Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, January 23, 2015

Cara MGers Ini Menyelesaikan Marathonnya (42.2 km)

MGers ini menyelesaikan marathon (42.2 km) nya, setelah 2 tahun latihan & diet!

Zoltan Lelkes -MGers Hungaria, menyandang Myasthenia Gravis (MG) sejak 1990 saat usianya 22 tahun, menjalani timektomi tahun 1991 setelah beberapa kali menjalani plasmapheresis.

Timektomi tidak membuatnya sehat, MGnya masih terasa berat hingga tahun 2001, masih suka ptosis, diplopia, sulit menelan, dan tentunya kelemahan pada tangan dan kaki.

Dia mengubah semua asupan nutrisinya, membuat program asupan gizi, dan pelan-pelan kondisinya semakin meningkat, dan di tahun 2003 dia berhasil menyelesaikan Marathon Budapest sejauh 42.2 kilometer.

Pertama, dia mengurangi susu sapi, sukrosa, tepung terigu, dan daging babi -pasti dia bukan muslim.

Selama 1 - 1.5 tahun, dia membuat daftar makanan dan minuman yang membuat MGnya kambuh. Jenis-jenis makanan yang sama tak selalu kambuh dengan tingkat keparahan yang sama. Makanan yang membuatnya kambuh dengan serius adalah kombinasi susu sapi dan sukrosa.

Makanan yang membuat kondisinya membaik adalah: sereal gandum utuh, minum air yang cukup, banyak makan sayuran, buah, gandum, beras merah, millet, barley, minyak zaitun. Lebih banyak ikan, terkadang daging dan ayam.

Sekarang kondisinya bagaimana? dalam komentar dia menyebutkan sudah bebas obat (remisi).

Ingin tahu kisah lengkapnya dalam bahasa Inggris. Klik link di bawah ini.
https://www.rareconnect.org/en/profile/LZOLI/testimonial/myasthenia-gravis-and-long-distance-runnng-races

Baca juga tulisan lain di blog ini tentang MG ya.
Semoga sehat selalu rekan-rekan MGers! Buat yang lagi ngedrop semoga lekas sehat kembali.

Kalau sekiranya kesehatan itu bermanfaat bagi kita, niscaya Allah akan menyembuhkan kita, Insya Allah. Akan tetapi manakala Allah masih memberi ujian kepada kita dengan ujian sakit, maka nikmatilah.

Sesungguhnya Allah tidak akan menguji hambanya sesuatu yang dia tidak mungkin sanggup untuk melampaui ujian tersebut.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman (artinya),
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” [QS. Al Baqarah : 286]

#MyastheniaGravis #AloneWeAreRARE #TogetherWeAreSTRONG

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara MGers Ini Menyelesaikan Marathonnya (42.2 km)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. contoh menu makanan yang baik tentunya bagi MGers yang lain ya mas.

    ReplyDelete
  2. benar sekali mas, semoga bisa menginspirasi MGers lainnya :)

    MG adalah penyakit idiopatik -tak diketahui penyababnya, karena tidak ketahui penyebab dan faktor risiko, secara medis belum ada penyembuhannya.

    memang benar faktor pencetus MG ini lebih kompleks, bukan hanya dipicu oleh asupan makanan, kondisi psikis, alergi, genetik, semuanya bisa menjadi faktor dan setiap MGers berbeda.

    namun bukan berarti kita MGers harus menyerah tanpa berusaha, kita harus selalu berusaha mencari dan mencari faktor penyebab kambuhnya MG pada diri kita.

    salah satu yang bisa kita usahakan dengan mencoba merubah pola makan (diet), mungkin saja bisa berpengaruh positif bagi MGers.

    toh kenyataannya yang remisi dari MG tuh banyak -maksudnya ada beberapa-, walaupun yang menyebabkan remisi itu berbeda-beda.

    tetap semangat MGers, keep positive, selalu berusaha, jangan patah semangat, dan banyak berdoa pada Allah Subhanahu wa Ta'ala

    ReplyDelete
  3. yah kadang suatu cobaan itu adalah ujian agar hambanya tau sampai dimana ketaqwaannya....sementara beberapa orang yang tidak mau menyerah dengan sakitnya adalah berjuang dengan doa untuk mendapat kesembuhan, begitu juga MGers Hungaria yang menyandang Myasthenia Gravis (MG) sejak usianya 22 tahun. tabah dan penuh keyakinan juga akan membuat manusia bertahan dengan pertolongan Tuhan..iya gak gan?

    ReplyDelete
  4. Serela gandum utuh yang dimakan itu Queker oats yah, atau ada alternatif lain Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya serahkan ke MGers lain, karena kondisi tiap orang berbeda, mungkin bagi sebagian MGers mengkonsumsi gandum utuh bisa lebih baik, bagi sebagian lainnya makan nasi putih biasa tidak mempengaruhi kondisi.

      Delete