Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Surat Rujukan BPJS Berlaku Dipakai Di Rumah Sakit?

Sebagai pasien BPJS, setiap kali berobat kita harus ke faskes 1 terlebih dahulu, kemudian jika diperlukan, dokter akan merujuk pasien ke rumah sakit sesuai indikasi medis dengan memberikan surat rujukan BPJS. Berapa lama surat rujukan BPJS berlaku? Surat rujukan BPJS Kesehatan berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan rujukannya untuk 1 kali kunjungan.

Surat rujukan BPJS dicetak dengan sistem rujukan online. Sistem rujukan online memudahkan pasien BPJS dalam berbagai hal, seperti memperoleh informasi terkait fasilitas kesehatan yang akan dituju, rumah sakit tujuan rujukan mengutamakan rumah sakit dengan jarak terdekat, mempermudah proses pelayanan di rumah sakit, dan pasien tidak perlu khawatir jika kehilangan atau lupa membawa surat rujukan, karena informasi rujukan sudah terkam otomatis di dalam nomor kartu BPJS.

Surat rujukan BPJS di tahun 2022 diberikan secara berjenjang, dari faskes 1 ke faskes 2, jika masih membutuhkan perawatan lebih lanjut bisa dirujuk lagi dari faskes 2 ke faskes 3. Berikut ini adalah contoh surat rujukan BPJS yang dicetak melalui sistem rujukan online oleh faskes 1 untuk faskes 2 dan oleh faskes 2 untuk faskes 3. Meskipun masa berlaku surat rujukan BPJS online yang tertulis adalah 90 hari sejak diterbitkan rujukannya untuk 1 kali kunjungan, namun Anda harus melakukan kunjungan pertama dalam waktu 7 hari sejak surat rujukan terbit, jika ada surat kontrol baru berlaku 3 bulan. Untuk pasien penyakit kronis apakah bisa dipakai lebih dari satu kali?

Surat rujukan BPJS faskes 1 puskesmas
Contoh surat rujukan BPJS 2022 berlaku 90 hari dari faskes 1 puskesmas
Surat rujukan BPJS faskes 2 rumah sakit
Contoh surat rujukan BPJS 2022 berlaku 90 hari dari faskes 2 rumah sakit

Berapa kali surat rujukan BPJS bisa dipakai jika memiliki penyakit kronis?


Untuk pasien yang membutuhkan perawatan jangka panjang, seperti pasien dengan penyakit kronis. Berapa lama surat rujukan BPJS berlaku? Untuk pasien penyakit kronis, masa berlaku surat rujukan BPJS online adalah 90 hari, bisa dipakai untuk berulang kali kunjungan sesuai indikasi medis. Rata-rata orang dengan penyakit kronis menggunakan surat rujukan BPJS untuk 3 kali kunjungan, yaitu sebulan sekali selama 90 hari. Bagaimana jika lebih dari 3 kali kunjungan? Tentu diperbolehkan dengan adanya indikasi medis dari dokter. Jika surat rujukan sudah habis masa berlakunya, pasien harus kembali ke faskes 1 untuk perpanjangan surat rujukan BPJS online. Di sebagian rumah sakit, untuk pasien penyakit kronis tertentu, seperti thalasemia mayor dah hemofilia, bisa melakukan perpanjang rujukan BPJS langsung dari rumah sakit tempat pasien dirawat.

Baca Juga: Benarkah Selisih Biaya Naik Kelas VIP Adalah 75% Tarif Kelas 1?

Setiap rumah sakit memiliki peraturan berbeda tentang cara menggunakan surat rujukan BPJS untuk pendaftaran rawat jalan. Di rumah sakit yang sistem pendaftarannya sudah bagus, mereka menyediakan sistem pendaftaran online, di mana peserta bisa mendaftar secara online melalui aplikasi ponsel ataupun website rumah sakit. Tentu saat mendaftar kita harus memasukkan nomor surat rujukan BPJS yang merupakan syarat utama pendaftaran. Di rumah sakit yang sistem pendaftarannya kurang bagus, kita masih harus menyediakan fotokopi surat rujukan BPJS dan kartu BPJS saat berkunjung.

Oh ya, perlu kita ketahui, JKN dari BPJS Kesehatan adalah program yang berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba. Hasil pengelolaan dana jaminan sosial dipergunakan seluruhnya untuk pengembangan program dan sebesar-besarnya untuk kepentingan peserta.

Demikian artikel masa berlaku surat rujukan BPJS 2022, untuk cara mendapatkan surat rujukan BPJS online adalah dengan memeriksakan pasien ke dokter faskes 1. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

Anda juga bisa membaca artikel seputar BPJS Kesehatan lainnya di bawah ini:

41 komentar untuk "Berapa Lama Surat Rujukan BPJS Berlaku Dipakai Di Rumah Sakit?"

  1. Kalau lewat seminggu dari tgl rencana berkunjung apakah hangus rujukannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat rujukan berlaku 7 hari sejak tanggal diberikan jika bukan pasien penyakit kronis. Bila setelah berkunjung diberikan surat kontrol, baru berlaku 3 bulan.
      Rujukan diberikan oleh faskes 1 atas pertimbangan mereka. Kita tidak boleh meminta rujukan karena bisa saja terapi kita masih bisa ditangani oleh faskes 1, tapi kalau faskes 1 memberi kita surat rujukan, sebaiknya segera ke RS agar mendapat penanganan lebih lanjut.

      Hapus
  2. Permisi, saya ada rencana ke RS dan sudah dpt Rujukan dari Faskes 1.
    Dari kantor saya suruh minta SEP dari RS.
    Maaf SEP itu apa ya dan minta bagian apa, karena baru kali ini mau pakai Bpjs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEP (Surat Elegibilitas Peserta) adalah surat yang otomatis didapat saat mendaftar sebagai pasien BPJS di RS. Setelah pendaftaran, SEP digunakan untuk menuju Poli, periksa lab dan pengambilan obat di apotek.
      Untuk mendapatkan SEP langsung saja menuju ke loket pendaftaran, siapkan kartu BPJS dan surat rujukannya, setiap pasien BPJS akan mendapatkan SEP sebagai tanda kunjungannya dijamin BPJS. Jika pihak kantor minta SEP, maka anda harus fotocopy SEP tersebut.

      Hapus
  3. Salam Sehat,
    Saya mau menanyakan , jika Rujukan BPJS belum habis masanya, namun penanganan penyakit kita sudah selesai, apa bisa meminta Surat Rujukan dengan kasus baru ke Faskes 1? saya tanyakan ini karena rencana rujukannnya ke Dokter Spesialis yg sama tapi dengan tempat sakit yg berbeda. Sebelumnya terima kasih atas penjelesannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sehat,
      - Karena rujukan lama belum habis masa berlaku (3 bulan), kemungkinan rujukan baru dengan diagnosis sama tidak bisa dicetak.
      - Kalau mau pindah RS rujukan sebelum masa rujukan habis, hanya bisa minta RS yang merujuk.
      - Tetapi kalau beda diagnosis yang tujuan Polinya berbeda, bisa minta surat rujukan baru di faskes 1.

      Hapus
  4. Salam Sehat,
    Saya mau menanyakan apakah kita bisa meminta Surat Rujukan baru, untuk ke spesialis yg sama ? dengan kondisi Surat Rujukan yg lama belum berakhir masanya (3 bln) , namun penyakit yg di tangani sebelumnya sudah selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sehat,
      Jika surat rujukan belum berakhir masanya, maka tidak perlu minta surat rujukan baru, kecuali tujuannya beda Poli. Surat rujukan masih bisa dipergunakan untuk berobat ke Poli rujukan meskipun ada keluhan penyakit yang berbeda.

      Hapus
    2. Tapi bagaimana jika dengan keluhan penyakit yang sama dan di poli yang sama ya? Apakah tetap bisa menggunakan surat rujukan yang lama untuk kedua kalinya walaupun penyakit yang sebelumnya sudah selesai pengobatan dengan rujukan tsb?

      Hapus
    3. Ya, selama surat rujukan masih berlaku, maka anda dapat kontrol kembali ke Poli rujukan anda. Pernyataan dokter tentang perlu/tidak kontrol lagi, tidak menghanguskan masa berlaku surat rujukan di sistem rujukan online, selama surat rujukan masih berlaku anda bisa kembali kontrol ke rumah sakit.

      Hapus
    4. tapi di atas ada keterangan kalo
      surat rujukan BPJS berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan rujukannya untuk 1 kali kunjungan. itu bagaimana?

      Hapus
  5. Saya kan pasien bedah urologi tadinya pake umum, belum punya BPJS, sekarang sudah punya.yang saya tanyakan apakah saya jadi pasien baru lagi? apa melanjutkan yang pakai umum?t/ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar dapat berobat dengan tanggungan BPJS, anda harus memulai dari awal dengan memeriksakan kondisi kesehatan ke faskes 1 untuk mendapatkan surat rujukan. Kalau ada surat keterangan kontrol atau bukti periksa lab dari RS, akan lebih memudahkan dalam meminta surat rujukan ke rumah sakit. Saat dibuatkan surat rujukan biasanya anda diperkenankan memilih RS tujuan rujukan, namun biasanya pilihannya hanya beberapa RS terdekat dan RS kelas C.
      Kemudian untuk berobat ke rumah sakit, bawalah surat rujukan dan kartu KIS (serta fotokopinya untuk antisipasi), lalu mendaftar di bagian pendaftaran pasien BPJS dan membuat surat eligibilitas peserta (SEP) sebagai bukti berobatnya menggunakan jaminan BPJS.

      Hapus
  6. Apakah bisa minta surat rujukan baru ke poli yg sama tapi beda RS dengan alasan ganti dokter karena fasilitas di RS rujukan sebelumnya kurang memadai dan ingin ke RS yang lebih besar dan lengkap fasilitasnya tp masih dalam 1 kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Faskes 1 tidak dapat mengeluarkan surat rujukan baru dengan diagnosis yang sama selama surat rujukan masih berlaku.
      Untuk pindah rumah sakit rujukan, bisa dilakukan apabila dokter di Poli tujuan di RS yang merujuk. Jadi harus minta surat keterangan dari dokter di RS rujukan untuk dirujuk ke RS lain.

      Hapus
  7. Mau tanya saat ini sy sedang menunggu dapat jadwal utk bedah, tp 2 hari lagi surat rujukan sy habis masa berlaku, apakah harus perpanjang dulu atau bagaimana? Dalam kondisi ini pihak RS sdh tau kalau rujukan sy habis 2 hari lagi, hanya krn keterbatasan jadwal dokter dan ruang di RS, sy blm dapat jadwal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya diperpanjang, karena surat rujukan adalah salah satu berkas yang perlu disiapkan sebelum tindakan operasi dilakukan. Surat rujukan yang habis masa berlakunya bisa berakibat mundurnya jadwal operasi karena harus memperbaharui rujukan terlebih dahulu (apalagi jika minta surat rujukannya harus berjenjang karena dari faskes 1 tidak bisa langsung ke RS yang mengoperasi, harus melalui RS lain juga).

      Hapus
  8. Maap izin bertanya, apakah SEP ada masa berlakunya? Kebetulan saya mau ambil obat tapi tanggal pembuatan SEPnya sudah lebih dari satu minggu yang lalu. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEP berlaku pada hari SEP tersebut diterbitkan. SEP adalah tanda anda mendaftar dengan jaminan BPJS. Kemudian SEP dapat digunakan untuk periksa ke dokter di Poli, periksa lab, dan pengambilan obat. Jika harus kembali lagi ke RS, maka akan diterbitkan SEP baru.
      Untuk pengambilan obat, biasanya obat dapat diambil di apotek RS setelah selesai periksa dari Poli pada hari yang sama. Namun apabila obat tidak dapat diambil pada hari tersebut, misal stok kosong atau alasan lainnya, maka biasanya ada nomor antrian apotek atau resep janji obat yang berlaku untuk beberapa hari ke depan untuk pengambilan obat.
      Untuk peserta penyakit kronis dengan Program Rujuk Balik (PRB), obat dapat diambil setiap 30 hari di apotek PRB yang ditunjuk BPJS dengan meminta resep dari faskes 1 sesuai dengan resep yang tertulis pada berkas rujuk balik BPJS.

      Hapus
  9. Berapa hari masa berlaku surat rujukkan dari faskes 2 ke faskes 3? Apakah sabtu minggu termasuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa berlaku surat rujukan tertera pada bagian bawah surat rujukan tersebut, yaitu tepat 90 hari. Namun untuk kunjungan pertama disarankan tidak melewati 7 hari untuk menghindari penolakan dari petugas yang memeriksa.

      Hapus
    2. Dr rujukan yg kita dpt Jika harus dilakukan operasi apa bisa dngn surat rujukan yg sama tsb?

      Hapus
    3. Bisa. Konsultasikan dengan dokter di RS rujukan, jika memang membutuhkan operasi, dokter akan memberikan jadwalnya. Untuk mendapatkan jadwal operasi mungkin akan ada beberapa pemeriksaan terlebih dahulu dan tergantung jenis operasinya, ada operasi yang membutuhkan antrian panjang ada yang tidak. Jika kebetulan antriannya panjang dan masa berlaku surat rujukan habis sebelum/saat jadwal operasi, maka anda wajib memperpanjang surat rujukan tersebut agar dapat berlaku pada saat hari operasi. Surat rujukan yang masih berlaku adalah syarat agar operasi anda dijamin BPJS.

      Hapus
  10. Bapak saya sudah berobat selama 6 bulan di rs bkkpm Makassar dan harus mengurus rujukan balik setiap 3 bulan, tapi pada saat mengurus ke faskes 1 lagi dengan membawa surat rujukan balik dari RS bkkpm Makassar ternyata di faskes 1 mengatakan harus ke RS Pelamonia. Ini bagaimana, berarti bapak saya harus ganti dokter lagi dong. Apakah tidak bisa balik lagi ke bkkpm soalnya masih sementara berobat jalan terus di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari faskes 1 tidak bisa dirujuk langsung ke RS kelas A, karena pilihan RS kelas A tidak akan muncul di sistem rujukan online faskes 1, kecuali diagnosa tertentu.
      Jika ingin melanjutkan berobat di RS BBKPM maka caranya adalah dengan minta rujukan secara berjenjang, dari faskes 1 dirujuk ke RS Pelamonia, kemudian dari RS Pelamonia minta rujukan lagi ke RS BBKPM.

      Hapus
  11. Anak saya sudah memakai surat rujukan satu kali di poli anak, di hari pertama konsul dan si sarankan oleh dok spesialis untuk cek lab ppd dan rontigen, apakah dalam 3 hari kedepan di bulan yang sama untuk memperlihatkan hasil ppd test dan rontigen bisa langsung ke dok anak tanpa surat rujukan? Ataukah harus konsultasi lagi ke faskes 1 supaya menggunakan bpjs 2 kali konsul dalam sebulan, mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu minta surat rujukan lagi jika surat rujukan masih berlaku. Lihat batas waktu berlaku pada bagian bawah surat rujukan.
      Periksa lab dan rontgen bisa menggunakan surat rujukan tersebut dan menuju lab dengan syarat ada formulir periksa lab dan rontgen dari dokter di RS tersebut. Konsul berikutnya ke Poli Anak juga masih bisa menggunakan surat rujukan yang masih berlaku tersebut dan tidak dibatasi harus sebulan sekali.

      Hapus
  12. saya pasien operasi batu ginjal. faskes pertama saya di puskesmas di kabupaten labusel, sumut. namun, saya harus domisili solo untuk melanjutkan pendidikan. tiba2 penyakit ginjal saya kambuh dan mengharuskan saya di rawat jalan di rs solo. bagaimanakah prosedur meminta rujukan agar saya bisa berobat di rs solo secepatnya, tanpa harus menunggu tgl 1 melalui mekanisme ganti faskes 1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung saja ke faskes 1 di Solo, untuk kunjungan pertama tidak masalah data faskes belum pindah.
      BPJS bisa digunakan di luar provinsi tanpa pindah faskes, kecuali masih di provinsi/kota yang sama biasanya ada penolakan dari pihak faskes.

      Hapus
  13. Untuk surat rujukan dari faskes 1 ke RS....infonya berlaku 1 hari setelah surat rujukan.
    bagaimana bila surat rujukan dari RS kelas C ke RS kelas B....apakah juga demikian atau berlaku di hari yang sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat rujukan BPJS bisa langsung berlaku di hari yang sama dan bisa langsung menuju ke RS tujuan jika waktunya sempat. Masalahnya pendaftaran di RS terbatas waktunya, biasanya hanya sampai jam 11 pagi, dan biasanya ada Poli yang menutup pendaftarannya sebelum jam 11 pagi jika jumlah pasiennya sudah terlalu banyak.

      Hapus
  14. Malam author. Sebelumnya terimakasih sudah menuliskan artikel yang sangat membantu. Saya ingin bertanya, mungkin pertanyaan ini sama dengan beberapa anonim diatas tapi untuk memperjelas kebingungan saya, mohon dibantu penjelasan kembali ya,

    Bulan Juli lalu saya minta rujukan ke poli bedah dan ditindak lanjuti dengan operasi, akhir Juli pengobatan selesai dan sudah diberikan SK pasien dikembalikan ke faskes TK.1 dari pihak RS.
    Kemudian sekarang saya ingin meminta rujukan kembali ke dokter di poli RS yang sama tetapi surat rujukan tidak bisa dibuat/cetak dikarenakan rujukan lama masih berlaku sampai bulan Oktober.
    Karena rujukan tsb sudah pernah digunakan 1x dan masih berlaku sampai sekarang apakah saya masih bisa menggunakan surat rujukan lama untuk kunjungan yang akan datang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, surat rujukan masih bisa digunakan untuk kembali kontrol ke Poli Bedah tersebut.
      Aturannya memang demikian, surat rujukan berlaku 90 hari sejak diterbitkan, dan anda tidak bisa minta surat rujukan baru sebelum masa berlaku habis, kecuali ada penyakit lain dengan tujuan Poli berbeda.

      Hapus
  15. Status rujukan faskes 3, Bisakah turun ke faskes 2 yg rujukannya masih berlaku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda masih bisa berobat di faskes 2 menggunakan surat rujukan dari faskes 1 yang masih berlaku, .

      Hapus
  16. Assalamu'alaikum selamat siang.. mau bertanya.. saya belum 3 bulan tapi dari pihak RS nya, saya di suruh ke puskesmas lagi buat minta surat rujukan lagi. Tapi setelah ke puskemas. Kata pihak puskesmas nya masih bisa mas, ga perlu bikin rujukan lagi. Saya bingung. Jadi solusi nya bagai mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah.
      Lihat batas akhir masa berlaku rujukan di bagian bawah surat rujukan. Anda baru bisa meminta surat rujukan kembali ke faskes 1 jika surat rujukan tersebut sudah habis masa berlakunya.

      Jika saat kunjungan berikutnya ke Rumah Sakit, surat rujukan masih belum habis masa berlakunya, maka tidak mengapa menggunakan surat rujukan lama tersebut, di sistem pendaftaran rawat jalan masih bisa diterima dan masih dapat dijamin BPJS.
      Tapi jika saat kunjungan berikutnya masa berlaku surat rujukan habis, maka anda harus memperpanjang surat rujukan tersebut ke faskes 1 setelah masa berlaku surat rujukan habis.

      Hapus
  17. saya di kasih surat kontrol dari poli dalam d RS rujukan ( faskes 2 ) untuk kontrol bulan berikutnya.. Apakah harus minta rujukan lagi dari Faskes 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu. Gunakan surat rujukan lama yang masih berlaku untuk pendaftaran di bulan berikitnya.

      Hapus
  18. Apakah bisa pindah rujukan dari RS tipe C ke RS tipe C lainnya dengan pertimbangan jarak yg lebih dekat? Sementara surat rujukan masih berlaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa diterbitkan yang baru untuk ganti rumah sakit jika surat rujukan masih berlaku.
      Untuk pindah RS rujukan, anda harus minta surat keterangan dari dokter/pihak RS untuk "menyelesaikan pengobatan", setelah itu baru bisa minta surat rujukan baru di faskes 1. Atau langsung minta dirujuk ke RS lain yang lebih tinggi kelasnya dari RS rujukan tersebut.
      Konsultasikanlah lagi dengan dokter di RS rujukan anda mengenai pengobatan penyakit anda dan sampaikan permintaan anda untuk pindah RS secara baik. Jika tidak bisa maka tunggu sampai rujukan habis dalam 90 hari untuk pindah RS rujukan.

      Hapus
close