Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, January 30, 2015

Surat Dari Batman Untuk Anak Diabetes Tipe 1

Diabetes Tipe 1 adalah penyakit autoimun yang membuat pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Penyakit ini umumnya menyerang saat usia anak-anak. Sangat berbeda dengan diabetes tipe 2 yang umumnya menyerang kakek-nenek.

Anak dengan diabetes tipe 1 harus selalu menginjeksi insulin agar dapat bertahan hidup, tidak ada cara pencegahannya, pasti sulit untuk mengontrolnya, bersifat jangka panjang, bahkan seumur hidup, bisa mengembangkan komplikasi serius, dan belum ada obatnya.

Seorang wanita di Amerika Serikat memiliki cara unik untuk mendukung anak yang bernama Grayson, anak dari temannya yang baru saja didiagnosis dengan diabetes tipe 1. Wanita tersebut mengirimkan surat kepada Grayson dengan mengatasnamakan superhero favoritnya, yaitu Batman.

Sebelumnya Grayson telah menghabiskan banyak waktu untuk dirawat di rumah sakit, banyak yang dipelajari, banyak ketakutan, dan banyak penyesuaian. Ibunya tidak banyak membantu karena sedang mengandung dan merawat dua adik kecilnya. Mereka sekeluarga merasa tidak berdaya.

Tapi setelah mendapat surat dari Batman, Grayson menjadi sangat bersemangat, keluarga jadi punya harapan lagi. Benar-benar cara yang mengagumkan untuk mendukung dan membantu orang lain.

Berikut ini isi surat dari Batman untuk anak diabetes tipe1 yang telah diterjemahkan dengan bahasa Indonesia.

Dear Grayson,

Temanmu memberitahu temanku bahwa kamu baru saja didiagnosis dengan diabetes. Aku tahu perubahan ini bisa membuatmu takut dan aku ingin mengirimkan padamu sebuah pesan singkat.

Aku hanya dua tahun lebih tua dari dirimu yang sekarang saat kehidupanku berubah menjadi sangat dramatis, dan sangat menakutkan. Mungkin kamu sudah tahu kisahku--jika tidak, aku yakin kamu akan mendengarnya suatu hari nanti [*]. Untuk sementara, semuanya terasa seakan dunia telah berakhir. Hidupku terasa sangat berbeda dari sebelumnya. Tapi seiring waktu aku belajar tiga pelajaran penting yang bisa menolongku dan aku ingin membaginya bersamamu.

Pertama, aku belajar bahwa aku jauh lebih kuat dan lebih berani daripada yang aku kira. Aku selalu berasumsi bahwa sebagian orang itu pemberani dan sebagian lainnya tidak, dan aku tidak yakin, saat aku seusiamu, apakah aku adalah orang yang pemberani atau tidak. Tapi ternyata menjadi pemberani bukan berarti kamu tak pernah takut. Arti keberanian adalah, saat kamu merasa takut, kamu terus maju. Aku sudah tahu kalau kamu pemberani, tapi aku ingin kamu juga tahu itu. Berikutnya, saat kamu merasa takut atau khawatir, cobalah bernafas panjang tiga kali. Perhatikanlah sesaat setelah perasaan itu terlintas. Juga perhatikan bahwa kamu tidak menyerah karenanya. Saat kamu lakukan itu, kamu akan dapat melihat betapa beraninya kamu. Setiap orang juga akan melihat keberanianmu.

Hal kedua yang aku pelajari adalah betapa pentingnya bagiku untuk tetap dalam kondisi sehat, yang artinya aku belajar bagaimana caranya mendengarkan tubuhku. Ingat kapan harus berhenti, saat kamu bermain atau di sekolah, perhatikan apa yang dikatakan oleh tubuhmu. Tubuhmu berbicara dengan perasaan ketimbang dengan kata-kata--kamu pasti sudah tahu bagaimana rasanya saat kamu lapar atau lelah atau harus ke toilet. Masih ada banyak hal lain yang tubuhmu bisa katakan padamu, dan akan sangat bermanfaat jika kamu mempelajari semuanya.

Terakhir--dan inilah yang tersulit bagiku-- Aku belajar bahwa aku tak bisa melakukan apapun secara sendirian, bahkan sampai hari ini, aku harus meminta bantuan. Karena aku sudah lebih dewasa, aku menyadari bahwa aku jauh lebih kuat dan lebih berani ketika aku mempersilahkan orang-orang yang menyayangiku membagi kekuatan dan keberanian denganku. Kamu punya tim yang bagus didekatmu --keluargamu dan teman-teman yang menyayangimu-- dan akan selalu membantumu dengan cara apapun yang mereka bisa. Keluarga dan teman-temanku melakukan itu juga untukku. Dan itulah yang membuat kita berdua benar-benar sangat beruntung. Jangan lupakan itu.

Alarm pada batkomputer telah berbunyi, dengan kata lain aku harus segera beraksi. Tugasku adalah membuat penduduk kota Gotham merasa aman, tapi sebagaimana kamu sekarang ketahui, aku hanya bisa beraksi saat aku dalam kondisi sehat dan selamat. Berjanjilah padaku untuk menjaga dirimu dengan baik, dan aku juga berjanji akan selalu mengawasimu.

Temanmu,
Batman
[*] Batman atau Bruce Wayne telah menjadi yatim piatu sejak kecil. Kedua orang tuanya dibunuh bersamaan oleh penjahat tepat di depan matanya, dan bisa saja saat itu dia bunuh diri. Begitulah cerita singkatnya.

http://jonesing2create.com/batman-diabetes/
Penting bagi orangtua untuk memonitor dan membantu anak menjalani kehidupan kesehariannya. Orangtua dan keluarga harus mengetahui apa itu diabetes, pengobatan, penanangan gizi, serta pencegahan terjadinya komplikasi. Setiap pihak juga seharusnya mengetahui penanganan pertama jika terjadi keadaan darurat pada anak. Dengan penanganan yang tepat anak penderita diabetes dapat hidup sehat dan tumbuh optimal.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda para orangtua dengan anak diabetes.
Superhero itu di akhir selalu menang, tapi prosesnya bikin gregetan.

Baca juga: Cara mendukung orang dengan penyakit kronis

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Surat Dari Batman Untuk Anak Diabetes Tipe 1

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

7 comments:

  1. kreatif nya, surat dari batman dan kata-kata nya cukup ampuh membangkitkan semangat sang anak ya mas.

    ReplyDelete
  2. Memang bagi orang yang sedang sakit. Kata-kata motivasi penyembuhan itu perlu sekali. Selain obat dari luar perlu juga obat dari dalam. Cemunguth.
    Dan surat dari Batman itu salah satu cara yang jitu.

    ReplyDelete
  3. aminn mas dan saya yakin pasti informasi ini sangat penting untuk para penderita diabetes :)

    ReplyDelete
  4. kreatif nie orang hahaha, kren ya

    ReplyDelete
  5. Wahh kreatif banget tuh, bisa membuat anak bangkit lagi hehe keren

    ReplyDelete
  6. Wow....sisi humanisme dari seorang jagoan dan idola anak-anak....paling tidak masih ada empati yang menguatkan bagi penderita....duh indahnya berbagi dan berguna bagi orang lain...

    ReplyDelete
  7. Bagus juga idenya, jadi bisa memotivasi si penderita agar cepat sembuh ya mas.. Amazing

    ReplyDelete