Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, December 15, 2014

10 Penyebab Kulit Kering

Kulit kering terjadi sebagai akibat dari berbagai faktor. Namun, banyak faktor yang dapat dihindari atau termasuk dalam rutinitas harian Anda.

Bagi mereka yang mempunyai kulit kering, mereka akan mendapati permukaan kulit yang kurang berminyak akibat pengeluaran kelenjar minyak yang kurang. Pada umumnya kulit terasa seperti tegang apabila dibasuh dengan air dan terkadang kulit akan terasa perih atau sakit.

Ciri-ciri kulit kering secara fisik adalah, kulit tidak mengkilap, bersisik, poro-pori tidak begitu terlihat dan permukaan kulit yang kasar.


10 Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya


1. Lip Balm

Lip balm biasanya digunakan sebagai pelembab bibir saat bibir anda kering, namun demikian sebagian lip balm memiliki kandungan mentol, penol dan kamper, semuanya justru malah membuat bibir lebih kering. Periksa labelnya sebelum membeli.

2. Hand Sanitizer

Alkohol yang terdapat pada hand sanitizer dapat membuat kulit anda kering dan kuku menjadi rapuh. Cobalah bersihkan tangan anda dengan air dan sabun sebagai pengganti hand sanitizer.

3. Dehidrasi

Setiap orang tahu jika dehidrasi dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk mencegah kulit kering, jagalah tubuh anda tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi air minum, buah-buahan dan sayuran.

4. Air panas

Mandi dengan air panas terasa nikmat, tapi bisa menguapkan minyak alami tubuh kamu, mengeringkan kulit dan membuatnya rentan. Hindari mandi dengan air panas jika anda bisa.

5. Sabun berbusa banyak

Terasa enak jika mandi dengan banyak busa, tapi surfaktan di dalam produk yang membuat busa benar-benar membuat kulit anda kering.

6. Lotion pelembab

Masalahnya bukan pada produk lotionnya, tapi penggunaannya secara teratur. Menggunakan lotion terlalu sering dapat membuat kulit tidak memproduksi pelembab alami yang melembutkan kulit secara alami.

7. Polusi

Polusi menghancurkan Vitamin A di dalam tubuh anda, yang penting dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Bukan hanya polusi udara pada umumnya tapi merokok juga bisa menjadi polusi di dalam tubuh anda.

8. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari bisa menguatkan tulang dan gigi anda, namun demikian terlalu banyak terkena paparan sinar UV dari matahari benar-benar dapat membuat penuaan dini yang disebut photo-aging. Yang dapat menyebabkan kulit kering dan mengkeriput.

9. Cuaca/Udara Dingin

Berada dalam udara dingin terlalu lama dapat menghilangkan pelembab alami pada kulit anda. Kulit kering dan tangan pecah-pecah umum terjadi pada orang-orang yang berada di musim dingin. Anda seharusnya menggunakan pelembab saat musim dingin terjadi.

10. Make Up

Make up berbahan dasar minyak dapat menyumbat pori-pori dan menyerap minyak alami kulit wajah anda. Gunakan make up berbahan dasar air untuk membantu menjaga kelembaban kulit anda.

[source: amoils.com | photo: detik]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Penyebab Kulit Kering

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

3 comments:

  1. makasih mas infonya, update tentang penyebab kulit berminyak donk, sekalian cara mengatasinya. :)

    ReplyDelete
  2. Ternyata itu toh penyebabnya.. Btw, ada cara mengatasinnya gak?

    ReplyDelete
  3. Soal sabun itu kadang ada juga yang kurang memperhatikan. Saya sendiri suka pakai sabun bahan alami (misal:minyak zaitun), yang busanya gak banyak. Sabun alami busanya memang gak banyak.

    ReplyDelete