Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Surat Rujukan BPJS Berlaku Dipakai Di Rumah Sakit?

Sebagai pasien BPJS, setiap kali berobat kita harus ke faskes 1 terlebih dahulu, kemudian jika diperlukan, dokter akan merujuk pasien ke rumah sakit sesuai indikasi medis dengan memberikan surat rujukan BPJS. Berapa lama surat rujukan BPJS berlaku? Surat rujukan BPJS Kesehatan berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan rujukannya untuk 1 kali kunjungan.

Surat rujukan BPJS dicetak dengan sistem rujukan online. Sistem rujukan online memudahkan pasien BPJS dalam berbagai hal, seperti memperoleh informasi terkait fasilitas kesehatan yang akan dituju, rumah sakit tujuan rujukan mengutamakan rumah sakit dengan jarak terdekat, mempermudah proses pelayanan di rumah sakit, dan pasien tidak perlu khawatir jika kehilangan atau lupa membawa surat rujukan, karena informasi rujukan sudah terkam otomatis di dalam nomor kartu BPJS.

Surat rujukan BPJS di tahun 2022 diberikan secara berjenjang, dari faskes 1 ke faskes 2, jika masih membutuhkan perawatan lebih lanjut bisa dirujuk lagi dari faskes 2 ke faskes 3. Berikut ini adalah contoh surat rujukan BPJS yang dicetak melalui sistem rujukan online oleh faskes 1 untuk faskes 2 dan oleh faskes 2 untuk faskes 3. Meskipun masa berlaku surat rujukan BPJS online yang tertulis adalah 90 hari sejak diterbitkan rujukannya untuk 1 kali kunjungan, namun Anda harus melakukan kunjungan pertama dalam waktu 7 hari sejak surat rujukan terbit, jika ada surat kontrol baru berlaku 3 bulan. Untuk pasien penyakit kronis apakah bisa dipakai lebih dari satu kali?

Surat rujukan BPJS faskes 1 puskesmas
Contoh surat rujukan BPJS 2022 berlaku 90 hari dari faskes 1 puskesmas
Surat rujukan BPJS faskes 2 rumah sakit
Contoh surat rujukan BPJS 2022 berlaku 90 hari dari faskes 2 rumah sakit

Berapa kali surat rujukan BPJS bisa dipakai jika memiliki penyakit kronis?


Untuk pasien yang membutuhkan perawatan jangka panjang, seperti pasien dengan penyakit kronis. Berapa lama surat rujukan BPJS berlaku? Untuk pasien penyakit kronis, masa berlaku surat rujukan BPJS online adalah 90 hari, bisa dipakai untuk berulang kali kunjungan sesuai indikasi medis. Rata-rata orang dengan penyakit kronis menggunakan surat rujukan BPJS untuk 3 kali kunjungan, yaitu sebulan sekali selama 90 hari. Bagaimana jika lebih dari 3 kali kunjungan? Tentu diperbolehkan dengan adanya indikasi medis dari dokter. Jika surat rujukan sudah habis masa berlakunya, pasien harus kembali ke faskes 1 untuk perpanjangan surat rujukan BPJS online. Di sebagian rumah sakit, untuk pasien penyakit kronis tertentu, seperti thalasemia mayor dah hemofilia, bisa melakukan perpanjang rujukan BPJS langsung dari rumah sakit tempat pasien dirawat.

Baca Juga: Benarkah Selisih Biaya Naik Kelas VIP Adalah 75% Tarif Kelas 1?

Setiap rumah sakit memiliki peraturan berbeda tentang cara menggunakan surat rujukan BPJS untuk pendaftaran rawat jalan. Di rumah sakit yang sistem pendaftarannya sudah bagus, mereka menyediakan sistem pendaftaran online, di mana peserta bisa mendaftar secara online melalui aplikasi ponsel ataupun website rumah sakit. Tentu saat mendaftar kita harus memasukkan nomor surat rujukan BPJS yang merupakan syarat utama pendaftaran. Di rumah sakit yang sistem pendaftarannya kurang bagus, kita masih harus menyediakan fotokopi surat rujukan BPJS dan kartu BPJS saat berkunjung.

Oh ya, perlu kita ketahui, JKN dari BPJS Kesehatan adalah program yang berwujud asuransi kesehatan rawat jalan cashless atau asuransi kesehatan rawat inap terbaik namun memiliki prinsip gotong royong dan nirlaba. Hasil pengelolaan dana jaminan sosial dipergunakan seluruhnya untuk pengembangan program dan sebesar-besarnya untuk kepentingan peserta.

Demikian artikel masa berlaku surat rujukan BPJS 2022, untuk cara mendapatkan surat rujukan BPJS online adalah dengan memeriksakan pasien ke dokter faskes 1. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

Anda juga bisa membaca artikel seputar BPJS Kesehatan lainnya di bawah ini:

145 komentar untuk "Berapa Lama Surat Rujukan BPJS Berlaku Dipakai Di Rumah Sakit?"

  1. Kalau lewat seminggu dari tgl rencana berkunjung apakah hangus rujukannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat rujukan berlaku 7 hari sejak tanggal diberikan jika bukan pasien penyakit kronis. Bila setelah berkunjung diberikan surat kontrol, baru berlaku 3 bulan.
      Rujukan diberikan oleh faskes 1 atas pertimbangan mereka. Kita tidak boleh meminta rujukan karena bisa saja terapi kita masih bisa ditangani oleh faskes 1, tapi kalau faskes 1 memberi kita surat rujukan, sebaiknya segera ke RS agar mendapat penanganan lebih lanjut.

      Hapus
  2. Permisi, saya ada rencana ke RS dan sudah dpt Rujukan dari Faskes 1.
    Dari kantor saya suruh minta SEP dari RS.
    Maaf SEP itu apa ya dan minta bagian apa, karena baru kali ini mau pakai Bpjs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEP (Surat Elegibilitas Peserta) adalah surat yang otomatis didapat saat mendaftar sebagai pasien BPJS di RS. Setelah pendaftaran, SEP digunakan untuk menuju Poli, periksa lab dan pengambilan obat di apotek.
      Untuk mendapatkan SEP langsung saja menuju ke loket pendaftaran, siapkan kartu BPJS dan surat rujukannya, setiap pasien BPJS akan mendapatkan SEP sebagai tanda kunjungannya dijamin BPJS. Jika pihak kantor minta SEP, maka anda harus fotocopy SEP tersebut.

      Hapus

    2. Assalamualaikum mau bertanya istri saya kan sudah punya surat rujukan untuk usg poli kandungan, rujukan masih berlaku kaena baru dipake 1 bulan. Dan waktu itu istri saya disuruh dikter kandungan untuk ke poli jantung karna istri saya darah nya 150. Yg saya mau tanyakan apakah boleh surat rujukan nya dipake ke poli jantung atau harus minta baru lagi. Terimakasih

      Hapus
    3. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Jika diberikan surat konsul ke poli Jantung, maka bisa langsung daftar ke poli jantung menggunakan surat rujukan poli kebidangan dan penyakit kandungan. Tidak perlu minta surat rujukan lagi ke faskes 1.

      Hapus
    4. Jika dokter nya tdk mau berikan ke poli jantung jadi hrs tunggu rujukan faskes 1 yg berlaku habis ya baru bisa buat rujukan baru..?

      Hapus
    5. Biasanya saat dokter menyarankan untuk konsul akan langsung diberikan surat konsul untuk rawat bersama dengan Poli lain. Jadi 1 rujukan bisa untuk 2 Poli, saat daftar bisa menunjukkan surat rujukan lama dan surat konsul. Jika ingin minta surat rujukan baru ke faskes 1 dengan tujuan Poli yang berbeda tidak perlu menunggu surat rujukan lama habis masa berlakunya. Karena tujuan Poli nya berbeda, surat rujukan baru bisa dikeluarkan.

      Hapus
    6. Salam sehat
      Saya mau tanya tgl 19 desember ada kontrol rutin di rs,bulan januari buat rujukan baru dari faskes 1 dan faskes 2
      Apakan untuk minta rujukan dari faskes 2 harus menunggu 1bln dari tgl pemeriksaan rutin dari RS.saya terakhir periksa tgl 19 dan minta rujukan faskes 2 tidak boleh sebelum tgl 19.

      Hapus
    7. Yang jadi patokan untuk minta rujukan atau perpanjang rujukan adalah masa berlaku surat rujukan lama. Jika surat rujukan lama masih berlaku, surat rujukan baru tidak bisa terbit, kecuali beda tujuan poli rujukan. Silahkan cek masa berlaku surat rujukan anda pada bagian bawah surat rujukan.

      Hapus
  3. Salam Sehat,
    Saya mau menanyakan , jika Rujukan BPJS belum habis masanya, namun penanganan penyakit kita sudah selesai, apa bisa meminta Surat Rujukan dengan kasus baru ke Faskes 1? saya tanyakan ini karena rencana rujukannnya ke Dokter Spesialis yg sama tapi dengan tempat sakit yg berbeda. Sebelumnya terima kasih atas penjelesannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sehat,
      - Karena rujukan lama belum habis masa berlaku (3 bulan), kemungkinan rujukan baru dengan diagnosis sama tidak bisa dicetak.
      - Kalau mau pindah RS rujukan sebelum masa rujukan habis, hanya bisa minta RS yang merujuk.
      - Tetapi kalau beda diagnosis yang tujuan Polinya berbeda, bisa minta surat rujukan baru di faskes 1.

      Hapus
    2. Saya mau tanya boleh, saya kan selesai operasi dan harus cek UPP lagi. Sedangkan masa berlaku rujukan saya masih berlaku. Itu kalo mau cek UPP masih digunakan rujukan yang lama atau yang baru

      Hapus
    3. Biasanya setelah rawat inap diberikan surat kontrol yang berlaku untuk 1x kunjungan, kemudian jika harus berkunjung lagi/kunjungan ke-2 harus ada surat rujukan baru dari faskes 1. Hal ini karena biasanya pasca rawat inap rujukannya ditandai dengan "pengobatan selesai" sehingga masa berlakunya berakhir. Biasanya dokter/perawat menerangkan terkait berlakunya surat rujukan.

      Hapus
    4. Saya mau tanya rujukan saya terbit Sabtu kemarin tgl 13mei dan tanggal kunjungan harusnya Selasa tgl 16 Mei

      Apakah boleh saya datang Kamis nya tgl 18mei nya??

      Mohon jawabannya terimakasih

      Hapus
    5. Boleh, tidak masalah jika surat rujukan masih berlaku dan Poli tujuan anda buka pada hari kamis.

      Hapus
  4. Salam Sehat,
    Saya mau menanyakan apakah kita bisa meminta Surat Rujukan baru, untuk ke spesialis yg sama ? dengan kondisi Surat Rujukan yg lama belum berakhir masanya (3 bln) , namun penyakit yg di tangani sebelumnya sudah selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sehat,
      Jika surat rujukan belum berakhir masanya, maka tidak perlu minta surat rujukan baru, kecuali tujuannya beda Poli. Surat rujukan masih bisa dipergunakan untuk berobat ke Poli rujukan meskipun ada keluhan penyakit yang berbeda.

      Hapus
    2. Tapi bagaimana jika dengan keluhan penyakit yang sama dan di poli yang sama ya? Apakah tetap bisa menggunakan surat rujukan yang lama untuk kedua kalinya walaupun penyakit yang sebelumnya sudah selesai pengobatan dengan rujukan tsb?

      Hapus
    3. Ya, selama surat rujukan masih berlaku, maka anda dapat kontrol kembali ke Poli rujukan anda. Pernyataan dokter tentang perlu/tidak kontrol lagi, tidak menghanguskan masa berlaku surat rujukan di sistem rujukan online, selama surat rujukan masih berlaku anda bisa kembali kontrol ke rumah sakit.

      Hapus
    4. tapi di atas ada keterangan kalo
      surat rujukan BPJS berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan rujukannya untuk 1 kali kunjungan. itu bagaimana?

      Hapus
    5. Surat rujukan berlaku 90 hari, jika tidak dirujuk balik kembali ke faskes 1, karena jarang sekali dokter yang mengisi surat rujuk balik dengan alasan "konsultasi selesai". Tidak masalah kembali kontrol jika penyakitnya kambuh lagi meskipun dokter tidak menyatakan untuk kontrol lanjutan, yang penting surat rujukannya masih berlaku dan tidak dirujuk balik.

      Hapus
  5. Saya kan pasien bedah urologi tadinya pake umum, belum punya BPJS, sekarang sudah punya.yang saya tanyakan apakah saya jadi pasien baru lagi? apa melanjutkan yang pakai umum?t/ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar dapat berobat dengan tanggungan BPJS, anda harus memulai dari awal dengan memeriksakan kondisi kesehatan ke faskes 1 untuk mendapatkan surat rujukan. Kalau ada surat keterangan kontrol atau bukti periksa lab dari RS, akan lebih memudahkan dalam meminta surat rujukan ke rumah sakit. Saat dibuatkan surat rujukan biasanya anda diperkenankan memilih RS tujuan rujukan, namun biasanya pilihannya hanya beberapa RS terdekat dan RS kelas C.
      Kemudian untuk berobat ke rumah sakit, bawalah surat rujukan dan kartu KIS (serta fotokopinya untuk antisipasi), lalu mendaftar di bagian pendaftaran pasien BPJS dan membuat surat eligibilitas peserta (SEP) sebagai bukti berobatnya menggunakan jaminan BPJS.

      Hapus
  6. Apakah bisa minta surat rujukan baru ke poli yg sama tapi beda RS dengan alasan ganti dokter karena fasilitas di RS rujukan sebelumnya kurang memadai dan ingin ke RS yang lebih besar dan lengkap fasilitasnya tp masih dalam 1 kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Faskes 1 tidak dapat mengeluarkan surat rujukan baru dengan diagnosis yang sama selama surat rujukan masih berlaku.
      Untuk pindah rumah sakit rujukan, bisa dilakukan apabila dokter di Poli tujuan di RS yang merujuk. Jadi harus minta surat keterangan dari dokter di RS rujukan untuk dirujuk ke RS lain.

      Hapus
  7. Mau tanya saat ini sy sedang menunggu dapat jadwal utk bedah, tp 2 hari lagi surat rujukan sy habis masa berlaku, apakah harus perpanjang dulu atau bagaimana? Dalam kondisi ini pihak RS sdh tau kalau rujukan sy habis 2 hari lagi, hanya krn keterbatasan jadwal dokter dan ruang di RS, sy blm dapat jadwal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya diperpanjang, karena surat rujukan adalah salah satu berkas yang perlu disiapkan sebelum tindakan operasi dilakukan. Surat rujukan yang habis masa berlakunya bisa berakibat mundurnya jadwal operasi karena harus memperbaharui rujukan terlebih dahulu (apalagi jika minta surat rujukannya harus berjenjang karena dari faskes 1 tidak bisa langsung ke RS yang mengoperasi, harus melalui RS lain juga).

      Hapus
  8. Maap izin bertanya, apakah SEP ada masa berlakunya? Kebetulan saya mau ambil obat tapi tanggal pembuatan SEPnya sudah lebih dari satu minggu yang lalu. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEP berlaku pada hari SEP tersebut diterbitkan. SEP adalah tanda anda mendaftar dengan jaminan BPJS. Kemudian SEP dapat digunakan untuk periksa ke dokter di Poli, periksa lab, dan pengambilan obat. Jika harus kembali lagi ke RS, maka akan diterbitkan SEP baru.
      Untuk pengambilan obat, biasanya obat dapat diambil di apotek RS setelah selesai periksa dari Poli pada hari yang sama. Namun apabila obat tidak dapat diambil pada hari tersebut, misal stok kosong atau alasan lainnya, maka biasanya ada nomor antrian apotek atau resep janji obat yang berlaku untuk beberapa hari ke depan untuk pengambilan obat.
      Untuk peserta penyakit kronis dengan Program Rujuk Balik (PRB), obat dapat diambil setiap 30 hari di apotek PRB yang ditunjuk BPJS dengan meminta resep dari faskes 1 sesuai dengan resep yang tertulis pada berkas rujuk balik BPJS.

      Hapus
  9. Berapa hari masa berlaku surat rujukkan dari faskes 2 ke faskes 3? Apakah sabtu minggu termasuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa berlaku surat rujukan tertera pada bagian bawah surat rujukan tersebut, yaitu tepat 90 hari. Namun untuk kunjungan pertama disarankan tidak melewati 7 hari untuk menghindari penolakan dari petugas yang memeriksa.

      Hapus
    2. Dr rujukan yg kita dpt Jika harus dilakukan operasi apa bisa dngn surat rujukan yg sama tsb?

      Hapus
    3. Bisa. Konsultasikan dengan dokter di RS rujukan, jika memang membutuhkan operasi, dokter akan memberikan jadwalnya. Untuk mendapatkan jadwal operasi mungkin akan ada beberapa pemeriksaan terlebih dahulu dan tergantung jenis operasinya, ada operasi yang membutuhkan antrian panjang ada yang tidak. Jika kebetulan antriannya panjang dan masa berlaku surat rujukan habis sebelum/saat jadwal operasi, maka anda wajib memperpanjang surat rujukan tersebut agar dapat berlaku pada saat hari operasi. Surat rujukan yang masih berlaku adalah syarat agar operasi anda dijamin BPJS.

      Hapus
  10. Bapak saya sudah berobat selama 6 bulan di rs bkkpm Makassar dan harus mengurus rujukan balik setiap 3 bulan, tapi pada saat mengurus ke faskes 1 lagi dengan membawa surat rujukan balik dari RS bkkpm Makassar ternyata di faskes 1 mengatakan harus ke RS Pelamonia. Ini bagaimana, berarti bapak saya harus ganti dokter lagi dong. Apakah tidak bisa balik lagi ke bkkpm soalnya masih sementara berobat jalan terus di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari faskes 1 tidak bisa dirujuk langsung ke RS kelas A, karena pilihan RS kelas A tidak akan muncul di sistem rujukan online faskes 1, kecuali diagnosa tertentu.
      Jika ingin melanjutkan berobat di RS BBKPM maka caranya adalah dengan minta rujukan secara berjenjang, dari faskes 1 dirujuk ke RS Pelamonia, kemudian dari RS Pelamonia minta rujukan lagi ke RS BBKPM.

      Hapus
  11. Anak saya sudah memakai surat rujukan satu kali di poli anak, di hari pertama konsul dan si sarankan oleh dok spesialis untuk cek lab ppd dan rontigen, apakah dalam 3 hari kedepan di bulan yang sama untuk memperlihatkan hasil ppd test dan rontigen bisa langsung ke dok anak tanpa surat rujukan? Ataukah harus konsultasi lagi ke faskes 1 supaya menggunakan bpjs 2 kali konsul dalam sebulan, mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu minta surat rujukan lagi jika surat rujukan masih berlaku. Lihat batas waktu berlaku pada bagian bawah surat rujukan.
      Periksa lab dan rontgen bisa menggunakan surat rujukan tersebut dan menuju lab dengan syarat ada formulir periksa lab dan rontgen dari dokter di RS tersebut. Konsul berikutnya ke Poli Anak juga masih bisa menggunakan surat rujukan yang masih berlaku tersebut dan tidak dibatasi harus sebulan sekali.

      Hapus
    2. Saya berobat di RS rujukan dari faskes 1, setelah 1x kunjungan dan diberikan obat dokter meminta saya untuk datang kembali sekitar 12-15 hari kemudian untuk periksa kembali tetapi menjelaskan untuk pemeriksaan kembali tersebut tidak bisa menggunakan bpjs harus bayar sendiri (pasien umum) karena belum 1 bulan dr tanggal kunjungan sebelumnya, dokter menyatakan aturan BPJS nya demikian. Apakah betul? Karena hal ini pun pernah terjadi sebelumnya pada waktu anak sy dirujuk krn sakit ke RS yang berbeda.

      Hapus
    3. Tidak harus 1 bulan 1 kali kunjungan. Jika ada surat kontrol, anda bisa kontrol lagi ke Poli lebih dari 1 kunjungan dalam 1 bulan jika surat rujukan masih berlaku.

      Hapus
  12. saya pasien operasi batu ginjal. faskes pertama saya di puskesmas di kabupaten labusel, sumut. namun, saya harus domisili solo untuk melanjutkan pendidikan. tiba2 penyakit ginjal saya kambuh dan mengharuskan saya di rawat jalan di rs solo. bagaimanakah prosedur meminta rujukan agar saya bisa berobat di rs solo secepatnya, tanpa harus menunggu tgl 1 melalui mekanisme ganti faskes 1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung saja ke faskes 1 di Solo, untuk kunjungan pertama tidak masalah data faskes belum pindah.
      BPJS bisa digunakan di luar provinsi tanpa pindah faskes, kecuali masih di provinsi/kota yang sama biasanya ada penolakan dari pihak faskes.

      Hapus
  13. Untuk surat rujukan dari faskes 1 ke RS....infonya berlaku 1 hari setelah surat rujukan.
    bagaimana bila surat rujukan dari RS kelas C ke RS kelas B....apakah juga demikian atau berlaku di hari yang sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat rujukan BPJS bisa langsung berlaku di hari yang sama dan bisa langsung menuju ke RS tujuan jika waktunya sempat. Masalahnya pendaftaran di RS terbatas waktunya, biasanya hanya sampai jam 11 pagi, dan biasanya ada Poli yang menutup pendaftarannya sebelum jam 11 pagi jika jumlah pasiennya sudah terlalu banyak.

      Hapus
  14. Malam author. Sebelumnya terimakasih sudah menuliskan artikel yang sangat membantu. Saya ingin bertanya, mungkin pertanyaan ini sama dengan beberapa anonim diatas tapi untuk memperjelas kebingungan saya, mohon dibantu penjelasan kembali ya,

    Bulan Juli lalu saya minta rujukan ke poli bedah dan ditindak lanjuti dengan operasi, akhir Juli pengobatan selesai dan sudah diberikan SK pasien dikembalikan ke faskes TK.1 dari pihak RS.
    Kemudian sekarang saya ingin meminta rujukan kembali ke dokter di poli RS yang sama tetapi surat rujukan tidak bisa dibuat/cetak dikarenakan rujukan lama masih berlaku sampai bulan Oktober.
    Karena rujukan tsb sudah pernah digunakan 1x dan masih berlaku sampai sekarang apakah saya masih bisa menggunakan surat rujukan lama untuk kunjungan yang akan datang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, surat rujukan masih bisa digunakan untuk kembali kontrol ke Poli Bedah tersebut.
      Aturannya memang demikian, surat rujukan berlaku 90 hari sejak diterbitkan, dan anda tidak bisa minta surat rujukan baru sebelum masa berlaku habis, kecuali ada penyakit lain dengan tujuan Poli berbeda.

      Hapus
  15. Status rujukan faskes 3, Bisakah turun ke faskes 2 yg rujukannya masih berlaku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda masih bisa berobat di faskes 2 menggunakan surat rujukan dari faskes 1 yang masih berlaku, .

      Hapus
  16. Assalamu'alaikum selamat siang.. mau bertanya.. saya belum 3 bulan tapi dari pihak RS nya, saya di suruh ke puskesmas lagi buat minta surat rujukan lagi. Tapi setelah ke puskemas. Kata pihak puskesmas nya masih bisa mas, ga perlu bikin rujukan lagi. Saya bingung. Jadi solusi nya bagai mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah.
      Lihat batas akhir masa berlaku rujukan di bagian bawah surat rujukan. Anda baru bisa meminta surat rujukan kembali ke faskes 1 jika surat rujukan tersebut sudah habis masa berlakunya.

      Jika saat kunjungan berikutnya ke Rumah Sakit, surat rujukan masih belum habis masa berlakunya, maka tidak mengapa menggunakan surat rujukan lama tersebut, di sistem pendaftaran rawat jalan masih bisa diterima dan masih dapat dijamin BPJS.
      Tapi jika saat kunjungan berikutnya masa berlaku surat rujukan habis, maka anda harus memperpanjang surat rujukan tersebut ke faskes 1 setelah masa berlaku surat rujukan habis.

      Hapus
  17. saya di kasih surat kontrol dari poli dalam d RS rujukan ( faskes 2 ) untuk kontrol bulan berikutnya.. Apakah harus minta rujukan lagi dari Faskes 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu. Gunakan surat rujukan lama yang masih berlaku untuk pendaftaran di bulan berikitnya.

      Hapus
  18. Apakah bisa pindah rujukan dari RS tipe C ke RS tipe C lainnya dengan pertimbangan jarak yg lebih dekat? Sementara surat rujukan masih berlaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa diterbitkan yang baru untuk ganti rumah sakit jika surat rujukan masih berlaku.
      Untuk pindah RS rujukan, anda harus minta surat keterangan dari dokter/pihak RS untuk "menyelesaikan pengobatan", setelah itu baru bisa minta surat rujukan baru di faskes 1. Atau langsung minta dirujuk ke RS lain yang lebih tinggi kelasnya dari RS rujukan tersebut.
      Konsultasikanlah lagi dengan dokter di RS rujukan anda mengenai pengobatan penyakit anda dan sampaikan permintaan anda untuk pindah RS secara baik. Jika tidak bisa maka tunggu sampai rujukan habis dalam 90 hari untuk pindah RS rujukan.

      Hapus
  19. Selamat malam
    Saya sudah mendapatkan surat rujukan untuk poli mata dan masih harus kontrol dibilang November. Apakah saya bisa meminta surat rujukan baru ke dokter penyakit dalam? Karena ada gangguan yang mengharuskan konsultasi ke dokter penyakit dalam.
    Mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada surat konsul ke Poli penyakit dalam dari dokter mata, bisa langsung daftar ke Poli penyakit dalam menggunakan surat rujukan poli mata, untuk mendapatkan surat konsul anda harus konsultasi lagi ke dokter mata. Atau konsultasi ke faskes 1 terlebih dahulu, jika membutuhkan penanganan lebih lanjut, dokter dapat menerbitkan surat rujukan lagi dengan diagnosa berbeda yang tujuannya ke Poli penyakit dalam.

      Hapus
  20. Mohon izin bertanya,, apakah surat kontrol ke poli kandungan masih berlaku jika sudah terlewat 1 bulan ,sebelum sy kontrol hamil di rumahsakit, tp melahirkan di pukesmas ,skrg sy mau konsultasi kontrol k rumahsakit lagi dengan surat kontrol yg terakhir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting surat rujukannya yang masih berlaku atau tidak. Coba cek tanggal berlaku surat rujukannya, jika masih berlaku maka tidak masalah kontrol dengan surat rujukan lamanya; dan tidak masalah menyertakan/tidak menyertakan surat kontrol saat pendaftaran.

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum maaf mau tanya, kalau surat rujukan hilang apa bisa minta ke puskesmas lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.
      Ya, bisa minta dicetak lagi di faskes 1.

      Hapus
  22. Saya mau tanya, saya bulan september dapat rujukan ke RS dr faskes pertama. Surat rujukan yg pertama diagnosanya delivery by caesarian section nah skrng saya sudah melahirkan tp jahitan saya ada yg terbuka kmrn kontrol ke spog rujukan dan kata dokternya harus minta surat rujukan untuk kebali lagi. Apakah bisa pale surat rujukan yg lama karna batas surat rujukannya smp 8 januari 2023

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di aplikasi Mobile JKN di bagian pendaftaran pelayanan faskes rujuan, jika muncul nomor surat rujukan biasanya masih berlaku. Atau lebih jelasnya silahkan tanya ke faskes 1 agar dicek apakah surat rujukannya masih berlaku, karena dikhawatirkan surat rujukan lama sudah tidak berlaku akibat dari RS nya sudah ditandai dengan status pengobatan sudah selesai.

      Hapus
  23. Selamat pagi.. Saya mau bertanya.kemarin saya ke Faskes 1/puskesmas untuk meminta rujukan ke RS. Tujuannya ke poly orthopedi. Dikasih rujukannya. Nah kemudian saya meminta lagi rujukan ke poly spesialis Syaraf dirumah sakit yang sama. Tetapi tidak diberi sama faskes 1. Dengan alasan tunggu 3 bulan lg stlh habis masa berlaku rujukan yg pertama (dokter ortopedi). Baru ke puskes lagi minta rujukan ke spesialis syaraf. Faskes 1 beralasan ini aturan baru dari BPJS. Benarkah seperti itu? 1 BPJS tidak boleh meminta 2 rujukan dengan tujuan poly yang berbeda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena masih RS yang sama, anda bisa menggunakan surat rujukan poli orthopedi untuk konsul ke poli saraf. Caranya ketika kontrol ke orthopedi, keluhkan juga masalah penyakit saraf anda, biasanya dokter akan memberikan surat konsul ke poli saraf untuk rawat bersama. Saat mendaftar ke poli saraf dengan rujukan poli orthopedi, sertakan surat konsul ke poli saraf yang diberikan dokter orthopedi. Saat periksa di poli saraf, mintalah surat kontrol jika diharuskan untuk kontrol lagi. Surat kontrol dari poli saraf ini bisa anda tunjukkan ke faskes 1 jika anda membutuhkan rujukan ke poli saraf.

      Hapus
  24. Siang min mohon dibantu min
    Kronolgi :
    1.padal tgl 18/10/22 sya dapat surat rujukan dari faskes 1 ke dokter sp tht untuk cek
    2.kemudiaan pada tanggal 22/10/22 saya pergi cek ke dokter sp tht ,dan hasilnya radang biasa lalu dikasih obat dan tidak ada perlu kontrol ulang
    3. Dan tanggal 26/10/22 tenggrokan saya sakit bgt hingga syaa ke igd jam 01:00 malam ,namun setibanya disana pihak rs hanya bisa cek secara umum dan tidak spesifik ,karna tidak adanya dokter sp tht saat itu.dan dianjurkan mnta rujukan untuk ke dokter sp tht.
    4.pada tanggal 27/10/22 saya kembali ke faskes 1 untuk meminta ulang rujukan ke sp tht namun gak bisa karna baru kemarin dirujuk ,kalau mau cek mandiri dlu baru mnta surat pengantar sp tht secara mandiri lalu surat pengantar dikasih ke faskes 1 kemudian faskes 1 mengurus untuk rujukan bpjs nya.
    Dan pertanyaannya
    1. apakah memang sepaerti itu prosedurnya min,?
    2. Apabila surat rujukan itu berlakuu 3 bulan, apakah kita dapat ttep berobat berulang selama masa itu walaopun tidak ada untuk kontrol ulang dikarnakan sakit yang tibatiba dibagian yg sama ?
    Makasih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Anda bisa menggunakan cara seperti itu jika kesulitan minta surat rujukan. Tetapi jika surat rujukan lama masih berlaku, tidak bisa diterbitkan surat rujukan baru, kecuali dari RS sudah diinput "selesai pengobatannya".

      2. Ya, anda bisa kontrol lagi ke THT meskipun tidak diberikan surat kontrol jika surat rujukan masih berlaku. Coba cek di aplikasi mobile JKN menu pendaftaran pelayanan pada faskes rujukan tingkat lanjutan, kalau masih ada nomor surat rujukannya, berarti surat rujukan lama masih berlaku. Saat mendaftar untuk kontrol berikutnya ke THT anda bisa menggunakan surat rujukan lama atau fotokopiannya. Surat rujukan berlaku selama 90 hari, kecuali dokter sudah menginput bahwa "pengobatan telah selesai" pada sistem rujukan BPJS. Tapi jika nomor surat rujukan masih muncul pada aplikasi mobile JKN, anda masih bisa menggunakan surat rujukan lama, bahkan dapat mendaftar secara online jika RS nya sudah mendukung pendaftaran online.

      Hapus
  25. Permisi admin, ijin sharing,
    Orang tua saya yang tinggal beda kabupaten dengan saya beberapa hari lalu rawat inap di kota saya tinggal tanpa rujukan BPJS karena via UGD di RS A, setelah diperiksa dokter spesialis ada di curigai salah satu organ tubuh ada penykait tertentu, namun untuk memastikan harus di periksa lebih lanjut ke RS B yang peralatannya lebih lengkap, dan ini tidak bisa di rujuk langsung dari RS A ke RS B, harus kembali ke Faskes 1 dan minta rujukan dari Faskes1. yang menjadi masalah adalah Faskes 1 tidak mau mengeluarkan rujukan ke RS B karena alasan beda kabupaten/kota dan diberikan rujukan ke RS C yang masih dalam satu kabupaten dengan Faskes 1, dan rujukan ini sampai sekarang belum digunakan ke rs C karena kami perlunya pemeriksaan ke RS B. pertanyaan saya adalah :
    1. saya berencana memindahkan faskes 1 ke kota supaya bisa mendapat rujukan ke RS B, apakah bisa begitu pindah faskes langsung meminta rujukan ke RS B sementara Rujukan yang dari faskes lama belum digunakan ke RS C
    2. kalau harus menunggu berapa lama baru bisa memperoleh rujukan dari faskes yang baru, kalau rujukan dari faskes lama tidak digunakan.

    Mohon pencerahannya admin. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Setelah pindah faskes, faskes yang baru akan berlaku pada tanggal 1 bulan berikutnya. Jika anda pindah faskes di bulan November, baik itu tanggal 1 atau tanggal 30, anda baru bisa berobat di faskes 1 yang baru pada tanggal 1 Desember. Pindah faskes bisa anda lakukan secara online melalui aplikasi Mobile JKN.
      2. Setelah pindah faskes dan faskes 1 yang baru sudah berlaku, anda bisa langsung minta rujukan ke RS yang masih dalam wilayah kota/kabupaten dari faskes 1 tempat anda terdaftar. Tidak masalah anda minta rujukan lagi karena sudah berbeda faskes 1 dan beda wilayah.

      Hapus
  26. Permisi min..apakah bisa menggunakan 1 surat rujukan untuk 2 poli berbeda dirumah sakit yang sama?🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Saat kontrol ke Poli sesuai rujukan, keluhkan penyakit anda yang lain dan minta surat konsul ke Poli sesuai penyakit anda yang lain.

      Hapus
  27. Maaf admin. Kalo rujukannya masih berlaku 2minggu lagi apa bisa saya minta surat rujukan 2minggu sebelum waktu rujukannya habis.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa diterbitkan yang baru dengan tujuan yang sama, jika surat rujukan masih berlaku. Anda masih bisa berkunjung ke RS rujukan dengan surat rujukan lama meski sisa masa berlakunya hanya seminggu.

      Hapus
  28. Saya mau bertanya saya meminta rujukan untuk ke dokter bedah di faskes pertama namun di hari selanjutnya saya harus ke dokter dalam.apakah saya harus meminta rujukan lagi untuk ke dokter dalam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat konsultasi ke dokter bedah, keluhkan juga kondisi penyakit dalam anda dan minta surat konsul ke poli penyakit dalam. Anda bisa konsultasi ke poli penyakit dalam menggunakan surat rujukan lama jika ada surat konsul.

      Hapus
  29. Saya melakukan pergantian FASKES dari pemprov papua ke NTB. Setelah saya merubah faskes dan alamat di mobile JKN, bolehkah saya mengambil surat rujukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Perubahan data faskes akan berlaku pada tanggal 1 bulan berikutnya. Surat rujukan akan diberikan dokter sesuai indikasi medis.

      Hapus
  30. selamat pagi,
    bulan Oktober saya dirujuk ke THT, kmdn kontrol 1 Minggu sekali. dan di Minggu ke 4 saya di rujuk balik ke puskesmas. tapi Minggu berikutnya penyakit saya kambuh lagi apakah saya bisa berobat lagi ke rumah sakit dengan surat rujukan yang bulan lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah diisi surat rujuk balik oleh dokter artinya pengobatan di RS sudah selesai. Jika ingin kembali berobat ke RS harus minta surat rujukan lagi dari faskes 1.

      Hapus
  31. Selamat pagi,
    Saya mau nanya,,saya rencana nya mau berobat minggu depan,, tp minggu depan say a ada kerjaan di luar kota ,,per tanyaan nya,,bisakah surat rujukan di buat 10 hari sebelum nya berobat? Makasih atas jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa. Sampaikan saja ke dokter faskes 1 agar tanggal rencana berkunjungnya disesuaikan. Rujukan akan diberikan jika ada indikasi medis.

      Hapus
  32. sya mau tanya,, surat rujukan sya berlaku smpai 30 januari 2023
    tp dari pihak rs harus perbarui surat rujukan klo mau kontrol lagi, dikarenakan sebelumnya sdh pernah dipakai utk rawat inap,, kira2 nnti dari faskes 1 apa bisa dikasih rujukan baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Setelah selesai rawat inap memang status rujukan menjadi "pengobatan selesai". Jadi harus minta surat rujukan baru jika masih harus kontrol rutin ke RS.

      Hapus
  33. Mau tanya ka, anak saya dapat rujukan dari faskes 2 ke faskes 3 dengan rencana kunjungan disurat rujukan tgl 12 desember 2022. Apakah bisa kita untuk menunda rencana kunjunagn tersebut selama 1 minggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, selama surat rujukan masih berlaku. Silahkan hubungi pihak RS juga untuk mengecek jadwal buka Poli tujuan apakah setiap hari atau hari tertentu saja.

      Hapus
  34. maaf mau tanya.disurat rujukan tertera surat rujukan berlaku 1kali kunjungan.dan tgl rencana berkunjung juga sudah ditentukan yang saya tanyakan kalau mau kontrol sminggu sekali apakah masih bisa digunakan soalnya disurat rujukan tersebut sudah tertera tgl rencana berkunjung.apakah saya harus ke faskes pertama lg untuk ganti tgl rencana berkunjung kalau mau kontrol lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat rujukan dapat berlaku 3 bulan jika dokter memberikan surat kontrol atau anda tidak dirujuk balik setelah selesai kontrol. Kunjungan berikutnya dapat menggunakan surat rujukan lama yang masih berlaku. Jadwal kontrol nanti dokter yang menentukan, belum tentu seminggu sekali.

      Hapus
  35. mf ka mau taya,klu surat rujukan bisa di pakai brpa kali,klu masa berlaku yah sih masih panjang smpai 6 maret 2023,kemarin baru di pakai 1 kali ,cuma kemaren di saran'in doker tgl 7 desember,tapi saya datang ya tgl 22 ,itu kan udah lewat 7hari,trus saya di suruh kontrol lagi, tgl 27.. apa kah surat rujukan ya masih bisa di pakai,apa harus buat yang baru,maaf ka minta info ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat rujukan anda dapat berlaku sampai 6 maret 2023 dan dapat digunakan berulang kali selama anda tidak dirujuk balik ke faskes 1 atau dinyatakan "pengobatan selesai".

      Hapus
  36. ka maf,ka sya kan di jdwalin kontrol kan 7,tpi sya datang yah tgl 22,itu kan udh melebihi 7 hri.. trus saya suruh balik lagi tindakan lanjut di EEG,tgl 27 .. apa saya harus buat rujukan lagi ka,kalu surat rujukan sih masih panjang,sampai tgl 6 maret 2023,apa kah saya harus buat lagi ka.. maf ka minta info ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu membuat surat rujukan baru jika surat rujukan masih berlaku. Anda bisa gunakan surat rujukan lama atau fotokopinya untuk kunjungan berikutnya. Surat rujukan berlaku 90 hari jika anda tidak dirujuk balik ke faskes 1 atau dinyatakan pengobatan di RS telah selesai.

      Hapus
  37. Kak, say berobat ke subspesialis di RS tipe b. Krn kondisi sdh membaik, dokter minta untuk kembali setiap 2 bulan. Apakah harus minta rujukan baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu rujukan baru jika surat rujukan masih berlaku. Jika habis masa berlakunya saat jadwal kontrol 2 bulan kemudian, anda bisa minta surat rujukan baru ke faskes 1.

      Hapus
  38. Selamat mlm, saya mw tanya.. apa bisa memperpanjang surat rujukan setelah batas waktu nya rujukan nya habis?? Contoh.. srt rujukan saya berakhir tgl 10 januari 2023 dan kemungkinan baru bs perpanjang tgl 20 januari 2023?? Apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Memang hanya bisa diperpanjang jika sudah habis masa berlakunya. Silahkan kunjungi faskes 1 dan konsultasikan dengan dokter terkait kondisi anda. Jangan lupa membawa surat rujukan lama, surat kontrol RS, atau hasil lab penunjang jika ada.

      Hapus
  39. saya berobat di 2 spesialis, awalnya konsulan dari dokter bedah ke dokter hematologi krn ada gangguan pembekuan darah. 2 hari lalu sy ke hematologi dsuruh lab dan tadi sy ke hematologi lg untuk dibacakan hasil, ternyata harus lab dengan indikator lain krn ada indikasi medis gangguan pembekuan darah. dan jika hasil sudah keluar dsuruh kembali untuk dibacakan hasil agar bs segera tindakan operasi. apakah bisa bpjs digunakan 2-3x dalam 1 pekan di rs yang sama? ataukah ada batasan minimal berapa hari agar bisa kembali ke rs tersebut. krn hasil lab biasanya dikirimkan online di hari yang sama, ini hasil lab belum dikirimkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Tidak ada batasan untuk kontrol selama diperlukan. Hanya saja mungkin jika dokter meresepkan obat, ada batas maksimal jumlah obat-obatan yang dapat diberikan dalam sebulan.

      Hapus
  40. apakah ada batas maksimal pemakaian rujukan dalam 1 minggu / 1 bulan? paling cepat kembali ke rs berapa hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batasan kunjungan jika memang perlu kontrol lagi. Tetapi mungkin jika dokter sudah meresepkan obat tertentu, jika kontrol lagi dalam waktu dekat, anda tidak diresepkan obat lagi jika obat anda belum habis.

      Hapus
  41. Selamat siang
    Saya dr fskes 1 di rujuk ke RS Ali . Di RS Ali sudah berobat selama 6 bulan . Dan d haruskan untuk cek lab lagi . Lalu dr RS Ali saya d beri rujukan lg ke RS UMUM untuk dapat melakukan lab . Soalnya d RS Ali belum ada Lab nya. Setelah saya sampai di RS Umum saya daftar dan rujukannya di minta . Lalu saya melakukan lab .
    Hasil lab nya di ambil 3 hari setelahnya ..
    Pertanyaan saya . Besok pas mau ambil hasil lab apakah saya perlu minta rujukan lagi ?
    Kalo perlu rujukan . Mintanya dri faskes 1 apa minta di RS Ali .

    Nb: rujukan faskes 1 belaku smpai bulan april 2023
    Rujukan dri RS Ali ke RS umum berlaku smpai bulan april 2023

    BalasHapus
  42. Mau tanya bapak saya kan masih berobat di poli dalam dengan diagnosis dm, lalu dikarenakan ada keluhan gatal-gatal dari poli dalam dirujuk intern ke poli kulit. setelah dari poli kulit di suruh untuk kontrol lagi dalam waktu 2 minggu dan diminta untuk minta rujukan dulu di faskes 1. pertanyaan saya bisa tidak minta surat rujukan untuk ke poli kulit sedangkan bapak saya masih berobat dan ada rujukan ke poli dalam? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Jika tujuan poli rujukan berbeda, surat rujukan baru bisa dicetak. Jadi bisa punya 2 surat rujukan dengan poli berbeda.

      Hapus
  43. Halo saya mau tanya saya sudah dapet surat rujukan dari faskes 1 untuk ke rumah sakit tgl 26 Januari 2023 untuk ke poli kandungan , lalu untuk berakhirnya 90 hari nya di tgl 23 April 2023 ,apakah di tgl 26 saya dateng kontrol dan dibulan berikutnya saya mau dateng lagi karna ada diagnosa kista itu perlu minta surat rujukan ke faskes 1 atau tetep bisa langsung ke rumah sakit saja memakai BPJS ? Atau hanya 1 x rujukan saja dan harus minta persetujuan dokter jika harus kontrol bulan berikutnya .Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rujukannya bisa berlaku 90 hari jika tidak dirujuk balik. Pada kunjungan berikutnya anda bisa menunjukkan surat rujukan lama atau fotokopinya, atau surat kontrol jika ada.

      Hapus
  44. Maaf sbelumx sya mau nanya,
    Bulan lalu sy di rujuk di RS poli kandungan,lalu disruh kontrol bulan ini,kmrin sy sdh dtg tuk kontrol,tpi baru dtg 1x kontrol,sdh dikasi surat rujukan balik oleh dokter RS tuk kembali ke faskes 1.
    Apakah boleh sprti itu? Pdhal surat rujukan brlaku 90 hri,dan sy bru 1x kontrol di RS tdi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Karena tergantung penilaian dokter apakah pasien perlu dirujuk ke faskes rujukan atau dirujuk balik ke faskes tingkat pertama. Jika dirujuk balik biasanya masa berlaku rujukan berakhir karena di sistem sudah ditandai dirujuk balik.

      Hapus
  45. Malem
    mohon infonya
    untuk surat rujukan terapi anak jika masa waktu rujukan habis..
    apakah perpanjangnya mulai dari Faskes 1 atau bisa langsung ke faskes 2(RS)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perpanjang surat rujukan dimulai dari faskes 1 lagi.

      Hapus
  46. Mohon maaf ingin menanyakan kami udah berobat minta rujukan dr faskes 1 kemudian ingin mendaftar untuk mengetahui hasil dari pemeriksaan dokter apa HR minta rujukan kembali dar faske 1. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika surat rujukan masih berlaku tidak perlu minta rujukan lagi. Kunjungan berikutnya ke RS bisa menggunakan surat rujukan yang masih berlaku.

      Hapus
  47. Assalamualaikum , saya mau tanya april besok kan masa berlaku surat rujukan saya habis rencana saya mau pindah rumasakit rujukan , apakah bisa rujukan rumasakit baru hanya saya gunakan untuk persalinan saja tanpa saya gunakan untuk rawat jalan / kontrol ke poli ? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu jika hendak melaksanakan persalinan di RS dengan BPJS.

      Hapus
  48. Hallo min, sy tadi baru periksa di faskes 1 dan ingin meminta rujukan ke dr mata. Tapi ditolak, dikarnakan pada bulan kemarin sy baru meminta rujukan dan masanya belum habis.
    Harus menunggu jeda 3 bulan karna kunjungan ke rs dan poli yg berbeda. Apakah memang seperti itu prosedurnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Jika ingin konsultasi ke dokter mata, anda juga bisa mengeluhkan masalah mata anda ke dokter Poli rujukan anda, biasanya akan diberi surat konsul untuk kontrol ke Poli mata. Jadi saat pendaftaran anda bisa menggunakan surat rujukan Poli sebelumnya ditambah surat konsul ke Poli mata.

      Hapus
  49. Mau tanya misal kita dapet rujukan antar RS terus sudah kita gunakan. Apakah selanjutnya mau berobat lagi dibutuhkan surat rujukan lagi dari faskes 1.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya surat rujukan hanya ditunjukkan untuk diperiksa petugas, saat kontrol selanjutnya bisa menggunakan surat rujukan lama yang masih berlaku. Untuk masa berlaku rujukan bisa anda lihat pada bagian bawah surat rujukan.

      Hapus
  50. Apakah rujukan yg pernah digunakan bisa digunakan kembali dlm bulan yg sama? Kasusnya dulu ketemu dokter A, disuruh datang lg 3 bulan kemudian buat cek lab. Nah sekarang malah ketemunya dokter B, di rumah sakit yg sama. Tapi tidak mau melakukan lab karena masa lab untuk BPJS katanya bisanya jangka 6 bulan sekali.
    Dan sudah dikasih jadwal kontrol untuk datang bulan depan.
    Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa, selama rujukan masih aktif. Hanya saja jika diresepkan obat lagi, jika ada obat yang sama mungkin tidak didapat diberikan oleh pihak farmasi.

      Hapus
  51. Assalamualaikum
    Saya mau bertanya kan ayah saya dapat rujukan dari faskes 1 untuk ke poli bedah setelah itu aya saya pergi ke poli bedah kemudian hari berikutnya dari poli bedah harus konsul ke poli penyakit dalam dan di suruh kontrol kembali 1 minggu kemudian ke poli penyakitbdalam dan di suruh bikin rujukan baru untuk ke poli dalam sedangkan rujukan yg pertama belum habis. Apa bisa meminta lagi rujukan baru untuk ke poli penyakit dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, jika beda tujuan poli karena penyakit berbeda, surat rujukan dapat diberikan.

      Hapus
  52. Assalamu'alaikum, saya mau tanya, surat rujukan saya kan tertera tgl 24 mei 2023, tapi pas mau daftar online RS penuh, adanya tgl 6 juni, apakah masih bisa dipake rujukannya? Atau saya ke rs sebelumnya minta ubah jadwal kunjungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah. Tidak masalah jika surat rujukan masih berlaku, gunakan surat rujukan tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi call center RS untuk menanyakan jadwal buka Poli tujuan anda.

      Hapus
  53. Ijin tanya, istri saya rutin setiap bulan kontrol di poli bedah onkologi RS Margono Purwokerto. Jadwal kontrol berikut tgl 7/7. Ternyata kami lupa perpanjang surat rujukan yg berakhir tgl 10/6. Apakah kami harus mulai dari awal lagi atau tetap bisa kontrol seperti biasa? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kembali ke faskes 1 untuk memperpanjang surat rujukannya. Jika surat rujukan sudah berakhir masa berlakunya, pendaftaran di RS akan gagal dengan keterangan tidak ada surat rujukan.

      Hapus
  54. Ijin tanya,,kan tanggal 1 agustus ibu saya dijdwalkan usg,sedangkan surat rujukan habis tgl 27 juli,,itu harus gmn y soalnya dr rumah sakit,rujuk balik untuk perbarui surat rujukan tdk di isi,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kembali ke faskes 1, bilang saja perpanjang rujukan. Jika memang masih membutuhkan perawatan di RS, dokter akan memberikan surat rujukan yang baru.

      Hapus
  55. Ijin tanya.. awal bln ini sy dapat surat rujuk bpjs gigi bedah mulut (cabut gigi bungsu).jadwal konsul ya nanti agustus ke Rs.Tapi jumat kemarin sy control karna sy ada pen di kaki.dokter bilang lepas pen nanti antara agustus september.(pakai BpJs TK sebelumya) pertanyaanya apakah bisa surat rujukan sy Di undur th depan /cencel surat rujukan bpjs,soalya bebarengan.dan adakah kah masalah bila sy mau minta lagi surat rujukan buat cabut gigi bungsu di waktu berikutnya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah kunjungannya tidak sesuai dengan tanggal rencana berkunjung, yang penting surat rujukan masih berlaku. Jika sudah berakhir masa berlaku surat rujukannya, anda bisa kembali ke faskes 1 untuk meminta surat rujukan yang baru karena pengobatan yang anda tunda.

      Hapus
  56. Ijin bertanya Bila saya dapat surat rujukan bpjs.tapi saya tidak sempat datang ke Rumah sakit karna ada keperluan(menunda) sampai batas waktu habis.dan keprluan sy selesai di waktu berikutnya saya meminta surat rujukan dengan keluhan yang sama,apakan bisa? ..Atau bermasalah karna sy tidak sampi ke rumah sakit waktu lalu??.. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Dokter faskes 1 akan menilai apakah pengobatan anda masih perlu dirujuk. Jika masih perlu dirujuk maka dokter akan memberikan surat rujukan yang baru.

      Hapus
  57. Saya mau bertanya.
    Pada tgl 3 Juni 2023 saya masuk igd (bpjs) karena demam dengan kondisi sedang hamil 28 minggu. Detak jantung janin tidak stabil. Untuk kontrol ke 2, suster blg harus ada surat rujukan dari faskes 1.
    Saya dikasi rujujan ke faskes 2 rsud. Nah dari rsud dibuat rujukan lagi ke rs faskes 3. Saya sudah pakai surat rujukan tersebut 1 kali . Apakah untuk kunjungan berikutnya di faskes 3 saya boleh pakai rujukan yang sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa, gunakan surat rujukan dari faskes 2, selama surat rujukan tersebut masih berlaku, maka masih bisa digunakan untuk kontrol berikutnya.

      Hapus
  58. Halo, izin bertanya. Saya saat ini sedang berobat di rs tingkat lanjutan, namun masa berlaku surat rujukan faskes 1 sudah habis, dan di faskes 2 masih sampai tanggal 8 Agustus 2023. Kira-kira apakah saya harus memperpanjang rujukan dari faskes 1, kemudian faskes 2, baru bisa melanjutkan pengobatan di faskes tingkat lanjutan? Atau bisa langsung berobat saja di rs tingkat lanjutan selama masa berlaku surat rujukan di faskes 2 masih berlaku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama surat rujukan dari faskes 2 masih berlaku, anda masih dapat menggunakan surat rujukan tersebut untuk berobat di faskes 3, surat rujukan faskes 1 tidak terpakai di faskes 3. Jika surat rujukan faskes 2 sudah habis masa berlakunya, anda perlu memperpanjangnya dengan kembali meminta surat rujukan dari faskes 1 dan faskes 2.

      Hapus
  59. Hallo.. saya baru ganti faskes tingkat 1. Nah setelah itu saya datang mau meminta rujukan.. setelah mendapat rujukan katanya berlaku 7 hari di karenakan saya baru pertama tetapi di kertas rujukan berlaku 3 bulan tetapi staf disana bilang berlaku 7 hari sedangkan rumah sakit yang akan saya datangi 2 minggu dokternya full . Apa saya harus minta rujukan lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya masih berlaku sampai 3 bulan, kecuali ditandai pengobatannya telah selesai dalam sistem oleh petugas. Anda bisa mengecek rujukan yang masih berlaku di aplikasi mobile JKN, pilih pendaftaran pelayanan, jika setelah 2 minggu surat rujukannya masih terdeteksi, berarti surat rujukan tersebut masih berlaku.

      Hapus
  60. Halo siang saya mau tanya , apa bisa kita menggunakan surat rujukan yg dibuat puskesman untuk berobat dengan diagnosa berbeda , dan dokter yg berbeda ? Maksutnya, saya punya surat rujukan ke dsa untuk penyakit dalam anak, ispa dengan doktet A. Skrg saya mau ke dsa B untuk melanjutkan terapi wicara . Apa bisa dengan surat rujukan sama atau hrs baru lg ? Surat rujukan msh baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat rujukan hanya berlaku untuk Poli tujuan yang tertera di surat rujukan. Jika Poli tujuan anda masih sama, anda tidak membutuhkan surat rujukan baru dengan Poli tujuan berbeda. Anda bisa tanya ke dokter yang menangani anak anda, apakah perlu surat rujukan baru atau tidak. Biasanya jika butuh kontrol ke Poli lain, dokter akan memberikan surat konsul/surat kontrol ke Poli lain yang berlaku untuk 1x kunjungan. Atau biasanya dokter juga memberi tahu anda untuk meminta surat rujukan baru ke faskes 1, anda bisa minta surat keterangan dari dokter untuk ditunjukkan ke faskes 1 untuk memudahkan anda dalam meminta surat rujukan baru dengan tujuan Poli berbeda.

      Hapus
  61. sy sudah melakukan tindakan operasi di RS.A, namun prosesnya dari faskes 1 dirujuk ke RS.C, lalu dr RS.C dirujuk ke RS.B, dan dari RS.B dirujuk lagi ke RS,A. nah ketika saya akan melakukan operasi kedua di RS.A, rujukan dari faskes 1 habis masa berlakunya, sedangkan rujukan dr RS.C & RS.B masih berlaku. saya harus gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang anda perlukan hanya surat rujukan dari RS.B ke RS.A. Jika surat rujukan masih berlaku, maka masih bisa anda gunakan. Jika surat rujukan ke RS.A sudah berakhir masa berlakunya, barulah anda perlu memperpanjang surat rujukan dari faskes 1 secara berjenjang sampai ke RS.A.

      Hapus
  62. Maaf min mau tanya saya lagi hamil dan ada keluhan nyeri kanan atas kemarin habis USG di poli kandungan pakai rujukan di faskes pertama ternyata dokter tidak mau memeriksa dan disarankan ke poli dalam untuk USG abdomen,apakah saya boleh meminta rujukan lagi ke faskes pertama untuk poli yang berbeda di bulan yang sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika butuh pemeriksaan ke Poli penyakit dalam, biasanya dokter akan memberikan surat kontrol/surat konsul ke Poli penyakit dalam untuk 1x kunjungan. Anda tidak perlu minta surat rujukan baru. Anda juga bisa membawa surat kontrol/konsul tersebut faskes 1 untuk memudahkan anda meminta surat rujukan ke faskes 1. Untuk minta surat rujukan baru ke faskes 1, akan sulit jika keluhan anda dinilai masih berkaitan dengan kandungan anda. Jika keluhan anda terus berlanjut, sebaiknya anda kembali ke dokter yang memeriksa kandungan anda untuk penanganan lebih lanjut atau minta surat kontrol ke Poli penyakit dalam.

      Hapus
  63. Izin bertanya kamren saya usg pakai rujukan setelah itu saya dksih surat kontrol untuk dtang 2 minggu lagi..tp blum 2 minggu saya dtang lgi menggunakn surat kontrol trsebut ..apakah boleh krna tidak sesuai dtng tnggal kontrolnya

    BalasHapus
  64. Ijin bertanya saya sudah selesai kontrol dan dapat surat rujukan balek dari rumah sakit untuk fakses pertama tapa surat itu hilang gimana cara saya mengurus nya kembali 🙏

    BalasHapus
  65. Assalamu'alaikum ijin bertanya, istri saya dapat rujukan dari faskes 1 ke bedah gigi di RS hermina sukabumi, saat kita daftar prosesnya sangat berbelit dan lama, ketika dapat pesan whatsapp kita dapat jadwal untuk konsul dan tanggal nya di februari tahun depan, (pas 1 tahun) apakah normal lama begitu untuk dapat jadwal di RS?

    BalasHapus
close