Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Nomor Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Aktif Secara Online Tanpa Ribet (JKN-KIS)


Ternyata cara cek nomor kartu BPJS aktif atau tidak aktif secara online sangatlah mudah dan anda bisa melakukannya tanpa ribet. BPJS Kesehatan sudah lama menyediakan kanal layanan untuk mengecek status kepesertaan apakah aktif atau tidak dan dapat diakses secara online. Apabila status kepesertaan aktif, maka peserta dapat menggunakan kartu BPJS atau KIS untuk berobat.

Ada beberapa kanal layanan untuk mengecek nomor kartu BPJS aktif atau tidak secara online, diantaranya adalah CHIKA (Chat Assistant JKN), Aplikasi Mobile JKN, Care Center BPJS Kesehatan 165, VIKA (Voice Interactive JKN), dan direct message di media sosial resmi BPJS Kesehatan. Dari semua kanal layanan ini, yang paling mudah untuk mengecek status kepesertaan JKN adalah dengan menggunakan layanan CHIKA.

Sebelumnya perlu kita ketahui, JKN dari BPJS Kesehatan berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba. Hasil pengelolaan dana jaminan sosial dipergunakan seluruhnya untuk pengembangan program dan sebesar-besarnya untuk kepentingan peserta.

Cara Mudah Cek Status Kepesertaan BPJS Aktif atau Tidak Secara Online


Untuk memastikan kepesertaan BPJS atau nomor kartu KIS masih aktif atau tidak aktif, maka peserta dapat melakukan pengecekan secara berkala. Jangan sampai saat kartu KIS hendak digunakan untuk berobat, kepesertaan sudah tidak aktif lagi.

Adapun cara untuk mengecek kepesertaan BPJS yang aktif atau tidak secara online tersedia dalam beberapa opsi, yang pastinya berlaku di tahun 2022, diantaranya:

1. Melalui Layanan CHIKA (Chat Assistant JKN)

Layanan CHIKA dapat diakses melalui aplikasi Whatsapp, Telegram, dan Facebook. Nomor Whatsapp CHIKA adalah 08118750400. Alamat Telegram CHIKA adalah @Chika_BPJSKesehatan_bot. Alamat Facebook CHIKA adalah Facebook Messenger di Facebook Resmi BPJS Kesehatan di facebook/BPJSKesehatanRI.

Berikut cara cek nomor BPJS Kesehatan aktif atau tidak aktif melalui CHIKA:
  • Chat CHIKA melalui Whatsapp, Telegram, atau Facebook
  • Anda bisa mengucapkan salam, kemudian CHIKA akan membalas chat otomatis berisi menu
  • Pilih menu cek status peserta
  • Ketik nomor kartu BPJS/KIS peserta atau NIK
  • Ketik tanggal lahir sesuai format yang diminta
  • CHIKA akan menampilkan informasi Status kepesertaan JKN-KIS aktif atau tidak aktif.
Baca Juga: Cara Menggunakan PANDAWA, Layanan Untuk Mengurus BPJS Kesehatan Secara Online

2. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Sebelum melakukan cek status BPJS Kesehatan aktif atau tidak, peserta harus mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dulu melalui Google Play Store atau App Store, kemudian mendaftarkan diri sebagai pengguna aplikasi Mobile JKN.

Contoh status kepesertaan Tidak Aktif di aplikasi Mobile JKN

Berikut cara cek nomor kartu BPJS aktif atau tidak melalui aplikasi Mobile JKN:
  • Unduh aplikasi Mobile JKN melalui Play Store ataupun App Store
  • Setelah selesai, buka aplikasi dan login menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan, email aktif dan password
  • Jika anda belum memiliki akun, pilih opsi Masuk/Daftar, kemudian pilih “Daftar” lalu isi NIK dan Captcha
  • Kemudian akan muncul konfirmasi Anda sudah terdaftar sebagai peserta, namun belum memiliki akun Mobile JKN, pilih “Daftar” sekali lagi
  • Selanjutnya isi nomor kartu JKN dan buat password
  • Pilih metode verifikasi menggunakan SMS atau Email
  • Masukkan kode unik yang diperoleh dari motode verifikasi tadi ke form verifikasi.
  • Setelah itu, klik “Verifikasi”.
  • Kemudian kembali ke aplikasi dan layar akan menampilkan menu utama.
  • Dan untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan, pilih menu “Info Peserta”.

3. Melalui Care Center BPJS Kesehatan 165 (VIKA)

Cara cek status BPJS Kesehatan secara online juga bisa dilakukan melalui sambungan telepon rumah ataupun telepon seluler dengan menghubungi Care Center BPJS Kesehatan 165 atau VIKA (Voice Interactive JKN). Layanan ini bisa dilakukan selama 24 jam tujuh hari seminggu.

Berikut cara cek status BPJS aktif atau tidak melalui Care Center 165 atau VIKA:
  • Menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165
  • Memilih jenis layanan 1 (satu)
  • Memilih layanan status kepesertaan
  • Mengetikkan nomor peserta/NIK
  • Masukkan tanggal lahir
  • Voice Interactive JKN (VIKA) akan menyampaikan informasi status kepesertaan JKN-KIS aktif atau tidak aktif.

Cara Cek Status BPJS Aktif Atau Tidak Secara Offline


Selain mengecek keaktifan BPJS secara online, anda juga bisa cek aktif tidaknya BPJS atau KIS dengan menanyakan langsung ke fasilitas kesehatan seperti klinik, puskesmas ataupun rumah sakit. Cukup berikan nomor KIS dan juga nama lengkap maka petugas akan mengeceknya.

Atau anda juga bisa mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk menanyakan informasi mengenai status kepesertaan BPJS atau KIS. Namun dengan cara ini anda harus antri dan menunggu hingga giliran tiba, barulah kemudian petugas akan menanyakan nomor BPJS atau KIS dan juga informasi data diri untuk verifikasi.

Bayarlah iuran BPJS tepat waktu karena itu adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap peserta. Apabila anda telat membayar hingga melewati akhir bulan berjalan maka status kepesertaan BPJS akan langsung dinonaktifkan. Apabila kepesertaan nonaktif, setelah pengaktifan kembali akan dikenakan denda pelayanan rawat inap tingkat lanjut. Untuk mengetahui cara mengecek kepesertaan BPJS yang masih aktif atau tidak, anda bisa melakukannya secara online dan tentunya tanpa ribet.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Nomor Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Aktif Secara Online Tanpa Ribet (JKN-KIS)"

close