Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, March 3, 2015

20 Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan

Orang yang sering makan buah secara teratur dapat mengurang risiko penyakit Parkinson, risiko akan berkurang dengan mengkonsumsi jeruk, apel, dan buah-buahan lain secara teratur yang kaya dengan kandungan flavanoid.

Flavanoid ditemukan dalam buah-buahan dan tanaman yang secara keseluruhan dapat disebut sebagai citrin dan vitamin P. Flavanoid juga ditemukan pada buah beri dan buah citrus seperti jeruk.

Selain flavanoid, masih terdapat antioksidan lainnya yang terdapat dalam berbagai buah-buahan. Antioksidan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah-buahan bagi kesehatan?

sumber ilustrasi

Raspiberi 1/2 cangkir=32 kalori
Kaya akan asam allegic dan antioksidan. Bisa membantu mencegah kanker serviks, esofagus, dan kolon. Ekstrak keton raspiberi dapat meningkatkan metabolisme yang membantu membakar lemak.

Apel 1 buah ukuran sedang=75 kalori
Mengandung antioksidan yang disebut flavonoid yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan asma. Juga merupakan pembersih mulut alami yang membersihkan gigi anda. Vitaminnya terletak tepat di bawah kulitnya.

Blackberi 1/2 cangkir=31 kalori
Warnanya hadir dari antioksidan anthocyanin, yang dapat membantu mengurangi risiko stroke dan kanker. Ekstraknya dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker paru. Orang yunani kuno menyebutnya "buah encok" karena merekan menggunakannya untuk mengobati gejala encok.

Pear 1 buah ukuran sedang=96 kalori
Mengandung banyak serat larut, yang dapat membantu mencegah sembelit. Serat larut juga membantu mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Anggur 1/2 cangkir=53 kalori
Mengandung resveratol, antioksidan yang membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penggumpalan darah. Mungkin juga membantu mengehentikan penyebaran kanker payudara, perut dan kolon.

Tomat 1 buah ukuran medium=22 kalori
Sumber terbaik untuk lycopene, antioksidan yang ampuh mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan membantu mencegah perkembangan kanker prostat. Goreng dengan minyak jika ingin menghasilkan lycopene lebih banyak daripada tomatnya sendiri.

Mangga 1/2 buah ukuran medium=54 kalori
Kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang membantu melindungi penglihatan dan mengurangi risiko kebutaan pada orang dewasa. Makan sebagai hidangan penutup atau sebagai buah tambahan pada salad.

Alpukat 1/2 buah=114 kalori
Kandungan potasiumnya dua kali lebih banyak dari pisang. Lemak baik dalam alpukat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Balita boleh mengkonsumsi alpukat karena lemak baiknya membantu dalam pertumbuhan dan pengembangan bayi yang normal.

Grapefruit (jeruk bali) 1/2 buah=52 kalori
Mengandung lycopene dan flavonoid, yang membantu melindungi diri dari beberapa jenis kanker. Mengandung pectin, serat larut yang membantu mengurangi kadar kolesterol.

Cherry 1/2 cangkir=46 kalori
Mengandung lebih banyak antioksidan ampuh anthocyanin daripada buah-buahan lain. Dapat membantu mengurangi inflamasi dan meredakan nyeri arthritis dan encok. Vitamin C banyak yang menghilang ketika dipanaskan.

Nanas 1/2 cangkir=40 kalori
Mengandung enzim alami yang disebut bromelain, yang berperan memecah protein dan membantu sistem pencernaan. Bromelain juga membantu mencegah penggumpalan darah, menghambat pertumbuhan kanker, dan mempercepat penyembuhan luka.

Lemon 1 buah ukuran sedang=17 kalori
Membantu mencegah diabetes, sembelit, tekanan darah tinggi, demam, gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya. Jus lemon dapat membantu mengobati batu ginjal dengan membentuk sitrat kemih, yang mencegah pembentukan kristal.

Kiwi 1 buah ukuran besar=56 kalori
Mengandung lebih banyak Vitamin C daripada jeruk dan membantu dalam pengembangan dan pemeliharaan tulang, tulang rawan, gigi dan gusi. Juga membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Kiwi sebenarnya bisa dimakan semua bagiannya, termasuk buah dan kulitnya.

Jeruk 1 buah ukuran medium=62 kalori
Kaya akan folat, yang membantu mencegah kerusakan tabung saraf. Mengandung phytochemical yang disebut hesperidin, yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Bagian putih dari kulit jeruk yang bisa dimakan kaya dengan Vitamin C!

Pisang 1 buah ukuran sedang=105 kalori
Dengan 422 miligram potasium pada tiap buah pisang, perasa manis ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Orang dengan alergi getah karet (lateks) mungkin juga akan alergi dengan pisang karena keduanya berasal dari pohon yang sejenis dan berbagi protein yang serupa.

Blueberi 1/2 cangkir=41 kalori
Antioksidan nomor 1 jika dibandingkan dengan 60 jenis buah dan sayur segar lainnya. Blueberi dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti Parkinson dan Alzheimer.

Strawberi 1/2 cangkir=23 kalori
Kaya akan antioksidan dan bermanfaat sebagai anti inflamasi, termasuk mencegah anteriosclerosis (pengerasan arteri) dan menekan proses perkembangan kanker dan tumor.

Pepaya 1/2 buah ukuran sedang=59 kalori
Mengandung papain, enzim yang membantu pencernaan. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki efek anti inflamasi. Juga bermanfaat untuk kulit yang sehat. Biji hitamnya bisa dimakan dengan rasa yang tajam dan pedas, bisa untuk pengganti lada hitam.

Semangka 1/2 cangkir=23 kalori
Terbuat dari 92% air, sesuai dengan namanya dalam bahasa inggris: water melon. Semangka bisa dikonsumsi sebagai diet rendah kalori yang berguna untuk menurunkan berat badan. Kulit buah dan bijinya sebenarnya bisa dimakan.

Buah persik 1 buah ukuran sedang=38 kalori
Menganding Vitamin A yang tinggi, buah persik membantu mengontrol sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. begitu banyaknya akan manfaat yang terkandung dalam buah-buahan ini bagi kesehatan tubu kita ya kang, , pastinya jika kita rutin mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya , tubuh kita akan tetep terjaga dan sehat selalu :),trim infonya

    ReplyDelete