Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, June 13, 2015

Berapa Hari Dirawat Pasca Operasi Caesar Pakai BPJS?

Seseorang mengeluhkan, kenapa setelah 3 hari pasca operasi caesar sudah harus pulang, padahal sudah membayar iuran setiap bulan. Apakah peserta BPJS Kesehatan dibatasi rawat inapnya?

Jawabannya :

Jangankan BPJS, pasien umum saja setelah operasi caesar kalau sudah diperbolehkan pulang maka harus segera pulang. Berlama-lama di RS malah berisiko tinggi terhadap infeksi nosokomial yang lebih besar.

Karena berapa lama pasien dirawat inap harus sesuai indikasi dan penilaian dokter yang merawat dan ada clinical pathway untuk masing-masing masalah kesehatan. Rumah sakit bukan tempat yang aman dari infeksi, ada yang namanya infeksi nosokomial. Kalau ibu atau babynya terlalu lama dirawat pakai mesin nafas berminggu-minggu, apa tidak takut terkena infeksi? Nanti tidak bisa ketemu babynya.

Pasien yang ngotot meminta dirawat inap atas permintaan sendiri artinya egois dan mengorbankan pasien lain yang jauh lebih membutuhkan demi keinginan sendiri. Kalau pasien lain itu anak kita atau saudara kita, mau tidak diperlakukan begitu? *hanya membuka pemikiran pembaca sekalian*

Di seluruh dunia, trendnya adalah mempercepat pulang pasien setelah melahirkan baik secara normal maupun sesar, yaitu dalam 2 sampai 4 hari. dalam salah satu penelitian, 66% yang melahirkan secara sesar, dipulangkan dalam 2 hari, tanpa ada sisi negatif dibandingkan dengan apabila dipulangkan lebih dari itu.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21849712

Jangan berpikiran negatif dulu kalau dipulangkan cepat, rasa nyeri pasca melahirkan bukanlah faktor yang menjadi penentu lama tinggal di rumah sakit. Selama ibu dan bayinya normal, bisa dipulangkan lebih cepat. Justru semakin lama di rumah sakit, semakin beresiko untuk mendapatkan kuman penyakit dari pasien-pasien lain. Itulah salah satu alasan mengapa terjadi trend untuk memulangkan lebih cepat.

Berikut adalah data salah satu rumah sakit di luar negeri, sejak tahun 1995, rata-rata yang tinggal di rumah sakit setelah operasi caesar adalah 3 hingga 4 hari.

Rawat inap pasca operasi caesar rata-rata 3-4 hari

Jadi intinya mau pakai BPJS atau bayar umum sama saja. Kalau dokter sudah memperbolehkan pasien pulang ya harus pulang, kecuali kalau ada penyakit lain pasca oprasi pasti dokter tidak akan memperbolehkan pulang. Kalau anda sudah disuruh pulang artinya anda sudah membaik bukan karna anda pasien yang menggunakan BPJS dan/atau pihak rumah sakit yang membatasi pasien BPJS hanya boleh rawat inap selama tiga hari saja.

Nah, jadi sudah tahu kan berapa hari lama rawat inap pasien BPJS KIS? Yang menentukan adalah dokter dan tidak ada batasan waktu.

*Rekomendasi: Bisakah Persalinan Normal Di Rumah Sakit Dengan BPJS Kesehatan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berapa Hari Dirawat Pasca Operasi Caesar Pakai BPJS?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment