Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, March 8, 2015

Faktor Penyebab Stress Dan Cara Mengelolanya

Tidak mengejutkan stress adalah masalah yang berdampak pada sebagian besar populasi di Indonesia. Meskipun ada di mana saja, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa stress dapat berdampak pada kesehatan, kesejahteraan, karir, dan hubungan mereka.

Kondisi stress dapat membahayakan kesehatan, kestabilan emosi dan hubungan anda bersama orang lain jika anda tidak segera mengambil tindakan untuk mengatasi, menghindari, dan mengurangi stress.

Penyebab stress menyerang banyak orang dengan berbagai cara dan tidak ada solusi tunggal yang sama. Uniknya, stress tidak hanya terpicu karena masalah keuangan dan pekerjaan, masalah teknologi seperti facebook juga dapat memicu stress. Namun ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengelola hidup ini agar terhindar dari stress.

stress karena facebook

Faktor Penyebab Stress

Stress dapat mempengaruhi kesehatan seseorang, termasuk: pengurangan konsentrasi, terkanan darah tinggi, gangguan pencernaan, kegelisahan, peningkatan berat badan, dan berkurangnya gairah sex. Beberapa faktor penyabab stress dapat dikategorikan menjadi empat faktor besar berikut ini:

Teknologi
Sebuah studi menemukan bahwa pekerja yang dibingungkan/dikacaukan dengan email dan panggilan telepon yang selalu berdering lebih dari 2 kali dalam 10 menit memiliki respon otak yang sama dengan penghidap ganja.

Para pertisipan dalam sebuah studi mengenai Facebook mengatakan bahwa situs tersebut membuat mereka merasa gelisah, merasa bersalah saat mereject friend request, tertekan untuk mengirim update yang unik dan kreatif, dan frustasi untuk membuat aturan yang berbeda pada teman-teman yang berbeda.

Pekerjaan
Banyak orang Indonesia yang terkena stress karena sebuah masalah dalam pekerjaannya. Stress dapat menghabiskan biaya milyaran rupiah setiap tahunnya karena alasan seperti produktifitas yang menurun, tidak masuk kerja, dan klaim kompensasi.

Uang
Banyak orang Indonesia yang terkena stress karena uang. Sebuah studi menemukan bahwa membayar tagihan dan mengelola keuangan adalah pekerjaan rumah tangga yang paling membuat stress --lebih buruk daripada membersihkan rumah!

Hubungan
Banyak orang Indonesia yang terkena stress karena tanggung jawab keluarga. Tahukah anda bahwa stress dapat menular? Fenomena ini telah dikaitkan dengan neuron minor, sel-sel otak yang melibatkan reaksi empati.

Solusi Mengelola Stress

Stress dapat melumpuhkan kualitas anda, namun cara pengelolaan stress yang benar dapat meningkatkan kualitas hidup anda. Sebuah studi menemukan bahwa karakteristik utama yang konsisten di antara orang yang hidup hingga usia 100 tahun adalah kemampuannya dalam mengelola stress. Ingin menjadi seperti mereka? Cobalah ikuti beberapa tips sederhana berikut ini.

Berolahraga
Banyak orang dewasa yang berolahraga dan berjalan kaki untuk mengelola stress. Jika jadwal anda tidak mengijinkan anda pergi ke gym, cobalah dengan memarkir mobil lebih jauh dan berjalan menuju kantor, atau lakukan stretching di meja kantor anda untuk meringankan ketegangan otot.

Mengorganisir
Hentikan stress sebelum stress itu terjadi; sebuah survey yang menyelidiki teknik pengelolaan stress yang paling efektif mengungkapkan bahwa perencanaan adalah cara utama dalam meminimalkan stress.

Kekacauan dalam kebiasaan fisik anda dapat berdampak pada mood dan produktifitas anda. Membersihkan ruang kerja anda dalam jadwal juga dapat membersihkan pikiran anda.

Ambil Tanggung Jawab
Merasa di kuar kendali adalah faktor penyebab stress utama. Jadi cobalah untuk fokus pada yang dapat anda kendalikan. Bekerja secara cerdas, capai tujuan yang memberi anda rasa keberhasilan harian.

Belajarlah untuk berkata "Tidak". Mengambil sebuah tugas di saat anda sedang sibuk mungkin terlihat membantu, namun terlalu banyak tugas di meja anda cenderung mengurangi kualitas dan kuantitas kerja yang dapat anda selesaikan.

Jadwalkan "Waktu Saya"
Menjadwalkan "waktu saya" adalah cara paling populer untuk menghilangkan stress. Anda bisa meluangkan waktu untuk bersantai dengan hobi anda, bermain video game, atau berekreasi.

Dengan cara pengelolaan stress di atas diharapkan anda dapat meningkatkan kualitas hidup anda, termasuk: lebih bisa fokus, mood yang lebih baik, terlihat lebih baik, membuat keputusan yang tepat, lebih produktif, tidur lebih berkualitas, mengurangi kebiasaan banyak makan kerena stress, lebih banyak tenaga, dan sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Faktor Penyebab Stress Dan Cara Mengelolanya

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. yang paling banyak penyebabnya kayaknya perkerjaan dan yang ke dua adalah hubungan yang tidak langgeng...dan kedua kadang saling berkaitan dimana pekerjaan bisa menyebabkan hubungan jadi aneh dan tidak mesra lagi, begitu juga sebaliknya...kalau saya stresh kalau mau bikin musik buat pentas tunggal mas biasanya...tapi saya bawa aja pergi tamasya sama kawan terdekat sekedar mencari suasana baru dan menyegarkan pikiran juga.

    ReplyDelete
  2. kalau bagi mahasiswa biasanya kalau deadline dan tugas semakin numpuk.. :)

    ReplyDelete
  3. Kalo udah di rasa berat sama pekerjaan, biasanya sy break cari cemilan

    ReplyDelete
  4. Pekerjaan yang sangat padat, kadang saya suka mengalami stress juga kang :D , ,

    ReplyDelete
  5. stres dengan pekerjaan yang numpuk memang sering saya alami.tapi kalo saya stres saya lebih suka maen game atau kluar cari pemandangan yang indah..

    ReplyDelete