Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Berbau, Terutama Gigi Tiruan Lepasan (Tips)


Gigi palsu atau gigi tiruan merupakan protesa atau alat yang dipakai di rongga mulut untuk mengembalikan fungsi kunyah setelah pencabutan gigi. Secara garis besar gigi tiruan terbagi menjadi dua yaitu gigi tiruan lepasan yang bisa dipasang dan dilepas secara mandiri oleh pemakai gigi tiruan, dan gigi tiruan cekat yang secara permanen melekat di bagian rongga mulut dan hanya bisa dilepas secara profesional oleh dokter gigi.

Apapun jenis gigi tiruan yang akan dibuat, terdapat beberapa faktor yang harus dipersiapkan sebelum anda memutuskan untuk membuatkan gigi tiruan di dokter gigi anda.

1. Persiapan kondisi rongga mulut

Sebelum membuat gigi tiruan, ada beberapa faktor lokal dalam rongga mulut yang harus anda perhatikan, yaitu apakah masih ada sisa akar gigi yang harus dicabut, gigi berlubang yang perlu ditambal, maupun karang gigi yang belum dibersihkan. Untuk itu sangat penting untuk memastikan bahwa anda datang ke dokter gigi dan bukan ke tukang gigi untuk membuat gigi tiruan agar permasalahan dalam rongga mulut yang masih tersisa tersebut dapat diatasi sebelum menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

2. Kemauan dan kesiapan mental untuk memakai gigi tiruan

Kebanyakan orang yang akan membuatkan gigi tiruan memiliki ekspektasi berlebih bahwa gigi tiruan yang dipakai akan langsung nyaman dipakai dan sama persis rasanya seperti gigi asli. Gigi tiruan pada dasarnya merupakan benda baru dalam mulut sehingga membutuhkan waktu agar anda bisa beradaptasi dengan baik. Umumnya diperlukan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu sampai anda terbiasa. Begitu anda sudah dapat beradaptasi dengan gigi tiruan, anda akan dapat mengunyah dan berbicara dengan nyaman. Kontrol secara rutin ke dokter gigi akan sangat membantu proses adaptasi ini.

3. Sesuaikan budget pembuatan gigi tiruan

Faktor ini menjadi salah satu penentu tipe gigi tiruan yang akan anda pakai. Umumnya gigi tiruan cekat membutuhkan budget yang lebih mahal dibandingkan gigi tiruan lepasan. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi anda tentang berapa kisaran budget yang diperlukan karena biaya yang dibutuhkan bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis gigi tiruan, bahan yang dipakai untuk mempersiapkan gigi tiruan dan lain sebagainya. Dengan konsultasi terlebih dahulu, anda dapat mempersiapkan budget yang sesuai dengan gigi tiruan yang anda harapkan. Apapun pilihan anda, pastikan anda datang ke dokter gigi dan bukan ke tukang gigi karena kesehatan gigi dan mulut anda jauh lebih penting dibandingkan biaya murah namun menimbulkan masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Tips merawat gigi tiruan lepasan


Gigi tiruan lepasan merupakan gigi palsu yang dibuat untuk menggantikan gigi hilang yang dapat dipasang dan dilepas secara mandiri oleh penggunanya.

Berikut adalah tips yang bisa anda gunakan untuk merawat gigi tiruan agar tidak berbau dan tetap awet serta nyaman digunakan:

1. Berhati-hati ketika melepas dan memasang kembali gigi tiruan, terutama jika gigi tiruan anda terdapat komponen kawat atau logam yang berfungsi sebagai cengkeram pada gigi asli.

2. Usahakan untuk selalu melepas dan membersihkan gigi tiruan setiap kali anda makan dengan membilasnya di bawah air mengalir. Hal ini untuk menghindari sisa makanan yang terjebak di sela gigi tiruan. Jangan lupa untuk berkumur sebelum memasang gigi tiruan anda kembali.

3. Membersihkan gigi tiruan setiap kali anda menggosok gigi. Gunakan sikat lembut dan hindari memakai pasta gigi karena bahan abrasif yang terkandung dalam pasta gigi dapat merusak permukaan gigi tiruan.

4. Lakukan kontrol rutin ke dokter gigi paling tidak sekali dalam setahun untuk pemeriksaan gusi dan gigi anda. Gusi anda dapat mengalami penurunan seiring berjalannya waktu sehingga bisa menimbulkan gigi tiruan terasa longgar.

Tidak hanya menjaga agar gigi palsu lepasan tetap awet dan tak berubah warna, beberapa tips di atas juga bisa mencegah bau mulut. Ayo lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Cara Menghindari Agar Gigi Palsu Lepasan Tidak Berbau


Seperti halnya gigi asli, gigi palsu lepasan juga dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap jika tidak diperhatikan. Setelah makan, sisa makanan dapat bersarang di bawah gigi palsu lepasan Anda dan dapat menjadi sumber dari setiap bau mulut. Plak yang disebabkan oleh makanan yang tersisa dapat membentuk lapisan di sekitar gigi palsu Anda dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Berikut ini adalah cara menghindari agar gigi palsu lepasan tidak berbau.

1. Bersihkan gigi palsu lepasan secara teratur:
  • Anda harus membersihkan gigi palsu setiap hari untuk menghilangkan makanan dan plak agar gigi palsu tetap segar dan membuat Anda merasa percaya diri saat berbicara dengan teman dan keluarga.
  • Cara efektif untuk membersihkan gigi palsu adalah dengan membersihkannya dengan tablet pembersih gigi khusus.
  • Selanjutnya Anda bisa menyikat kotoran yang tersisa dari gigi palsu Anda menggunakan sikat gigi berbulu lembut.
  • Setelah direndam dan disikat, bilas gigi palsu Anda dengan air mengalir.

2. Lepas gigi palsu Anda di malam hari:

Anda harus melepas gigi palsu sebelum tidur agar mulut dan gusi Anda beristirahat dengan baik. Menjaga gigi palsu tetap bersih dan segar tidak hanya membantu menghilangkan risiko bau mulut, tetapi juga dapat membantu Anda merasa percaya diri dalam situasi sosial.

Demikian artikel cara merawat gigi palsu agar tidak berbau, terutama gigi tiruan lepasan. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tidak Berbau, Terutama Gigi Tiruan Lepasan (Tips)"

close