Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, December 23, 2014

Gangguan Kesehatan Ringan Yang Bisa Diobati Sendiri

Sebelum anda menghabiskan uang dua ratus ribu rupiah untuk pergi ke dokter dan menebus obat pereda nyeri, tahukah anda? bahwa pensil bisa digunakan sebagai pengganti obat sakit kepala dan bola tenis bisa anda gunakan sebagai terapi pereda nyeri pada telapak kaki.

Masih banyak cara unik yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan tanpa harus terburu-buru membeli obat yang mahal, manfaatkan saja apa yang tersedia di rumah anda.

Berikut adalah apa yang harus anda pelajari, saat masalah kesehatan itu terjadi, apa yang seharusnya anda lakukan untuk mengobatinya dan anda hindari penyebabnya.

seledri obat bau mulut

1. Bau Mulut
Bau mulut disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan peradangan dan menghasilkan gas berbau. Yang biasanya dihasilkan dari gigi yang berlubang dan terkadang disebabkan oleh penyakit diabetes

Solusi bau mulut:
mengunyah daun seledri dapat membantu menghilangkan bau mulut, kandungan kloropil pada daun seledri dapat membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. Kunyahlah setangkai selama satu menit atau dua menit. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa mengkonsumsi yougurt dapat menekan bakteri jahat penyebab bau mulut.

2. Mabuk Laut atau Mabuk Kendaraan
Mabuk kendaraan terjadi saat telinga bagian dalam, mata dan bagian tubuh lainnya yang mendeteksi adanya gerakan, mengirimkan sinyal yang membingungkan ke otak. Saat salah satu bagian tubuh mengirimkan sinyal gerakan dan bagian tubuh lainnya tidak mendeteksi gerakan, konflik dari perasaan tersebut dapat menyebabkan mabuk kendaraan, yang biasanya ditandai dengan gejala pusing, kelelahan dan mual.

Solusi mabuk laut atau mabuk kendaraan:
mabuk kendaraan menyebabkan tubuh anda memproduksi air liur yang berlebihan, yang dapat menyebabkan mual. Asam tanin dalam mulut juga dapat menyebabkan mulut kering dan rasa mual. Untuk meringankannya anda bisa menghisap jeruk lemon.

3. Cegukan
Cegukan terjadi saat adanya kontraksi pada diafragma yang menyebabkan nafas terhenti karena tertutup oleh pita suara namun terjadi secara tiba-tiba dan berulang. Itulah yang menyebabkan bunyi "hik" saat cegukan.

Solusi cegukan:
mengunyah dan menelan satu sendok teh gula pasir. Berdasarkan riset, gula mampu mengirim sinyal pada serabut saraf untuk menghentikan lengkung reflek pemicu cegukan.

4. Bau Kaki
Bakteri pada kaki anda memakan sel kulit mati dan minyak alami, pada kondisi lembab dan gelap, bakteri akan mudah berkembang dan mulai memproduksi cairan asam sebagai limbah. Cairan asam tersebut memberi bau menyengat pada kaki.

Solusi bau kaki:
rendam kaki selama 10 menit pada larutan air dan alkohol. Alkohol memiliki efek antiseptik yang dapat menghilangkan bau yang disebabkan oleh bakteri.

5. Migrain / Sakit Kepala Sebelah
Migrain disebabkan oleh peembesaran pembuluh darah di kepala dan pelepasan senyawa kimia dari serabut saraf yang melingkari pembuluh darah. Selama sakit kepala, pembuluh arteri berlokasi di luar batok kepala, hanya di bawah kulit yang menutupi kepala. Kulit kepala bagian dalam akan mengeluarkan senyawa kimia yang menyebabkan peradangan, nyeri dan pembesaran pembuluh arteri.

Solusi migrain:
minyak atsiri atau minyak mint (pepermint oil) memiliki efek anti radang yang membantu meredakan sakit kepala dan menenangkan saraf saat dioleskan di kepala dan tunggu efeknya 15 - 30 menit. Meletakkan pensil di antara gigi atas dan bawah, tapi jangan digigit keras-keras, juga membantu meredakan sakit kepala, dengan cara ini, secara otomatis ketegangan rahang akan berkurang. Sakit kepala yang muncul pun mereda

6. Flu / Infeksi Saluran Pernafasan Atas
Disebabkan oleh lebih dari 200 jenis virus yang berbeda, flu atau pilek menular melalui kontak dengan orang yang terserang flu atau menyentuh sesuatu yang dipegang oleh orang yang terinfeksi. Virus flu menyerang bagian hidung dan tenggorokan yang menyebabkan bagian tersebut mengalami peradangan dan memproduksi banyak lendir / ingus.

Solusi flu / pilek:
air garam bisa membantu meredakan nyeri dan membantu meredakan peradangan pada tenggorokan dan mengurangi ingus, membersihkan alergen dan membunuh bakteri. Sebuah penelitian menemukan bahwa berkumur dengan air garam tiga kali sehari dapat mengurangi infeksi saluran pernapasan atas hingga 40%.

7. Bibir Kering Pecah-Pecah
Permukaan bibir yang tipis seringkali menjadi korban dari sengatan matahari, angin, dingin dan udara kering. Kelembaban bibir 10 kali lebih mudah hilang dari pada bagian tubuh yang lain. Menjilati bibir pun dapat memperburuk masalah ini.

Solusi bibir kering:
madu, yang memiliki khasiat sebagai anti bakteri dan mempercepat penyembuhan luka akan sangat membantu saat dikombinasikan dengan petroleum jelly yang memiliki efek pelembab.

8. Batuk
Batuk adalah cara alami tubuh mengeluarkan benda asing atau dahak dari dalam paru-paru dan saluran pernapasan atas atau reaksi dari saluran pernapasan yang teriritasi.

Solusi batuk:
campuran dari 1/4 sendok teh cabai merah, 1 sendok teh cuka apel, 2 sendok makan air dan 1 sendok teh madu, adalah sirup herbal untuk sakit tenggorokan dan batuk membandel.

9. Perut Kembung
Kembung seringkali disebabkan oleh gas, yang diproduksi saat sistem pencernaan sedang mencerna makanan. Manusia tidak bisa mencerna karbohidrat tertentu dalam usus kecil, karena mereka tidak memiliki cukup enzim yang dapat membantu pencernaan mereka, seperti laktosa. Makanan bergerak menuju dari usus kecil ke usus besar tanpa dicerna dan memproduksi hidrogen, karbon dioksida dan gas metana.

Solusi perut kembung:
teh randa tapak (dandelion) atau ada yang menyebutnya bunga jombang, helbal diuretik ringan ini dapat membantu mengeluarkan air berlebih dalam tubuh dan menstimulasi empedu memecah makanan berlemak yang juga penyebab perut kembung.

10. Telapak Kaki Pegal
Telapak kaki yang pegal dapat disebabkan oleh banyak faktor. Kaki merupakan bagian tubuh yang kompleks, terdiri dari 26 tulang dan 33 sendi. Tendon, tulang, otot dan ligamen semuanya bisa menjadi penyebabnya. Kebanyakan cedera kaki disebabkan oleh trauma, seringkali dari kegiatan atletik yang memberi tekanan berat pada kaki.

Solusi telapak kaki pegal:
injak dan gelindingkan bola tenis dengan telapak kaki (bisa diganti dengan bola golf dan lainnya). hal ini memberikan pijatan yang meregangkan dan menenangkan lengkukang telapak kaki. Untuk meredakan telapak kaki yang berdenyut, gulingkan sebuah botol dengan air dingin.

11. Otak Beku (Brain Freeze)
Otak beku adalah kondisi saat sesuatu yang dingin menyentuh langit-langit mulut anda, hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala dingin, pembesaran pembuluh darah di dalam kepala seringkali disebabkan oleh pusat saraf yang terletakk di atas langit-langut mulut.

Solusi otak beku:
segera tekan lidah anda ke langit-langit mulut saat anda merasakan brain freeze. Ini akan meredakan nyeri sakit kepala lebih cepat karena pengaruh panas dari lidah membantu menenangkan saraf.

12. Kerusakan Rambut
Panas dari pengering rambut (blow dryer), pengeriting rambut (curling iron) dan pelurus rambut (flat iron) dapat mengubah ikatan hidrogen penyusun rambut dan dapat menyebabkan kerusakan rambut permanen jika terlalu sering digunakan.

Solusi rambut rusak:
asam lemak tunggal tak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun membantu melindungi rambut dari kerusakan dan membuatnya lebih lembut dan lebih mudah diatur. Oleskan pada rambut, tunggu 10 menit dan bilas, membuat rambut lebih berkilau.

13. Luka Bakar / Melepuh
berisi cairan yang membentuk benjolan pada permukaan kulit mirip gelembung, dapat disebabkan oleh berbagai sebab, seperti luka bakar atau menggunakan sepatu tanpa kaos kaki yang terlalu menggesek kulit.

Solusi luka bakar / melepuh:
produk pembersih mulut listerine, memiliki antiseptik yang kuat, yang dapat membantu mengeringkan luka melepuh. Basahi cotton bud dengan listerine dan oleskan pada lukanya tiga kali sehari sampai tidak terasa sakit.

14. Kuku Rapuh
Kuku yang rapuh, pecah, retak atau sumbing dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, termasuk penuaan, penggunaan cat kuku jangka panjang atau keadaan lembab, seperti berenagn atau mencuci piring.

Solusi kuku rapuh:
oleskan minyak sayur ke jari anda sebelum tidur, kemudian pakai sarung tangan untuk memaksa minyak masuk ke kulit. Cara ini dapat mencegah tangan dan kuku menjadi kering.

Demikian beberapa masalah kesehatan yang anda bisa obati sendiri di rumah.

[Sumber bacaan : cheapnursedegrees.com | photo: flickr.com]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gangguan Kesehatan Ringan Yang Bisa Diobati Sendiri

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. wahhh kerennn ini kang obat alami nyaaa jujur kebanyakan nya saya baru tahu sekarang :D

    ReplyDelete
  2. Hampir semua gangguan kesehatan di atas pernah saya alami dan informasi mas Sucipto Kuncoro ini sangat berarti buat saya. Terima kasih dan salam kenal ya mas. :D

    ReplyDelete
  3. Saya mau coba ah yang soal cegukan makan gula pasir. Tapi saya sering nahan nafas buat menghalau cegukan.

    ReplyDelete