Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, October 18, 2015

Tuberkulosis Pada Anak

Tuberkulosis (TB) paru, atau sering disebut awam sebagai flek paru adalah salah satu penyakit paru yang paling sering dikhawatirkan oleh orang tua. Apalagi jika anak mengalami gejala yang diduga mengarah ke penyakit ini.

Untuk bisa menegakan diagnosis TB Paru pada anak, diperlukan gambaran klinis, dan pemeriksaan penunjang. Pada anak, biasanya terkendala pada kesulitan menemukan kuman penyebab TB, yang pada orang dewasa biasa diperoleh lewat pemeriksaan sputum/dahak.

Kementerian Kesehatan bersama ikatan dokter anak Indonesia (IDAI), menyusun sistem skoring TB untuk mendiagnosis TB anak di Indonesia. Tabelnya adalah sebagai berikut:


Algoritma tata laksana TB pada anak:

Keterangan:
  • Kontak TB; biasanya ditanyakan apakah ada orang yang tinggal serumah, keluarga, atau tetangga, orang yang sering diketahui dekat dan sering bersama, yang diketahui punya penyakit batuk lama. Apakah sudah jelas TB Paru, atau biasanya dikatakan penyakit paru yang berobat 6 bulan?
  • Tes mantoux; tes suntik di bawah lapisan kulit. Setelah disuntik, bekas suntikan akan dilingkari bolpen. Setelah 2-3 hari dilihat, apakah muncul kemerahan atau benjolan pada sekitar bekas suntikan. Positif bila ada bentol kemerahan >10 mm.
  • Berat badan; dilihat melalui klinis, apakah termasuk kurang, juga melalui kurva pertumbuhan sesuai usia.
  • Demam; umumnya pada anak gejala TB Paru adalah demam, bukan batuk lama seperti pada dewasa. Waspada lebih utama pada gejala demam ini.
  • Batuk lama; lebih dari 3 minggu. Orang tua perlu ditanyakan dengan jelas, 3 minggu itu tidak pernah sembuh sama sekali? Jika dijawab, pernah sembuh trus kambuh lagi, maka diambil dari sakit terakhir sudah berapa lama.
  • Pembesaran kelenjar; pada leher, belakang telinga, menyusuri sampai bawah dagu bisa diraba, juga pada ketiak dan lipat paha.
  • Pembengkakan sendi; jika ditemukan.
  • Foto rontgen paru; tidak menjadi landasan utama, tapi perlu dilakukan untuk melengkapi sistem skoring ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tuberkulosis Pada Anak

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. penyakit tuberkulosis adalah penyakit yang sulit disembuhkan walaupun bisa...apalagi pada anak, deteksi dini menjadi penting

    ReplyDelete