Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, July 12, 2015

12 Tips Tidur Sehat Setiap Hari

Tidur merupakan bagian penting dari kesehatan kita dan kurang tidur dapat menimbulkan berbagai masalah pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa tips dari National Heart Lung and Blood Institute untuk dapat tidur malam dengan baik setiap hari.

#1 - Jaga pola tidur seperti biasa

Pergi tidur dan bangun pagi pada jam yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan, dapat membantu tubuh Anda tetap pada keadaan tidur berkualitas.

#2 - Berolahraga, tapi jangan terlalu dekat dengan waktu tidur

Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu Anda merasa lelah saat menjelang waktu tidur. Kendati demikian, Anda tidak dianjurkan berolahraga 2 - 3 jam sebelum waktu tidur, karena tubuh Anda tidak dapat melepas lelah dengan mudah.

#3 - Hindari kafein, nikotin, dan alkohol

Kafein, yang ditemukan dalam kopi, minuman ringan, teh dan cokelat tertentu, dapat bertahan dalam tubuh selama 8 jam. Nikotin juga stimulan yang dapat membuat Anda susah tidur. Minum alkohol memang bisa membuat tidur, tapi kualitasnya sangat buruk, membuat Anda tidur dalam tahap yang ringan dan menyebabkan Anda terbangun di tengah malam ketika efek penenangnya habis.

#4 - Hindari makan besar di larut malam

Makan besar sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, yang menyebabkan gangguan tidur. Selain itu, minum terlalu banyak di malam hari juga dapat membuat Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil.

#5 - Hindari beberapa jenis obat-obatan

Beberapa obat yang umum, seperti obat jantung, obat hipertensi, obat asma dan obat herbal untuk batuk, pilek dan alergi dapat mengganggu atau menunda waktu tidur.


#6 - Jangan tidur siang setelah jam 3 sore

Tidur siang pada sore hari dapat membuat Anda lebih sulit untuk tertidur di malam hari. Penting juga untuk menjaga tidur siang kurang dari satu jam, karena jika berlebihan juga dapat membuat kesulitan tidur di malam hari.

#7 - Lakukan kegiatan santai sebelum tidur

Kegiatan santai seperti meditasi atau membaca buku dapat membantu anda merasa kantuk. Hal ini seharusnya menjadi bagian dari ritual tidur Anda.

#8 - Mandi air panas sebelum tidur

Mandi air panas dapat menyebabkan suhu tubuh menurun setelah selesai mandi, yang dapat membuat Anda merasa kantuk.

#9 - Buat lingkungan tidur yang baik

Artinya Anda harus menyingkirkan benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian Anda untuk tidur. Di dalam zona tidur tidak boleh ada benda-benda yang memancarkan cahaya biru seperti TV, laptop, komputer, Ipad, atau smartphone. Suhu ruangan yang sejuk dan gelap gulita juga kondusif untuk membuat Anda tertidur lebih cepat.

#10 - Pastikan Anda mendapat paparan cahaya matahari

Cahaya matahari merupakan bagian penting dari menjaga pola tidur yang teratur dan membuat jam tubuh kita sinkron. Cobalah untuk terkena paparan cahaya matahari setidaknya 30 menit setiap hari.

#11 - Jangan tiduran jika tidak bisa tidur

Jika Anda berada dalam tempat tidur selama 20 menit dan tetap tidak bisa tertidur, Anda harus bangun dan melakukan kegiatan santai sampai Anda merasa kantuk. Rasa cemas karena tidak bisa tidur dapat membuat tidur lebih susah.

#12 - Cari bantuan medis

Jika Anda masih mengalami kesulitan tidur, atau Anda merasa lelah di siang hari meskipun merasa sudah cukup tidur di malam hari, Anda mungkin memiliki gangguan tidur. Dokter pelayanan primer atau spesialis gangguan tidur dapat membantu Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Tips Tidur Sehat Setiap Hari

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. hampir ke dua belas poin cara dan tips tidur sehat setiap hari di atas selalu tak lakukan sehari-hari di rumah dan di mess tempat kerja, dasarnya susah tidur, ya susah ajah nih, gimana, coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bapak butuh konsultasi dengan dokter psikiatri untuk memastikan apa yang bermasalah dan cara mengatasinya.

      Delete
  2. Assalaamu'alaikum wr.wb... saya suka mandi air hangat sebelum tidur. Ternyata tisur saya selalu nyenyak hingga ke pagi dan bangun esoknya terasa sangat segar sekali. Tips yang bermanfaat. Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarakaatuh. Wah, ternyata sudah ada yang membuktikan.

      Delete
  3. Yang soal jangan tidur setelah jam tiga sore itu benar loh. Kalau saya larangan tidur itu dari jam 3 sore sampai jam 7 malam, dari Ashar ke Isya.

    ReplyDelete