Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, May 16, 2015

10 Kebiasaan Untuk Mengurangi Nyeri Kronis

Kebiasaan apa yang anda lakukan untuk membantu mengurangi rasa nyeri? Apakah kebiasaan anda dapat membantu menguranginya atau memperparahnya? Pikirkan kebiasaan apa saja yang anda lakukan , berikan pendapat apakah kebiasaan Anda membantu mengurangi rasa nyeri atau justru memperparahnya. Apakah anda butuh kebiasaan yang baru?

Berikut 10 kebiasaan yang dapat membantu anda mengurangi rasa nyeri atau meringankan gejala kondisi nyeri kronis, termasuk fibromyalgia, lupus, rheumatoid arthritis, migrain kronis, multiple sclerosis, low back pain, spinal cord injury, peripheral neuropathies dan lain-lain.

1. Dapatkan endorphin alami dengan berolahraga
Berolahraga atau latihan fisik terkadang menjadi dilema: Ketika nyeri itu datang, anda tidak mampu latihan; tapi tanpa latihan fisik anda akan kehilangan massa otot, kekencangan, dan tenaganya, membuat nyeri menjadi lebih buruk. Untungnya, tubuh kita tetap akan mengeluarkan endorphin walaupun berolahraga ringan. Saat latihan fisik, tubuh melepaskan endorphin pada otak yang akan meningkatkan mood positif dan memblokir rasa sakit. Konsultasikan pada dokter jika latihan aerobik, peregangan, dan kekuatan dapat meningkatkan kondisi anda.

2. Latihan pernafasan dan meditasi
Beberapa dari kita biasanya meluangkan waktu untuk berhenti dari apa yang sedang dikerjakan dan menenangkan pikiran sejenak. Bernafas dalam-dalam dan meditasi adalah salah satu teknik pengendalian stress yang merelaksasi tubuh Anda, yang dapat berguna untuk meredakan rasa sakit atau nyeri. Konsultasikan dengan dokter untuk mempelajarinya lebih lanjut, tapi sementara itu, perlambat gerakan, tutup mata Anda.... ambil nafas dalam-dalam.... keluarkan perlahan.

3. Hindari alkohol
Anda butuh tidur malam yang berkualitas untuk membantu menenangkan tekanan nyeri pada tubuh Anda. Meskipun alkohol dapat membuat Anda tertidur, tapi itu karena metabolisme, membuat tidur menjadi dangkal, mengurangi siklus tidur REM yang penting, bahkan mungkin membuat anda bangun lagi. Alhasil, sebuah malam yang kurang tenang.

4. Berhenti merokok
Sebagian orang menemukan pertolongan sementara dengan menghisap rokok secara cepat untuk mengurangi stress dan rasa nyeri. Ironisnya adalah kebiasaan merokok benar-benar berkontribusi terhadap rasa nyeri jangka panjang. Kebiasaan merokok dapat memperlambat penyembuhan, memperburuk sirkulasi, dan meningkatkan risiko penyakit degeneratif disc, penyebab nyeri tulang belakang. Jika anda butuh dukungan untuk berhenti merokok, pereda nyeri mungkin hanya itu. Tanyakan pada dokter tentang program dan obat-obatan untuk menghentikan kebiasaan itu.

5. Tingkatkan kualitas asupan tubuh anda
Pilih makanan yang lebih baik jika anda hidup dengan nyeri kronis, pastinya anda ingin melakukan apa saja untuk membantu tubuh anda. Salah satu cara untuk menjaga tubuh anda tetap kuat adalah dengan makan diet seimbang. Makanan yang benar dapat meningkatkan kualitas gula darah, membantu menjaga berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu pencernaan. Bantu dengan diet yang kaya akan biji-bijian, produk yang segar, dan protein rendah lemak.

6. Buat buku catatan gejala nyeri
Membantu dokter juga dapat membatu anda, membuat buku catatan nyeri bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu dokter memahami dan memberi pengobatan yang paling tepat untuk kondisi nyeri kronis Anda. Setiap malam hari, rekam skor nyeri antara 1 hingga 10. Lalu perhatikan apa yang anda lakukan di hari itu dan aktivitas apa saja yang membuat anda merasa sakit atau nyeri. Nantinya, setiap kali bertemu dokter, bawalah buku catatan dan diskusikan temuan Anda.

7. Jadwalkan relaksasi
Dengan menjaga kesehatan emosional dan fisik, Anda dapat mengelola rasa nyeri dengan lebih baik.
Hal ini mungkin berarti Anda tidak dapat menghadiri acara jika anda membutuhkan istirahat. Atau mungkin berarti menjadwalkan terapi pijat atau menetapkan tanggal makan malam bersama dengan teman-teman untuk meningkatkan semangat Anda. Seberapa peduli Anda terhadap diri sediri itu terserah Anda.

8. Alihkan perhatian terhadap rasa nyeri
Anda mungkin sudah tahu bahwa fokus terhadap rasa nyeri hanya dapat membuatnya menjadi lebih buruk. Itu sebabnya salah satu resep ampuh untuk meredakannya adalah dengan tetap sibuk pada kegiatan yang mengalihkan pikiran anda dari rasa sakit atau nyeri. Bahkan jika anda tidak bisa mengelola rasa nyeri, anda tetap dapat mengelola sisa hidup Anda.

9. Ketahui obat-obatan Anda
Pahami obat-obatan yang anda konsumsi, bagaimana cara kerjanya, apa yang bisa obat itu lakukan, dan efek sampingnya. Kemudian edukasi diri sendiri tentang pemilihan obat-obatan lainnya. Tujuan anda adalah untuk mendapatkan mood dan aktivitas yang normal --jika tidak ada pilihan obat lainnya. Tugas anda adalah proaktiv, mengajukan pertanyaan, dan mencari jawaban.


10.Anda tidak sendiri
Ada banyak orang yang juga berurusan dengan nyeri kronis, sehingga anda tidak sendiri. Menjangkaunya adalah kebiasaan yang paling penting untuk membantu anda menghadapi nyeri kronis. Nyeri kronis adalah penyakit yang tidak terlihat secara kasat mata. Beritahukan pada teman dan keluarga tentang apa yang anda rasakan karena mereka tidak akan tahu jika tidak diberitahu. Mintalah bantuan lebih dulu. Pelajari lebih lanjut tentang kondisi Anda. Kemudian bagikan apa yang anda ketahui pada orang lain. Saling berbagi sesama penderita dapat mendongkrak semangatmu.
sumber: webmd

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Kebiasaan Untuk Mengurangi Nyeri Kronis

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment