Pilihan Makanan Pasien Gagal Ginjal Kronis

Pada orang yang sehat, setiap harinya diperlukan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi, seperti yang diajarkan pada saat kita sekolah yaitu makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan dan minuman bernutrisi tinggi sangat bagus untuk menjaga kesehatan orang yang sehat.

Nah, bagaimana dengan pada waktu ginjal kita bermasalah, ada sedikit perubahan prinsip. Makanan-makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi akan menjadi cukup berbahaya bagi pasien ginjal, kenapa? Karena begitu nutrisi tersebut berlebih, maka tidak akan ada yang dapat membuangnya keluar dari tubuh karena itu tugas ginjal. Akibatnya? Akan muncul keluhan-keluhan akibat kelebihan nutrisi-nutrisi tersebut.

Jadi untuk pasien gagal ginjal kronis, sebiknya jauhi makanan-makanan dan minuman yang mempunyai kadar nutrisi tinggi, lebih baik mengkonsumsi makanan yang benutrisi sedang-sedang saja.

Mudahnya bagini, daripada kita makan sepotong daging sapi, lebih baik kita makan daging ayam, dengan porsi lebih banyak, nutrisinya lebih rendah (protein). Kalo mau cek, bisa Anda buktikan dengan makan daging sapi dalam porsi besar, biasanya besoknya akan terasa mual dan kembung karena ureum akan naik, bandingkan dengan daging ayam.

Nutrisi pada makanan untuk pasien gagal ginjal kronis secara umum dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
  • Kalium : sayur dan buah
  • Fosfor dan ureum : daging (hewani) , biji-bijian dan produk kemasan (pengawet umumnya menggunakan unsur fosfat)
  • Natrium : garam
Tapi ada juga makanan minuman yang bisa menjadi sumber masalah pada pasien ginjal tanpa disadarinya. Salah satunya adalah susu dan telur

Kenapa susu dan telur bisa menjadi masalah bagi pasien ginjal? Karena makanan atau minuman tersebut mengandung nutrisi dalam kadar yang cukup tinggi. Contohnya susu : mengandung air, kalium, fosfat, magnesium, natrium, dan lain-lain, dalam jumlah cukup tinggi.

Daripada Anda minum susu, lebih baik Anda makan biasa plus minum air. Segelas susu hampir sama nutrisinya dengan seporsi makanan dan segelas minuman. Pilih mana? Tentu lebih enak makan dan minum air bukan?

Namun ada kalanya Anda membutuhkan makanan atau minuman yang mengandung nutrisi tinggi, karena Anda memang membutuhkan nutrisi tersebut. Karena hasil lab Anda menunjukkan nilai nutrisi tersebut rendah pada darah Anda. Inilah yang disebut “makan fokus” pada pasien ginjal.

Jadi, berhati-hatilah dalam memilih makanan, jangan samakan menu makanan pasien ginjal dengan manusia sehat. Semoga membantu.
sumber : facebook iv an aw

0 Comments

Posting Komentar