Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, August 2, 2015

Apa Itu Batu Ginjal: Lima Tanda Dan Gejala

Batu ginjal adalah salah satu gangguan saluran kemih yang paling umum. Batu ginjal terbentuk dari kristal mineral yang berkembang di dalam ginjal ketika urin terlalu pekat. Ukuran batu ginjal sangat bervariasi dan sering terjadi pada orang dengan usia 20-40 tahun.

Fungsi utama ginjal adalah mengeluarkan racun dalam darah, kelebihan air dan limbah melalui urin. Urin akan melalui ginjal ke kandung kemih kemudian keluar dari tubuh melalui uretra. Biasanya racun dilarutkan tapi kadang membentuk kristal kecil yang dapat mengumpul dan menjadi batu ginjal.

5 Tanda dan Gejala Batu Ginjal Yang Harus Anda Ketahui

Batu-batu kecil biasanya keluar bersama urin tanpa ada gejala, namun batu-batu besar dapat menghalangi uretra, menyebabkan gejala yang parah. Ketika batu terjebak dalam saluran yang menghubungkan kandung kemih ke ginjal, yang dikenal sebagai ureter, juga dapat menimbulkan gejala yang parah. Ukuran batu tidak menentukan keparahan nyeri. Berikut adalah beberapa gejala batu ginjal:


# Nyeri Dalam Ginjal

Batu yang terjebak dalam ginjal dapat menyebabkan nyeri pada sisi perut yang terkena. Anda mungkin mengalami nyeri parah mendadak yang memburuk seiring waktu. Rasa nyeri juga dapat terjadi pada bagian belakang, kedua sisi perut, pangkal paha, dan alat kelamin.

# Kolik renal

Rasa nyeri ini bisa datang dan pergi atau tetap konstan. Kolik renal disebabkan oleh batu yang bergerak di dalam ginjal, Anda mungkin berkeringat atau merasa sakit karena nyeri yang parah. Mengubah posisi tubuh tidak mengurangi rasa sakit.

# Darah Dalam Urin

Jika Anda memiliki darah dalam urin disertai nyeri perut, itu tanda batu ginjal. Gesekan batu terhadap bagian dalam ureter dapat menyebabkan pendarahan, yang ditandai urin yang berwarna merah atau merah muda.

# Infeksi

Orang dengan batu ginjal sering mengalami infeksi saluran kemih disertai demam dan nyeri saat kencing.

# Kapan Nyeri Itu Datang?

Jika Anda tidak yakin apakah memiliki batu ginjal atau tidak, catatlah kapan terjadinya rasa sakit. Nyeri batu ginjal paling sering dimulai di pagi hari karena Anda biasanya berjam-jam tidak buang air kecil.

Tanda-tanda awal batu ginjal
  • Sering buang air kecil dan disertai rasa sakit - Tanda paling umum dan merupakan tanda awal dari batu ginjal. Anda merasa ingin buang air kecil bahkan jika Anda belum minum cairan.
  • Mual dan muntah - Ini adalah tanda-tanda awal dari batu ginjal. Alasannya, ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik satu-satunya cara bagi tubuh untuk mengeluarkan limbah adalah melalui muntah.
  • Bau urin menyengat - Warna urin keruh oleh bahan kimia berlebih dan racun, berbau menyengat.
  • Ketidakmampuan untuk duduk - Jika batu itu besar dapat membuat sulit duduk atau berbaring karena menempatkan tekanan lebih pada daerah yang terkena. Anda mungkin merasa sedikit lega berdiri.
Temui dokter jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.
sumber: webMD

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu Batu Ginjal: Lima Tanda Dan Gejala

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. urin dalam darah tidak serta merta menjadi gejala dari batu ginjal, yang saya ketahui prostat juga memiliki gejala yang sama, urin dalam darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak bu, di atas juga tidak ada pernyataan seperti itu. Apa yang ibu maksud "darah dalam urin"? Darah dalam urin memang bukan hanya gejala batu ginjal. Tapi saya menuliskan gejala apa saja yang mungkin. Dan untuk diagnosis harus ada hasil lab/pemeriksaan dari dokter.

      Delete