya dengan menjalani pemeriksaan dokter. Setelah melakukan penilaian, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang perawatan atau program yang tepat untuk Anda.

Obat Untuk Menurunkan Kolesterol

Ada berbagai obat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Statin biasanya direkomendasikan untuk sebagian besar pasien karena telah terbukti mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Jika Anda mengalami efek samping yang serius atau jika pengobatan dengan statin saja tidak cukup, dokter Anda mungkin juga merekomendasikan obat lain.

Kami menyarankan Anda berbicara dengan dokter Anda jika Anda termasuk dalam kelompok risiko yang lebih tinggi berikut:
  • Orang dewasa dengan kadar LDL tinggi dan memiliki risiko 7,5 persen atau lebih mengalami serangan jantung atau stroke dalam waktu 10 tahun. Perhatian: Silakan periksa risiko kardiovaskular Anda dengan dokter Anda.
  • Orang dengan riwayat penyakit kardiovaskular (serangan jantung, stroke, angina stabil atau tidak stabil, penyakit arteri perifer, atau vaskularisasi koroner atau arteri lainnya).
  • Orang berusia 21 tahun ke atas yang memiliki kadar kolesterol LDL (jahat) yang sangat tinggi (4,91 mmol/L atau lebih tinggi).
  • Penderita diabetes dengan kadar kolesterol LDL tinggi, berusia antara 40 dan 75 tahun.

Apa itu statin?

Statin adalah jenis obat yang diberikan oleh dokter untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengapa saya membutuhkan statin untuk menurunkan kadar kolesterol saya? 31 Statin membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat "yang diproduksi oleh tubuh Anda.

Kolesterol selalu diproduksi oleh tubuh Anda. Karena itu, jika Anda berhenti mengonsumsi statin, kemungkinan kadar kolesterol Anda akan naik kembali. Jika Anda diberi statin oleh dokter, Anda harus mengikuti resep dan sarannya.

Jika Anda pernah mengalami serangan jantung atau stroke, Anda mungkin akan diberi resep statin untuk mengurangi risiko kejadian lain. Jika Anda menderita diabetes, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Dengan mengonsumsi statin, Anda dapat mengurangi risiko tersebut.

Kapan saya harus minum statin?

Obat Anda harus diminum secara teratur sesuai resep. Bicaralah dengan dokter Anda tentang kapan Anda harus mengonsumsi statin.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Harus Anda Lakukan Untuk Mengobati Kolesterol Tinggi"

close