Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, January 12, 2015

Gila! Suasana Antrian BPJS Di RSCM Tuh Begini!

Alhamdulillah, program jaminan kesehatan BPJS sangat mudah dan membantu, hampir semuanya gratis hanya beberapa obat saja yang tidak ditanggung. Namun begitu, pelayanan BPJS saya kira belum maksimal.

Saya biasa kontrol ke Rumah Sakit RSCM, biasanya hanya butuh dua jam dari daftar hingga bertemu dokter, tapi beberapa bulan terakhir saya bisa antri seharian. Artinya orang sakit itu sangat banyak!

Dengan antrian seperti ini orang sakit yang datangnya sehat malah bisa jadi tambah sakit.

[suasana antrian bpjs kesehatan di rscm 12/1/2015 jam 06.00, lokasi tempat parkir motor/frans diego]
Antri harus pagi-pagi kalau kesiangan dikit gak kebagian antrian, loket pendaftaran keburu tutup.

[suasana antrian bpjs kesehatan di rscm 12/1/2015 jam 06.30, lokasi depan bank mandiri/frans diego]
Dari bank mandiri ke loket pendaftaran BPJS Kesehatan itu jaraknya sekitar 50 meter, tapi ini antrian masih mengular panjangnya ke belakang.

Apa setiap hari antriannya panjang? Hari ini (12/1) memang lebih membludak dari biasanya, hal ini sering terjadi karena efek libur panjang atau hari kejepit. Tapi biasanya juga antriannya panjang dan semakin hari semakin panjang, pasien semakin banyak yang memanfaatkan BPJS namun fasilitas kesehatan terbatas.

Jam 6.30 pagi, loket pengambilan nomer untuk antrian pelayan dibuka. Antrian untuk mendapatkan nomer saja sudah panjang sejak saat itu.

Kemudian jam 7.30, antrian barulah loket pelayanan kesehatan dibuka, dan antrian sesuai dengan nomer antrian dijalankan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Mau kesel atau marah juga gak berguna bikin tambah lelah aja. Mau pindah ke swasta gak ada biaya :(

Kita hanya bisa berdo'a semoga layanan BPJS Kesehatan kedepannya bisa lebih baik :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gila! Suasana Antrian BPJS Di RSCM Tuh Begini!

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

17 comments:

  1. gila juga ya panjang antriannya hehe
    maka dari itu sehat itu penting banget ya ... coba sakit terus berapa lama yang kita abiskan kalo lagi sakit jika ngantri nya sampe seperti itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beginilah cobaanya berobat di RSCM, namanya juga Faskes akhir Nasional, semoga layanan BPJS bisa lebih baik lagi.

      Semoga para pasien bisa tetap sabar dan semoga segera lekas sehat kembali. Aamiin.

      Delete
  2. RSCM, saya juga pernah dengar cerita sisi lain soal rscm ini. Tapi yang ngantri nya itu lah, sampai bediri panas-panasan gitu. Kalau hujan, bisa buyar tuh antriannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam 7.00 juga biasanya udah pada masuk ke dalam kok mas, tapi di dalam penuh sesak :(

      Delete
  3. Berarti betul BPJS banyak yang membutuhkan ya. Semoga makin hari makin baik manajemennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat banyak sekali mas, bahkan kamar rawat sering penuh itu bukan pihak rumah sakit yang mengada-ada, tapi kenyataan.

      Delete
  4. ITu semua yang Antri apakah juga mengalami sakit semua mas? Dan BPJS itu apakah diperuntukan bagi semua golongan atau seperti apa? maklum saya pribadi belum pernah urus mengurus seputar BPJS ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga, sebagian adalah pendampingnya, karena gak semua orang sakit itu bisa pergi sendirian :)

      BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang wajib diikuti oleh seluruh warga Indonesia, untuk saat ini memang baru sebagian saja yang mendaftar BPJS, terutama orang yang sakit karena kesehatan itu mahal dan baru terasa mahalnya saat sakit.

      Delete
  5. Kalau kayak gini, saya memilih tetap sehat aja,
    berdo;a semoga jangan sampai sakit.

    ReplyDelete
  6. Edunnn Panjang bangett antriannya :v

    ReplyDelete
  7. Ya ampun... jumlah rumah sakitnya masih kurang banyak, ya....

    Aku baru berencana daftar BPJS, kemarin-kemarin belum kepikiran.... :D

    ReplyDelete
  8. Yang di Medan jugak gitu Bang, malah bule ikut-ikutan ngantri.. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak iya sih. Fotoin dong Mbak.

      Delete
    2. @mas ridha - Modus...modus...modus....tuh.....

      Delete
  9. Wow antrrenyaaa.
    Saya pernah nganter Pakdhe dari Semarang yg dirujuk ke RSCM di Kirana (bagian mata).
    Antrean no wahid, pulang sampe sore mau maghrib.
    Sejak itu, Pakdhe kapok ga mau balik lagi :))

    ReplyDelete